SalSari Resto & Coffee

Sukabumi memiliki sejumlah destinasi wisata alam menakjubkan. Salah satunya yaitu Pondok Halimun. Objek wisata ini adalah bumi perkemahan di tengah alam yang masih asri dan terjaga dengan baik.

Wajar jika objek wisata hits di Sukabumi ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan bukan hanya wisatawan lokal saja yang datang ke sini, wisatawan asing juga tertarik untuk berkemah. Alamnya benar-benar menakjubkan.

Sekilas Tentang Pondok Halimun

gerbang Pondok Halimun Sukabumi

Wisata alam ini sangat cocok untuk anak sekolah, kampus atau universitas hingga komunitas termasuk untuk acara gathering keluarga dan kantor. Oleh sebab itu, jika berencana datang ke sini ajaklah keluarga atau teman.

Pondok Halimun Sukabumi merupakan destinasi wisata alam yang berada tepat di kaki Gunung Gede Pangrango. Ada berbagai aktivitas outdoor seru yang bisa Anda lakukan mulai dari piknik, trekking hingga berkemah.

Bahkan ada wahana outbound seru untuk para pengunjung yang datang rombongan. Selain itu, terdapat air terjun indah yang perlu Anda kunjungi. Tentunya Anda harus berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun.

Fasilitas Pondok Halimun

Fasilitas Pondok Halimun sudah cukup lengkap untuk mendukung berbagai kegiatan wisata. Ada lokasi parkir yang luas, toilet, area perkemahan, outbound dan juga wisata kuliner dengan menu makanan khas Sukabumi yang lezat.

Selain itu ada mushola, wahana sepeda gantung, river tubing, area outbond hingga berbagai spot foto. Jika berkemah, bisa membawa bekal sendiri atau jika tidak ingin repot bisa beli makanan dan minuman di warung.

Tiket Masuk Pondok Halimun

Tiket masuk Pondok Halimun sangat terjangkau. Tarif tiket di bawah ini belum termasuk wahana seperti sepeda gantung dan river tubing. Harga tiket untuk pelajar lebih murah daripada untuk umum.

Harga tiket berikut ini juga ada yang untuk wisatawan WNI dan wisatawan asing atau WNA. Biaya yang tertera berikut ini berlaku dengan durasi waktu minimal 2 hari 1 malam. Jadi jika menambah hari, biayanya pun bertambah.

Retribusi Tarif
Tiket pendakian umum Rp29.000,00 – Rp34.000,00
Tiket pendakian pelajar Rp17.500,00 – Rp20.500,00
Tiket berkemah umum Rp19.000,00 – Rp24.000,00
Tiket berkemah pelajar Rp12.500,00 – Rp15.500,00
Tiket masuk kendaraan roda dua Rp10.000,00
Tiket masuk kendaraan roda empat Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Pondok Halimun

pemandangan Pondok Halimun Sukabumi

Bumi perkemahan dan tempat wisata Pondok Halimun beralamat di Jalan Selabintana, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jika dari pusat kota Sukabumi, maka jaraknya sekitar 12 km. Akses jalannya juga sudah bagus.

Rute paling mudah yaitu dengan menggunakan Google Map. Bisa juga dengan mengarahkan kendaraan ke Jalan Selabintana. Setelah itu, ikuti papan penunjuk arah sampai tiba di lokasi wisata atau perkemahan.

Daya Tarik Wisata Pondok Halimun

Kegiatan Berkemah

camping ground Pondok Halimun Sukabumi

Kawasan ini sudah terkenal sejak dulu sebagai tempat favorit untuk berkemah. Bahkan ada banyak area untuk camping yang tersebar di beberapa titik objek wisata. Semua lokasinya menyatu dengan alam.

Bumi perkemahan di sini ada yang milik pengelola dan sebagian milik perorangan. Anda tinggal pilih mana yang paling sesuai baik dengan keinginan maupun kebutuhan.

Pengunjung hanya perlu membawa peralatan dan perlengkapan camping sendiri. Sebab lokasi wisata ini hanya menyediakan lahan untuk berkemah tidak dengan penyewaan peralatan dan perlengkapannya.

