SalSari Resto & Coffee

Berlibur ke Bandung memang tidak cukup hanya sehari. Ada banyak sekali tempat wisata hits yang harus Anda jelajahi. Pasir Punceling adalah salah satu tempat wisata yang harus ada di dalam list saat liburan di Bandung.

Tempat wisata Bandung terbaru ini berada di kawasan Ciwidey, sebuah wilayah yang letaknya memang sedikit jauh dari Bandung. Tapi, akses ke Ciwidey dari Bandung sangat mudah. Apalagi kini tersedia fasilitas jalan bebas hambatan alias tol.

Perjalanan dari luar Bandung pun semakin lancar berkat adanya tol tersebut. Hal ini secara tidak langsung membuat Bandung semakin ramai oleh wisatawan yang hendak liburan di Kota Kembang ini.

Sekilas Tentang Pasir Punceling

camping ground punceling

Pasir Punceling atau terkenal dengan sebutan Punceling Pass Ciwidey adalah bumi perkemahan yang berlokasi di Bandung Selatan. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl sehingga menjadikannya sangat cocok untuk camping.

Selain itu, di kawasan wisata ini juga terdapat kolam air panas yang menyegarkan. Air hangatnya mampu meregangkan otot tegang sehingga dapat memberikan efek relaksasi yang menenangkan.

Tak jauh dari pemandian air panas, ada Puncak Keraton yang menjadi spot favorit untuk menyaksikan fenomena sunset dan sunrise. Hal inilah yang membuat Punceling Pass tak kalah recommended dari destinasi wisata alam Lembang terbaru.

Wahana permainannya juga lengkap seperti ada fun games, team building, rafting, off-road, paintball, hingga archery battle. Semua ini dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke Punceling Pass.

Harga Tiket Masuk Pasir Punceling

hammocking

Pihak pengelola kawasan wisata menetapkan harga tiket masuk untuk setiap pengunjung. Adapun harga tiket masuk Pasir Punceling terdiri dari harga tiket masuk reguler dan tiket masuk plus camping.

Berikut kami cantumkan info harga tiket dan biaya-biaya lainnya yang terupdate di tempat wisata di Ciwidey yang lagi hits ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Reguler Rp20.000,00 per orang
Tiket Masuk plus Camping Rp25.000,00 per orang
Parkir Motor Rp7.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp12.000,00 per unit
Parkir Bus Pariwisata Rp25.000,00 per unit
Sewa Camping Ground Rp200.000,00 per malam
Onsen Punceling Rp10.000,00 per orang
Sewa Villa Kayu Rp700.000,00 per malam

Biaya di atas tentu bisa lebih murah lagi khusus untuk wisatawan yang menjadi peserta paket wisata sebuah tour organizer. Hal ini dikarenakan adanya kerja sama antara pihak pengelola wisata dan pihak tour organizer.

Rata-rata tour organizer di sini membawa rombongan peserta paket family gathering Ciater Bandung yang jumlahnya bisa capai puluhan. Seperti Salsa Wisata Tour Organizer yang kerap membawa para peserta gathering ke lokasi ini.

Selama acara gathering berlangsung, semua peserta akan mendapatkan fasilitas penginapan, transportasi, dan tentu saja rangkaian acara gathering yang dijamin seru.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pasir Punceling

Lokasi Pasir Punceling berada di Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jarak dari Bandung sekitar 40 KM dengan waktu tempuh lebih dari 1 jam via jalan tol Soreang ke Pasir Koja.

Untuk akses perjalanan yang lebih nyaman, Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil dari Salsa Wisata. Lain hal bila Anda mengajak serta rombongan untuk acara gathering.

Layanan yang kami rekomendasikan tentunya adalah layanan sewa bus pariwisata yang juga bisa Anda dapatkan di Salsa Wisata. Ada 4 pilihan tipe bus, yakni small, medium, big bus, dan bus SHD. Silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan kapasitas.

Untuk harga sewa bus pariwisata Bandung, tentu saja jauh lebih murah dan pastinya tetap berkualitas dan nyaman.

Daya Tarik Wisata Pasir Punceling

Punceling Pass menawarkan beragam kegiatan wisata yang menyenangkan dan menantang. Anda bisa memilih datang ke sini bersama keluarga, teman, pasangan, atau rombongan rekan kantor.

Kira-kira aktivitas apa saja yang dimaksud? Temukan jawabannya di bawah ini.

Relaksasi di Kolam Pemandian Air Panas

Punceling Pass Ciwidey

Setelah perjalanan seru dan melewati perkebunan teh hijau, wisatawan akan sampai di lokasi wisata. Untuk menghilangkan rasa lelah, mulailah dengan berendam di air hangat terlebih dahulu.

Sumber air panas ini berasal dari Gunung Patuha. Karena berasal dari sumber air panas alami, pastinya berkhasiat untuk menyehatkan kulit sekaligus meregangkan otot-otot. Oleh sebab itu, berendam di sini dapat membuat Anda rileks.

Walaupun tak ada wahana seperti di Barusen Hills, berendam di kolam air hangat ini membuat pikiran lebih tenang. Peredaran darah juga akan semakin lancar.

Tempat yang Cocok untuk Healing

Jika suasana perkotaan membuat Anda stress, datanglah ke tempat ini. Rasakan udara bersih dan segarnya. Nikmati pula keasrian dari alamnya. Sejauh mata memandang, yang Anda lihat adalah hamparan hijau perbukitan.

