SalSari Resto & Coffee

Kota dengan julukan 1001 Gua ini ternyata punya banyak destinasi wisata menarik, terutama wisata alam. Bahkan beberapa gua yang menjadi tempat wisata hits di Pacitan ini termasuk gua terindah se-Asia Tenggara.

Namun tidak hanya terkenal dengan keindahan guanya yang mempesona, kota ini juga punya banyak objek wisata menarik lainnya. Mulai dari pantai, air terjun, hingga tempat kekinian yang instagramable semua ada.

Nah buat Anda yang sedang berada di Pacitan dan mencari tempat wisata hits di Jawa timur, berikut ini 18 rekomendasi tempat wisata hits terbaik di Pacitan yang wajib Anda kunjungi:

Daftar Tempat Wisata Pacitan Populer

Alun-alun Kabupaten Pacitan

Alun-alun Kabupaten Pacitan

Berwisata ke Pacitan belum lengkap rasanya bila belum mengunjungi alun-alunnya yang juga menjadi ikon Kota Pacitan. Tempat ini menjadi favorit keluarga untuk menghabiskan waktu liburan sambil ber-quality time.

Anda bisa melakukan berbagai hal mulai dari berolahraga, kulineran, bermain wahana permainan, atau sekedar bersantai. Apalagi semakin malam, makin banyak pula wisatawan serta pedagang yang memadati kawasan alun-alun.

Bicara mengenai fasilitas yang ada pun bisa dibilang sudah cukup memadai. Terdapat area parkir kendaraan, toilet di beberapa titik, musholla, warung makan, dan masih banyak lagi.

Lokasinya yang berada di jantung Kota Pacitan membuatnya untuk mudah diakses. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk tiba ke alun alun atau menggunakan bantuan Google Maps.

Pantai Watu Karung Pacitan

Pantai Watu Karung Pacitan

Nama Pantai Watu Karung mungkin masih belum terlalu familiar di telinga wisatawan lokal. Padahal pantai ini lumayan terkenal di kancah internasional berkat ombak menantang yang dimilikinya pas untuk aktivitas surfing.

Ombak di pantai ini dapat mencapai sekitar 5 meter lebih tingginya, jadi sangat cocok untuk para profesional. Untuk bisa bermain surfing di sini tak memerlukan biaya yang mahal, dengan catatan peralatan surfing membawa sendiri dari rumah.

Anda hanya harus membayar tiket masuknya sebesar Rp10.000,00 saja. Sedangkan untuk waktu terbaik bermain surfing bisa Anda pilih antara bulan April-Oktober saat angin laut sedang kencang dan banyak ombak besar.

Tertarik untuk menaklukan ombak di Pantai Watu Karung? Silahkan langsung saja datangi alamatnya di Pringkuku, Ketro, Watukarung, Pacitan. Bisa manfaatkan layanan sopir dari rental mobil murah terdekat untuk mengantar langsung ke lokasi.

Goa Gong Pacitan

Goa Gong Pacitan

Sebagai Kota 1001 Gua, Pacitan tentu memiliki banyak gua cantik salah satunya Goa Gong Pacitan. Bahkan Goa Gong ini termasuk dalam jajaran gua terindah se-Asia Tenggara dan termasuk salah satu tempat wisata Pacitan yang sangat populer.

Dari pusat kota jaraknya sekitar 28 km atau satu jam berkendara. Lokasinya sendiri berada di Salam, Bomo, Punung, Pacitan dan bisa Anda kunjungi setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Daya tariknya ada pada keberadaan stalaktit dan stalakmit berusia ratusan tahun yang mempesona. Dengan kedalamannya yang mencapai 250 meter, Anda akan takjub melihat pemandangan khas gua yang begitu eksotis.

Apalagi dengan hiasan lampu yang beraneka warna yang membuat pemandangannya semakin apik. Untuk bisa melihat keindahan batuan stalaktit dan stalakmit Goa Gong, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000,00.

