SalSari Resto & Coffee

Bagi yang sudah pernah berwisata ke Padang, pasti setuju kalau tempat wisata di Padang itu memiliki pemandangan yang spektakuler yang mirip di luar negeri. Sebut saja Padang Mangateh. Tempat itu sering disamakan dengan hobbiton di Selandia Baru. Nah, rupanya ada juga versi dataran rendahnya. Namanya Pulau Sirandah.

Pulau ini digadang-gadang memiliki keindahan yang sama seperti Maldives. Pulau ini terletak di perairan Padang, jadi secara administratif memang masih masuk daerah Padang.

Sama seperti pulau-pulau kecil di sekitarnya, pulau yang satu ini juga bisa menjadi tempat wisata yang potensial. Sirandah adalah pulau perawan yang tidak berpenghuni.

Namun, karena sudah jadi tempat wisata, ada banyak atraksi, wahana, dan fasilitas yang bisa Anda nikmati.

Sekilas Tentang Pulau Sirandah

wisata Pulau Sirandah

Darimana nama Sirandah itu? Dalam bahasa Minang, Sirandah itu berasal dari kata randah, yang artinya rendah. Nama itu diberikan pada pulau ini, karena tidak seperti pulau-pulau di sekelilingnya, Pulau Sirandah kontur tanahnya hampir rata tanpa ada bukit satupun.

Padahal, pulau-pulau seperti Pasumpahan, Pagang, Suwarnadwipa, dan sejenisnya punya bukit yang bisa untuk hiking.

Meskipun tidak punya bukit, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi keindahan pulau mungil nan cantik ini. Sebelum jadi tempat wisata, Sirandah sebetulnya hanya pulau biasa yang digunakan nelayan sekitar sebagai tempat singgah saat sedang menangkap ikan.

Namun, lambat laun penduduk mulai menggali potensi wisata di Sirandah, sampai kemudian menjadi tempat wisata.

Sayangnya, kemudian pulau ini sempat tutup karena adanya masalah antara penduduk sekitar dengan pengembang dan pengelola cottage.

Sebetulnya, masalah klasik ini juga dialami oleh pulau-pulau di sekitarnya yang dijadikan tempat wisata.

Sungguh sayang menyia-nyiakan tempat wisata Padang Instagramable seperti ini. Para wisatawan, khususnya pecinta pantai, menunggu-nunggu sampai pulau ini buka kembali. Akhirnya, beberapa waktu lalu pulau ini kembali buka.

Tentunya sudah direvitalisasi dan ditambahkan beberapa fasilitas pendukung untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Sekarang, Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil menjajal berbagai wahana air yang ada di sana. Buktikan sendiri mengapa Sirandah menjadi tempat wisata primadona di area Bungus.

Fasilitas Pulau Sirandah

prnginapan Pulau Sirandah

Meski tak berpenghuni, fasilitas di pulau ini sangat lengkap. Ada banyak jenis penginapan menghadap laut yang bisa Anda sewa. Harganya bervariasi, tergantung jenis penginapannya.

Namun kalau Anda ingin yang murah, Anda bisa menyewa tenda yang ada, lalu berkemah di pantai dengan tarif Rp150.000,00 per malam. Tendanya besar dan bisa memuat tiga orang sekaligus.

Fasilitas umum di pulau ini juga lengkap. Ada toilet, kamar mandi umum untuk pengunjung yang tidak menginap, dan mushola.

Ada juga berbagai restoran dan kafe yang bisa Anda kunjungi kalau Anda ingin menyantap makanan khas Padang kekinian atau hidangan laut. Selain itu, ada juga fasilitas watersport, seluncuran, dan dermaga kayu.

Harga Tiket Masuk Pulau Sirandah

Sama seperti pulau Pasumpahan, Pulau Pagang, dan yang lainnya di perairan Padang, masuk ke Pulau Sirandah tidak harus merogoh kosek sepeserpun, alias gratis. Anda bisa langsung datang saja.

Namun, Anda tetap harus membayar untuk sewa kapal menuju pulau, sewa watersport, dan sewa penginapan.

Supaya bisa lebih murah, Anda bisa ambil paket wisata. Salsa Wisata menawarkan paket wisata lengkap yang sudah termasuk penginapan, transportasi, makan, dan wahana watersport.

Harganya jauh lebih murah ketimbang harus membayar sendiri-sendiri untuk akomodasi, transport, dan lain sebagainya.

Rute Menuju Pulau Sirandah

berenang di Pulau Sirandah

Pulau cantik ini letaknya sekitar 6 km dari bandara Minangkabau, atau kira-kira 2 jam dari kota Padang. Kalau Anda wisatawan dari luar kota, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Pajero Padang plus driver langsung dari bandara.

Namun kalau Anda memilih untuk pesan paket wisata, transportasi sudah tersedia bahkan dari sejak Anda sampai di bandara.

Untuk mencapai pulau Sirandah, Anda harus naik speedboat atau kapal. Ada tiga titik penyeberangan yang bisa Anda lewati, yakni dari Pantai Sungai Pisang, Pantai Bungus, atau dari Muara Padang.

