SalSari Resto & Coffee

Berlibur ke pantai bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda dan keluarga. Jika sedang berada di Jember, Jawa Timur, Anda bisa berkunjung ke Pantai Watu Ulo yang memiliki keunikan tersendiri.

Pantai ini adalah salah satu objek wisata andalan di Kota Jember. Tidak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk mengisi waktu liburan mereka.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Jember terdekat tersebut juga menjadi nilai tambah. Bagi yang penasaran, berikut adalah ulasan mengenai objek wisata ini. Silahkan untuk Anda simak.

Sekilas Tentang Pantai Watu Ulo

deskripsi pantai watu ulo

Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur memiliki keunikan dengan adanya batu panjang seperti seekor ular. Karena keberadaan batu itulah tempat ini memiliki nama Watu Ulo yang artinya batu ular.

Panjang batu tersebut adalah sekitar 110 meter dengan lebar sekitar 4 meter. Jika menurut legenda Pantai Watu Ulo, konon katanya batu tersebut merupakan bagian tubuh dari seekor naga jahat yang bernama Nogo Rojo atau Naga Raja.

Kemudian Nogo Rojo tersebut bertarung dengan penduduk setempat karena perebutan wilayah dan akhirnya kalah. Setelah kalah, tubuhnya dibelah menjadi 3 bagian.

Seperti di Gunung Pegat Solo, Penduduk di sekitar pantai ini masih mempercayai kisah legenda Watu Ulo tersebut. Mereka begitu menghormati alam sekitar pantai dengan cara menjaga kelestariannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini, Anda wajib membeli tiket masuk Pantai Watu Ulo dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan membeli tiket tersebut, tidak akan membuat Anda kehabisan uang untuk berburu oleh oleh dari Jawa Timur.

Berikut kami bagikan tarif tiket masuk beserta biaya parkir kendaraan yang terkini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Column 2 Value
Parkir Sepeda Motor Column 2 Value 2
Parkir Mobil Column 2 Value 3

Rute Menuju Lokasi Pantai Watu Ulo

sejarah pantai watu ulo

Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata Jember ini, lokasi Pantai Watu Ulo terletak di Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Anda bisa datang ke sini dengan menggunakan kendaraan mobil maupun motor.

Jalur yang akan Anda lalui juga cukup bagus. Begitu juga dengan aksesnya yang mudah dilalui oleh kendaraan. Jarak tempuh pantai ini dari pusat Kabupaten Jember sekitar 37 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit.

Jika ingin mendapatkan rute terbaik, Anda bisa menyewa rental mobil terdekat di Salsa Wisata. Anda tidak perlu repot-repot menghafal rute perjalanan karena ada pengemudi yang akan antarkan Anda.

Rute terbaik untuk menuju lokasi wisata ini adalah melalui Jalan Nasional III. Alternatif lainnya yaitu melalui Jalan Lumajang yang langsung mengarah ke Jember.

Daya Tarik Wisata Pantai Watu Ulo

Pantai ini menjadi tempat rekreasi favorit warga Jember selain Pantai Papuma. Wisata pantai ini memiliki segudang daya tarik yang membuat wisatawan ingin kembali lagi. Berikut rangkuman daya tariknya:

Keliling Pantai Menggunakan Delman

Anda berlibur ke wisata pantai ini bersama keluarga? Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan bersama adalah mengelilingi pantai dengan menggunakan delman seperti di Pantai Cemara Sewu.

Dengan muatan lebih dari 2 orang, Anda bisa beramai-ramai menikmati pemandangan setiap sudut pantai tanpa harus merasa kelelahan.

Apalagi jika Anda datang bersama anak. Si kecil akan sangat antusias untuk keliling pantai menaiki delman karena merupakan kegiatan yang seru serta menyenangkan.

Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Bukit

legenda pantai watu ulo

Terdapat bukit barisan yang mengelilingi wisata pantai ini. Bukit dengan ketinggian standar juga dapat menjadi arena kegiatan trekking santai bagi para wisatawan.

Sesampainya di puncak bukit, pemandangan pantai yang indah akan terlihat begitu menakjubkan. Banyak para wisatawan yang sengaja naik ke atas puncak untuk melihat pemandangan dan juga menjadikannya latar untuk berfoto.

