earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Liburan di pulau tersendiri terdengar menyenangkan. Apalagi pulau tujuan liburan Anda begitu indah seperti pulau-pulau cantik di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Onrust ini.

Pulau ini tak hanya dikenal pulau yang indah, namun juga penuh dengan cerita sejarah. Dahulu, pulau ini pernah menjadi lokasi banyak peristiwa memilukan yang terjadi pada masa penjajahan Belanda.

Kini situs-situs sisa peristiwa sejarah tersebut justru menjadi daya tarik bagi wisatawan. Wajar jika kemudian pulau ini menjadi tempat wisata Jakarta Utara favorit selain Pulau Pramuka sebagai wisata sejarah.

Sekilas Tentang Pulau Onrust

Pulau Onrust merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau yang ada di kawasan wisata Kepulauan Seribu. Mulanya, pulau ini cukup luas. Sebelum terus-menerus tergerus oleh erosi air, luas pulau ini sekitar 12 Hektar.

Namun kini hanya tersisa sekitar 3.5 kilometer persegi. Penyusutan daratan pada pulau ini sangat signifikan. Penyebabnya sebenarnya bukan berasal dari erosi air saja.

Melainkan juga sebagai imbas dari erupsi Gunung Krakatau yang sangat dahsyat pada tahun 1883 silam. Kini dengan luas kurang dari 4 Hektar saja, pulau ini masih memiliki daya tarik. Ada cukup banyak spot wisata menarik di sini.

Diantaranya adalah spot wisata alam, spot wisata sejarah, dan spot wisata Instagramable seperti yang ditawarkan di Pulau Ayer tidak jauh dari lokasi.

Daya Tarik Wisata Pulau Onrust

Sejarah Pulau Onrust

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagian besar pulau-pulau kecil yang ada di Kepulauan Seribu sangat menonjol atraksi wisata alamnya. Begitu juga dengan pulau yang satu ini.

Namun ada hal lain yang juga sangat menarik untuk diulik, yaitu sisi sejarahnya. Kemudian sebagai bagian dari kawasan wisata Kepulauan Seribu, sama dengan pulau-pulau kecil lainnya, pulau ini juga menawarkan banyak spot Instagramable.

Kisah Sejarah

Pulau ini dulunya adalah tempat istirahat Sultan Banten dan keluarganya. Lalu pulau ini menjadi lahan sengketa antara penguasa Jayakarta dan penguasa Banten.

Penguasa Jayakarta mengklaim bahwa pulau ini adalah bagian dari kerajaannya karena lokasinya yang dekat dengan Batavia. Pertikaian ini berlangsung lama dan belum juga selesai hingga VOC mulai mendatangi Pulau Jawa.

VOC sangat menyukai pulau ini dan dengan sigap menandai pulau ini dengan bendera VOC. Sejak saat itu, pulau ini menjadi tempat singgah kapal-kapal VOC yang hendak ke Jayakarta.

Lambat laun, yang semula berupa dermaga kemudian bertransformasi menjadi benteng dan pangkalan militer seperti yang kita jumpai di Pulau Kelor.

Sekitar tahun 1800, pulau ini sempat dikuasai oleh Inggris setelah berhasil mengusir VOC dari pulau ini. Delapan belas tahun kemudian, VOC kembali mengambil-alih pulau ini kembali.

Bekas Sanatorium dan Penjara

Hal menarik lainnya dari sisi sejarah dari pulau ini adalah banyaknya situs-situs bersejarah. Pulau ini disebut pulau yang tidak pernah beristirahat karena sering sekali berganti peran.

Itulah mengapa pulau ini kemudian oleh Belanda dinamai Onrust yang artinya ‘tak pernah istirahat’. Pada masa penjajahan Belanda, pulau ini pernah berfungsi sebagai dermaga.

