SalSari Resto & Coffee

Nama Pantai Srau memang belum seterkenal Pantai Klayar Pacitan. Tapi, bukan berarti pantai ini tidak memiliki daya tarik yang sama. Keindahannya bahkan memukau wisatawan yang datang.

Panoramanya sungguh eksotis sehingga mampu memikat wisatawan yang mendatanginya. Jika Anda ingin menjelajahi keindahan pantai di Pacitan, datang saja ke sini. Apalagi Anda bisa mendirikan tenda di sini.

Sekilas Tentang Pantai Srau

pantai srau

Pantai Srau Pacitan Jawa Timur memiliki karakter berupa pohon kelapa yang tersebar di berbagai titik bahkan mendominasi area pantai. Oleh sebab itu, wajar jika ada yang menyebutnya sebagai palm beach.

Kawasan pantainya juga sangat luas dan terbagi menjadi 3 area pantai. Ada pantai di sisi Timur, Selatan, dan Barat. Sedangkan di tengah-tengahnya adalah taman yang cocok untuk berfoto dan berkemah.

Pengunjung bisa memilih pantai di sebelah mana saja. Ketiganya sangat mempesona dengan pasir putihnya dan air yang berwarna hijau toska. Karakter ombaknya juga tenang dan cenderung berarus kecil.

Ketiga pantai ini menjadi primadona para wisatawan. Rasa-rasanya akan sulit untuk memilih salah satu saja. Sebab, ketiganya menawarkan eksotisme yang berbeda dan unik.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Srau

pantai srau pacitan jawa timur

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan salah satu tempat wisata Pacitan terbaik ini harus membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Harga tiket masuk Pantai Srau akan dibedakan untuk pengunjung dewasa dan anak-anak.

Dan tarif tiket ini di luar biaya parkir, biaya camping bagi wisatawan yang ingin camping, dan biaya sewa tikar. Berikut info harga tiket masuk yang terupdate.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Anak Rp5.000,00
Tiket Masuk – Dewasa Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Srau

pantai srau pacitan wikipedia

Alamat Pantai Srau terletak di Candi Pringkulu, Area Persawahan, Candi, Pacitan. Jaraknya sekitar 24 KM dari pusat Kota Pacitan atau 47 menit perjalanan dengan berkendara.

Silahkan bisa manfaatkan layanan sewa mobil terdekat plus driver jika Anda tak ingin lelah selama di perjalanan. Akan ada driver berpengalaman yang antarkan Anda ke lokasi wisata.

Terkait dengan pilihan rute, akan lebih dekat bila Anda berangkat dari Kota Pacitan. Dari Pacitan, langsung menuju Jln Raya Tumpak Rinjing yang searah dengan Pantai Klayar yang sekaligus menjadi pantai terdekat.

Ikuti jalan terus sampai bertemu pertigaan yang memiliki gapura dan ada papan bertuliskan Pantai Pasir Putih Srau. Selanjutnya, ikuti arah dari papan petunjuk. Tak lama lagi Anda akan segera tiba di lokasi.

Daya Tarik Wisata Pantai Srau

Pantai di Pacitan ini terkenal dengan bentang alam pesisirnya yang luas; memungkinkan wisatawan melakukan berbagai aktivitas. Pengunjung bisa bersantai, berkemah, memancing, berselancar, dan aktivitas menyenangkan lainnya.

Fun Camping

camping di pantai srau pacitan

Kegiatan seru selanjutnya yang bisa pengunjung lakukan adalah berkemah. Ajaklah teman, pasangan, atau keluarga untuk menikmati keseruan bersama. Camping ground di sini sangat luas hingga mampu menampung puluhan tenda rombongan wisatawan.

Untuk berkemah, Anda harus membawa segala peralatan dan perlengkapan sendiri. Begitu juga dengan bekal makanan dan logistik lainnya. Meski ada warung di dekat camping ground, warung-warung ini hanya beroperasi sampai sore saja.

Selain warung tutup, camping ini memberi kesempatan bagi wisatawan untuk merasakan keseruan masak sendiri di tepi pantai. Terlebih ada api unggun menemani. Tentu suasananya akan sangat syahdu.

Surfing

Sebagai salah satu pantai paling indah di Indonesia, pantai ini menawarkan kegiatan surfing yang cukup menantang sekaligus menghibur. Hanya saja, untuk ombak terbaik berada di kawasan pantai yang ada di sisi Timur.

Tapi tentu saja harus membawa peralatan selancar sendiri karena objek wisata pantai ini belum memiliki fasilitas pusat persewaan alat surfing. Di sini juga belum memiliki lifeguard layaknya pantai-pantai terkenal di Bali dan Lombok.