Bukit ini juga sangat cocok untuk menjadi tempat menikmati momen terbenamnya matahari. Menikmati sinar matahari yang menyinari pantai perlahan menghilang dengan cukup tenang.

Suasana ini tentunya menjadi dambaan para wisatawan yang sengaja datang dari luar kota untuk melepas penat kehidupan kota. Begitu melihat keindahan pantai ini, pikiran Anda bisa kembali segar dan siap menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih bersemangat.

Spot Foto Instagramable

spot foto pantai watu ulo jember

Selain pemandangan alam yang asli, pihak pengelola pantai juga menyediakan beberapa spot foto menarik bagi para wisatawan. Terdapat ayunan yang ada di pinggir pantai dengan alas pasir putih dan berlatar belakang pantai yang indah.

Spot foto tersebut menjadi salah satu tempat favorit untuk mengabadikan momen liburan wisatawan. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di batu yang berbentuk ular yang menjadi ciri khas dari tempat ini.

Ini hanya sedikit saja dari sekian banyak spot foto yang ada. Tak kalah dengan tempat wisata Pacitan terbaik, terutama wisata pantainya, pantai ini juga suguhkan spot foto panorama yang eksotis.

Ikan Bakar di Tepi Pantai

Rasanya kurang lengkap jika mengunjungi wisata pantai atau perairan tanpa mencicipi makanan khasnya. Sempatkan untuk mencoba makanan khas Jawa Timur atau menu hidangan laut.

Selain menyuguhkan keindahan alam yang memanjakan mata, Anda juga bisa menikmati kuliner di sekitar pantai. Salah satu sajian yang khas adalah ikan bakar yang selalu berhasil memanjakan lidah para wisatawan.

Aroma bumbu ikan bakar tentu sangat menggoda selera. Apalagi dioleskan ke ikan yang masih segar hasil tangkapan nelayan. Cita rasanya sudah pasti membuat siapapun yang menyantapnya akan senang.

Anda bisa menikmati sajian lezat di tepi pantai sambil melihat keindahannya. Desiran ombak dan sejuknya angin pantai akan menambah suasana semakin nyaman.

Fasilitas di Pantai Watu Ulo

fasilitas pantai watu ulo

Pantai di Jember ini merupakan objek wisata dengan keindahan alam serta banyak spot menarik dan instagramable . Selain itu, pantai ini ternyata memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai.

Jika Anda datang menggunakan kendaraan, maka tersedia area parkir kendaraan yang cukup luas. Terdapat juga warung dan rumah makan jika Anda tidak sempat membawa bekal saat ke pantai.

Tersedia juga mushola untuk para wisatawan beribadah, tempat duduk untuk bersantai dan gazebo serta toilet dan kamar mandi umum. Fasilitas di pantai ini tak kalah lengkap dari Puncak Rembangan Jember.

Bagi para wisatawan yang berencana menginap di tempat ini, maka bisa bermalam di penginapan yang ada di sekitar pantai. Ada juga camping ground, perahu wisata, serta spot foto instagramable.

Jam Buka Wisata Pantai Watu Ulo

Destinasi wisata pantai ini buka setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu. Jam buka Pantai Watu Ulo Jember Jatim dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Jika Anda memiliki kesibukan yang luar biasa saat hari biasa, bisa berkunjung ke pantai ini ketika akhir pekan atau hari libur. Jangan lupa untuk mengajak keluarga agar momen liburan semakin seru.

Dapatkan perjalanan liburan menyenangkan di destinasi wisata yang ada di Jawa Timur dengan menggunakan paket tour murah dari Salsa Wisata. Anda bisa memilih tempat wisata Jawa Timur terbaik mana saja yang sesuai keinginan.

Selain itu, Salsa Wisata juga telah berpengalaman menemani para pelancong dari berbagai wilayah di Indonesia. Oleh karenanya, Salsa Wisata akan memberikan layanan terbaik.

Jadi, tunggu apalagi. Tentukan jadwal liburan ke objek wisata Pantai Watu Ulo dari sekarang. Anda juga bisa konsultasikan itinerary Anda kepada team kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)