SalSari Resto & Coffee

Selalu ada kenangan indah saat liburan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan wisata pantainya. Puncak Kosakora menjadi salah satunya dengan bukit yang memiliki pemandangan pantai indah.

Tempat wisata Gunung Kidul selain pantai ini menjadi langganan anak muda untuk berlibur bersama orang terdekat. Mulai dari keluarga besar, sahabat, hingga pasangan.

Selain memiliki pemandangan indah, banyak aktivitas seru yang bisa pengunjung lakukan di puncak ini. Lalu apa saja aktivitas dan hal istimewa yang ada di objek wisata tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Puncak Kosakora

puncak kosakora Jogja

Puncak Kosakora Jogja merupakan tempat wisata bukit yang berisi batuan karst. Karena tempat ini berupa bukit karst, tak mudah untuk melaluinya. Diperlukan tenaga ekstra untuk bisa sampai di puncak.

Dari atas, Anda bisa melihat pemandangan lautan yang amat luas beserta pantainya. Untuk dapat menikmati wisata alam Jogja murah yang satu ini, pengunjung harus tracking sejauh 2 KM.

Selama tracking, Anda harus melewati banyak batuan karst yang sudah berusia ribuan tahun. Begitu sampai di puncak bukit, Anda akan langsung menyaksikan pemandangan padang rumput hijau yang luas.

Padang rumput inilah yang kemudian menjadi spot unggulan para pengunjung. Di spot ini, Anda bisa mendirikan tenda atau sekedar duduk menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Berkunjung ke puncak bukit karst ini sangat recomended terutama untuk Anda pecinta alam. Anda tak perlu bayar mahal untuk liburan di puncak ini karena harga tiket masuk Puncak Kosakora ini murah.

Berikut kami bagikan info harga tiket masuk terkini dan juga biaya lainnya. Silahkan Anda simak.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp2.000,00 per orang
Sewa Tenda Rp60.000,00 sampai Rp100.000,00 per tenda

Pesona panorama bukit ini rupanya sudah mulai terdengar gaungnya. Banyak tour organizer, termasuk Salsa Wisata, yang kemudian memasukannya ke dalam list destinasi wisata pilihan.

Anda yang mungkin berminat, bisa menjajal datang ke sini via paket tour Jogja murah dari Salsa Wisata. Tentu dengan tarif paket wisata yang masih terjangkau dan tetap berkualitas.

Rute Menuju Lokasi Puncak Kosakora

puncak kosakora pantai selatan

Lokasi Puncak Kosakora terletak di Area Hutan, Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota, jaraknya kurang lebih 25 KM.

Rute perjalanannya bisa Anda mulai dari kota menuju arah Tenggara, yaitu Jl. Brigjen Katamso kemudian menuju ke Jl. Sumarwi. Setelah itu, Anda akan memasuki Jl. Baron dan menuju ke Jl. Pantai Selatan Jawa.

Setelah itu belok kiri ke Jl. Drini. Ikuti terus petunjuk jalan hingga akhirnya tiba di lokasi wisata. Untuk memudahkan perjalanan Anda, solusi terbaiknya adalah dengan menyewa kendaraan.

Salsa Wisata juga hadir dengan layanan rental mobil Jogja lepas kunci dengan aneka tipe kendaraan sebagai pilihannya. Ada bus pariwisata, Hiace, Elf, pick up, sepeda motor, dan mobil keluarga.

Daya Tarik Puncak Kosakora

Kosakora Hill ini mempunyai banyak sekali daya tarik yang menarik untuk Anda saksikan. Berikut ini informasi mengenai daya tarik objek wisata ini.

Tracking Seru Menuju Lokasi Puncak

Dari parkiran motor, pengunjung harus melakukan tracking sebelum tiba di puncak bukit. Serunya lagi, tracking ini merupakan kegiatan wajib bagi pengunjung yang ingin ke puncak.