Pantai Soge

Pantai Soge

Pantai Soge masuk ke dalam deretan pantai indah yang menghiasi jalur lintas selatan. Keindahan pantai berpasir putih dengan latu berwarna biru terangnya bisa Anda lihat langsung dati tepi jalan.

Pemandangan pun semakin apik berkat kawasan pantai yang bersih serta perbukitan di sekitarnya. Pengunjung yang datang pun dapat puas bermain air dan pasir, surfing, atau sekedar berfoto santai di pantai ini.

Pantai indah ini terletak di Dondong, Sidomulyo, Ngadirojo, Pacitan. Lokasinya yang cukup strategis di pinggiran jalan raya membuat Anda dengan mudah mengaksesnya.

Setelah sampai di lokasi, Anda harus membayar tiket masuk untuk kemudian bisa bermain di Pantai Soge. Adapun harga tiket masuk pantai ini hanya sekitar Rp10.000,00 saja per orang.

Pantai Kasap

Pantai Kasap

Pesona Pantai Kasap terletak pada gugusan pulau karang yang menyerupai Raja Ampat, salah satu pantai terindah di Indonesia. Lokasi pantai ini berada di Dusun Ketro, Desa Watu Karung, Pringkuku, Pacitan.

Bersantai di atas bukit menjadi salah satu cara terbaik menikmati panorama eksotis yang mempesona dari pantai ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat keindahan Pantai Srau dan Pantai Watu Karung yang berada tak jauh dari sana.

Untuk jalur pendakiannya sudah cukup bagus. Dibutuhkan waktu treking sekitar 10-20 menit untuk bisa sampai ke puncak. Jangan lupa untuk membawa bekal air minum, karena pasti akan lelah dan haus saat melakukan trekking.

Untuk bisa mengunjungi “Little Raja Ampat” di Pacitan ini, Anda harus membayarkan tiket masuk yang tarifnya masih cukup terjangkau. Dengan biaya sebesar Rp7.000,00 saja Anda sudah bisa mengunjungi pantai yang buka sampai pukul 18.00 WIB ini.

Pantai Klayar Pacitan

Saat pertama kali menapakkan kaki di sini, pemandangan pantai yang mempesona akan menyambut. Hamparan pasir putihnya tampak eksotis berkat sejumlah bongkahan batu karang besar yang seperti benteng.

Batuan karang yang ada di Pantai Klayar ada banyak jumlah dan beberapa mempunyai bentuk yang unik. Spot yang paling terkenal di Pantai Klayar yaitu batu karang yang menyerupai batu Sphinx berbentuk singa yang ada di Mesir.

Hal lain yang membuat unik pada saat terhempas ombak besar dari balik rongga akan muncrat air seperti paus. Selain itu, suara hempasan angin yang mengenai rongga tersebut akan mengaluarkan suara seperti paus bersiul.

Untuk melihat langsung pesona suling paus ini Anda bisa datang ke Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan. Dengan akses jalan yang sudah bagus, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Pantai Klayar sebesar Rp10.000 anak dan Rp15.000 untuk dewasa.

Sungai Maron

Sungai Maron

Sungai Maron termasuk salah satu tempat wisata alam terpopuler Pacitan. Secara keseluruhan sungah di tengah hutan rimba ini menawarkan aktivitas jelajah sungai sejauh 4,5 KM layaknya menjelajahi Hutan Amazon Brazil.

Wisata sungai Pacitan ini sendiri sudah buka sejak tahun 2012 dan terletak di Dersono, Pringkuku, Pacitan. Bagi Anda yang suka aktivitas petualangan di alam wajib mencoba petualangan susur sungai di “Amazon Indonesia”.

Anda dapat menyewa perahu berkapasitas 4 orang seharga Rp100.000,00 sudah lengkap dengan pemandu dan pelampung renang. Aktivitas petualangan susur Sungai Maron ini sendiri bermuara di Pantai Ngiriboyo.

Anda pun dapat mampir sejenak untuk melihat pemandangan pantai atau sekedar berfoto-foto saja. Namun jika hanya ingin menikmati keindahan Sungai Maron saja, cukup membayar tiket masuk Rp5.000,00 saja.