Piknik Seru Bersama Teman atau Keluarga

camping di Pondok Halimun Sukabumi

Tenang, bagi yang tidak ingin bermalam, ada kegiatan seru yang bisa Anda lakukan bersama dengan teman maupun keluarga. Kegiatan piknik adalah salah satunya. Lokasinya yang menyatu dengan alam membuatnya spesial.

Ada fasilitas gazebo dan tanah lapang dengan rerumputan pendek. Anda bisa menggelar tikar di atas tanah lapang ini sambil menikmati suasana alam yang menenangkan sekaligus mendamaikan. Apalagi udaranya dingin dan sejuk.

Manfaatkan saja jasa rental mobil murah di Sukabumi untuk mengajak teman dan keluarga piknik bersama. Anak-anak juga pasti menyukai berada di sini. Apalagi ada beberapa pilihan area yang seru dan menawarkan hal berbeda.

Anda bisa memilih tempat piknik di pinggir sungai, dekat taman bermain anak dan lainnya. Rasakan sensasi makan di ruang terbuka yang penuh dengan pepohonan, rerumputan dan tanaman hijau nan segar.

Jika tidak membawa makanan atau bekal, ada warung yang menawarkan berbagai makanan khas serta minuman. Jadi, Anda tidak perlu khawatir perut keroncongan atau kehausan karena tidak membawa bekal sendiri.

Menikmati Udara di Tengah Kebun Teh

menikmati kebun teh Pondok Halimun Sukabumi

Saat memasuki kawasan Pondok Halimun Sukabumi Jawa Barat, Anda akan takjub dengan keindahan kebun teh layaknya di kawasan Puncak Bogor. Kebun teh ini milik PTPN VIII, terlihat hijau segar dan menawan.

Sempatkanlah untuk turun dari kendaraan dan sejenak menikmati hamparan kebun teh yang menakjubkan. Tentu saja, udara di sini sangat sejuk dan bersih sehingga membuat betah siapapun.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Setiap sudut kebun ini instagramable. Berfoto dengan latar kebun teh memang seru sekaligus akan menjadi momen memorable yang tidak bisa Anda lupakan.

Sepeda Gantung dan River Tubing

Pondok Halimun memiliki sejumlah wahana seru yang bisa Anda coba. Dua diantaranya adalah sepeda gantung dan river tubing. Sepeda gantung akan memberikan sensai mengayuh sepeda dari ketinggian.

Sedangkan river tubing untuk Anda yang mau basah-basahan. Air sungai di sini cukup dingin dan di sekelilingnya banyak batu-batu. Tapi tidak perlu khawatir sebab Anda akan menggunakan ban dan helm keselamatan.

Trekking ke Air Terjun

air terjun Pondok Halimun Sukabumi

Kegiatan outdoor berikutnya yaitu trekking menuju Curug Cibeureum. Air terjun ini tak kalah eksotis dengan deretan air terjun bagus di Bogor lainnya. Tentunya, untuk mencapai lokasi air terjun membutuhkan perjuangan ekstra.

Trekking ini akan membawa pengunjung untuk berjalan kaki menembus kawasan hutan dan sungai dengan jarak sekitar 1,5 km. Ada beberapa posko peristirahatan yang bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat sejenak.

Walau demikian, paling tidak, Anda harus memastikan kondisi badan 100% fit. Setelah berjalan cukup jauh, suara gemuruh air terjun akan Anda dengar. Begitu sampai, keindahannya sungguh luar biasa.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan masih berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Nikmatilah keindahan alam ini dengan mandi air dinginnya, berfoto atau hanya sekedar menyaksikan kegagahannya.

Jam Operasional Pondok Halimun

Untuk area perkemahan dan wisata buka setiap hari dari pagi hingga malam hari selama 24 jam. Sedangkan untuk jalur pendakian sewaktu-waktu bisa tutup. Umumnya, pengunjung datang di pagi hari atau sore hari jika ingin menginap.

Setelah selesai piknik atau berkemah, Anda bisa kembali menuju Sukabumi untuk berbelanja oleh-oleh khas Jawa Barat selain makanan. Jika tidak, bisa juga membeli oleh-oleh di warung atau kios-kios sekitar tempat wisata.

Perjalanan wisata ke Pondok Halimun akan lebih seru jika bersama teman atau keluarga. Anda bisa memanfaatkan layanan wisata terbaik dari Salsa Wisata baik paket wisata maupun layanan travel atau rental kendaraan.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)