Kemudian sekitar tahun 1911 sampai tahun 1933, pulau ini berganti fungsi lagi menjadi tempat karantina haji. Pada tahun 1933 hingga 1940, pulau ini menjadi penjara bagi para pemberontak yang berasal dari warga sipil dari Jerman.

Lalu di tahun 1945 sampai tahun 1965, pulau ini berganti peran lagi menjadi sanatorium atau rumah sakit khusus untuk para penderita penyakit menular.

Pasca wabah mulai berkurang, pulau ini menjadi hunian para pengemis dan gelandangan. Pulau ini baru benar-benar istirahat sekitar tahun 1972 bersamaan dengan penetapan pulau ini sebagai cagar budaya.

Pesona Alam Pantai

Meski tak seluas Pulau Pari, Onrust tak kalah cantik dari pulau tersebut. Wilayahnya memang kecil tapi membuat kita sedang liburan di pulau pribadi.

Area pantai pada pulau ini tak begitu luas tapi landai; Anda tetap masih bisa bermain air, pasir, bahkan berenang. Tapi wajib berhati-hati ya karena terkadang muncul ombak besar dengan tiba-tiba.

Spot Selfie Instagramable

Memang tak banyak spot selfie di sini, tetapi spot-spot selfie yang ada di sini sangat unik dan hanya satu-satunya di Indonesia. Seperti spot foto kincir angin dengan tulisan ONRUST ini.

Desainnya sederhana dengan bodi dominan putih dan aksen warna cokelat tua pada kepala dan kincir.Lalu ada spot foto sisa benteng dan pangkalan militer yang sebagian telah hancur.

Meski sebagian bangunan telah runtuh, bangunan yang tersisa masih berdiri kokoh. Terlihat rustic dan klasik dengan tampilan material batu bata merahnya yang tua namun estetik.

Berpose di depan situs bekas benteng ini pasti akan jadi foto terbaik. Coba saja lalu upload di media sosial Anda. Pasti Anda akan mendapatkan banyak love.

Menara Keker

Situs menara ini terletak dekat sekali dengan dermaga sehingga begitu Anda tiba di pulau ini, Menara Keker ini seolah menyambut Anda.

Menara ini menjadi spot paling strategis untuk menonton hilir-mudik kapal. Bangunan menara ini juga menjadi spot foto favorit.

Museum Plaza dan Museum Taman Arkeologi Onrust

Dibangun tahun 1939, museum ini masih aktif dan menjadi tujuan sebagian besar wisatawan yang ingin tahu dengan koleksi-koleksi museum. Semua koleksi di sini tersimpan rapi dalam bingkai.

Ada satu lagi museum yang tak boleh Anda lewatkan, yaitu Museum Taman Arkeologi Onrust. Semua cerita sejarah selama masa penjajahan tersimpan dengan baik di tempat wisata terdekat ini.

Pemakaman

Selain bangunan bersejarah, pulau ini juga memiliki area pemakaman para tokoh penting. Area pemakaman tua ini memang terkesan angker padahal sebenarnya tidak ada kesan angker sama sekali.

Terdapat beberapa tokoh ternama yang dimakamkan di sini. Salah satunya adalah Kartosuwiryo yang dulu menjadi tahanan dan menjalani eksekusi pada tahun 1738.

Fasilitas di Pulau Onrust

Tiket Masuk Pulau Onrust

Layaknya pulau-pulau wisata pada umumnya, Onrust sudah tersedia berbagai fasilitas yang menunjang sektor pariwisata di pulau ini.

Beberapa fasilitas yang ada antara lain fasilitas penginapan atau resort. Nah, di resort ini Anda akan mendapatkan fasilitas-fasilitas tertentu. Misal fasilitas restoran dengan aneka pilihan makanan khas Jakarta, western, chinese, dan Japanese foods.

Fasilitas lainnya adalah kamar mandi dan toilet umum untuk keperluan MCK. Untuk kelancaran transportasi penyeberangan, di area dermaga banyak kapal-kapal yang disewakan.

