SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tagline ‘Jogja Istimewa’ memang pas sekali untuk mendeskripsikan kota ini sebagai kota yang penuh keistimewaan, terutama tempat wisatanya. Sebut saja Pantai Sundak yang juga memamerkan pesona alamnya yang eksotis.

Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini sungguh layak menjadi destinasi liburan kali ini. Kemolekan alamnya dapat diadu dengan keindahan pantai Gunung Kidul yang sudah lebih dulu populer. Contohnya saja Pantai Krakal.

Meski kurang populer, pantai ini tetap memikat hati. Dan benar saja, pantai ini kian hari kian ramai oleh kunjungan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota Jogja.

Sebagian besar menggunakan layanan paket melancong ke Yogyakarta seperti yang disediakan oleh Salsa Wisata Travel Organizer.

Penasaran seperti apa keindahan pantai ini dan ada daya tarik apa saja yang disuguhkan oleh pantai Jogja ini? Mari simak info selengkapnya berikut ini.

Asal Usul Pantai Sundak

Pantai Sundak merupakan wisata pantai pasir putih yang menawarkan panorama alam pantai yang eksotis. Secara administratif, pantai ini adalah bagian dari wilayah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus.

Pantai terindah di Indonesia ini memiliki asal usul yang sangat menarik. Kabarnya, nama Sundak diambil dari sebuah kisah perkelahian antara seekor anjing dan seekor landak.

Kisah ini bermula dari sang anjing yang bertemu dengan landak di sebuah goa dekat pantai.

Dalam kondisi sangat lapar, anjing tersebut berniat ingin memakan sang landak. Landak lalu mencoba mempertahankan diri dengan cara melawan. Namun sayang sang landak gagal.

Anjing tersebut pada akhirnya berhasil memakan sebagian tubuh landak. Dari sinilah nama Sundak berasal. Sundak di sini adalah perpaduan dari kata asu (anjing) dan landak.

Daya Tarik Pantai Sundak

Pantai Sundak Gunung Kidul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ketika sudah tiba di pantai ini, ada banyak daya tarik dan juga aktivitas yang akan menyambut Anda. Seperti daya tarik dan aktivitas yang akan kami bahas di bawah ini.

Menikmati Eksotisme Pantai

Ada banyak cara untuk menikmati suasana pantai yang asri dan bersih ini. Salah satunya dengan duduk di gazebo yang sudah tersedia sembari memandang deburan ombak dan merasakan lembutnya ‘sapaan’ sang angin.

Atau cobalah nikmati panorama pantai ala anak indie. Misal hanya dengan duduk di bawah pohon di tepi pantai. Rasakan pasirnya yang hangat dan juga halus.

Sesekali rasakan guncangan halus deburan ombak di kaki-kaki telanjang Anda.

Tapi untuk berenang, ada himbauan untuk tidak berenang di area pantai karena perairan di sini penuh dengan batu-batu karang yang tajam.

Sebagai gantinya, Anda bisa bermain pasir sepuas hati Anda. Ajaklah si kecil untuk bermain bersama dan rasakan keseruannya.

Liburan akhir pekan di tempat wisata di Jogja murah ini pasti akan menambah momen indah di hidup Anda.

Foto Ria

Cukup banyak spot foto yang bisa Anda jumpai di sini. Anda bebas swafoto atau foto group dengan sahabat, keluarga, atau pasangan di spot foto yang menarik menurut Anda.

Berbeda dengan Pantai Wediombo, suasana di sini cukup sepi, Anda pun dapat dengan leluasa untuk berekspresi atau berpose sesuka Anda.

Hasil jepretannya pun akan tampak lebih optimal karena tidak ada penampakan pengunjung lainnya. Seakan Anda sedang berkunjung di pantai pribadi.

Kulineran

Siapa di sini yang hobi kulineran? Tambahkan pengalaman kulineran Anda dengan mencicipi aneka sajian seafood lezat nan segar di sini.

Pilihan menu olahan seafood di sini cukup banyak. Mulai dari seafood bakar hingga seafood bumbu Nusantara. Sebagai pendampingnya, dijual juga berbagai jenis olahan sayur segar seperti ca kangkung dan ca tauge.

Tak ketinggalan pula sambal dari berbagai varian seperti sambal kecap, sambal bawang, sambal ijo, sambal matah, dll.

Jarang sekali dijumpai warung makan di sini yang menjual makanan khas Jogja selain Gudeg dan makanan Jogja terkenal lainnya.

Goa Air Tawar

Situs Goa Air Tawar adalah spot yang paling menarik. Eksistensi goa ini sangat penting karena goa ini adalah ikon pantai ini. Goa ini adalah tempat di mana kisah asal usul pantai ini muncul.

Berlokasi di tepi pantai, goa ini hanya memiliki tinggi 2 meter dan di dalamnya terdapat sebuah sumur air tawar.

