SalSari Resto & Coffee

Blitar bagian Selatan menyimpan sejumlah potensi wisata yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Tambakrejo Blitar. Pantai ini masih asri walau banyak warga sekitar menggantungkan hidup dari pantai.

Warga di area pantai banyak yang berprofesi sebagai nelayan sehingga suasana pantainya ramai dengan perahu-perahu yang berjejer dan hilir mudik. Sisanya, mereka mendirikan warung-warung di sepanjang pantai.

Pesona keindahan objek wisata Blitar ini rupanya telah menggema hingga ke telinga wisatawan luar daerah. Buktinya, banyak wisatawan luar daerah yang mengunjungi pantai ini secara rombongan.

Hanya dengan harga sewa bus pariwisata per hari yang murah, mereka dapat menikmati perjalanan menuju objek wisata ini dengan nyaman. Lantas, apa sebenarnya daya tarik pantai ini? Simak terus ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Tambakrejo Blitar

htm pantai tambakrejo blitar

Pantai Tambakrejo dapat menjadi salah satu tujuan wisata keluarga di Blitar selain Blitar Park. Pantainya yang indah dan luas menjadikannya sangat seru untuk melakukan berbagai aktivitas.

Wisatawan bisa duduk santai menikmati keindahan pantai dengan ombaknya yang besar dan batuan karang di salah satu sudutnya. Ada juga yang bermain di atas pasir pantai, naik ATV, hingga mencicipi kuliner khas.

Bagi wisatawan yang berani, bisa mencoba untuk naik perahu dan rasakan sensasinya berada sedikit menjauh dari pantai. Gulungan ombak akan membuat perahu bergoyang-goyang.

Atau menaiki speedboat yang melaju dengan kecepatan tinggi. Pastinya sangat menantang adrenalin tapi tetap seru dan menyenangkan. Anda juga melakukan kegiatan yang lebih santai. Misal wisata kuliner di tepi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar

Tarif atau HTM Pantai Tambakrejo Blitar sangat murah. Baik hari biasa maupun akhir pekan, harga tiket masuknya tetap sama. Selain biaya tiket masuk, ada biaya lainnya yang harus disiapkan oleh pengunjung.

Diantaranya adalah biaya wahana seperti wahana perahu, ATV, flying fox, dan wahana-wahana lainnya. Berikut informasi tarif biayanya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp7.000,00 per orang
Wahana Mulai dari Rp10.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Rute Menuju Lokasi Pantai Tambakrejo Blitar

pantai tambakrejo blitar tiket

Lokasi Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Memang jaraknya cukup jauh jika dari pusat Kota Blitar. Jaraknya capai 33 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Akses jalan Pantai Tambakrejo Blitar sudah beraspal halus meski sempit dan berkelok-kelok. Oleh sebab itu, sebaiknya datang ke sini dengan menggunakan mobil dan pastikan driver-nya berpengalaman.

Agar trip terjamin aman dan nyaman, memang lebih baik gunakan mobil sewa plus driver. Ada banyak sekali opsi jasa sewa mobil terdekat yang murah dan berkualitas di Blitar. Salah satunya Salsa Wisata.

Daya Tarik Wisata Pantai Tambakrejo

Pantai cantik di Blitar ini memiliki sejumlah daya tarik yang mampu membuat wisatawan rela berkunjung. Beberapa di antaranya seperti keindahan alam, wahana, hingga kulinernya.

Menjelajahi Laut dengan Perahu atau Speed Boat

Wisatawan tidak boleh berenang di pantai ini sebab ombaknya besar. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa seru-seruan. Anda bisa hibur diri Anda dengan naik perahu layaknya di wisata Pantai Peh Pulo.

Ada penyewaan perahu dengan biaya yang murah per orangnya. Jika Anda datang ke pantai bersama dengan teman atau keluarga, ajaklah mereka untuk naik perahu.

Selain dengan menggunakan perahu nelayan, bisa juga menggunakan speedboat. Akan tetapi Anda wajib mengenakan jaket pelampung agar tetap aman. Speedboat nantinya akan melaju cepat. Jadi bersiaplah untuk melesat cepat di atas permukaan air laut.

Jika menggunakan perahu, Anda bisa lebih santai untuk menikmati keindahan pantai dari sudut berbeda, yakni dari arah laut. Sehingga Anda bisa melihat garis pantai yang panjang dengan pepohonan hijaunya.

Keindahan Alam dengan Ombak Besar

wisata blitar pantai tambakrejo

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika sedang berada di pantai adalah menikmati suasana dan keindahan pantainya. Pantai Tambakrejo memiliki pasir putih dengan air laut yang biru dan jernih.

Tempat wisata Jawa Timur murah ini memiliki garis pantai yang panjang dan area pasirnya luas sehingga bisa untuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya berjalan menyusuri pantai hingga bisa untuk bermain ATV.

