SalSari Resto & Coffee

Sebuah patung bisa menjadi sebuah ikon yang ada di suatu kota. Seperti misalnya Monumen Selamat Datang di Jakarta dan Monumen Bandung Lautan Api di Bandung. Rupanya, di Banjarmasin juga ada patung serupa yang jadi simbol kota itu. Namanya Patung Bekantan.

Seperti yang sudah bisa Anda duga, patung ikonik ini memang berbentuk bekantan. Bekantan sendiri adalah hewan primata yang banyak ditemui di Borneo. Hewan tersebut juga bisa Anda lihat di Kebun Binatang Ragunan.

Bekantan ada banyak di pedalaman hutan Kalimantan. Di Pulau Bakut, Anda bisa dengan mudah menemukan bekantan. Selain pasar terapung, bekantan akhirnya jadi sesuatu yang lekat dengan pulau Kalimantan, khususnya kota Banjarmasin.

Sejarah Patung Bekantan

patung bekantan banjarmasin

Patung Bekantan ini dibuat oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dan bernilai Rp2.600.000.000,00. Letak patungnya sendiri ada di pinggir sungai Martapura yang terletak di Jalan Kapten Pierre Tendean. Tujuan utama didirikannya patung ini adalah untuk menjadi daya tarik wisata kota Banjarmasin.

Sebetulnya, Banjarmasin tidak kekurangan tempat wisata. Sebut saja, ada pasar terapung dan Menara Pandang. Namun kini, salah satu daya tarik wisatanya ditambah lagi, yakni patung hewan primata besar berhidung mancung dan berkulit putih dan cokelat.

Meski masih berada dalam satu kawasan, patung ini letaknya lumayan jauh dari pasar terapung dan Menara Pandang. Posisinya tepat di dekat Jembatan Dewi, seberang Taher Square.

Bekantan patung ini memiliki tinggi sekitar 6,5 meter dan terbuat dari perunggu. Patungnya dibuat berongga di dalam. Meskipun begitu, beratnya ternyata mencapai 7 ton. Pembuatannya dilakukan oleh Studio Patung Suwarto di Yogyakarta, dibuat semirip mungkin dengan bekantan asli.

Patung ini sebetulnya sudah cukup lama berdiri. Diresmikan pada 10 Oktober 2015, objek patung ini berhasil menarik perhatian banyak kalangan.

Di sekitar patung ini, ada banyak orang yang berolahraga, karena memang letaknya berdekatan dengan area umum. Pengunjung juga boleh berfoto-foto secara gratis, karena tak bisa dipungkiri, patung ini memang sangat instagramable.

Selama proses pembuatan, rupanya patung ini pernah menuai pro dan kontra. Sebagian orang menganggap patung ini sebagai berhala, sehingga tidak sepantasnya berada di Kalimantan Selatan, yang masyarakatnya terkenal religius.

Namun, sebagian masyarakat lagi mendukung didirikannya patung ini sebagai lambang kota. Jika Bali punya Garuda Wisnu Kencana sebagai patung ikoniknya, maka Banjarmasin ada Patung Bekantan sebagai ikon kotanya.

Harga Tiket Masuk Patung Bekantan

Karena pada dasarnya Patung Bekantan ini adalah area publik yang didirikan di tengah kota, jadi tentu saja tidak dipungut bayaran. Masyarakat yang ingin rekreasi di sekitar patung, foto-foto, atau membeli jajanan, tentu saja bisa menikmatinya secara gratis.

Meskipun begitu, Anda tetap harus menyiapkan uang tunai untuk parkir. Adapaun tarifnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Jangan lupa juga siapkan uang untuk membeli berbagai makanan dan minuman yang ada di sekitar patung. Anda bisa sekalian wisata kuliner dan mencicipi berbagai makanan khas nusantara yang lezat di sini.

Rute Menuju Patung Bekantan

sungai martapura patung bekantan

Meski patung bekantan letaknya ada di pusat kota Banjarmasin, tidak ada kendaraan umum yang bisa membawa Anda ke sini. Kalau dari Wisata Pasar Terapung, Anda bisa belok kiri ke Jalan Kapten Pierre Tendean, lalu setelah 250 meter belok kanan.

