SalSari Resto & Coffee

Siapa sangka nama Pantai Peh Pulo yang cukup asing ini ternyata berada di Jawa Timur, tepatnya di Blitar. Namanya memang cukup unik untuk kawasan Jawa Timur.

Akan tetapi, pantai ini salah satu tempat wisata Jawa Timur murah yang masih virgin dan akan menjadi primadona baru. Pesona pantai ini sangat mengagumkan walaupun akses jalannya masih perlu dibenahi.

Sekilas Tentang Pantai Peh Pulo

gambar pantai peh pulo blitar

Pantai Peh Pulo Blitar Jawa Timur memiliki berbagai keunikan. Salah satunya berupa pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Tidak sedikit pengunjung yang menyebut pantai ini sebagai Raja Ampat-nya Blitar.

Pantai ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Setiap sudutnya memamerkan eksotisme melalui ombak yang sangat tenang, pasir putih, dan air lautnya yang kebiruan. Pemandangan di sekeliling pantai juga sangat menakjubkan.

Di sisi samping dan di depan pantai tampak beberapa pulau yang berderet seperti benteng yang memisahkan antara pantai dan Samudera Hindia. Inilah sebabnya kenapa pantai cantik ini memiliki karakter ombak yang tenang.

Harga Tiket Masuk Pantai Peh Pulo

Tiket masuk Pantai Peh Pulo sangat murah lantaran masih dikelola secara gotong royong oleh masyarakat setempat. Demikian juga dengan biaya parkir kendaraan yang hanya berlaku untuk pengunjung yang membawa kendaraan. Berikut tarifnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per unit kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per unit kendaraan

Tarifnya sangat murah, bukan? Anda bisa manfaatkan sisa dana yang ada untuk wisata kuliner atau belanja oleh-oleh. Biasanya ada banyak pusat wisata kuliner dan oleh-oleh di kota dengan harga terjangkau.

Anda bisa dengan mudah menemukan warung atau tempat makan legendaris yang sajikan menu makanan khas Daerah Jawa yang paling terkenal di sana.

Rute Menuju Lokasi Pantai Peh Pulo

biaya masuk pantai peh pulo

Alamat Pantai Peh Pulo terletak di Desa Sumbersih, tepatnya di Dusun Peh Pulo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jarak dari pusat Kota Blitar hanya sekitar 45 KM dengan waktu tempuh 1,5 hingga 2 jam dengan kendaraan.

Untuk bisa sampai ke sini, sebaiknya hindari saat musim hujan agar kondisi jalan tidak terlalu menyulitkan. Jika terpaksa datang saat musim hujan, sebaiknya pilih kendaraan sepeda motor atau mobil dengan kondisi prima.

Karena akses jalan menuju Pantai Peh Pulo masih sangat sulit, sebaiknya Anda manfaatkan jasa sewa mobil lengkap dengan driver yang lihai. Selain sempit dan menanjak serta licin, akan lebih aman bila menggunakan driver berpengalaman.

Rute Pantai Peh Pulo yang terbaik yaitu via Jalan Tlogo ke arah Serut. Alternatif lainnya yaitu via Jalan Banteng Blorok namun estimasi waktu tempuhnya sedikit lebih lama. Gunakan bantuan Google Maps untuk memudahkan perjalanan Anda.

Daya Tarik Wisata Pantai Peh Pulo

Objek wisata pantai ini memiliki kemolekan yang menjadi magnet bagi wisatawan terutama penyuka pantai virgin. Tentu bukan saja keindahan lanskapnya saja yang unggul. Masih ada daya tarik lainnya yang patut Anda ketahui. Berikut daftarnya:

Jalan Perbukitan

Pantai yang ada di Malang seperti Pantai Modangan atau Pantai Ngliyep sudah memiliki akses jalan yang sudah memadai. Kondisi berbeda akan Anda temui di sini. Pasalnya, akses jalan ke pantai di Blitar ini cukup menantang.

Akses jalan satu-satunya masih berupa jalur setapak yang berupa tanah. Jalannya cukup lebar dan dilewati oleh mobil dan sepeda motor sekaligus. Akan tetapi, selama musim hujan, jalan ini akan becek dan berlumpur.

Model jalan semacam ini memang cocok dilalui oleh tipe kendaraan offroad. Misal sepeda motor khusus trail dan mobil offroad. Tapi tak perlu, ada jasa ojek yang siap membantu Anda melewati jalanan becek ini.

