Jika Anda mencari tempat wisata pantai yang menawarkan ombak terbaik untuk selancar, maka Pantai Tanjung Setia di Lampung adalah pilihan yang tepat.

Tempat wisata Lampung terbaru ini berada di jalur arus besar Samudera Hindia yang membuat ombaknya konstan dan tinggi, jadi tak heran bila banyak pecinta olahraga surfing kerap berkunjung ke sini untuk jajal keganasan ombaknya.

Sekilas tentang Pantai Tanjung Setia

pantai tanjung setia terletak di kabupaten

Pantai Tanjung Setia merupakan salah satu pantai yang digemari oleh para peselancar dari dalam dan luar negeri. Pantai ini memiliki kualitas ombak yang sejajar dengan pantai-pantai terkenal di dunia seperti Hawaii atau Australia.

Ombak di pantai ini bisa mencapai ketinggian 6-7 meter dengan panjang 200 meter. Waktu terbaik untuk berselancar di sini adalah bulan April hingga Agustus, saat di mana angin Barat bertiup kencang.

Banyak event surfing internasional yang diselenggarakan di pantai ini, seperti World Surf League Krui Pro yang digelar setiap tahun sejak 2017. Event ini adalah event yang mirip dengan event kompetisi surfing internasional di Banyuwangi.

Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Krui Kabupaten Pesisir Barat Lampung ini juga menawarkan pesona alam yang tiada duanya. Pasir putih, air laut biru, bukit hijau, dan sunset adalah beberapa daya tarik yang bisa Anda nikmati.

Lokasi Pantai Tanjung Setia

Lokasi Pantai Tanjung Setia terletak di Kabupaten Pesisir Barat. Tepatnya di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Provinsi Lampung. Anda bisa tiba di lokasi ini setelah menempuh perjalanan 6 hingga 7 jam dari Kota Lampung.

Anda bisa mengambil rute Bandar Lampung lalu ke Kalianda dan Bakauheni. Kemudian lanjutkan ke kawasan wisata Pantai Krui dan terakhir menuju ke lokasi pantai tujuan.

Akses jalannya sudah memadai; hanya saja ada beberapa bagian yang berupa jalan menurun dan jalan berkelok. Bila Anda perdana datang ke sini, sebaiknya sewa kendaraan plus sopir yang hafal dengan rute di atas.

Seperti sewa mobil di Salsa Wisata yang pilihan produk paketnya beragam. Salah satunya yang recommended untuk tipe medan berkelok dan menurun adalah paket rental mobil Fortuner di Lampung.

Jam Buka Pantai Tanjung Setia

Objek wisata pantai ini boleh dikunjungi di hari apa saja karena buka setiap hari, termasuk hari libur nasional. Jam buka Pantai Tanjung Setia ini 24 jam penuh, jadi para wisatawan bebas datang di jam berapa saja.

Namun, jika Anda ingin berselancar, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari saat ombaknya lebih bagus. Bila perlu, pilih waktu yang terbaik, seperti bulan April sampai dengan Agustus.

Berbeda lagi bila Anda sekedar ingin jalan-jalan atau bermain air alias berenang di tepian pantai, Anda boleh datang kapan saja, khususnya selain bulan April dan Agustus.

Rasakan sensasi terkena terjangan ombak yang menyenangkan. Ombak yang hempaskan tubuh Anda terasa sangat nyata bila dibandingkan dengan terjangan ombak di kolam ombak yang ada di waterpark terbesar di Lampung.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Setia

Untuk masuk ke area wisata pantai ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk Pantai Tanjung Setia. Namun, Anda yang menggunakan kendaraan, perlu membayar biaya parkir yang tarifnya standard saja.

Pengunjung yang ingin menyewa papan selancar, ada biayanya tersendiri. Biaya sewa akan dihitung per jam. Berikut kami bagikan info tarif parkir kendaraan dan tarif sewa papan selancar yang terupdate:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00 per sepeda motor
Parkir Mobil Rp10.000,00 per mobil
Sewa Papan Selancar Rp100.000,00 sampai dengan Rp150.000,00 per jam

Jangan lupa sisihkan sedikit budget untuk jelajah wisata kuliner Lampung malam hari di daerah terdekat wisata pantai ini. Kabarnya ada lumayan banyak referensi sentra kuliner enak dan terkenal di sekitar sana.

Daya Tarik Wisata Pantai Tanjung Setia

tentang pantai tanjung setia

Pantai di Lampung ini memiliki banyak daya tarik wisata yang bisa Anda nikmati, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • off-road di area pantai dengan menggunakan mobil khusus off-road yang bisa pengunjung sewa
  • surfing yang sangat menantang adrenalin; bagi para pemula, akan mendapat pendampingan dari instruktur profesional yang akan mengajari cara berselancar dengan aman dan menyenangkan
  • snorkeling di sekitar bibir pantai atau di spot-spot tertentu yang memiliki terumbu karang dan ikan-ikan cantik
  • bermain pasir yang putih dan halus sangat cocok untuk membuat istana pasir, berjemur, atau sekadar berbaring sambil mendengarkan deburan ombak
  • menikmati pemandangan sunset yang sangat indah; Anda bisa melihat langit berubah warna dari biru menjadi oranye, merah, dan ungu sambil bersama orang-orang terkasih
  • jelajah area pantai dengan menggunakan motor atau sepeda; Anda bisa mengunjungi desa-desa sekitar, sawah-sawah, dan bukit-bukit cantik nan hijau.

Fasilitas di Pantai Tanjung Setia

foto pantai tanjung setia

Kawasan wisata pantai ini sudah cukup lengkap fasilitasnya. Termasuk fasilitas warung makan yang kerap ramai oleh pengunjung. Makanan khas Lampung adalah hidangan utamanya.

Selain fasilitas warung, masih banyak jenis fasilitas lainnya, diantaranya adalah fasilitas-fasilitas berikut:

  • sarana outing untuk komunitas, perusahaan, kantor, atau institusi
  • area parkir kendaraan yang luas, aman, dan lokasinya strategis, tepatnya dekat dengan pintu masuk
  • warung makan dengan menu makanan dan minuman yang beragam dan murah
  • penginapan, mulai dari losmen, homestay, hotel, hingga resort
  • toilet dan kamar mandi berbayar dengan tarif mulai dari Rp5.000,00 per orang
  • masjid yang berada di dekat pantai yang bisa Anda gunakan untuk beribadah sholat

Dari deskripsi di atas, mungkin Anda tak sabar untuk segera isi hari libur Anda di objek wisata pantai di Lampung ini. Buat rencana liburan dari sekarang, termasuk urusan transportasi dan akomodasi hotel.

Paket wisata adalah opsi terbaik untuk permudah Anda dalam menyiapkan liburan Anda di Pantai Tanjung Setia ini. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu repot lagi booking hotel dan transportasi.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)