Tapi jika sudah berpengalaman dan profesional, bermain selancar di sini sangat seru dan cukup memacu adrenalin. Ombaknya tinggi dan besar, sangat cocok untuk surfing.

Bermain Pasir dan Air di Tepi Pantai

pantai srau pacitan

Pantai Pacitan yang bagus ini memiliki pasir putih yang bersih berpadu dengan air yang berwarna toska. Area pasirnya juga cukup luas untuk bermain di tepiannya.

Tak perlu ragu untuk basah-basahan bermain pasir dan ombak di bibir pantai. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan pastinya seru. Hanya saja jangan terlalu ke tengah apalagi di dekat batuan karang karena ombaknya besar.

Cukup bermain di bibir pantai saja sambil menikmati kesegaran udara serta panorama eksotisnya. Setelah puas bermain air, Anda bisa lanjutkan dengan menikmati makanan khas Jawa Timur Rawon, Rujak Cingur, dan lainnya di warung.

Menikmati Keindahan Pantai

Ada beragam cara untuk menikmati keindahan pantai ini. Salah satunya adalah piknik di tepi pantai. Rasakan momen yang jarang Anda alami ini untuk bercengkerama dengan orang-orang tercinta.

Bila perlu, bawalah tikar atau alas duduk lain plus bekal makanan dan minuman yang cukup. Bekal bisa berupa makanan dan minuman ringan favorit. Atau jika ingin maksimal, Anda bisa membawa menu makanan khas Nusantara nabati atau hewani favorit Anda.

Pilihlah spot piknik yang tepat. Misalnya tepat di lokasi yang langsung menghadap laut. Atau di bawah pohon kelapa yang rindang dan meneduhkan.

Sunset

sunset pantai srau

Bagi yang menginap di villa atau homestay terdekat, ada kesempatan untuk menyaksikan keindahan sunset. Warna matahari terbenam yang merona membuat tampilan visual pantai semakin dramatis dan eksotis.

Di kawasan pantai ini terdapat pulau berupa batu karang yang kerap jadi ‘tempat bersembunyi’ sunset. Bagi pecinta fotografi, pemandangan ini sungguh menakjubkan bak lukisan.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengabadikan fenomena alam ini dengan memfotonya. Atau agar lebih estetik, Anda bisa gunakan teknik visual recording dengan drone, lalu merekamnya dari sudut yang berbeda.

Berfoto di Spot Foto Instagramable

Sayang sekali jika berkunjung ke pantai ini dan tidak berfoto atau mengabadikan momen di berbagai spot instagramable-nya. Kemudian, upload foto terbaik di akun Instagram, Story WA, Twitter, atau Story Facebook.

Beberapa spot foto yang instagramable di antaranya adalah di area pantai dan pasirnya, di taman, di area pepohonan kelapa, dan tebing. Anda juga bisa berfoto dengan gaya siluet saat sunset terjadi.

Fasilitas di Wisata Pantai Srau

fasilitas di pantai srau

Ada sederet fasilitas yang sudah bisa langsung pengunjung gunakan di sini. Diantaranya ada area parkir dengan lahan yang luas, sewa tikar, toilet, dan penginapan.

Pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas mushola, gazebo, camping ground, dan warung wisata yang lengkap dengan sajiannya. Namun di sini belum menyediakan fasilitas pusat oleh-oleh.

Jadi, jika Anda ingin berbelanja buah tangan untuk orang rumah, Anda bisa singgah di area kota yang tawarkan banyak sekali toko oleh-oleh khas Pacitan Jawa Timur terkenal.

Jam Buka Wisata Pantai Srau

Seperti sebagian besar objek wisata pantai di Pacitan, objek wisata pantai ini juga selalu beroperasi setiap hari. Termasuk saat hari libur nasional. Tidak ada batasan jam buka Pantai Srau karena objek wisata ini selalu buka selama 24 jam.

Namun untuk warung-warung wisata, hanya buka hingga sore atau malam saja, tidak buka selama 24 jam. Oleh sebab itu, kami ingatkan kembali kepada wisatawan yang ingin camping untuk membawa logistik yang cukup.

Jika ada kesempatan untuk berlibur ke Pacitan, pastikan untuk mampir ke pantai ini. Segera wujudkan agenda liburan Anda ke sini dengan menggunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata.

Selain tawarkan ragam pilihan paket wisata, Salsa Wisata juga hadirkan layanan sewa kendaraan berbagai tipe. Mulai dari tipe mobil keluarga hingga Hiace, Elf, dan bus untuk perjalanan wisata.

Anda dapat manfaatkan layanan sewa bus pariwisata murah untuk agenda piknik bersama rombongan ke wisata Pantai Srau di Pacitan. Dapatkan penawaran harga terbaik dari kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)