SalSari Resto & Coffee

Bogor memiliki sejumlah daya tarik wisata yang selalu menjadi destinasi untuk berlibur. Jika Anda menyukai rusa dan hijaunya alam, Penangkaran Rusa Cariu Bogor bisa menjadi pilihan terbaik saat libur akhir pekan.

Tempat wisata Bogor yang satu ini akan memberikan pengalaman seru dan luar biasa menyenangkan. Wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan sejumlah rusa di tanah lapang penuh rumput hijau.

Sekilas Tentang Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Penangkaran Rusa Cariu Bogor Jawa Barat adalah tempat rekreasi yang unik. Area taman yang penuh dengan pepohonan dan pemandangan hijau yang asri ini  memiliki cukup banyak rusa jinak.

Sehingga sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga. Anak-anak akan belajar banyak hal mulai dari melawan rasa takut untuk berinteraksi dengan rusa hingga belajar bagaimana memberi makan.

Harga Tiket Masuk Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Harga tiket Penangkaran Rusa Cariu Bogor sangat terjangkau. Selain tiket masuk, pengunjung juga perlu membayar tiket parkir. Bawa juga uang lebih agar bisa menikmati kuliner di lokasi wisata.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00

Rute Menuju Lokasi Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Lokasi Penangkaran Rusa Cariu

Lokasi Penangkaran Rusa Cariu Bogor ada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor. Jika dari exit tol Cibubur dari Cileungsi – Jonggol, jaraknya sekitar 40 km.

Paling mudah untuk menjangkau lokasi wisata ini memang dengan kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Bisa juga dengan kendaraan sewa termasuk bus dengan berbagai ukuran, medium, long atau big.

Agar perjalanan wisata ke taman rusa ini lebih mudah, manfaatkan saja layanan jasa rental hiace Bogor. Dengan begitu, semua anggota keluarga dapat ikut merasakan keseruan berwisata ke taman rusa.

Jam Buka Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Penangkaran Rusa Cariu Bogor buka dari pagi hingga sore hari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Namun waktu terbaik berkunjung biasanya saat jam pemberian makan rusa di jam 10.00 WIB dan 14.00 WIB – 16.00 WIB.

Jika datang dari pagi hari, walau belum menjumpai rusa, masih tetap bisa menikmati pemandangan alam sekitar. Apalagi jika membawa oleh-oleh khas Bogor, wisatawan bisa menikmatinya terlebih dahulu.

Fasilitas Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Fasilitas Penangkaran Rusa Cariu-Bogor

Penangkaran Rusa Cariu memiliki sejumlah fasilitas yang akan mendukung kegiatan wisatawan. Ada area parkir luas, arena bermain anak, kolam renang, mushola, area foto hingga toilet dan camping ground.

Jangan lupakan juga warung yang menyediakan menu makanan khas Bogor. Keberadaan warung ini memang menjadi hal yang menarik mengingat lokasi wisata ini memiliki udara sejuk dan hawa cukup dingin.

Daya Tarik Wisata Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Nama lain dari tempat wisata keluarga ini adalah Taman Rusa Giri Jaya dan Taman Rusa Tanjungsari. Taman ini memang menawarkan kegiatan wisata yang sangat unik dan menarik untuk wisatawan coba.

Area Taman Luas, Hijau dan Asri

Penangkaran Rusa Cariu adalah lokasi pengembangbiakan rusa yang sudah ada sejak tahun 1993. Kawasan konservasi ini pengelolaannya ada di bawah Perum Perhutani. Tahun 2003, objek wisata ini resmi untuk umum.

Menempati lahan seluas 8,4 hektar, taman ini sangat luas dengan pepohonan dan rerumputan hijau. Sejauh mata memandang, area taman begitu sejuk, asri dan hijau. Suasananya begitu tenang dan adem.

Sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga bersama dengan anak-anak. Selain itu, bisa juga untuk area gathering, outbound dan lain sebagainya. Untuk anak sekolah, tempat ini juga bagus untuk kegiatan outing class.

Aneka Jenis Rusa

Penangkaran Rusa Cariu Bogor memiliki sejumlah rusa dengan beragam jenis. Beberapa di antaranya ada Rusa Timor, Rusa Totol dan Rusa Bawean. Semua binatang ini tampak sehat dan terjaga kualitas makanannya.