Hampir sama dengan Bukit Gibeon Sibisa, butuh perjuangan dengan melewati medan yang cukup sulit. Paling tidak, mayoritas pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit melewati medan terjal agar bisa tiba di puncak.

Selama tracking, pengunjung akan mendapati medan dakian yang berupa batuan licin dan semak belukar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenakan celana panjang dan sepatu yang layak untuk kegiatan tracking atau hiking.

Meski terkesan sulit, pengunjung akan merasakan sensasi puas dan senang setelah berhasil melewati medan yang sulit. Terlebih di area puncak, pemandangan yang terlihat begitu mengagumkan.

Camping di Atas Bukit

puncak kosakora camping

Berkemah di atas bukit dengan view pantai dan laut lepas merupakan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Saat bermalam, Anda tidak lagi mendengar suara binatang malam layaknya di hutan di sebuah gunung. Melainkan bunyi ombak.

Pagi harinya, setelah puas dengan view sunrise, Anda dapat melanjutkan keseruan dengan memasak makanan sendiri. Anda bisa mengolah makanan yang simpel. Atau ingin merasakan lezatnya makanan khas Gunung Kidul dari singkong hasil masakan sendiri.

Melihat Sunrise dan Sunset 

Waktu terbaik untuk berkunjung di puncak wisata adalah saat pagi dan sore hari. Alasannya tentu karena sinar matahari tidak begitu menyengat pada waktu tersebut.

Selain itu, saat pagi hari Anda bisa menikmati pemandangan sunrise terbaik di kawasan Selatan Jogja. Anda pun bisa mengabadikannya via kamera smartphone atau kamera analog Anda.

Keseruan ini tidak berhenti sampai di sini saja. Di sore harinya, Anda masih bisa menyaksikan sunset di ufuk Barat. Suasananya akan berubah drastis menjadi lebih romantis berkat warna senja.

Bersantai di Puncak Bukit

puncak kosakora gunungkidul

Suasana tenang di atas bukit sering dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk sekedar bersantai. Tentu bersantai di sini menyesusuaikan cara masing-masing individu. Ada yang cukup duduk santai memandangi area di bawah bukit.

Tak sedikit pula ada yang berdendang dengan alunan gitar akustik. Ada juga yang bermain game kecil-kecilan dengan para sahabat atau keluarga. Atau sekedar memasak barbeque sambil mengobrol santai.

Fasilitas di Puncak Kosakora

fasilitas puncak kosakora wonosari

Ada fasilitas yang cukup lengkap yang bisa Anda gunakan di sini. Sebagian ada yang berbayar dan sebagian lainnya gratis. Camping ground, misalnya, tidak perlu membayar untuk menempatinya. Hanya saja Anda harus membayar bila ingin menyewa tenda di sekitar pantai.

Sementara untuk fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, mushola, dan area parkir, semua gratis. Untuk warung atau tempat wisata kuliner Jogja terdekat yang ada di sini, tentu tidak gratis.

Jam Buka Wisata Puncak Kosakora

Objek wisata alam di Jogja ini buka setiap hari. Jam buka Puncak Kosakora Pantai Selatan ini 24 jam nonstop karena biasa untuk agenda camping. Namun banyak pula pengunjung yang mendaki secara tektok alias pulang-pergi hanya untuk melihat sunrise atau sunset dari puncak.

Bagaimana, mulai tertarik untuk tektok atau bahkan camping di area puncak ini? Jadikan pengalaman camping di atas puncak bukit ini menjadi pengalaman staycation terindah Anda.

Staycation tak melulu harus di hotel bintang 5 atau hotel bintang 4 di Jogja murah saja. Tak ada salahnya untuk miliki pengalaman staycation di lokasi spesial dengan langsung beratapkan taburan bintang.

Tunggu apalagi, agendakan camping di Puncak Kosakora Gunungkidul dari sekarang. Jangan lupa untuk mulai memilih paket wisata di Salsa Wisata yang akan selalu siap memfasilitasi Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)