Saat menuju tempat penyeberangan, Anda bisa lewat jembatan Siti Nurbaya dan sekalian menikmati keindahannya.

Daya Tarik Pulau Sirandah

Sebetulnya, saat Anda menuju Pulau Sirandah pun, Anda akan melewati banyak tempat yang sama menariknya. Sebut saja Pulau Pasumpahan, Bukit Siboko, dan Pulau Sutan.

Air yang biru dan jernih ada di sekeliling Anda. Nah, begitu sampai Sirandah, jangan lupa untuk mencoba hal-hal berikut:

Menikmati Keindahan Pantai

ayunan Pulau Sirandah

Ombak di pulau ini terbilang kecil dan tenang. Itulah yang membuat Sirandah jadi tempat yang pas untuk main air dan berenang. Pasirnya juga putih bersih. Airnya jernih. Bahkan Anda bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di dalam laut saking jernihnya airnya.

Kalau beruntung, Anda bahkan bisa melihat hiu-hiu kecil tropis yang sering singgah di pulau ini. Kalau Anda memutuskan untuk menginap di Sirandah, Anda akan melihat bahwa pemandangan di malam hari tidak kalah eksotis. Gemerlap lampu di pelabuhan Teluk Bayur dan dari kapal nelayan memberikan suasana syahdu.

Selain itu, Anda juga bisa hunting foto, karena setiap sudut pantai ini memang sangat instagramable. Setelah lelah foto-foto, bisa bersantai di hammock-hammock yang telah tersedia.

Jangan lupa minum air kelapa muda untuk menyegarkan diri, karena layaknya pantai, tempat ini sangat terik di siang hari. Menikmati wisata kuliner Padang yang lezat ini sangat syahdu sembari menikmati keindahan pantai.

Berenang

pulau sirandah

Tidak seperti ombak-ombak di laut Jawa, ombak di laut ini sangat tenang. Bisa dibilang itu hanyalah riak-riak kecil. Tentu saja Anda bisa berenang sepuasnya di pantai Sirandah.

Ada dermaga kayu yang berdiri dari pantai dan terus menjorok ke laut. Banyak wisatawan yang melompat dari dermaga tersebut langsung ke air.

Bukan itu saja. Seperti layaknya di waterpark, pantai di pulau ini juga ada seluncuran besar berkelok dan tinggi. Seluncuran tersebut mengarah langsung ke laut. Anda bisa naik dari pantai, lalu meluncur ke air laut.

Menikmati Watersport

banana boat Pulau Sirandah

Kalau Anda penikmat watersport, Anda harus mencobanya di perairan Sirandah. Ada jetski yang bisa membawa Anda keliling pulau lewat perairannya.

Selain jetski, ada juga banana boat dan donat boat yang bisa Anda nikmati besama rombongan. Kalau Anda datang sendiri, Anda akan bergabung ke rombongan yang lain, karena naik banana boat dan donat boat minimal harus lima orang.

Snorkeling

Ingin melihat keindahan pulau dari bawah laut? Anda bisa sewa alat-alat snorkeling yang memang sudah pengelola siapkan untuk pengunjung. Lalu, Anda bisa menyelam beberapa meter ke bawah laut.

Meski menyelam tidak terlalu dalam, Anda bisa saksikan sendiri kehidupan biota laut yang semarak di bawah sana.

Memang, tempat ini area snorkeling-nya tidak seterkenal pulau Pagang dan pulau Pamutusan yang terkenal sebagai surga snorkeling. Namun kalau Anda mau merasakan sensasi menyelam dan foto-foto di bawah laut, snorkeling di sini cukup memadai, kok.

Mendatangi “Penyu” Raksasa

penyu raksasa Pulau Sirandah

Tentu bukan penyu betulan. Yang dimaksud adalah sebuah pulau kecil yang berada tepat di belakang Sirandah. Pulau ini bentuknya mirip seperti penyu yang sedang berjalan menuju pantai. Itu sebabnya masyarakat sekitar menyebut pulau ini dengan sebutan pulau penyu.

Di bagian “kepala”nya, ada tumpukan batu yang ujungnya benar-benar persis seperti kepala penyu. Bahkan, di tengah pulaunya juga ada bukit kecil yang banyak tumbuh pepohonan lebat dan membentuk tempurung penyu.

Jam Operasional Pulau Sirandah

Pulau Sirandah buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja. Meskipun begitu, kapal atau speedboat yang akan menyeberangkan Anda biasanya baru mulai beroperasi dari pagi sampai sore.

Kami sarankan untuk datang ke sini di musim kemarau, karena penyeberangan bisa dibatalkan mendadak jika hujan turun dan cuaca buruk.

Jika ingin lebih mudah, Anda dapat menggaet biro travel berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk mengurus segala kebutuhan mulai dari akomodasi hingga transportasinya.

Anda pun bisa mengatur sendiri tujuan tempat wisata yang ingin dikunjungi termasuk ke toko oleh-oleh khas Padang makanan.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)