Pantai Srau

Pantai Srau

Salah satu pilihan pantai indah lain yang bisa Anda kunjungi di Pacitan adalah Pantai Srau. Pantai ini terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Pringkuku, Pacitan dengan keindahan yang tak kalah menawan dari deretan pantai indah di Gunungkidul.

Rekomendasi aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini tentu saja berenang di pinggiran pantai. Namun jika tak ingin basah-basahan, Anda bisa menikmati suasana pantainya yang syahdu di pinggiran pantai.

Suara deburan ombak membuat hati dan pikiran menjadi tenang pelipur lara. Apalagi jika Anda berkemah menikmati pemandangan malamnya yang tak kalah menawan. Tentu hal ini bisa jadi pengalaman yang menarik.

Untuk biaya berlibur di sini pun tak memakan biaya yang mahal. Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000,00 untuk tiket masuk dan Rp5.000,00 – Rp10.000,00 tarif parkir kendaraan.

Sentono Gentong Pacitan

Sentono Gentong Pacitan

Sentono Gentong merupakan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan Indah Pacitan dari atas ketinggian. Dari atas sini, Kota Pacitan beserta deretan keindahan pantainya yang berjejer tampak indah memukau.

Sebuah view yang menggabungkan tampilan pemukiman warga, pantai, pepohonan, dan birunya langit menjadi landscape yang sangat sempurna.

Anda pun bisa berkunjung kapan saja, baik itu pagi, siang, ataupun malam. Masing-masing menyajikan pesona yang berbeda-beda. Menikmati pemandangan matahari terbit atau tenggelam merupakan alternatif pilihan saat berkunjung ke sini.

Jika ingin menikmati pesona pantai dan Kota Pacitan langsung saja datang ke Sentono Gentong yang beralamatkan di Krajan, Dadapan, Pringkuku, Pacitan. Adapun harga tiket masuknya hanya sebesar Rp10.000 saja per orang nya.

Pantai Pidakan

Pantai Pidakan

Pantai Pidakan masuk ke dalam jajaran pantai terpopuler di Pacitan, karena mempunyai panorama alam yang unik dan menarik. Yang membuatnya istimewa dari pantai lainnya, di sepanjang bibir pantainya tersebar banyak batu putih yang membuatnya tampak lebih eksotis.

Hampir setiap hari para wisatawan lokal hingga turis asing yang mengagumi keindahan pantai ini datang berkunjung ke sini. Hampir 70 persen kawasan pantai merupakan batuan alam yang terdiri dari berbagai macam jenis dan ukuran.

Namun akses jalannya masih belum cukup bagus, hanya bisa untuk kendaraan bermotor dan mobil saja. Jalannya pun cuma muat untuk satu mobil saja. Oleh karenanya saat berkunjung ke sana harus bersabar karena antri dengan pengunjung lainnya.

Masih di desa yang sama terdapat pantai Watu Bale yang tak kalah menawan, Anda pun bisa mampir sejenak setelah dari Pantai Pidakan. Untuk harga tiket masuk Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan yaitu Rp10.000.

Jembatan Soge Pacitan

Jembatan Soge Pacitan

Jembatan yang sudah ada sejak tahun 2010 ini menjadi landmark baru Pacitan. Desain arsitektur bangunannya cukup unik. Jika melihatnya sekilas tampak seperti Jembatan Harbour yang berada di Kota Sydney, Australia.

Jembatan ini menghubungkan daerah selatan Pacitan. Anda tak akan bisa melewatkan begitu saja saat tiba di daerah Desa Sidomulyo, Ngadirojo dan melalui jembatan ini.

Pesona alam dan keestetikan bangunan jembatan yang melewati tepi Pantai Soge ini memaksa berhenti sejenak untuk menikmati keindahannya dan berfoto-foto.

Berada di atas Jembatan Soge membuat seakan sedang berada di Sydney Harbour Bridge. Destinasi ini sering dijadikan spot nongkrong anak-anak muda saat sore hari sambil menikmati keindahan Pantai Soge yang menawan.

