SalSari Resto & Coffee

Meskipun namanya Pantai Serang, jangan tertipu. Pantai ini letaknya sangat jauh dari Serang, Banten. Pantai Serang juga tidak sejajar dengan Pantai Tanjung Lesung yang memang benar ada di Banten. Wisata alam pantai ini letaknya di Blitar.

Pantai Serang Blitar ini lokasi tepatnya ada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur. Kalau dibandingkan dengan pantai-pantai wisata lainnya, pantai Serang ini memang tidak sepadat itu.

Meskipun begitu, objek wisata pantai bagus Jawa Timur ini tidak pernah sepi pengunjung. Pasirnya yang berwarna gelap tapi bersih dan berbentuk landai itu membuat wisatawan betah berlama-lama di sini. Ombaknya juga cocok sebagai tempat berselancar.

Sekilas Tentang Pantai Serang Blitar

Meskipun sebetulnya pantai Serang Blitar ini termasuk ke dalam jajaran pantai laut selatan, ombaknya tidak seganas pantai-pantai selatan yang lain. Itu karena pantai ini terletak di sebuah teluk. Sebetulnya, pantai ini sendiri cukup besar.

Pasirnya berwarna coklat kehitaman, karena memang sudah tercampur dengan pasir besi. Meskipun begitu, warnanya justru memberi kontras pada air laut yang biru jernih. Keduanya memberi panorama yang indah dan instagrammable.

Kedua ujung pantai ini ada perbukitan. Nah, perbukitan inilah yang memisahkan pantai Serang dengan pantai-pantai di sekitarnya, seperti Pantai Serit, Pantai Selok Gogor, Pantai Mesang Padang, dan Pantai Bangkong.

Di bukit sisi timur, ada sebuah gardu pandang yang biasa untuk melihat hilal jika sudah memasuki bulan Ramadhan atau bulan Syawal. Meski tidak sedang melihat hilal, Anda juga bisa kok naik ke gardu pandang ini. Di sini, Anda akan melihat keseluruhan lanskap pantai Serang yang indah.

Selain panoramanya yang indah, pengelola pantai ini juga menawarkan sejumlah fasilitas atraksi wisata. Ini adalah salah satu daya tarik pantai Serang, yang membuat pengunjung selalu mendatangi tempat ini. Atraksi wisata ini terselenggara karena kerja keras Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Serang.

Fasilitas Pantai Serang Blitar

fasilitas Pantai Serang Blitar

Karena pantai ini dikelola dengan serius, secara keseluruhan fasilitas yang ada sudah sangat memadai. Ada area parkir, mushola, toilet, dan kamar mandi sebagai tempat bilas. Itu adalah fasilitas umum yang bisa Anda nikmati.

Sedangkan untuk fasilitas penunjangnya, ada homestay untuk yang ingin menginap di sekitar pantai, warung-warung makan untuk mencicipi kuliner khas Jawa Timur lezat, penyewaan ATV, dan pengadaan kursus kilat berselancar.

Harga Tiket Masuk Pantai Serang Blitar

Tidak mahal untuk bisa menikmati pantai Serang Blitar. Berikut ini rincian tarifnya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp7.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Sewa ATV Rp100.000,00/jam

Rute Menuju Pantai Serang Blitar

camping di Pantai Serang Blitar

Kalau dari Kota Blitar, jarak ke pantai ini cuma sekitar 45 km. Meskipun terkesan jauh, akses dan jalan menuju ke sini tidak sulit, kok, karena semua sudah dikelola dengan baik.

Pantai Serang Blitar ini bisa ditempuh dari mana saja. Kalau dari Malang, Anda bisa lewat Kepanjen lalu terus menuju Blitar selatan. Bisa juga berangkat dari Tulungagung atau Kediri.

Kalau dari Tulungagung, Anda harus lewat Jalan Protokol dulu. Jalan itu gampang bisa Anda temukan dari arah timur. Sedangkan kalau lewat Kediri, Ada harus lewat kota Blitar, lalu ikuti jalan raya Kediri dan Blitar, lalu lanjut ke Jalan Bali.

Karena pantai ini bisa ditempuh dari kota-kota sebelah, rasanya sayang kalau Anda cuma mengunjungi pantai saja jika sedang berlibur ke Jawa Timur. Maka dari itu, kami sarankan untuk pesan paket tur wisata Malang 2 hari.

Anda bisa sekalian mengunjungi kota-kota lain di sekitarnya, termasuk Blitar. Salsa Wisata menyediakan banyak pilihan paket wisata. Sebagai agen perjalanan yang sudah malang melintang di dunia traveling sejak lama, kami bisa menyediakan Anda berbagai pilihan destinasi wisata.

Atau, Anda bisa juga memilih tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Kami yang akan mengaturnya. Tidak perlu khawatir soal akomodasi dan transportasi. Harga yang Anda bayarkan untuk paket wisata itu sudah termasuk penginapan dan transportasi plus sopir.

