SalSari Resto & Coffee

Dari antara semua tempat wisata Intagramable di Padang, Pulau Pagang termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata paling populer. Meski Sumatera Barat tidak kekurangan wisata bahari, pulau yang satu ini dianggap paling cantik di antara yang lain.

Bukan cuma berpasir putih dan berair jernih, pantai di pulau ini juga punya biota laut yang indah. Terumbu karangnya menakjubkan. Seperti di Pantai Padang Tiram dan Pantai Gandoriah, di pulau ini Anda bisa berenang, main air, snorkeling, scuba diving, memancing, dan naik banana boat.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di tempat yang cantik ini. Pulau ini merupakan salah satu pulau dari pulau-pulau di Pesisir Selatan. Keindahan pulaunya tak kalah dengan wisata Tanjung Benoa Bali, yang sama-sama mempunyai pemandangan indah dan banyak wahana watersport yang seru.

Bila Anda belum pernah mengunjunginya, Anda bisa memanfaatkan paket liburan keluarga Bali murah yang ada di Salsa Wisata.

Sekilas Tentang Pulau Pagang

wisata Pulau Pagang

Dibanding pulau-pulau lainnya yang ada di Pesisir Selatan, Pulau Pagang ini lebih kecil, karena luasnya hanya 10 hektar. Namun Anda justru lebih enak untuk menjelajahinya, jadi tidak terlalu lelah.

Pohon kelapa tampak mendominasi pulau ini. Ada juga hutan yang masih alami di sini, yang membuat Pagang jad tampak teduh.

Mengapa dinamakan Pagang? Menurut legenda, kabarnya dulu ada suatu kaum yang tinggal di area Tarusan. Kaum itu mengalami konflik internal sehingga beberapa keluarga di sana jadi terpisah-pisah.

Sebagian besar keluarga yang termasuk ke dalam kaum tersebut akhirnya malah pergi ke pulau Pasumpahan dan pulau-pulau sekitar.

Setelah konfliknya mereda, keluarga yang ada di pulau Pasumpahan sudah berkembang. Ada yang memutuskan kembali ke kampung halamannya dan ada yang tetap tinggal di Pasumpahan.

Karena sudah terpisah-pisah, mereka lalu sepakat untuk berkumpul dan bertemu kembali di sebuah pulau yang tak jauh dari Pulau Pasumpahan.

Pulau itulah yang diberi nama Pagang, yang berarti berkumpul atau bertemu (berpagangan). Pulau inilah yang kemudian menyatukan satu keluarga besar sebuah kaum, yang lama terpisah-pisah.

Di pulau ini juga, di era setelah kemerdekaan Indonesia, di tahun 1945, pulau ini menjadi tempat pembinaan sebagian narapidana LP Muaro Padang. Hingga kini pulau itu resmi menjadi objek wisata.

Fasilitas Pulau Pagang

fasilitas Pulau Pagang

Berbicara mengenai fasilitas, secara keseluruhan pihak pengelola telah menyediakan sarana dan prasarana yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang datang.

Layaknya tempat wisata pada umumnya, fasilitas di Pulau Pagang ada gazebo, tempat duduk, toilet, restoran dengan menu makanan khas Padang yang lezat, hingga penginapan.

Sementara fasilitas penunjang lainnya ada persewaan alat camping, snorkling, menyelam, tempat berjemur, wahana jetski, banana boat, jetski, dan parasailing.

Harga Tiket Masuk Pulau Pagang

Untuk bisa sampai ke pulau ini, ada beberapa biaya yang harus Anda bayarkan seperti tiket masuk, sewa perahu, hingga alat selam. Namun, tarif nya tidaklah terlalu mahal. Nah untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp35.000,00
Sewa perahu Rp150.000,00 / orang
Sewa alat selam/snorkeling Rp100.000,00 – Rp300.000,00
Wahana air Rp50.000,00 – Rp200.000,00

Kalau mau yang lebih murah, disarankan untuk menggunakan jasa tour and travel. Dengan begitu, Anda hanya perlu membayar paket wisatanya saja. Semua itu sudah termasuk akomodasi, transportasi, makan, hingga, tiket masuk wisata. Salsa Wisata bisa jadi partner liburan Anda kalau Anda ingin mengunjungi pulau yang indah ini.

Rute Menuju Pulau Pagang

rute Pulau Pagang

Pulau Pagang ada di Nagari Sungai Pinang di kecamatan XI Torotan. Letaknya kira-kira 13 km dari kota Padang. Kalau mau ke sini, Anda bisa naik perahu dari pelabuhan Bungus.

Kalau Anda dari luar kota, disarankan untuk berangkat dari Padang. Dari Padang, Anda bisa pesan rental mobil Pajero plus driver Padang untuk menuju ke Pelabuhan Bungus.