Tentu saja keberadaan sumur air tawar ini cukup aneh sekaligus unik mengingat goa ini berbatasan langsung dengan pantai.

Sumur air tawar ini lalu menjadi salah satu sumber penghidupan bagi penduduk setempat. Terlihat ada banyak instalasi pipa air yang menjadi media untuk mengalirkan air tawar dari sumur ke rumah-rumah penduduk.

Snorkeling

Sebagian besar pantai di Gunung Kidul masih sangat natural dan terjaga kelestarian biota lautnya.

Demikian juga dengan kebersihan wilayah perairannya. Air di perairan dangkalnya terlihat jernih sehingga cocok sekali untuk snorkeling.

Seperti di pantai ini dan juga Pantai Sadranan, salah satu tempat wisata terdekat. Terlebih dua pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tenang sehingga semakin cocok untuk kegiatan snorkeling.

Anda tak perlu membawa alat snorkeling sendiri karena di sini sudah menyediakan fasilitas penyewaan perlengkapan snorkeling.

Staycation

Tak cukup sehari untuk menikmati semua daya tarik ini. Setidaknya Anda perlu bermalam untuk melanjutkan liburan di keesokan harinya. Untuk menginap, ada beberapa rekomendasi penginapan di dekat pantai.

Penginapan-penginapan di sini hanyalah hotel-hotel kecil tapi nyaman dan berfasilitas lengkap.

Bahkan ada beberapa penginapan yang juga menyediakan merchandise shop di mana ada banyak souvenir atau merchandise yang dijual. Anda bisa membeli beberapa sebagai oleh-oleh khas Jogja yang terkenal.

Selain menginap di hotel, alternatif lainnya yaitu bermalam dengan beratapkan langit alias camping.

Meski nantinya tak senyaman istirahat di kamar hotel, setidaknya dengan camping Anda menyaksikan keindahan langit malam yang bertabur bintang.

Fasilitas di Kawasan Wisata Pantai Sundak

Sunset di Pantai Sundak

Anda pasti akan semakin betah liburan di pantai ini karena fasilitasnya begitu lengkap. Masing-masing fasilitas sangat memadai.

Mulai dari area parkir yang luas – bisa untuk memarkirkan puluhan kendaraan seperti sepeda motor, mobil, minibus, dan bus pariwisata.

Area parkir ini seringnya akan padat dengan kendaraan, terutama bus pariwisata, saat mulai memasuki hari Sabtu.

Bus-bus yang terparkir umumnya disewa untuk acara liburan bersama rombongan. Para wisatawan menyewa bus ini dari paket sewa medium bus Yogyakarta terbaik dengan tarif yang terjangkau seperti di Salsa Wisata.

Selain area parkir, ada beberapa fasilitas penting lain yang dapat Anda gunakan secara gratis. Sebagai contoh mushola dan toilet umum.

Pantai ini juga memiliki fasilitas gazebo yang disewakan kepada para pengunjung. Terdapat juga pusat persewaan alat snorkeling untuk Anda yang ingin mencoba snorkeling.

Pusat kuliner seafood di sini menjadi spot yang paling ramai. Bisa dibilang tempat ini adalah pusat wisata kuliner gunung kidul terdekat ketika sedang ada di lokasi pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Masuk ke kawasan wisata pantai ini tidaklah mahal lantaran harga tiket masuknya sangat murah.

Selain membeli tiket masuk, pengunjung yang menggunakan kendaraan juga memiliki kewajiban untuk membayar biaya parkir.

Untuk sewa alat snorkeling dan gazebo, ada biaya tersendiri. Berikut adalah detail info HTM dan biaya-biaya lainnya yang bisa Anda jadikan rujukan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00

Rp5.000,00

Sewa Gazebo Rp10.000,00 – Rp20.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sundak

Lokasi Pantai Sundak Jogja

Pantai Sundak berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul., D.I. Yogyakarta.

Rute menuju ke pantai ini bisa Anda mulai dari jalur yang mengarahkan Anda ke Kota Wonosari atau Imogiri.

Misal via Jalan Wonosari hingga sampai di pusat kota Wonosari. Di sini Anda akan menjumpai banyak papan petunjuk ke tempat-tempat wisata Gunung Kidul terkenal.

Untuk tiba di pantai ini, pilih jalur menuju Pantai Baron dan Krakal. Lurus saja ke Timur hingga akhirnya sampai di Sundak.

Jam Operasional Pantai Sundak

Pantai ini dibuka untuk publik selama 24 jam dari Senin hingga Minggu. Jadi Anda bisa berkunjung dan liburan di pantai ini kapan saja.

Pantai Sundak memang kurang terkenal, tapi daya tariknya luar biasa mempesona. Keindahan alamnya, kulinernya, hingga situs goa air tawarnya yang membuat pantai ini sungguh istimewa. Rasakan liburan di ‘pantai pribadi’ hanya dengan datang ke pantai ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)