Pantai yang Virgin

deskripsi pantai peh pulo

Sebelum viral, kawasan pantai ini hanya sebagai tempat nelayan bekerja dan menyandarkan kapal mereka. Tapi, kini menjelma sebagai destinasi wisata baru yang ramai akan wisatawan.

Karena masih baru, tentu saja fasilitas dan akses menuju pantai belum memadai. Tapi, justru ini yang menjadi daya tarik wisatawan. Terutama kondisi pantai yang masih alami.

Keindahannya bahkan tidak kalah dengan Pantai Ngliyep yang ada di Malang. Secara jujur, pantai di Blitar Jawa Timur ini memiliki panorama yang menakjubkan bahkan potensinya sangat besar.

Karena masih virgin, ketika sampai di lokasi, jangan berharap lebih selain pesona yang masih natural dari pantainya. Objek wisata ini sangat cocok untuk pecinta wisata lanskap alam.

Miniatur Raja Ampat

misteri pantai peh pulo

Begitu sampai di pantai, rasa lelah akan langsung terbayar dengan panorama alam yang ada di depan mata. Keindahannya sebelas dua belas dengan Raja Ampat di Papua. Hanya berbeda pada luas areanya saja.

Hidden gem-nya Blitar ini tampil dengan gugusan pulau kecil nan hijau. Gugusan pulau ini sebenarnya adalah bukit-bukit di antara lautan dan seolah menjadi benteng.

Area tepian pantainya juga sangat eksotis dengan pasir putih dan air bening-toskanya. Jika Anda sentuh pasirnya, teksturnya lembut. Ombaknya juga kecil karena sudah terpecah oleh gugusan pulau tadi.

Bersantai di Tepi Pantai

Berjalan-jalan di tepian pantai juga dapat menjadi aktivitas seru. Nikmatilah waktu dan pemandangan indah pantai dengan berjalan di tepiannya. Rasakan kelembutan tekstur pasirnya yang sekaligus bisa Anda gunakan sebagai terapi.

Selain itu, bisa juga dengan duduk di bawah pohon sambil melihat ke arah pantai. Sesekali kapal nelayan akan lewat untuk berangkat mencari ikan atau bersandar membawa hasil tangkapan.

Jangan lupa abadikan keindahan ini dengan memotret tiap sudut pantai yang estetik. Gugusan pulau juga tak boleh Anda lupakan untuk dipotret karena kapan lagi Anda akan menyaksikan keajaiban ini.

Sunset

lokasi pantai peh pulo

Perpaduan antara pasir putih, air biru yang jernih, dan pulau-pulau kecil terlihat begitu sempurna. Apalagi saat matahari mulai terbenam, semburat cahayanya menghiasi langit pantai.

Pemandangan sunset ini begitu eksotis di langit yang mulai berwarna gelap. Namun akan sisi terang dan jingga berkat sinar matahari yang bersisa di ufuk Barat. Sebuah fenomena alam yang wajib Anda abadikan.

Untuk bisa menikmati panorama sunset terbaik di pantai ini, Anda bisa menyaksikannya di atas bukit. Dari bukit ini, sunset akan terlihat dengan sangat jelas dan tanpa ada objek penghalang apapun.

Fasilitas di Pantai Peh Pulo

Fasilitas di objek wisata pantai ini masih terbatas. Hanya ada fasilitas area parkir, toilet, dan beberapa warung kecil. Meski begitu, ketiga fasilitas ini cukup membuat para pengunjung nyaman selama berada di sini.

Pengunjung masih bisa membeli makanan dan minuman di warung kecil yang ada di tepi pantai. Meski bukan makanan khas Jawa Timur Rujak Cingur, Rawon, Soto Lamongan, dll, makanan di sini cukup untuk mengganjal perut.

Jam Buka Objek Wisata Pantai Peh Pulo

pantai peh pulo blitar

Wisata Blitar teranyar ini buka setiap hari dan juga saat libur nasional. Jam buka Pantai Peh Pulo ini 24 jam. Hanya saja, di malam hari, warung akan tutup. Jadi memang lebih baik berkunjung saat pagi atau siang hingga sore hari.

Setelah puas memandangi panorama alam yang masih begitu alami, jangan lupa untuk singgah ke toko jajanan khas Jawa Timur di area Kota Blitar. Pilihan produknya sangat beragam. Harganya juga relatif murah.

Agar perjalanan menuju Pantai Peh Pulo lebih nyaman, manfaatkan saja layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Ada beberapa paket wisata murah dengan kualitas pelayanan fasilitas berkelas.



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (3 votes)