Ikuti jalan sejauh 800 meter, lalu belok kanan ke Jalan Veteran. Setelah 150 meter, belok kiri ke Jalan Kapten Piere Tendean. Ikuti jalan saja. Destinasi Anda bisa ditemukan setelah 100 meter.

Kalau Anda tidak membawa kendaraan pribadi saat mengunjungi kota Banjarmasin, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil plus driver terbaik. Dengan begitu, Anda bisa bebas berwisata keliling kota dan sekitarnya sambil menikmati berbagai tempat wisata di Banjarmasin.

Daya Tarik Patung Bekantan

Meski pada dasarnya objek wisata ini cuma sekadar patung, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sekitar patung. Beberapa di antaranya adalah:

Berfoto

spot foto patung bekantan

Ini adalah aktivitas utama yang wajib Anda lakukan jika mengunjungi patung bekantan. Patung dari perunggu ini bukan cuma menampilkan bekantan raksasa, tapi juga buah rambai. Gaya patung ini adalah seekor bekantan yang sedang duduk menggaruk kepala sambil membawa serenteng buah rambai.

Buah rambai sendiri adalah buah khas Kalimantan yang cuma bisa ditemukan di hutan Borneo. Buah ini adalah makanan kesukaan bekantan. Bekantan ini juga memuntahkan air yang langsung menuju ke sungai Martapura. Konsepnya sama seperti patung Merlion yang ada di Singapura.

Di tengah mulut patung, ada pipa kecil tempat keluarnya air. Banyak pengunjung yang berfoto dengan pose seolah-olah sedang meminum air dari pancuran mulut bekantan.

Wisata Kuliner

Seperti yang tadi sudah kami sebutkan sekilas, di sekitar patung ini ada banyak penjual makanan dan minuman. Tentunya, tempat ini selalu ramai oleh keluarga yang datang membawa anak-anak kecil, karena memang tempat jajan seperti ini selalu menarik anak-anak.

Meskipun begitu, bagi Anda wisatawan, berbagai jajanan di sini bisa jadi ajang untuk wisata kuliner. Ada berbagai makanan khas Banjar yang wajib Anda coba, seperti misalnya kue bingka, kue masuba, apam barabai, dan lain sebagainya. Anda juga bisa beli oleh-oleh di sini.

Karena berada di kawasan Sungai Martapura, jadi ada banyak pedagang perahu yang membawa barang dagangannya. Banjarmasin memang sangat terkenal dengan pasar apungnya.

Olahraga

bersepeda di patung bekantan

Di akhir pekan atau di sore hari, Anda juga bisa berolahraga bersama masyarakat sekitar. Di dekat patung, memang ada lapangan basket yang sering dimanfaatkan oleh warga, khususnya anak-anak muda, untuk berolahraga.

Anda juga bisa jogging mengelilingi patung dan lewat di jembatan di atas sungai Martapura. Pilihan lainnya yaitu bersepeda mengelilingi area taman.

Setelah berolahraga, ada banyak restoran dan kedai makan tempat Anda bisa mengisi energi kembali sambil melihat pemandangan perahu yang melintas di sungai.

Fasilitas Patung Bekantan

fasilitas patung bekantan

Sebagai salah satu ikon yang ada di tengah kota pemerintah daerah, patung ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Sebetulnya fasilitasnya tidak spesifik milik patung, tapi milik area publik di sekitarnya.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati yaitu tempat parkir yang luas, lapangan basket, spot foto Instagramable, dan restoran. Selain itu, ada banyak jajanan kaki lima yang ada di pinggir jalan.

Jam Operasional Patung Bekantan

Tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi patung bekantan. Sebagai ikon kota Banjarmasin, para pengunjung boleh datang dan berfoto di patung ini kapan saja, karena areanya buka selama 24 jam.

Tertarik untuk datang ke ikon kota Banjarmasin ini? Anda bisa menggunakan paket wisata dari Salsa Wisata. Paket wisatanya beragam, tersedia di berbagai kota di Indonesia. Anda bisa memilih destinasi wisata Banjarmasin terkenal yang hendak Anda kunjungi. Kalau kebetulan destinasi wisatanya tidak ada di dalam paket, Anda bisa tambahkan sendiri.

Paket wisatanya sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi. Harganya jadi lebih murah. Liburan dengan paket wisata memang lebih simpel dan efisien.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)