Bagi yang menyukai tempat sepi, ada banyak tempat yang sepi untuk menikmati panorama pantai yang menakjubkan. Sebagian pantai ini memiliki batuan karang yang sepi dengan pengunjung.

Anda bisa duduk santai di atas batuan karang dan melihat betapa besarnya gelombang ombak yang menghantam karang. Tapi harus berhati-hati ketika berjalan di atas batuan karang karena cukup tajam.

Aktivitas Seru di Tepi Pantai

Walau ada larangan untuk berenang, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan berbagai aktivitas seru di tepian pantai. Ada cukup banyak yang bisa Anda lakukan. Misalnya dengan berjalan di atas pasir tanpa alas kaki.

Pasir putih pantai ini terasa lembut di kaki. Sesekali ombak yang membasahi pasir membuat pasir semakin lembut. Anda juga bisa duduk di bawah payung lengkap dengan bean bag yang sudah tersedia.

Anda juga perlu menjajal sensasi menaiki ATV di atas pasir pantai. Pasti sangat menyenangkan apalagi udaranya segar dan angin sepoi-sepoi khas daerah pantai. Jika sedang liburan bersama buah hati, ajak serta si kecil untuk menaiki ATV.

Rasakan pengalaman seru naik ATV di medan berpasir khas pantai. Selain menantang, kegiatan ini juga sangat menyenangkan.

Hunting Foto Instagramable

pantai tambakrejo blitar hari ini

Pantai ini memiliki pemandangan indah. Hampir setiap sudutnya dapat menjadi latar foto instagramable. Anda bisa berfoto di area batu karang atau di tepian pantai yang berpadu antara birunya laut dengan langit.

Bisa juga berfoto saat bersantai di tepian pantai, menaiki ATV, atau perahu. Coba juga berfoto saat sunset. Merah jingganya langit menciptakan gradasi warna eksotis saat berpadu dengan lautan biru.

Anda hanya perlu mengambil sudut yang tepat dengan pose yang pas untuk menghasilkan foto yang artistik. Tentu saja, kualitas smartphone atau kamera juga menentukan hasil akhir fotonya.

Menikmati Sajian Kuliner Lezat

Di sekitar area pantai terdapat banyak warung yang menyajikan berbagai menu makanan khas Jawa Timur yang mudah dibuat. Menu favorit di sini adalah seafood. Ada banyak pilihan yang bisa Anda santap.

Salah satu yang paling populer adalah ikan bakarnya. Rasa ikan bakar ini sangat nikmat karena berasal dari ikan segar. Apalagi bumbu bakarnya juga menyerap. Ada rasa pedas, asam, dan manis.

Pilihan menu minumannya juga variatif. Anda bisa memilih es kelapa muda atau jenis minuman segar lainnya. Apalagi menikmatinya di atas tikar dekat pantai. Sungguh nikmat sekali. Ini akan menjadi liburan sesungguhnya ketika Anda berada di pantai ini.

Sunset yang Romantis

pantai pasir putih tambakrejo blitar

Salah satu atraksi yang paling menakjubkan di Pantai Pasir Putih Tambakrejo, khususnya bagi pecinta alam, adalah sunset. Saat matahari terbenam, pemandangan langitnya sungguh indah tak terkira.

Anda bisa menikmati panorama ini tepat dari bibir pantai. Bisa juga sambil menaiki perahu untuk mendapatkan view terbaik. Detik-detik matahari tenggelam hingga menyisakan semburat merah merona.

Fasilitas di Pantai Tambakrejo Blitar

Berlibur ke pantai ini memang keputusan yang tepat. Fasilitas pantainya juga sangat lengkap. Area parkirnya luas, banyak warung, toilet hingga, tempat untuk beribadah.

Fasilitas lain seperti ATV, perahu, speedboat, dll. Jadi Anda tidak perlu khawatir selama berada di kawasan wisata ini. Semua kebutuhan dapat Anda penuhi di sini.

Jam Buka Pantai Tambakrejo Blitar

pantai tambakrejo blitar jatim

Di sini tidak ada batasan waktu berkunjung sehingga wisatawan bisa datang kapan saja. Jam buka Pantai Tambakrejo Blitar yang 24 jam penuh ini memungkinkan Anda bisa datang jam berapa saja.

Akan tetapi waktu terbaiknya adalah pagi hari dan juga sore karena bisa saksikan sunset. Selain itu, udara pantai di pagi hari juga masih sangat segar dan juga bersih.

Berwisata di daerah Blitar tak boleh melewatkan oleh oleh dari Jawa Timur. Pilihan produk oleh-olehnya begitu banyak. Anda bisa pilih beberapa untuk Anda beli dan bawa pulang.

Salsa Wisata dapat membantu perjalanan wisata Anda untuk berkunjung ke Pantai Tambakrejo Blitar dan destinasi wisata lainnya. Ada pilihan paket wisata dan rental mobil yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)