SalSari Resto & Coffee

Bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek, mungkin Pantai Samudera Baru bisa jadi alternatif tempat liburan bersama keluarga. Pantai yang satu ini letaknya di Kabupaten Karawang, tepatnya di Desa Sungai Buntu, Pedes, Karawang, Jara Barat.

Yang membuat pantai ini terkenal adalah pasir putihnya yang membentang luas. Selain itu, pantai ini juga tidak kekurangan aktivitas menarik. Ada banyak wahana yang disediakan pengelola dan bisa Anda nikmati.

Sekilas Tentang Pantai Samudera Baru

spot foto Pantai Samudera Baru

Selain Pantai Samudera Baru, ada banyak tempat wisata kekinian di Karawang. Sebut saja Pantai Tanjung Pakis dan Pantai Tanjung Baru. Dibandingkan dua pantai tadi, pantai ini masih terbilang baru.

Meskipun begitu, namanya sudah banyak dikenal oleh banyak wisatawan, terutama keluarga. Bisa dibilang, pantai ini adalah pantai pengganti Pisangan Cibuaya. Pantai Pisangan Cibuaya sudah nyaris musnah karena abrasi.

Pantai pengganti ini letaknya lebih dekat dengan pusat kabupaten Karawang. Inilah salah satu alasan mengapa banyak wisatawan lokal yang senang menghabiskan akhir pekan di sini.

Sayangnya, daerah ini awalnya dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sumber hasil laut dan tambak. Karena itu, oleh pemerintah kabupaten sendiri pantai ini masih belum dimaksimalkan sebagai tempat wisata.

Karena itulah fasilitas dasarnya masih terbilang minim. Kalau hari biasa, pantai ini juga sepi, jadi pas untuk Anda yang tidak suka pantai yang ramai.

Tidak seperti pantai-pantai di Gunungkidul Jogja, Samudera Baru pantainya memiliki pasir yang berwarna hitam. Hal ini disebabkan karena pantainya dekat dengan muara Pantura atau pantai utara di pulau Jawa.

Selain itu, ombaknya juga cenderung tenang, tidak seperti ombak di pantai-pantai selatan. Di sepanjang pantai, Anda bisa menemukan banyak warung makan berjejer. Bukan cuma bisa merasakan makanan khas nusantara, di sana, Anda juga wajib mencoba hidangan lautnya.

Menurut sebagian pengunjung, harga menunya cukup mahal, tapi itu sepertinya sepadan untuk pemandangan indah yang Anda dapatkan sambil makan.

Jam Operasional Pantai Samudera Baru

Jam Buka Pukul
Setiap hari 24 Jam

Lokasi Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru beralamatkan di Sungaibuntu, Kec. Pedes, Karawang, Jawa Barat. Anda memang bisa ke pantai ini menggunakan kendaraan umum.

Namun, untuk alasan kepraktisan, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda wisatawan dari luar kota, alternatifnya, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil terpercaya dari kota terdekat.

Fasilitas Pantai Samudera Baru

warung makan Pantai Samudera Baru

Objek wisata ini memang fasilitasnya masih belum begitu memadai kalau Anda bandingkan dengan tempat wisata sejenis. Meskipun begitu, Anda sudah bisa menikmati beberapa fasilitas dasar seperti:

  • Parkiran
  • Toilet
  • Kamar mandi bilas
  • Mushola
  • Gazebo
  • Perahu
  • Penyewaan ban
  • Wahana permainan
  • Spot foto

Harga Tiket Masuk Pantai Samudera Baru

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00
Parkir motor Rp15.000,00
Parkir mobil Rp30.000,00
Wahana permainan Rp20.000,00 – Rp40.000,00

Daya Tarik Pantai Samudera Baru

berenang di Pantai Samudera Baru

Pantai ini menawarkan banyak aktivitas seru yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Beberapa diantaranya yaitu;

Berenang

Pantai ini aman untuk dipakai berenang, karena ombaknya tidak terlalu tinggi dan arusnya juga tidak kencang. Sayangnya, pantai ini cuma bisa dipakai berenang, tidak bisa dipakai menyelam.

Waktu yang paling baik untuk berenang di sana adalah di pagi hari, ketika matahari masih belum terik bersinar. Tenang saja, kalau Anda tidak berenang tapi tetap ingin masuk ke air, Anda bisa menyewa pelampung.

Ada fasilitas penyewaan pelampung di sepanjang area pantai. Nah, meski laut ini aman untuk berenang, Anda tetap harus memperhatikan rambu-rambu yang ada.

Menikmati Pemandangan

Anda juga bisa duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan laut lepas. Karena pantai ini masih belum banyak dipromosikan sebagai tempat wisata, di waktu-waktu tertentu, pantai ini terbilang sepi.

Selain itu, di sepanjang garis pantai tidak ditemukan tanggul atau bangunan. Sudah tentu itu membuat suasana alami di sini jadi semakin terasa. Pantai ini juga memiliki garis pantai yang panjang.

Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa menikmati permainan pantai, seperti misalnya voli atau sepak bola. Di sini juga banyak karang berwarna putih yang terlihat kontras dengan pasir hitam.

Naik Perahu

Ingin berkeliling pantai seperti nelayan lokal? Anda bisa menyewa perahu milik para nelayan tersebut. Memang, perahu yang ada di sini bukan perahu wisata, melainkan perahu yang biasa digunakan nelayan untuk menangkap ikan.

Namun, ukuran perahunya cukup besar, bisa untuk menampung 5-10 orang. Anda harus mengajak nelayannya sekalian untuk mengendalikan perahu. Nikmati semilir angin laut sambil Anda berlayar ke tengah laut.

Naik Delman

Nah, kalau Anda lebih suka menyisir pantai alih-alih lautnya, Anda bisa menyewa delman. Ada delman di pinggir pantai ini, persis seperti pantai Parangtritis Jogja. Mengingat Samudera Baru ini punya garis pantai yang panjang, tentu Anda bisa lebih puas naik delman di sepanjang pantai.

Tentunya anak-anak pasti suka. Sambil naik delman, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah yang tersaji. Bisa juga menikmati live show, karena biasanya di hari libur nasional ada acara musik yang dibawakan di atas panggung.

Kami sarankan untuk datang di pagi dan sore hari, ketika matahari masih belum begitu terik. Anda juga wajib menyaksikan matahari terbit dan terbenam di pantai ini. Datanglah juga di musim kemarau, sehingga liburan Anda tidak terganggu hujan.

Nah, kalau Anda berniat liburan ke Karawang dan sekitarnya, Anda bisa memesan paket wisata dari Salsa Wisata. Dengan paket wisata, Anda bisa datang ke berbagai tempat wisata yang tertera di daftar, atau malah memilih sendiri tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

Liburan dengan paket wisata juga jatuhnya lebih murah, karena semua sudah dibayar di awal. Harga sudah termasuk hotel berbintang, tiket wisata, makan, dan transportasi. Bebas repot, bukan? Hubungi Salsa Wisata sekarang untuk info lebih lanjut.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)