SalSari Resto & Coffee

Kalau Anda hendak berlibur ke Jawa Timur, jangan cuma mengunjungi tempat-tempat wisata mainstream saja, seperti misalnya gunung Bromo atau Jatim Park. Anda juga harus coba wisata bahari. Ada banyak kota dan kabupaten yang menawarkan objek wisata pantai yang elok. Salah satunya adalah Lumajang dengan Pantai Watu Pecak.

Pantai yang terletak di Desa Selor Awar-awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang ini letaknya sekitar 20 km ke selatan dari pusat kota Lumajang.

Destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Dengan kombinasi hamparan pasir hitam yang eksotis dengan hembusan angin segar, pantai ini selalu bisa menarik minat pengunjung.

Sekilas Tentang Pantai Watu Pecak

wisata Pantai Watu Pecak lumajang

Pantai ini adalah salah satu dari tempat wisata hits di Lumajang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai Bambang. Jadi, kalau ke sini, Anda bisa sekalian mengunjungi pantai-pantai lain di sekitarnya.

Panti Watu Pecak adalah salah satu dari jajaran pantai selatan, sama seperti pantai parangtritis dan pantai pelabuhan ratu. Seperti lazimnya pantai selatan, ombak di sini juga sangat tinggi dan ganas.

Jadi, Anda harus berhati-hati dan tidak disarankan untuk berenang di sini. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak punya kegiatan lain selain duduk-duduk. Anda bisa mengeksplor daerah di sekitar pantai.

Tepat di sebelah pantai ini, ada sebuah batu besar dengan tapak harimau di tengahnya. Batu ini dianggap keramat oleh penduduk lokal karena cerita mistis di baliknya.

Biasanya, warga lokal enggan datang mendekat ke batu besar keramat ini karena aura mistis yang menyelimutinya sanga kental. Meskipun pantai ini bisa dinikmati kapan saja, tidak disarankan untuk datang di hari kerja, kecuali kalau Anda memang ingin menikmati suasana yang sepi.

Di hari kerja, sebagian besar warung makan di sini tutup. Para nelayan juga pergi melaut, jadi tidak ada jejeran perahu yang biasa terlihat di pinggir pantai. Sebaliknya, di akhir pekan, pantai ini berubah jadi ramai.

Pengunjungnya bukan cuma penduduk Lumajang, tapi juga wisatawan dari luar kota. Yang paling ramai adalah ketika sudah masuk hari ketujuh setelah hari raya Idul Fitri. Wisatawan berbondong-bondong liburan ke sini untuk merayakan “Lebaran ketupat”.

Jam Operasional Pantai Watu Pecak

Jam Buka Pukul
Setiap hari 24 jam

Lokasi Pantai Watu Pecak

Pantai Watu Pecak berlokasi di Krajan Dua, Selok Awar Awar, Kec. Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sayangnya, tempat wisata ini tidak terjangkau oleh kendaraan umum. Kalau Anda tidak membawa kendaraan pribadi, alternatifnya adalah menggunakan jasa rental mobil dari kota terdekat.

Jika dari Malang, Anda bisa memanfaatkan layanan sewa mobil Pajero Malang harian murah dari Salsa Wisata. Dengan begitu, sambil berwisata, Anda juga bisa sekalian mampir ke toko oleh-oleh khas Jawa Timur terkenal.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Pecak

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Parkir motor Rp5.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00

Fasilitas di Pantai Watu Pecak

fasilitas warung makan di Pantai Watu Pecak

Fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap. Itu karena pengelola ingin pengunjung betah dan terus datang. Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati yaitu:

  • Lahan parkir yang luas
  • Toilet dan kamar mandi untuk bilas
  • Musholla
  • Gazebo
  • Tempat duduk untuk para pengunjung
  • Penyewaan ban pelampung
  • Warung dan kedai makan
  • Sewa kuda

Daya Tarik Pantai Watu Pecak

spot foto di Pantai Watu Pecak

Hunting Foto

Tentu saja, kalau Anda sudah datang ke sini, Anda tidak boleh ketinggalan mengabadikan momen. Meski tidak ada spot foto buatan, semua sudut tempat wisata ini memberikan latar belakang yang bagus untuk foto-foto Anda.

Jangan lupa untuk menikmati sunset juga. Jangan heran, ketika sudah senja, banyak pengunjung yang memadati tempat ini. Semua orang ingin menikmati panorama matahari terbenam. Matahari terbenam berpadu dengan hamparan pasir gelap dan air yang berkilauan.

Bersantai Sambil Wisata Kuliner

Anda bisa duduk di atas pantai yang lembut sambil berwisata kuliner. Ada banyak warung makan yang berjejer. Selain menikmati kuliner khas Jawa Timur enak, Anda juga mencicipi hidangan laut.

Jangan lupa pesan ikan bakar. Ada macam-macam ikan, dari mulai ikan selar, kakap, benggol, dan masih banyak lagi. Ikan yang tersedia tergantung hasil tangkapan nelayan hari itu.

Selain menyantap hidangan berat, Anda juga harus coba minum air kelapa segar yang dipetik langsung dari pohonnya. Sajian khas pantai seperti ini memang tidak boleh Anda lewatkan kalau sedang wisata bahari. Tenang saja, harganya wajar dan tidak menguras kantong.

Bermain di Pinggir Pantai

Sayangnya, di pantai ini belum tersedia berbagai wahana air yang biasa Anda temukan di pantai-pantai Bali. Namun, itu tidak menyurutkan minat pengunjung untuk beraktivitas di pinggir laut.

Ada yang bermain pasir, membangun istana pasir, atau bahkan sekadar bermain air. Kalau Anda datang bersama rombongan, Anda juga bisa bermain voli pantai atau sepak bola.

Di akhir pekan, pantai in terasa sangat penuh, karena ada banyak pengunjung yang memadati. Untungnya, garis pantai ini cukup panjang, jadi Anda tidak harus berjubel bersama wisatawan lain.

Camping

Memang, tidak ada camping ground atau persewaan alat-alat berkemah yang disediakan di sini. Namun, banyak pengunjung yang tetap mendirikan tenda di pantai untuk bisa menikmati suasana laut di malam hari. Kalau Anda mau berkemah di sini, Anda harus membawa perlengkapan Anda sendiri.

Meskipun begitu, kalau Anda tidak terbiasa berkemah di alam terbuka, tidak disarankan untuk langsung mendirikan tenda di sini. Itu karena angin di pantai ini sangat kencang, membuat ombaknya juga jadi besar.

Bagaimana menurut Anda? Apakah pantai ini layak dikunjungi? Kalau ya, Anda bisa pesan tiket liburan Anda sekarang juga di Salsa Wisata.

Salsa Wisata menyediakan beragam pilihan paket wisata di berbagai kota di Indonesia. Dengan paket, liburan Anda jadi bebas repot, karena penginapan, transportasi, tiket wisata, dan makan sudah termasuk dalam fasilitas yang Anda dapatkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)