Daya Tarik Pulau Pagang

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di pulau Pagang yang cantik ini. Dari mulai menikmati alam sampai olahraga air, siapkan diri Anda untuk melakukan hal-hal berikut:

Menikmati Pantai

berenang di Pulau Pagang

Pantai di pulau ini punya pasir putih yang bersih dengan air jernih berwarna biru. Anda bisa bersantai di tepi pantai sambil berjemur. Serunya lagi, pulau ini jauh dari mana-mana. Jadi, Anda bisa sekalian healing.

Boleh juga berenang di pinggir pantainya. Tentu berenang di laut sensasinya berbeda dengan berenang di kolam renang. Ombak di pantai ini terbilang tenang.

Scuba Diving

scuba diving Pulau Pagang

Seperti pulau-pulau lain yang ada di perairan Padang dan Pesisir Selatan, pantai di pulau ini pun jadi tempat yang menyenangkan untuk scuba diving. Air lautnya sangat jernih, jadi Anda bisa melihat ke dasar laut dengan mudah.

Saat menyelam, Anda akan melihat gugusan terumbu karang di bawah laut. Selain itu, ada juga berbagai spesies ikan warna-warni. Jangan lupa bawa kamera tahan air untuk mengabadikan momen menyelam Anda.

Snorkeling

Apa bedanya snorkeling dan diving? Sebetulnya kedua aktivitas ini sama-sama menyelam. Yang berbeda cuma kedalamannya saja. Snorkeling cuma mengharuskan Anda untuk menyelam sedalam 1-3 meter saja. Sedangkan diving itu membuat Anda harus menyelam antara 200-300 meter.

Snorkeling di pulau ini akan membawa Anda melihat keindahan bawah laut. Hampir tidak ada ombak di tempat yang sepi ini. Jadi, snorkeling bisa dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Ada peralatan snorkeling yang bisa Anda sewa di sini.

Naik Banana Boat, Donat Boat, dan Jetski

banana boat Pulau Pagang

Sayang kalau melewatkan aktivitas seru yang satu ini. Apalagi kalau Anda bepergian bersama teman-teman dan keluarga. Anda akan merasakan keseruan saat berada di tengah laut. Dalam perjalanan ke tengah laut, Anda akan melihat air laut yang jernih, sehingga biota laut di dalamnya bisa terlihat jelas.

Anda juga bisa naik donat boat. Ini adalah kegiatan alternatif kalau Anda ingin naik jetski, tapi tidak berani. Rasanya sama-sama seru, kok. Nah, kalau Anda ingin memicu adrenalin, Anda bisa coba naik jetski.

Parasailing

Bukan cuma di Watu Gupit Jogja saja Anda bisa parasailing. Di sini juga bisa. Itu karena pulau ini punya bukit yang lumayan tinggi. Dari puncak bukit itu, Anda bisa merasakan sensasi naik layang-layang dari ketinggian dan menyaksikan keindahan pulau dari atas.

Kegiatan ini akan memberikan Anda pengalaman wisata yang menyenangkan tapi menegangkan sekaligus. Kalau Anda masih pemula, Anda bisa “terbang” bersama pemandunya yang sudah profesional.

Bermain ATV

atv Pulau Pagang

Bila tak ingin basah-basahan atau takut laut, namun ingin mendapatkan keseruan, ada wahana ATV yang bisa Anda mainkan. Sensasinya juga tak kalah seru dengan wahana air.

Anda bisa bebas mengexplorasi Pulau Pagang bersama teman-teman dengan menggunakan ATV ini. Tentunya ini akan menjadi suatu pengalaman yang seru dan menarik dan menjadikan pengalaman liburan mu di Pulau Pagang menjadi lebih berwarna.

Memancing dan Berkemah

camping di Pulau Pagang

Jangan lewatkan kegiatan memancing kalau Anda memang hobi menangkan ikan. Pulau ini tidak kekurangan ikan laut yang bisa dengan mudah Anda pancing. Ingin memancing lebih leluasa tanpa terbatas waktu? Mungkin Anda harus coba juga berkemah di sini.

Rasakan sendiri berkemah di tepi pantai dan tidur sambil mendengarkan suara debur ombak yang tenang. Di pulau ini, listrik bisanya mati dari malam sampai pagi hari. Jadi, akan lebih syahdu kalau Anda menyalakan api unggun sambil membakar ikan hasil tangkapan.

Jam Operasional Pulau Pagang

Pulau Pagang buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja yang Anda mau. Namun, disarankan untuk datang di musim kemarau, karena penyeberangan ke pulau ini bisa dibatalkan sewaktu-waktu kalau cuaca sedang buruk.

Setelah puas bermain di Pulau Pagang, pulangnya jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh khas Padang kekinian untuk membeli buah tangan. Belum lengkap rasanya mengunjungi suatu daerah bila tak membawa oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)