SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Selain terkenal dengan wisata kuliner Padang yang begitu lezat, Sumatera Barat juga memiliki banyak destinasi menarik. Ada berbagai macam pilihan tempat di Bumi Minangkabau yang bisa Anda pilih, salah satunya yaitu Puncak Pato.

Puncak Pato terletak di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Selain disebut dengan nama tersebut, tempat ini juga dikenal dengan sebutan Puncak Pato Bulek.

Panorama di tempat ini sangat indah dan sejarahnya yang menarik menjadikannya obyek wisata bersejarah yang wajib disambangi oleh siapa saja yang sedang berlibur ke Sumatera Barat.

Sekilas Tentang Puncak Pato

Puncak Pato Sumbar

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Puncak Pato adalah salah satu alternatif tempat wisata padang terpopuler. Obyek wisata ini sudah terkenal sejak lama dan merupakan salah satu destinasi wisata favorit.

Puncak nan indah ini menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian. Bukan itu saja, terpaan angin sejuk yang berhembus dari sela-sela pepohonan pinus pun turut menjadi daya tarik tempat ini.

Lokasi wisata ini adalah alternatif ciamik bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat selain Pantai Padang. Dari Puncak Pato, Anda bisa menikmati indahnya hamparan perkampungan penduduk kenagarian Sungayang.

Tak hanya itu, puncak bukit setinggi 550 mdpl ini juga merupakan lokasi wisata bersejarah. Sebab puncak ini menjadi saksi salah satu sejarah terpenting di Sumatera Barat.

Apa Daya Tarik Puncak Pato?

Sejarah Puncak Pato

Begitu banyak hal menarik yang obyek wisata alam nan indah ini tawarkan. Pasalnya, tempat rekreasi yang menjadi salah satu andalan Kabupaten Tanah Datar ini menawarkan dua jenis obyek wisata sekaligus.

Pokoknya tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan liburan murah ala backpacker. Berikut ini dua daya tarik wisata yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi tempat ini.

Keindahan Alam Menawan

Di sini, dari sela-sela pohon pinus, Anda dapat menyaksikan hamparan kebun tebu yang sangat indah ketika dilihat dari kejauhan. Ada juga kebun-kebun tebu di sekitar bukit yang menghasilkan komoditi bisnis bagi masyarakat.

Masyarakat mengolah tebu hasil panen menjadi saka atau gula tebu. Apabila cuaca sedang cerah saat Anda berkunjung ke sini, Anda juga dapat menyaksikan keindahan Danau Singkarak.

Sesekali, danau yang termasyhur ini ditutupi kabut dan hal tersebut membuatnya tampak semakin indah dan eksotis. Dari puncak bukit Anda juga dapat memanjakan mata Anda dengan keindahan Gunung Marapi.

Gunung yang dengan gagahnya berdiri di kejauhan tersebut sesekali mengeluarkan kepulan asap dari kawahnya. Tak ayal lagi, pemandangan yang begitu indah dan alami tersebut begitu sayang untuk dilewatkan.

Piknik dan Rekreasi Bersama Keluarga

Suasana sejuk dari puncak bukit ini membuatnya jadi lokasi yang tepat untuk Anda piknik bersama keluarga. Sambil menggelar tikar di bawah naungan pohon pinus tentu terasa sejuk saat bersantai.

Keseruan piknik di puncak ini tidak kalah dari kawasan Puncak Lawang. Apalagi Anda piknik bersama keluarga dan teman yang pasti membuat momen liburan jadi lebih berkesan.

Belum puas hanya sekedar piknik Anda bisa berfoto di sejumlah spot menarik yang tersedia. Misalnya saja gardu pandang yang berlatar panorama apik persawahan serta perbukitan di sekelilingnya.

Napak Tilas Sejarah

Panorama di tempat ini memang indah, tetapi obyek wisata ini bukan hanya semata-mata obyek wisata alam yang ciamik. Puncak bukit ini merupakan saksi peristiwa sejarah yang sangat penting.

Peristiwa sejarah yang terjadi di puncak ini mempunyai pengaruh besar terhadap adat dan budaya Minangkabau saat ini. Sumpah Satiah Bukit Marapalam, begitulah peristiwa sejarah itu disebut.

Sumpah tersebut menandai kesepakatan antara kaum agama dan kaum adat Minangkabau. Karena itu, terdapat beberapa monumen dan bangunan yang didirikan untuk mengenang peristiwa bersejarah tersebut di sini.

