SalSari Resto & Coffee

Tempat wisata hits di Pacitan memang kebanyakan pantai. Pantainya juga beragam, terkadang ada yang unik, berbeda dari pantai-pantai pada umumnya. Nah, apakah Anda pernah dengar pantai Soge di Pacitan?

Kalau biasanya pantai berada di tempat yang tersembunyi dan sulit dijangkau, pantai yang satu ini justru letaknya terbuka. Kalau Anda berkendara di jalan raya yang mengarah ke Tulungagung atau Trenggalek, Anda bisa melihat pantai yang cantik ini tepat di pinggir jalan. Ya, pantainya ada di samping jalan besar.

Sekilas Tentang Pantai Soge

Pantai Soge pacitan

Meskipun pantai ini bisa Anda lihat dari jalan raya, masih banyak yang belum familiar dengan nama Pantai Soge. Menurut wisatawan yang sudah pernah ke sini, pantai ini mirip dengan Pantai Senggigi yang ada di Lombok.

Pasirnya yang putih bersih berpadu dengan air laut yang jernih berwarna biru, persis seperti pantai yang ada di Lombok. Karena letaknya di pinggir jalan raya, jangan heran kalau Anda melihat banyak pengendara yang berhenti sejenak, menepikan mobilnya, lalu berfoto di pinggir jalan dengan pemandangan laut.

Itu karena salah satu spot foto favorit di pantai ini memang di pinggir jalan raya. Dengan jalan raya, pantai ini cuma dibatasi dengan pohon-pohon rimbun yang membentuk hutan kecil. Tentu saja area ini bisa diseberangi dengan mudah kalau Anda berjalan kaki.

Bukan cuma pasir putih dan air yang jernih saja, Anda juga bisa melihat deretan bukit yang berjejer di kejauhan, membingkai pantai eksotis ini. Kalau Anda ingin bermain di pantai yang masih sepi dan belum banyak pengunjungnya, pantai di Pacitan yang satu ini bisa jadi pilihan.

Suasananya mungkin sedikit bising, karena kendaraan pasti lalu lalang di jalan di sampingnya. Namun, pohon-pohon besar yang rimbun cukup bisa meredam kebisingan tersebut.

Fasilitas Pantai Soge

Karena objek wisata ini masih belum begitu berkembang, fasilitas yang ada di sini juga belum banyak, baru yang dasar-dasar saja. Salah satu fasilitas yang bisa Anda nikmati adalah area parkir yang cukup luas dengan tarif parkir yang terjangkau.

Untuk berteduh dari teriknya matahari, disediakan juga gazebo untuk duduk-duduk. Atau, Anda juga bisa duduk di dalam tempat-tempat makan yang tersebar di pinggir pantai. Anda bisa sekalian wisata kuliner di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Soge

Harga tiket masuk ke Pantai Soge terbagi berdasarkan usia. Namun jangan khawatir, harga tiketnya tidak mahal, kok. Berikut ini rinciannya:

Retribusi Keterangan Tarif
Tiket masuk weekdays Anak-anak Rp2.000,00
Dewasa Rp3.000,00
Tiket masuk weekend / hari libur nasional Anak-anak Rp3.000,00
Dewasa Rp5.000,00
Biaya parkir Kendaraan roda dua Rp2.000,00
Kendaraan roda empat Rp5.000,00

Rute Menuju Pantai Soge

mancing di pantai soge

Kalau Anda ingin datang ke Pantai Soge dari pusat kota Pacitan, jarak yang harus Anda tempuh yaitu kurang lebih 24 km, atau kira-kira setengah jam berkendara.

Kalau Anda berangkat dari Surabaya, butuh waktu sekitar tujuh jam untuk bisa sampai ke sini, dengan rincian tiga setengah jam dari Tulungagung dan empat jam dari Solo.

Dari pusat kota Pacitan, Anda bisa ambil arah ke timur, terus sampai ke kecamatan Tulukan. Tetap di timur sampai Anda tiba di Ngadirojo. Di daerah itu, arahkan kendaraan menuju Pasar Wiyoro sampai bertemu pertigaan. Di pertigaan, belok kiri sampai bertemu PLTU. Setelah PLTU, belok kanan.

