SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pantai Gunung Kidul seakan tak pernah lekang oleh tren wisata terbaru yang terus eksis hampir tiap waktu. Hal ini dikarenakan pantai-pantai di Gunung Kidul menawarkan daya tarik yang spesial di tiap pantainya. Contohnya saja Pantai Watu Lawang yang satu ini.

Pantai ini kini sayup-sayup terdengar namanya karena ada cukup banyak wisatawan yang menjadikannya viral di sosmed.

Berkat keindahan alamnya yang masih sangat natural, pantai ini kini menjadi buruan bagi wisatawan yang ingin refreshing di tempat yang bernuansa alami nan sepi.

Momen liburan pun semakin nyaman dengan sejumlah dukungan fasilitas penting yang telah tersedia di sekitar lokasi tempat wisata di Jogja murah ini.

Sekilas Tentang Pantai Watu Lawang Gunung Kidul

Pantai Watu Lawang adalah salah satu dari sekian banyak pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang mungkin masih sangat asing di telinga para wisatawan. Meski belum populer seperti tempat wisata terdekatnya, Pantai Indrayanti, pantai ini menyimpan potensi pariwisata yang besar.

Dengan dukungan tata kelola yang baik, pantai ini bisa saja akan melampaui popularitas pantai Jogja yang sudah lebih dulu tenar. Kini kawasan pantai ini sedang dalam tahap pengembangan secara swadaya oleh warga setempat.

Terlihat di beberapa titik sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti jembatan bambu sederhana yang menghubungkan daratan dengan pondok mungil di atas batu karang di ujung pantai.

Lantas, ada juga ketersediaan sejumlah pondok beratapkan jerami yang dari segi visual terlihat sangat tradisional namun unik. Dan yang paling menarik dari pantai ini tentu saja adalah panorama alamnya yang sungguh eksotis.

Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini berpotensi menjadi objek wisata Instagramable berikutnya setelah Pantai Sawal, pantai yang kita kenal dengan nama Pantai Indrayanti.

Daya Tarik Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang Gunung Kidul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada beberapa fakta yang menarik dari objek wisata pantai ini. Salah satunya adalah asal usul nama dari pantai ini. Kata ‘watu’ pada nama Watu Lawang berarti batu, sedang kata ‘lawang’ memiliki arti pintu.

Penamaan ini rupanya merujuk pada sebuah batu karang yang mana ada bagian dindingnya yang menjorok ke arah laut.

Batu karang ini juga memiliki sebuah goa dengan mulut goa yang menyerupai pintu. Dan batu karang inilah yang menjadi keunikan yang tak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya.

Daya tarik lainnya adalah sejumlah spot foto yang lebih banyak menyuguhkan spot-spot foto alami seperti view pantai yang elok. Kemudian ada pula spot foto di sekitar bebatuan karang yang menjulang tinggi.

Tak kalah menariknya juga spot foto berupa bangunan pondok kecil di atas sebuah batu karang dengan jembatan bambu sebagai penghubungnya. Konon, spot ini menjadi destinasi favorit sebagian besar wisatawan.

Tak lupa kami jabarkan daya tarik panorama alam pantainya yang Wah! Dengan kontur garis pantai yang landai dan juga lebar, pantai ini akan menjadi tempat yang sangat aman untuk bermain air.

Wisatawan juga bisa berenang di tepian pantai dengan tambahan deburan ombak yang cukup menantang.

Lihat juga wisata Pantai di Indonesia yang indah ini.

Fasilitas di Kawasan Wisata Pantai Watu Lawang

Wisata Pantai Watu Lawang

Sejumlah fasilitas umum terlihat melengkapi kawasan wisata pantai ini. Salah satu diantaranya adalah tempat parkir yang cukup memadai. Terdapat dua area parkir di sini, yakni area untuk parkir sepeda motor dan area parkir untuk mobil atau minibus.

Area parkir sudah dilengkapi dengan atap yang layak sehingga kendaraan yang terparkir akan aman dari hujan dan terik matahari. Fasilitas lainnya adalah sejumlah pondok atau gazebo yang mengarah langsung ke pantai. Memang tak banyak fasilitas pondok yang tersedia di sini.

Namun mengingat pantai ini tergolong sepi, tentu pondok-pondok ini masih cukup untuk mengakomodir wisatawan yang ingin menyewanya. Tiap pondok di tepi pantai ini sudah dialasi dengan tikar yang bersih sehingga akan membuat para penggunanya nyaman.