Pergi kemana-mana tidak perlu bingung, karena Salsa Wisa punya driver handal yang hafal medan jalan. Atau, Anda juga bisa sewa mobil avanza plus driver Malang dari Salsa Wisata.

Salsa Wisata pun menyediakan banyak pilihan mobil yang bisa Anda sewa, dari mulai mobil biasa, elf, hiace, sampai bus pariwisata. Anda bisa dijemput langsung dari bandara, stasiun, atau terminal.

Daya Tarik Pantai Serang Blitar

Menikmati Indahnya Pantai

sunset Pantai Serang Blitar

Pantai Serang ini sering disebut-sebut sebagai “Kuta”nya Blitar. Bukan tanpa alasan, itu karena pantai ini sering jadi referensi para wisatawan yang sering ke Bali. Bagi mereka, Blitar pun punya pantai yang sama indahnya seperti pantai Kuta.

Kontur tanahnya datar dan luas. Meski pasirnya tidak berwarna putih, tapi kalau diinjak lembut dan bebas dari karang-karang tersembunyi. Pasirnya juga bersih, karena pihak pengelola selalu berusaha keras untuk menomor satukan kebersihan dan kenyamanan pengunjung.

Terletak di ujung selatan kabupaten Blitar, pantai ini juga jauh dari hiruk pikuk kota. Suasananya sangat tenang. Kalau ingin suasana yang lebih sepi lagi, Anda bisa datang di pagi hari ketika belum banyak pengunjung yang datang.

Larung Sesaji 1 Suro

larung sesaji Pantai Serang Blitar

Selain bisa menikmati pantainya yang luar biasa, Anda juga bisa melihat ritual adat budaya lokal. Di pantai ini, setiap satu tahun sekali, kerap ada acara larung sesaji. Acara tersebut diadakan tiap tanggal 1 Suro atau tanggal 1 Muharram.

Larung sesaji itu adalah wujud syukur para nelayan pada Tuhan Yang Maha Esa. Ini adalah acara tahunan yang masuk ke dalam agenda kota Blitar. Biasanya, acara ini selalu ramai oleh pengunjung. Anda juga bisa menyaksikannya dan mengabadikannya dalam foto.

Serang Festival Culture

serang culture festival

Selain melarung sesaji, ada juga acara besar tahunan lain yang biasa diadakan di sini, yakni Serang Festival Culture. Ada banyak kegiatan budaya yang biasa diadakan, dari mulai atraksi musik sampai tarian khas Blitar.

Sampai sekarang, sudah rutin berlangsung selama kurang lebih lima kali festival budaya ini di pantai Serang. Setiap tahunnya, acaranya sedikit berbeda. Penyelenggara berhasil membuatnya selalu menarik dan unik tiap tahun.

Rekreasi dan Olahraga

wahana atv Pantai Serang Blitar

Meskipun pantai ini ada di teluk dan tidak begitu besar dibandingkan dengan pantai laut selatan lain, tetap tidak kami sarankan untuk berenang terlalu jauh dari pantai. Ombaknya tetap bisa berbahaya, apalagi kalau sedang angin kencang.

Nah, kalau Anda mau, Anda bisa memanfaatkan ombak tersebut dengan berselancar. Ombaknya pas untuk olahraga yang satu ini. Anda bisa mendaftarkan diri untuk belajar selancar di sini, lho. Atau, Anda juga bisa menyewa ATV. Anda bisa berkeliling pantai dan menikmati suasana naik ATV.

Melepas Tukik

Pantai ini sering digunakan para penyu laut untuk bertelur. Jadi, oleh pengelola pantai ini pun dijadikan sebagai tempat konservasi penyu. Ini adalah daya tarik lainnya yang membuat pengunjung datang ke pantai Serang.

Di sini, Anda bisa melihat bagaimana penyu-penyu laut itu dikembangbiakkan setelah menetas. Ketika usia penyu-penyu kecil itu sudah cukup, mereka akan dilepas kembali ke laut. Kegiatan melepas penyu kecil atau tukik ini selalu menarik untuk menjadi tontonan, apa lagi oleh anak-anak.

Jam Operasional Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa datang di pagi buta jika ingin menyaksikan matahari terbit di sini, atau di sore hari sekalian untuk melihat matahari terbenam. Kami sarankan untuk datang di waktu-waktu tersebut, jadi matahari tidak terlalu panas memanggang.

Setelah puas bermain, jangan lupa pulangnya untuk mampir ke toko oleh-oleh khas Jawa Timur makanan yang ada dekat di sekitar lokasi pantai. Ada banyak souvenir dan makanan yang bisa Anda bawa pulang ke kampung halaman.

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berwarna gunakan agen perjalanan berpengalaman seperti Salsa Wisata yang telah melayani ribuan tamu selama belasan tahun. Ada banyak pilihan paet wisata domestik yang bisa kamu pilih untuk rencana liburan selanjutnya.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)