SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Terkenal sebagai kota industri dan kota yang bising, Batam rupanya memiliki sebuah hidden gem yang tak banyak orang tahu. Pulau Panjang namanya.

Pulau Panjang adalah salah satu pulau kecil di antara gugusan pulau yang ada di Kepri. Luasnya tak begitu besar dan hanya dihuni oleh sedikit kepala keluarga.

Daerah pesisirnya masih sangat asri dan bersih. Tidak ada sampah plastik atau sampah bekas kemasan apapun di area pantainya.

Pasir pantainya putih bersih, sedang air lautnya begitu jernih sehingga tampak kebiruan dari jauh.

Bisa dikatakan bahwa tempat ini memiliki potensi wisata yang besar. Kemungkinan besar hanya dalam hitungan beberapa tahun ke depan, potensi tersebut akan bertransformasi menjadi tempat wisata Batam yang populer.

Sekilas Tentang Pulau Panjang

Lokasinya terletak di Kelurahan Sijantung, salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Sembulang, Batam. Landskapnya berupa daerah pesisir dengan hutan bakau di sekitarnya.

Dihuni oleh sekitar 125 kepala keluarga, hampir semua penduduk pulau ini berprofesi sebagai nelayan. Rata-rata pekerjaan tersebut diisi oleh kaum pria mulai usia remaja hingga tua.

Sementara itu, para ibu rumah tangga sering memanfaatkan hutan bakau sebagai tempat untuk memasang perangkap kepiting, udang, maupun lobster.

Hasil tangkapan tersebut biasanya untuk dikonsumsi atau jika jumlahnya melimpah, akan dijual. Namun tidak sedikit pula yang diolah menjadi makanan khas Batam yang lezat untuk wisatawan.

Sedangkan komoditi utama yang dijual oleh penduduk lokal biasanya berupa ikan asin. Para pembeli umumnya berasal dari Batam dan rutin membeli dagangan mereka.

Pada intinya, laut adalah tumpuan hidup penduduk sekitar. Oleh karena itu, mereka benar-benar menjaga keseimbangan ekosistem laut beserta keindahannya.

Harga Tiket Masuk Pulau Panjang

Pulau ini memang tak seramai dan setenar pulau di kawasan wisata Pantai Double Six, Bali.

Sebaliknya, suasana yang hening, sunyi nan syahdu menjadi nilai jualnya. Cocok untuk Anda yang rindu dengan suasana alam bahari yang menenangkan.

Untuk mendapatkan suasana semacam ini, Anda tak perlu membayar tiket sama sekali. Masuk ke pulau ini benar-benar gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya transport untuk menyeberang dari Pelabuhan Sijantung.

Daya Tarik Pulau Panjang

Pulau kecil cantik ini sebenarnya bukanlah sebuah tempat wisata layaknya pulau-pulau dengan pantai indah yang biasa Anda jumpai di Pulau Jawa. Sebut saja salah satunya yang lagi hits adalah Pantai Pulau Merah di Banyuwangi.

Meski tidak terhitung sebagai destinasi wisata, terdapat potensi wisata besar yang bisa Anda temukan. Telihat dari banyaknya kegiatan – kegiatan mengasyikan yang bisa pengunjung lakukan di sini.

Misal beberapa kegiatan berikut:

Camping

Camping di Pulau Panjang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berkemah di tepian pantai tentu akan sangat menyenangkan. Apalagi suasana pantainya yang masih relatif sepi. Hanya ada Anda dan teman-teman atau keluarga saja.

Anda dapat mendirikan tenda di tepi pantai. Ingat, pilih lokasi yang kiranya aman dari pasang.

Sore harinya, Anda tinggal bersiap menyaksikan momen sunset dari pantai ini.

Malam harinya, dengan dibantu dengan penerangan api unggun, Anda dapat bercengkrama bersama sahabat atau keluarga.

Siapkan secangkir kopi hangat dan camilan otak-otak ikan sebagai ‘teman’ mengobrol Anda. Sungguh akan menjadi pengalaman camping yang tak terlupakan.

Belanja Aneka Hasil Laut

Anda juga dapat belanja aneka hasil laut secara langsung dari nelayan sekitar. Ada banyak pilihan hasil laut yang dijual. Misalnya saja udang, kepiting, lobster, gurita, cumi-cumi, dan pastinya ikan asin.

Anda tak perlu khawatir soal harga. Hasil laut ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Ikan asin, misalnya, harga per kilo-nya sekitar Rp25.000,00 saja.

Anda pun bisa memborong hasil laut ini lalu Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Batam untuk keluarga di rumah.

Nikmati Wisata Bahari di Pantai Sekitar

snorkeling pulau panjang batam

Pantai di sekitar tempat ini memang indah dan asri. Namun, jika Anda penasaran dengan pantai-pantai lainnya, ada tak perlu bingung untuk memilih.

Pasalnya, di Kelurahan Sijantung sendiri sedikitnya ada 5 pantai lengkap dengan fasilitas-fasilitas pendukungnya. Kelima pantai tersebut adalah Viovio, Mirta, Melur, Tegar Bahari, dan Elyora.

Fasilitas yang Ada di Pulau Panjang

Karena bukan termasuk destinasi wisata terkenal, Anda tidak akan menjumpai fasilitas publik, seperti toilet umum dan area parkir yang memadai.

Kondisi ini jauh berbeda dengan kondisi umum di Pantai Boom Banyuwangi atau pantai terdekat, Pantai Marina, di Batam.

Meski begitu, penduduk setempat dengan sifat ramah mereka siap menawarkan toilet mereka apabila ada pengunjung yang membutuhkan toilet.

Demikian juga dengan mushola. Anda atau pengunjung lain dapat menggunakan mushola milik desa untuk beribadah.

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Panjang

Objek wisata ini terletak di Jembatan 5 Barelang. Lokasinya dapat dijangkau dengan menggunakan kapal selama 20 menit dari Pelabuhan Sijantung.

Rute lebih detailnya kira-kira sebagai berikut. Dari Kota Batam, gunakan kendaraan darat menuju ke Kelurahan Sijantung melalui Jalan Trans Barelang.

Jarak tempuh Batam-Sijantung sekitar 60 KM dan memerlukan waktu tempuh sekitar 69 menit. Lalu lanjutkan perjalanan menggunakan kapal menuju pulau.

Anda bisa gunakan mobil sewa plus driver dari Salsa Wisata apabila tidak ingin tersesat akibat tidak tahu rute ini.

Salsa Wisata menawarkan paket rental mobil Innova Batam dan jenis mobil lainnya. Anda hanya perlu memilih tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Jam Operasional Pulau Panjang

Pulau dan segala keelokan alamnya terbuka untuk umum selama 24 jam.  Akan tetapi, untuk menghormati penduduk setempat, Anda sebaiknya berkunjung di waktu terbaik, yaitu pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Pulau Panjang hanya salah satu pulau kecil cantik di antara ratusan pulau yang ada di Kepri. Di sini, Anda dapat berkesempatan untuk menikmati suasana kehidupan asli pedesaan, terutama pedesaan bahari.

Nah, suasana semacam ini jarang sekali bisa Anda jumpai di tempat lain. Oleh karena itu, manfaatkan momen liburan kali ini dengan mengunjungi pulau ini bersama kami, Salsa Wisata.

Dengan memilih paket travelling kami, liburan pun akan terasa lebih praktis dan mudah.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Batam, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)