Daerah Pacitan terkenal dengan pantai-pantainya yang sangat eksotis. Salah satunya adalah Pantai Watu Karung Pacitan yang belum lama ini menjadi buah bibir karena telah viral dan menjadi tempat wisata Pacitan terbaru yang hits.

Pantai ini terkenal dengan bukit-bukit karang yang indah. Bukit-bukit karang ini sepintas mirip dengan gugusan pulau kecil di Raja Ampat. Tak heran bila pantai ini sering disebut Raja Ampat-nya Pacitan.

Sekilas tentang Pantai Watu Karung

sunset dan tiket pantai watu karung

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur adalah sebuah objek wisata pantai yang sangat terkenal dengan keindahan pantai dan juga fasilitas pendukungnya yang lengkap.

Area perairannya dikelilingi oleh batu karang yang tinggi dan ombak besar yang cocok untuk berselancar. Di sini, wisatawan dapat menikmati pantai dengan berenang, bermain pasir, atau bersantai sambil berfoto.

Seperti Pantai Teleng Ria Pacitan, objek wisata pantai ini juga memiliki pasir putih yang luas dan airnya yang jernih berwarna biru. Keindahan pantai yang eksotis ini membuat banyak pengunjung terpesona.

Tak hanya indah, pantai di Pacitan ini juga dikenal sebagai pantai dengan ombak kelas dunia. Tinggi ombaknya dapat mencapai 4 meter, sehingga banyak peselancar dari berbagai negara datang untuk menantang keganasan ombak di pantai ini.

Lokasi Pantai Watu Karung

Lokasi Pantai Watu Karung berada di alamat Dusun Limasan, Ds. Watukarung, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur. Akses menuju Pantai Watu Karung memang masih cukup sulit dan berjarak sekitar 40 KM dari Kota Pacitan.

Bagi wisatawan yang datang dari Jawa Barat dan Jakarta, bisa melewati Gunung Kidul, Yogyakarta, dan terakhir ke jalan pintas di Desa Sedeng untuk sampai pada pusat Kota Pacitan.

Setelah sampai di Kota Pacitan, wisatawan dapat mengikuti petunjuk arah via Google Maps sebagai panduannya untuk menuju ke Desa Sedeng. Namun hal ini tidak perlu dilakukan apabila menyewa kendaraan di Salsa Wisata.

Tempat rental mobil terdekat dan murah ini hadir dengan beragam pilihan paket rental. Mulai dari rental tipe kendaraan keluarga hingga tipe kendaraan berkapasitas besar seperti bus, Hiace, dan Elf.

Jam Buka Pantai Watu Karung

Wisata pantai ini buka setiap hari dan juga saat hari libur nasional. Jam buka Pantai Watu Karung di Pacitan ini 24 jam nonstop. Jadi, pengunjung bisa berkunjung sesuai dengan waktu luang.

Namun untuk fasilitas pendukung seperti resort, resto, warung, dan hotel dekat pantai ini, jam operasionalnya berbeda-beda. Seperti resort dan hotel yang beroperasi selama 24 jam penuh.

Lain hal dengan warung makan, pusat oleh oleh khas Pacitan, dan jenis pusat wisata kuliner lainnya yang rata-rata akan tutup pada malam hari.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Watu Karung

Menikmati liburan seru di objek wisata ini tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Pasalnya, harga tiket masuk Pantai Watu Karung Pacitan Jatim ini sangatlah murah.

Kemudian pengunjung yang membawa kendaraan, nantinya akan menerima tiket retribusi parkir kendaraan yang biayanya juga masih relatif standard. Hanya saja, biaya parkir kendaraan roda empat dan roda dua berbeda.

Berikut kami bagikan info daftar tarif tiket dan juga tarif parkir kendaraan terupdate di objek wisata ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per motor
Parkir Mobil Rp5.000,00 per mobil

Untuk mengantisipasi adanya kenaikan tarif tiket masuk, memang sebaiknya siapkan dana lebih. Dana ini nantinya juga bisa Anda pergunakan untuk kebutuhan wisata lainnya.

Salah satunya adalah safari wisata ke sejumlah tempat wisata Jawa Timur terbaik yang sedang hits. Opsi lainnya yaitu untuk wisata kuliner atau berburu buah tangan.

Daya Tarik Wisata Pantai Watu Karung

Untuk mengisi waktu liburan, objek wisata pantai ini menawarkan cukup banyak daya tarik, diantaranya adalah daya tarik berikut:

Spot Surfing

surfing dan harga tiket masuk pantai watu karung pacitan

Kerennya lagi, pantai ini juga sering menjadi destinasi utama para pecinta surfing karena gelombang air lautnya besar. Banyak peselancar yang jauh-jauh datang ke sini untuk menjajal ganasnya ombak di pantai Pacitan ini.

Anda para pemula juga bisa menguji skill surfing Anda di sini. Tentu wajib ditemani oleh instruktur profesional yang dapat Anda manfaatkan jasanya.

Spot Berenang

Pantai Watu Karung tidak hanya indah untuk dinikmati, namun juga menawarkan kegiatan olahraga air yang seru. Ombak besar dan warna biru laut yang jernih membuat pantai ini cocok untuk berenang.

Wisatawan bisa membawa peralatan sendiri untuk melakukan aktivitas olahraga air di pantai ini. Ombak besar di pantai ini juga tergolong aman karena tidak menyeret ketika sudah sampai di bibir pantai.

Bukit-Bukit Karang

Bukit karang di pantai ini menjadi spot yang paling banyak peminatnya. Bukit-bukit karang ini biasanya untuk berkemah, menikmati pemandangan matahari terbenam, dan meresapi suara ombak yang menenangkan.

Meskipun medannya cukup menantang, hal ini justru menjadi daya tarik bagi para pelancong dan pecinta petualangan yang tertantang untuk menyaksikan keindahan dari puncak bukit.

Kuliner

Saat tengah liburan di sini, jangan pernah lewatkan kelezatan kuliner yang tersaji di warung-warung atau restoran di lokasi wisata ini. Beragam sajian makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal dapat Anda temukan dengan mudah di sini.

Tak hanya itu saja, hadir pula menu-menu khas Nusantara terkenal seperti kuliner khas Minang, Jawa Barat, dan Jawa Tengah semua bisa Anda jumpai di sini.

Fasilitas di Pantai Watu Karung

fasilitas resort dan hotel dekat pantai watu karung pacitan

Terdapat berbagai fasilitas penunjang liburan yang dapat ditemukan di pantai ini, antara lain:

  • area parkir kendaraan
  • warung wisata
  • pusat informasi
  • mushola
  • toilet
  • restoran
  • resort
  • hotel
  • spot foto
  • camping ground

Lekas wujudkan impian Anda untuk liburan di objek wisata pantai indah ini dengan dukungan layanan paket wisata murah dari Salsa Wisata. Liburan pun akan terasa lebih mudah berkat layanan ini.

Bagaimana tidak, semua kebutuhan liburan Anda di Pantai Watu Karung ini, akan terakomodasi dengan baik dengan cukup reservasi paket wisata yang sudah Anda pilih di tempat kami.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)