Ada satu fasilitas unik yang hanya bisa Anda temukan di pulau ini, yaitu fasilitas penyimpanan kendaraan. Spot foto juga masuk dalam kategori fasilitas pelengkap.

Kebanyakan spot foto ini berupa situs-situs bangunan tua bersejarah yang kini masuk dalam daftar cagar budaya. Jadi saat berkunjung harus tetap Anda jaga dengan baik kondisinya

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah ada fasilitas foodcourt atau sejenisnya. Jawabannya adalah khusus di pulau ini, belum ada fasilitas food court, warung makan, dan sejenisnya.

Mengingat bahwa pulau ini sangat kecil dan rawan terdampak erosi air, jadi terlalu berisiko jika ada resort, food court, dan fasilitas lainnya yang butuh menetap lama di sini.

Resort yang kami sebutkan di atas terletak di pulau wisata terdekat, yaitu Pulau Bidadari. Pulau ini juga menjadi pusat wisata kuliner Jakarta terdekat.

Harga Tiket Masuk Pulau Onrust

Tarif masuk pulau bersejarah ini sangat murah. Yang membuatnya mahal adalah tarif sewa speed boat yang capai ratusan ribu rupiah.

Harga tiket masuk akan lebih murah lagi jika Anda datang bersama rombongan. Berikut kami bagikan info HTM terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00 (Perorangan)

Rp3.750,00 (Rombongan minimal 30 orang)

Rp1.500,00 (Rombongan anak)

Tarif yang sangat murah, bukan? Liburan hemat ini cocok untuk acara liburan bersama rombongan. Misal rombongan keluarga, sekolah, atau kantor.

Biar lebih afdol, jangan lupa untuk mampir ke pusat oleh-oleh kekinian sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat di rumah. Anda bisa berbelanja oleh-oleh sesampainya di Jakarta.

Rute Menuju Lokasi Pulau Onrust

Lokasi Pulau Onrust

Pulau wisata ini adalah bagian dari DKI Jakarta. Alamat lengkapnya di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Rute menuju ke lokasi pulau ini sangat mudah. Anda bisa menuju ke spot penyeberangan dengan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan transportasi umum.

Untuk Anda yang menggunakan transportasi umum, Anda bisa memilih bus atau angkutan umum untuk antarkan Anda ke Muara Angke. Akan tetapi jauh lebih aman dan nyaman bila menggunakan layanan sewa mobil Avanza Jakarta dari Salsa Wisata.

Sesampainya di Muara Angke, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu motor. Bisa juga dengan transportasi speed boat tapi harus berangkat dari Dermaga Marina di Ancol.

Opsi transportasi penyeberangan lainnya yaitu perahu kayu dari spot pemberangkatan yang berbeda, yaitu Pelabuhan Tanjung Pasir.

Jam Operasional Pulau Onrust

Jadwal buka-tutup pulau dan jadwal berangkat-pulang wisatawan sudah ditentukan mengikat mengingat risiko pasang laut yang terjadi pada malam hari. Untuk jam buka-tutup, pulau ini buka dari jam 08.00 sampai jam 17.00 WIB.

Sementara untuk jadwal berangkat-pulang wisatawan berlaku mulai sebelum jam 08.00. Maksimal wisatawan harus kembali ke Jakarta pada jam 15.00 WIB.

Setelah membaca ulasan tentang pulau wisata ini, apakah Anda tertarik untuk menjadikannya destinasi wisata Anda selanjutnya?Jika iya, bergabunglah bersama kami dengan menjadi peserta tour melalui program paket tour gathering murah dari Salsa Wisata.

Biayanya terjangkau namun kepuasan kualitas pelayanan dan fasilitas transportasi dan akomodasi yang Anda dapatkan akan sangat memuaskan. Nikmati rangkaian tour bersama kami ke Pulau Onrust dan resort-resort terkenal lainnya yang ada di Kepulauan Seribu.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)