SalSari Resto & Coffee

Beberapa pantai di pesisir Selatan Pulau Jawa memiliki karakter yang hampir sama. Misalnya antara Pantai Teleng Ria Pacitan dan Pantai Parangtritis Jogja. Keduanya memiliki beberapa kesamaan.

Misalnya seperti area pasirnya sangat luas, ombaknya cukup besar, hingga view sunset yang instagramable. Tapi tentu saja keduanya juga memiliki perbedaan yang mencolok.

Sekilas Tentang Pantai Teleng Ria Pacitan

wisata pantai teleng ria pacitan

Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur adalah pantai eksotis yang berada di cekungan besar alias teluk berbentuk mangkuk. Jika melihat peta, maka di dalam cekungan ini ada 3 pantai yang menawarkan pesona keindahan.

Tiga pantai tersebut adalah Pantai Teleng Ria, Pantai Ranuharjo, dan Pantai Pencer Dorr. Ketiganya berada di teluk yang sama dan merupakan tempat wisata Pacitan terbaik dan hits.

Pantai Teleng Ria sendiri berada di paling Barat dan lebih dekat ke arah Dermaga Tamperan. Oleh sebab itu, di sini juga terdapat pasar ikan yang menjual aneka ikan segar hasil tangkapan para nelayan lokal.

Pantai ini selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai daerah untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Lokasinya juga strategis dan pastinya fasilitas pendukungnya juga sangat lengkap.

Harga Tiket Masuk Pantai Teleng Ria Pacitan

Besaran harga tiket masuk pantai Pacitan ini berbeda antara hari biasa dan akhir pekan. Tiket masuknya murah, begitu juga dengan biaya parkirnya yang masih wajar. Berkut info HTM Pantai Teleng Ria Pacitan yang paling update:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Weekday Rp10.000,00
Tiket Masuk – Weekend Rp15.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00

Rute Menuju Lokasi Pantai Teleng Ria Pacitan

htm pantai teleng ria pacitan

Alamat Pantai Teleng Ria Pacitan terletak di Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasinya berada di dekat pusat kota atau hanya sekitar 5 KM dari Alun-Alun Kota Pacitan.

Akses paling mudah dan nyaman adalah dengan menggunakan rental mobil terdekat harga murah. Khususnya jika ingin pergi bersama keluarga atau bersama rombongan teman kantor atau lainnya.

Rute menuju ke objek wisata ini cukup mudah. Apalagi jika Anda berangkat dari Kota Solo. Rute Solo ke Pantai Teleng Ria Pacitan bisa melalui tol lalu ke arah Jln. WR. Supratman.

Sampai di pertigaan Polsek Pacitan, sudah ada papan petunjuk arah ke pantai. Ikuti saja arah dari papan petunjuk arah tersebut. Atau jika ingin lebih mudah, bisa gunakan Google Maps.

Daya Tarik Pantai Teleng Ria Pacitan

Wisata pantai ini memiliki sejumlah daya tarik yang mampu menjadi magnet wisata. Jadi tak heran bila tempat wisata ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Apalagi saat libur tiba.

Lantas, apa saja daya tariknya? Berikut kami buatkan rangkumannya untuk Anda.

Menikmati Keindahan Sunset yang Eksotis

sunset pantai teleng ria

Selain memandangi keindahan pantai, tidak sedikit pula yang sengaja menunggu momen sunset. Sunset di wisata Pacitan ini sangat mempesona dan mengundang decak kagum.

Bahkan, dari daftar wisata pantai dengan sunset eksotis di Jawa Timur, keindahan sunset di pantai ini masuk ke dalam daftar tersebut. Di bulan tertentu, saat musim kemarau, matahari terlihat begitu dekat dan berbentuk bulat sempurna.

Suasananya mirip dengan keelokan sunset di Pantai Parangtritis Jogja. Ada beragam cara untuk menikmati keindahan sunset di sini. Misalnya, dengan sekedar duduk memandangi sunset, berfoto, hingga kulineran.

Bersantai Menikmati Pantai

Tentu saja tujuan utama pengunjung datang ke pantai ini adalah untuk menikmati hari libur sambil bersantai di pinggir pantai. Ya, setelah sepekan beraktivitas, kini saatnya nikmati waktu santai di akhir pekan.

Karena pantai ini berada di sebuah teluk, maka pandangan pengunjung akan sangat luas. Inilah yang membuat salah satu pantai di Indonesia yang indah ini begitu istimewa.