Beiji Park

Beiji Park

Beiji Park merupakan taman rekreasi keluarga di Pacitan yang baru saja diresmikan pada bulan Mei 2019 lalu. Dulunya kawasan ini adalah bekas taman wisata Pacitan Indah. Lokasinya ada di Jl. Raya Tumpak Rinjing, Beji, Dadapan, Pringkuku, Pacitan.

Dari atas perbukitan Beiji Park, Anda dapat melihat keindahan tata kota Pacitan dari sisi sebelah selatan. Terdapat sebuah gardu pandang yang memang sengaja dibuat untuk melihat pemandangan Kota Pacitan dari atas ketinggian.

Jika Anda berkunjung ke Beiji Park jangan lewatkan untuk berfoto di atas gardu pandang dengan latar belakang lanskap yang menawan. Tentunya akan menghasilkan foto yang Instagramable. Selain itu terdapat wahana permainan ramah anak untuk memberikan rekreasi kepada anak.

Fasilitas lainnya ada gazebo untuk tempat beristirahat, toilet, dan warung makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Untuk bisa bermain dan menikmati pemandangan yang ada, Anda cukup mengeluarkan biaya Rp10.000,00 untuk tiket masuk per orangnya.

Monumen Jenderal Sudirman Pakis Baru Nawangan

Monumen Jenderal Sudirman Pakis Baru Nawangan

Monumen Jenderal Soedirman merupakan objek wisata sejarah yang terletak di Ds Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kab Pacitan. Saat pertama kali tiba di monumen ini, Anda akan disambut dengan patung raksasa sosok Jenderal Soedirman setinggi delapan meter.

Selain monumen, terdapat sebuah bangunan yang dulunya merupakan tempat markas pasukan Jendral Soedirman saat melakukan gerilya melawan penjajah Belanda. Rumah tersebut pernah menjadi hunian Jenderal Soedirman dari April hingga Juli 1949.

Jadi, Anda bisa menemukan banyak barang bekas peninggalan Jenderal Soedirman, salah satunya keranjang tempat tidur dan meja kerjanya. Selain itu terdapat perpustakaan mini dan ruang audio visual yang berkaitan dengan perjuangan Jenderal Soedirman.

Untuk masuk ke wisata yang penuh edukasi ini tak perlu membayar tiket masuk, Anda hanya harus membayar parkir kendaraan saja. Pergi ke objek wisata edukasi sejarah bisa menjadi ajang mengenang dan menghargai jasa pahlawan yang dulu telah berjuang merebut kemerdekaan.

Goa Tabuhan

Goa Tabuhan

Wisata alam Pacitan yang menawarkan goa horizontal dan di dalamnya terdapat batuan yang dapat berbunyi ketika ditabuh atau dipukul. Oleh karenanya destinasi ini dinamakan “Goa Tabuhan”.

Lokasinya ada di Desa Wereng, Kecamatan Punung, Pacitan. Sekitar 30 KM dari pusat kota. Konon katanya gua ini merupakan tempat bertapa Pangeran Diponegoro selama masa penajajahan Belanda.

Penampakan alamnya seperti di Goa Gong yaitu adanya ratusan batuan stalaktit dan stalakmit yang bertengger di dalam gua. Anda bisa datang kapanpun menyaksikan keindahan batuan stalaktit dan stalakmit karena wisata ini buka setiap selama 24 jam.

Ada 3 spot area di dalam Goa Tabuhan ini, yaitu Sendang Bidadari, Ruang Marmer, dan Ruang Kristal. Untuk bisa menikmati keindahan kenampakan alam di Goa Tabuhan, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00.

Kali Cokel Pacitan

Kali Cokel Pacitan

Kali Cokel merupakan destinasi wisata alam yang cukup menarik untuk Anda kunjungi di akhir pekan. Objek wisata ini bisa menjadi alternatif lain dalam petualangan susur sungai selain Sungai Maron yang lebih dulu terkenal.