Di sepanjang jalan ini, Anda akan melihat deretan cantik sampai tiba di desa Sidomulyo, tempat pantai ini berada. Pantai ini membentang di bagian kiri jalan. Disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil plus driver murah, sehingga Anda bisa bebas mengeksplor kota Seribu Gua ini.

Daya Tarik Pantai Soge

Pantai Berpasir Putih

bermain di pantai soge

Pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah di Pacitan. Sebutan itu memang tidak berlebihan, mengingat pasirnya yang putih dan lembut memberi kontras pada jalanan berdebu yang ramai oleh lalu lalang kendaraan.

Meskipun pasirnya putih dan airnya biru jernih, Anda tidak diperbolehkan untuk berenang. Itu karena pantai ini termasuk salah satu pantai selatan yang terkenal ganas ombaknya.

Anda cukup menikmati pemandangan indah dari gazebo yang ada di pinggir pantai. Jangan lupa untuk beli makanan khas Jawa Timur kekinian untuk Anda nikmati di gazebo.

Danau Alami

danau alami pantai soge

Bukan cuma pasirnya saja yang menarik perhatian, tapi juga genangan air alaminya. Di pinggir Pantai Soge, ada sebuah genangan air yang terlihat seperti danau. Danau ini terbentuk karena adanya gundukan pasir.

Gundukan itu memisahkan laut dengan sungai air tawar. Ini juga menjadi salah satu spot populer di kalangan pengunjung, karena pemandangannya sangat instagramable.

Anda bisa berenang di danau alami ini, tapi tetap harus berhati-hati karena ada beberapa tempat yang dalam. Itulah sebabnya Anda tidak boleh berenang melebihi batas yang ditentukan petugas.

Jembatan Layang

jembatan soge

Ada juga sebuah jembatan layang yang megah di dekat jalan lintas selatan. Jembatan layang ini menghubungkan pantai dengan muara sungai.

Anda bisa naik ke atas jembatan ini untuk menikmati pantai. Memang, dari atas sini Anda tidak bisa langsung melihat pantainya. Namun, ini spot yang paling diburu fotografer untuk bisa membidik pantai dari ketinggian.

Berlayar Naik Perahu Nelayan

kapal di pantai soge

Salah satu cara lain untuk bisa menikmati suasana di pantai ini adalah dengan berlayar menjelajahi pantai pakai perahu nelayan. Anda bisa menyewa perahu tersebut dari nelayan lokal dan berlayar bersama mereka mengelilingi pantai.

Jangan lupa untuk mengenakan alat pengaman atau pelampung saat berlayar. Di spot-spot tertentu, Anda juga bisa memancing. Bawa peralatan memancing Anda sendiri untuk bisa menangkap ikan di sini.

Suasana yang Sepi

suasana pantai soge yang sepi

Karena masih belum banyak wisatawan yang datang ke sini, pantai ini terbilang masih sepi. Jangan bandingkan dengan Pantai Parangtritis di Jogja yang selalu ramai wisatawan.

Di sini, Anda bisa duduk di atas pasir atau di gazebo tanpa perlu terganggu dengan wisatawan lainnya. Cocok untuk Anda yang ingin healing dan lari sejenak dari hiruk-pikuk kota.

Anda juga bisa jogging di sepanjang garis pantai. Biasanya, wisatawan yang datang suka jogging di pagi hari, karena pantai ini sudah mulai ramai dari pukul 7 pagi. Bisa juga olahraga di sore hari sambil menikmati sunset.

Jam Operasional Pantai Soge

Pantai Soge terbuka selama 24 jam setiap harinya. Namun, kalau Anda ingin menggunakan fasilitas parkir, Anda harus datang di waktu-waktu normal tempat wisata buka. Bisa juga datang di pagi hari untuk menyaksikan sunrise dan sore hari untuk berburu sunset.

Setelah puas bermain, jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh khas Jawa Timur terdekat untuk membeli buah tangan. Karena belum afdhol rasanya bila liburan tanpa membawa oleh-oleh ke rumah.

Kalau Anda berencana untuk datang ke Pacitan dan main ke pantai ini, Anda bisa hubungi Salsa Wisata untuk memesan paket wisata. Mengapa harus pakai paket wisata saat liburan?

Selain jatuhnya lebih hemat, Anda juga tidak perlu pusing soal akomodasi, tempat wisata, makan, dan transportasi, karena semua itu sudah termasuk ke dalam paket.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)