Biasanya pondok ini selain sebagai tempat untuk istirahat dan menaruh barang penggunanya, juga menjadi tempat santap siang.

Di beberapa lokasi juga dapat Anda jumpai unit-unit toilet umum lengkap dengan ember penampung air. Di sini, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membilas badan usai berenang atau bermain air.

Walau tidak ada restoran mewah, Anda tak perlu kuatir.  Jika Anda sekedar ingin melepas dahaga atau mengisi perut karena ada beberapa warung makan sederhana yang siap jadi peraduan Anda.

Warung-warung ini menjual makanan dan minuman yang bervariasi. Namun jarang warung-warung ini menjual makanan khas Gunung Kidul yang enak dan otentik seperti Gudeg.

Menu-menu yang ditawarkan lebih kepada menu-menu yang simpel dan juga umum seperti aneka mie instan, penyetan, soto, dan lain sebagainya. Kemudian untuk wisatawan yang ingin menginap, terdapat beberapa pilihan tempat penginapan di sekitar pantai. Misalnya saja Watu Lawang Resort.

Alternatif lainnya adalah penginapan-penginapan dekat Indrayanti yang jumlahnya lebih banyak serta fasilitasnya lebih lengkap. Banyak diantaranya memiliki fasilitas pusat oleh-oleh yang menjual oleh-oleh khas Gunung Kidul menarik dan jenis oleh-oleh khas lainnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang

Wisatawan yang ingin memasuki pantai ini tidak perlu menyiapkan budget besar karena harga tiket masuk Pantai Watu Lawang cukup murah.

Tiket masuk ini belum termasuk biaya parkir kendaraan bagi wisatawan yang membawa kendaraan. Tapi tenang, biaya parkir kendaraan di sini juga tak mahal.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp10.000,00 per unit
Sewa Pondok Rp20.000,00 per pondok

Karena termasuk tempat wisata baru dan harga tiketnya relatif murah, maka tak heran jika fasilitas yang tersedia pun masih belum lengkap.

Tak seperti Pantai Pok Tunggal yang kini terlihat semakin ramai berkat beberapa tambahan fasilitas penunjang.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watu Lawang

Lokasi Pantai Watu Lawang

Berdasarkan letak geografis, pantai cantik ini diapit oleh dua pantai terkenal, yaitu Indrayanti dan Pok Tunggal. Sedang secara administratif, Pantai Watu Lawang masuk dalam wilayah Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Jaraknya sendiri bisa mencapai 70 KM dari Kota Jogja dengan rata-rata waktu tempuh 1 jam 45 menit. Untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi atau ikut dalam rombongan paket gathering ke Jogja, ada dua pilihan rute.

Tetapi, akan lebih mudah apabila menggunakan rute dari Kota Jogja menuju Wonosari. Di sepanjang Jalan Wonosari akan dijumpai banyak papan petunjuk jalan menuju Indrayanti.

Sesampainya di Indrayanti, lanjutkan perjalanan sebentar ke Timur dengan jarak kurang dari 1 KM menuju pantai tujuan. Sebelum beranjak menuju ke pantai ini, Anda dapat mampir ke pusat wisata kuliner Gunung Kidul terdekat, yaitu di kawasan Indrayanti jika memang diperlukan.

Mungkin Anda ingin membeli air mineral dan jajanan pinggir jalan sebagai bekal atau camilan saat sudah sampai di pantai tujuan Anda.

Jam Operasional Pantai Watu Lawang

Anda boleh mengunjungi tempat wisata baru ini kapan saja karena buka setiap hari selama 24 jam. Bahkan Anda boleh mendirikan tenda di sekitar pantai atau di spot bukit di atas pantai.

Panorama pantai ini akan terlihat lebih elok dipandang mata pada saat pagi hari lantaran kondisi pantai yang masih sepi. Oleh karena itu, lebih baik berangkat lebih pagi agar Anda dapat sampai di lokasi lebih awal.

Karena durasi perjalanannya lumayan lama, akan lebih nyaman jika menggunakan mobil.

Bagi yang tidak memiliki kendaraan, Anda dapat menyewa mobil di agen rental mobil terpercaya di Jogja. Ada banyak pilihannya. Salah satunya adalah paket sewa mobil Avanza Jogja 24 jam.

Pantai Watu Lawang merupakan alternatif tempat liburan yang paling tepat untuk Anda yang memimpikan tempat yang sunyi namun indah. Anda juga juga bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi mingguan untuk liburan akhir pekan Anda karena nuansanya yang tak pernah membosankan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)