Sejarah tersebut menjadikan lokasi ini magnet wisata yang sangat kuat. Tidak heran, obyek rekreasi ini senantiasa ramai dibanjiri wisatawan terlebih lagi ketika akhir pekan dan masa liburan sekolah tiba.

Apa Saja Fasilitas di Puncak Pato?

Tiket Masuk Puncak Pato

Sebagai salah satu destinasi andalan di Sumatera Barat, wisata alam satu ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Itu karena pemerintah telah melengkapinya dengan fasilitas umum yang tentunya sangat dibutuhkan oleh wisatawan.

Anda tidak perlu merasa khawatir kekurangan fasilitas saat berkunjung ke sini. Misalnysa saja seperti toilet yang terawat, area parkir luas, dan juga tempat ibadah yang sangat memadai.

Selain itu akses jalan menuju lokasi juga sangat bagus dan lebar sehingga aman saat berpapasan. Untuk pengunjung yang ingin beristirahat juga terdapat tempat duduk yang tersebar di berbagai lokasi dengan pemandangan menarik.

Sayangnya, saat ini belum ada tempat yang menjual minuman dan makanan khas Padang di lokasi wisata ini. Tak ayal, hal ini tentu bisa menjadi masalah bagi pengunjung yang kehausan atau merasa lapar.

Oleh karena itu, kami sarankan bagi setiap pengunjung untuk membawa perbekalan atau membeli makanan dan minuman di warung atau toko yang ada di sepanjang jalan menuju puncak.

Berapa Harga Tiket Masuk Puncak Pato?

Tiket masuk Puncak Pato sangat murah meriah karena hanya sekitar Rp5.000,00 saja. Karena itulah tempat ini menjadi salah satu tempat wisata alternatif Gunung Padang yang jadi favorit di Tanah Datar, berikut detail harga tiket masuknya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 – Rp10.000,00
Parkir Motor Include Tiket
Parkir Mobil Rp5.000,00

Sebagai catatan, harga tersebut sudah mencakup biaya parkir motor. Pada akhir pekan, harga tiket masuk biasanya mengalami sedikit kenaikan tapi masih masuk dalam range harga di dalam tabel.

Harga tiket masuknya yang murah ini membuat Anda punya lebih banyak budget untuk membeli oleh-oleh khas Padang yang Anda inginkan. Sehingga liburan Anda pun bisa jadi lebih menyenangkan.

Dimana Lokasi Puncak Pato?

Lokasi Puncak Pato

Lokasi Puncak Pato terletak di Daerah Batu Bulek, Lintau Buo Utara, Tanah Datar. Untuk menuju ke lokasi tersebut dari Kota Padang, Anda bisa mengemudi langsung menuju Kota Batusangkar mengikuti jalur Padang-Padang Panjang.

Sesampainya di Batusangkar, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju arah Sungayang yang jaraknya 15 KM dari Batusangkar. Di Sungayang, Anda bisa menikmati pemandangan perkampungan yang indah di sepanjang perjalanan.

Sesudah melewati Kecamatan Sungayang, Anda akan menemui jalan yang menanjak serta berkelok-kelok. Meskipun jalan ini cukup sempit, tidak akan terlalu menyulitkan untuk warga sekitar.

Setelah melalui jalan menanjak ini selama beberapa menit, Anda pun akan tiba di Puncak Pato. Apabila Anda ingin perjalanan Anda lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil hiace Padang.

Kapan Jam Buka Puncak Pato?

Puncak Pato buka setiap hari dan mulai beroperasi pukul 09.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Untuk mendapatkan momen terbaik saat berkunjung Anda bisa datang saat pagi atau sore hari ketika cuaca sedang cerah.

Waktu lain yang juga bisa Anda pilih untuk berkunjung adalah saat hari kerja. Sebab di akhir pekan tempat ini selalu dibanjiri pengunjung dari berbagai daerah, sehingga membuatnya kurang syahdu.

Puncak Pato termasuk salah satu destinasi yang layak untuk Anda kunjungi saat berada di Sumatera Barat. Jika Anda ingin mengunjungi destinasi lain yang juga tak kalah menarik jangan ragu gunakan layanan dari Salsa Wisata.

Dengan sejumlah pilihan paket seperti paket gathering murah liburan Anda bersama rombongan pasti jadi lebih menyenangkan. Sebab urusan destinasi, akomodasi, dan transportasi Anda selama liburan sudah terpenuhi.

Sehingga Anda tidak perlu repot mengurus semuanya sendiri dan bisa menikmati liburan sepenuhnya. Jadi tunggu apalagi, hubungi kami sekarang dan pilih sendiri destinasi wisata yang Anda inginkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Padang



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)