Ya, Punceling Pass adalah sebuah dataran tinggi sama seperti Dieng di Wonosobo. Hanya saja, Punceling hadir dengan aneka pilihan spot wisata dan fasilitas pendukungnya.

Contohnya Punceling Pass Camping Ground, arena outbond, dan spot wisata pemandian air panas alami. Semua bisa Anda temui di lokasi yang sama. Kemudian ada spot khusus untuk memandangi keindahan sunset dan sunrise.

Camping di Area Perkemahan

Punceling Pass Camping Ground

Berkunjung ke Punceling Pass memang lebih seru bila datang bersama rombongan. Rombongan di sini berupa anggota keluarga, kawan komunitas, atau rekan profesi.

Melalui acara gathering, Anda dan kawan-kawan tentu bisa meriahkan acara gathering ini dengan berbagai kegiatan menarik, asik, dan menantang. Misal, kegiatan outbond, off-road, team building, fun games, dan masih banyak lainnya.

Tak ketinggalan pula kegiatan camping dengan fasilitas tenda yang memadai. Melalui kegiatan berkemah, Anda akan merasakan pengalaman menginap beratapkan langit.

Jangan lupa buat api unggun untuk hangatkan suasana sekaligus pemeriah acara camping Anda. Meski menginap di area alam terbuka camping ground, berkemah memberi Anda pengalaman yang mengesankan, terutama bagi Anda yang perdana melakukannya.

Kolam Terapi Ikan

Wisata Ciwidey ini juga memiliki kolam terapi ikan. Seperti kolam terapi ikan lainnya, di sini Anda dapat melakukan terapi ringan dengan memasukan kedua kaki ke kolam berisi ikan-ikan kecil.

Ikan-ikan ini nantinya akan memakan sel-sel kulit mati yang masih menempel pada kulit kaki Anda. Memang awalnya mungkin akan terasa geli, akan tetapi lama-kelamaan akan timbul rasa nyaman dan rileks.

Anda bisa menikmati sesi terapi ikan ini sembari mendengarkan musik lalu pejamkan mata. Rasakan semilir angin dan aroma khas daerah pegunungan selama terapi tengah berlangsung.

Menyaksikan Sunrise dan Sunset di Puncak Keraton

Puncak Keraton

Jika Anda pernah berkunjung ke Tebing Keraton Lembang, maka di sini ada tempat yang hampir sama. Di salah satu sudut, terdapat sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi. Bukit ini bernama Bukit Keraton.

Sama dengan Tebing Keraton, wisatawan yang berada di puncak bukit ini juga dapat menyaksikan sunrise dan sunset. Pendakiannya sendiri hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Untuk menyaksikan sunset, Anda dapat mulai mendaki pada sore hari sebelum matahari terbenam. Jika berpatokan pada jam, pendakian jam 15.00 atau 16.00 WIB bisa menjadi waktu pendakian yang ideal.

Sedang, untuk menyaksikan sunrise, sebaiknya pendakian Anda lakukan sebelum waktu Subuh. Setidaknya, pukul 05.00 pagi, Anda harus sudah berada di lokasi.

Menikmati Wisata Kuliner

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menikmati sajian kuliner dari warung-warung wisata yang ada di lokasi. Mereka menyediakan berbagai menu makanan khas Sunda manis dan asin lengkap dengan minumannya.

Sedangkan bagi yang memilih untuk camping, sebaiknya membawa peralatan dan perbekalan atau logistik sendiri. Sebab rata-rata warung buka dari pagi sampai sore hari saja.

Fasilitas di Lokasi Wisata Pasir Punceling

spot foto Punceling Pass Bandung Jawa Barat

Fasilitas di Punceling Pass sangat lengkap dan juga memadai. Fasilitas-fasilitas ini tersedia untuk memberikan kenyamanan maksimal kepada setiap pengunjung. Misalnya fasilitas toilet yang jumlahnya ada banyak.

Lalu ada fasilitas area parkir yang luas. Disusul ada fasilitas mushola yang berjumlah 2 unit dan spot foto. Dan terakhir ada fasilitas pemandian air panas Ciwidey dan kolam terapi ikan.

Untuk mendukung kegiatan wisata, pihak pengelola telah menambahkan sejumlah fasilitas khusus. Sebut saja ada Onsen, unit villa kayu untuk kapasitas 8 penghuni, pusat kuliner Bandung, dan wisata petik stroberi.

Khusus untuk peserta camping, terdapat fasilitas pusat persewaan tenda dan juga perlengkapannya. Namun untuk logistik, pihak pengelola tidak menyediakannya.

Jam Buka Wisata Pasir Punceling

Jadwal operasional Punceling Pass adalah setiap hari, termasuk hari libur nasional. Jam buka Pasir Punceling Ciwidey dari pagi, tepatnya dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 WIB.

Sementara untuk wisatawan yang ingin camping, tempat wisata ini selalu buka selama 24 jam, kecuali warung-warung wisata yang ada di lokasi.

Anda bisa menggunakan jasa dan layanan dari Salsa Wisata untuk berwisata ke Pasir Punceling. Layanan Salsa Wisata juga menyediakan paket wisata dengan tarif murah dan pelayanan berkualitas.

Nikmati liburan bersama layanan kami. Rasakan keseruannya. Terutama saat mengunjungi wisata Pasir Punceling, berburu oleh-oleh khas Bandung murah, dan bersafari kuliner di sekitar Ciwidey dan Kota Bandung.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)