Kawasan penangkaran atau taman ini hadir dengan padang rumput terbuka. Sedangkan di sekeliling taman ini tumbuh pepohonan dan semak-semak. Ya, taman ini berada di kawasan hutan lindung.

Oleh sebab itu, di sudut taman wisatawan dapat melihat pagar untuk faktor keamanan. Pagar ini juga berfungsi untuk mencegah rusa agar tidak keluar area taman.

Untuk memasuki taman atau habitat rusa ini, pengunjung akan melewati semacam jalan layang dari kayu. Jalan ini seperti jembatan, tingginya sekitar 3 hingga 4 meter dari permukaan tanah. Cukup menantang.

Interaksi Langsung dengan Rusa

Interaksi Bersama Rusa

Begitu sampai di area taman, pengunjung tidak perlu ragu untuk turun ke lahan berumput hijau, di mana rusa-rusa berada. Rusa ini sudah terbiasa dengan kehadiran manusia, mereka jinak dan ramah.

Cobalah bawa sayur dan beri makan rusa-rusa ini secara langsung. Di awal, mungkin sempat ada rasa khawatir, tapi hewan herbivora ini ternyata menyenangkan. Anak-anak pun perlu untuk mencoba kegiatan seru ini.

Makanan rusa biasanya berupa kacang panjang dan ubi. Hewan lucu di penangkaran ini memiliki sifat yang tenang sehingga aman untuk berinteraksi. Bahkan, mereka akan tenang juga ketika berfoto bersama.

Anda bisa berfoto sambil berpose memberi makan rusa. Bisa juga dengan mengelus rusa, mereka pun akan tetap tenang. Kegiatan memberi makan dan mengelus rusa bisa menjadi pengalaman berharga untuk anak.

Playground dan Kolam Renang

Selain bermain di area padang rumput, anak-anak juga bisa bermain di playground. Ada beberapa wahana permainan yang pastinya mereka akan suka. Misalnya ada perosotan yang seru.

Tepat di samping playground, ada kolam renang untuk anak-anak. Habis bermain di playground, bisa melanjutkan bermain air di kolam renang. Kegiatan seru di dua tempat ini membuat mereka betah berlama-lama.

Camping dan Outbound

Tempat Camping Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Momen bersama keluarga atau teman semakin seru dengan kegiatan camping dan outbound. Pihak pengelola telah menyediakan area camping ground dan outbound dengan fasilitas yang lengkap.

Lokasi camping ground ini bahkan mampu menampung sekitar 200 orang. Sehingga bisa juga untuk kegiatan outbound kantor, sekolah atau lembaga lainnya.

Area ini juga bisa untuk anak-anak bermain. Bayangkan saja, malam hari menghabiskan waktu dengan camping, di pagi hari yang segar bisa berolahraga dan bermain di padang rumput.

Bersantai dan Menikmati Alam

Selain berfoto dan berinteraksi dengan rusa, wisatawan juga bisa bersantai untuk menenangkan diri sambil menikmati alam. Ada beberapa bangku dan juga hammock yang bisa pengunjung gunakan.

Udara yang begitu sejuk dan asri karena banyak pepohonan, membuat lokasi ini cocok untuk healing setelah sepekan sibuk bekerja. Coba juga untuk berjalan keliling area penangkaran ini.

Ada aliran Sungai Cibeet yang terlihat melintasi kawasan pepohonan rindang. Jika berjalan di atas jembatan, viewnya begitu sempurna antara sungai dan pepohonan.

Kuliner Lezat

Penangkaran Rusa Cariu Bogor memiliki sejumlah warung yang dapat menjadi destinasi wisata kuliner Bogor. Warung di sini menyediakan berbagai menu khas dengan rasa yang lezat.

Pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sambil menyaksikan keindahan alam sekitar. Bagi pecinta kopi, jangan lupa juga untuk memesan secangkir kopi. Kopi, udara sejuk dan alam adalah hal terbaik.

Nikmati juga pengalaman terbaik liburan di Bogor ini dengan layanan biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Mulai dari urusan akomodasi, transportasi, hingga konsumsi Anda pasti terpenuhi dan liburan pasti lebih memuaskan.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (1 vote)