Cukup duduk atau berbaring di atas alas lalu biarkan angin sepoi dan aroma khas pantai membelai Anda. Suara deru ombak menjadi musik terapi di kala bersantai di sini.

Berburu Foto Instagramable

gambar pantai teleng ria pacitan

Pantai Pacitan yang satu ini memang mempesona. Dari sudut manapun, Anda bisa menyaksikan keindahannya yang begitu menakjubkan. Oleh sebab itu, banyak pengunjung yang mengabadikan momen dengan berfoto.

Ada cukup banyak spot menarik yang instagramable. Misalnya di pinggir pantai, berfoto saat sunset, foto di taman atau memfoto delman dengan latar laut dan sunset. Bagi pecinta fotografi, saatnya tunjukan skill fotografi Anda.

Ada cukup banyak pilihan spot foto yang dapat Anda pilih. Sebut saja area pantai, sunset spot, hilir-mudik delman, dan tentunya view laut lepas yang membiru.

Bermain di Pinggir Pantai

Pantai Teleng Ria memiliki pesona yang sama dengan Pantai Klayar Pacitan. Di sini, area pasir pantainya luas apalagi saat air laut sedang surut. Ada beragam aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat air sedang surut.

Misalnya bermain pasir dengan membuat istana, bermain ombak di bibir pantai, menaiki delman. Ada beberapa warga sekitar yang menawarkan jasa naik delman.

Pengunjung bisa menaiki delman untuk satu kali putaran di tepian pantai dengan tarif yang terjangkau. Penasaran dan ingin mencobanya? Langsung saja ke sini dan rasakan sensasinya.

Keseruan Bermain di Waterpark

waterpark

Salah satu fasilitas andalan di pantai ini adalah waterpark. Bagi pengunjung yang ingin si buah hati bermain air tanpa khawatir dengan ombak, bisa pergi ke waterpark yang ada di wisata pantai ini.

Waterpark ini ada yang untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Jumlah wahana permainannya pun cukup banyak. Misalnya ada perosotan air, playground air, ember tumpah, air mancur, dan banyak lagi.

Sedangkan wahana untuk orang dewasa, ada kolam renang dan dua buah perosotan yang cukup tinggi. Wahana perosotan di sini juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu perosotan dengan trek lurus dan spiral. Keduanya bisa memacu adrenalin.

Wisata Kuliner

Di pinggir pantai terdapat sejumlah warung kuliner yang menyajikan aneka varian makanan dan minuman khas Jawa Timur. Salah satu menu utamanya adalah ikan goreng dan ikan bakar yang cita rasanya sangat lezat.

Daging ikannya empuk dan gurih karena ikannya masih segar. Tambahkan nasi putih, sambal, dan lalapan agar semakin nikmat. Jangan lupa sempurnakan hidangan ikan ini dengan minuman yang menyegarkan.

Satu lagi, di salah satu sudut pantai terdapat pasar ikan yang bisa Anda beli sebagai buah tangan. Ada ikan segar hasil tangkapan nelayan dan ada juga ikan kering atau ikan asin yang sudah melewati proses penjemuran.

Fasilitas di Pantai Teleng Ria Pacitan

wisata kuliner dan oleh-oleh

Pengunjung pantai ini cukup padat di akhir pekan. Apalagi saat musim libur sekolah dan lebaran. Oleh sebab itu, pihak pengelola telah menyiapkan sejumlah fasilitas lengkap demi kenyamanan para pengunjung.

Beberapa fasilitas tersebut adalah waterpark, gazebo, mushola, area parkir yang luas, hingga toilet. Di area pantainya sendiri ada fasilitas sewa delman dan warung wisata yang jual aneka ikan segar dan ikan asin.

Ikan asin di sini sangat laris manis dibeli oleh wisatawan. Mereka memborong ikan asin sebagai jajanan khas Jawa Timur untuk keluarga dan kerabat di rumah.

Jam Buka Wisata Pantai Teleng Ria Pacitan

Tempat wisata Jawa Timur murah ini beroperasi setiap hari selama 24 jam. Jadi, tidak ada jadwal operasional tertentu di objek wisata ini. Anda dan wisatawan lainnya pun boleh berkunjung kapan saja tanpa perlu mengecek jam buka Pantai Teleng Ria Pacitan terlebih dahulu.

Berlibur ke wisata Pantai Teleng Ria Pacitan memang menyenangkan dan worth it untuk jadi destinasi liburan akhir pekan. Pastikan untuk menggunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata untuk mudahkan agenda liburan mendatang.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)