Terdapat banyak pohon kelapa dan pohon-pohon liar yang menghiasi di sepanjang aliran sungai. Selain itu, air sungainya terkenal jernih dan bersih karena berasal langsung dari Goa Luweng Jaran yang berada di ujung sungai.

Ada dua cara menikmati keindahan alam dari wisata alam Kali Cokel yang ada di Pacitan ini. Pertama, hanya berjalan menyusuri aliran sungai sambil menikmati keindahan alam yang tersaji.

Kedua dengan berjalan di atas air, tapi tentunya metode ini membutuhkan nyali yang berlebih. Pasalnya Anda akan berjalan di atas stand up board dan mendayungnya sendiri sambil menyusuri sungai.

Jika ingin merasakan petualangan seru ini, Anda bisa datang langsung ke lokasinya di Desa Watu Karung, Pringkuku, Pacitan. Untuk mencoba aktivitas seru di sini, tidak perlu biaya mahal jadi Anda bisa puas bermain.

Pancer Door Surfing Spot

Pancer Door Surfing Spot

Pantai Door merupakan pantai yang masih masuk ke dalam teritorial Teluk Pacitan. Lokasinya masih berada dalam satu garis dengan Pantai Teleng Ria dan ombaknya lebih besar.

Mempunyai ombak yang besar menjadikan destinasi pantai ini sebagai spot bermain selancar yang menyenangkan. Para wisatawan lokal hingga turis mancanegara datang membawa alat selancar untuk menaklukan ombak di pantai ini.

Lokasi pun sangat dekat dengan pusat kota dan mudah dijangkau. Dari pusat kota hanya berjarak sekitar 5 sampai 10 menit berkendara dengan motor. Ditambah harga tiket masuknya masih tergolong murah, hanya Rp2.500 hingga Rp5.000 saja.

Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai satu ini merupakan destinasi yang cukup ramai wisatawan karena dekat dengan pusat kota. Lokasinya ada di Balong, Sidoharjo, Pacitan kurang lebih 6 km atau sekitar 30 menit berkendara dari kota.

Dengan garis pantai yang mencapai 2.5 km, berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan sepuasnya di sini. Misalnya saja seperti basah-basahan bermain ombak atau berkreasi menggunakan pasir.

Selain itu ada banyak pula spot foto instagramable yang siap memanjakan para pengunjung eksis. Tak hanya itu saja, tempat wisata hits di Pacitan seluas 40 hektar ini juga memiliki banyak toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas Jawa Timur menarik.

Dengan harga tiket masuk kawasan Pantai Teleng Ria yang Rp10.000,00 per orang Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada. Langsung saja kunjungi pantai hits Pacitan ini kapan pun Anda mau sebab pantainya selalu buka selama 24 jam.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Kata banyu tibo atau air jatuh pada pantai ini berasal dari keberadaan air terjun di tengah area pantainya. Pemandangan yang tak biasa ini menjadi daya tarik pengunjung yang ingin melihat langsung keunikan pantai ini dan membuatnya populer.

Tinggi air terjun ini sendiri sekitar 17 meter dengan aliran yang berasal dari Sungai Widoro. Saat berkunjung ke sini Anda dapat menikmati keindahan pantainya yang bersih sekaligus bermain di air terjun alami.

Apalagi aliran air terjun ini tidak pernah kering meski musim kemarau. Jadi Anda bisa bermain air atau membilas tubuh di beberapa titik air terjun saat sedang berada di pantai ini.

Jika ingin berkunjung ke objek wisata ini, Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Donorojo, Pacitan. Untuk dapat bermain dan menikmati keindahan tempat wisata Pacitan yang bagus ini, Anda hanya perlu membayar Rp10.000,00 sebagai tiket masuk.

Itu tadi deretan rekomendasi tempat wisata hits di Pacitan mulai dari wisata pantai, air terjun, gua, dan lainnya. Semoga bisa dapat membantu memberikan referensi tempat liburan saat berada di Kota 1001 Goa ini.



By Categories: Destinasi, Pacitan

Bagikan Artikel Ini Ke:

4.8/5 - (5 votes)