SalSari Resto & Coffee

Garut memiliki segudang tempat wisata yang memukau, mulai dari pantai gunung, taman dan lain sebagainya. Salah satu objek wisata yang selalu menarik perhatian adalah Ranca Buaya.

Destinasi wisata ini berupa pantai dengan keindahan yang luar biasa. Tempatnya yang jauh dari polusi membuat kawasan wisata ini menjadi sangat asri.

Salah satu tempat wisata Garut terbaru yang hits ini cocok untuk menjadi pilihan liburan keluarga. Jika Anda tertarik dan ingin berkunjung, maka bisa menyimak terlebih dahulu ulasan berikut.

Sekilas Tentang Ranca Buaya

pantai ranca buaya

Pantai Ranca Buaya adalah objek wisata terkenal yang menjadi primadona di Garut. Banyak foto-foto dari tempat rekreasi ini yang sudah bertebaran di jagad media sosial.

Destinasi wisata ini sudah masuk daftar pantai alternatif yang di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata Kabupaten Garut.

Lingkungan yang masih asri dan segar membuat pantai ini menjadi wisata favorit warga Garut dan sekitarnya. Bahkan tidak sedikit pelancong dari luar kota yang rela datang ke Garut demi melihat keindahan pantai ini.

Tidak berlebihan rasanya jika menjadikan wisata ini menjadi salah satu dari pantai paling indah di Indonesia. Tempat ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin mencari wisata alam selain Puncak Guha Garut.

Harga Tiket Masuk Ranca Buaya

Untuk masuk dan menikmati keindahan Ranca Buaya Beach, Anda perlu membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket masuk Ranca Buaya tidaklah mahal. Namun Anda juga perlu siapkan budget tambahan untuk biaya parkir kendaraan jika Anda membawa kendaraan pribadi.

Berikut daftar harga tiket dan juga tarif parkir kendaraan yang berlaku di wisata pantai ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp7.500,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Harga tiket tersebut bisa saja berubah seiring dengan kebijakan dari pihak pengelola. Namun dapat menjadi referensi bagi Anda yang hendak liburan ke tempat ini.

Selain wajib cek harga tiket masuk terkini, Anda juga sepertinya cek terlebih jarak dan waktu tempuh lokasi wisata. Sebab, jarak dari Kota Garut ke lokasi wisata ini cukup jauh. Terlebih jika Anda mengendarai kendaraan sendiri.

Namun kini ada layanan sewa mobil terdekat dari Salsa Wisata yang bisa jadi opsi terbaik untuk perjalanan liburan Anda. Anda bisa memilih tipe armada yang akan Anda gunakan. Tersedia juga paket sewa kendaraan dengan tarif bersahabat.

Rute Menuju ke Ranca Buaya

jalan ke pantai ranca buaya

Lokasi Ranca Buaya sendiri berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 90 kilometer dari pusat Kota Garut.

Rute yang bisa Anda pilih jika berangkat dari Kota Garut adalah melalui Jalan Raya Garut-Cikajang, kemudian menuju ke Jalan MArgawati. Jangan lupa mampir untuk membeli oleh-oleh atau souvenir khas Jawa Barat sebelum lanjutkan perjalanan.

Selanjutnya menuju jalan Bratayudha dan lanjut ke Jalan Pasundan, Jalan Papandayan, hingga Jalan Cimanuk. Anda masih harus terus ke selatan menuju Jalan Raya Cisurupan-Cikajang, Jalan Cidatar hingga sampai Jalan Amblas dan melewati Cipang ramatan.

Lanjut ke Jalan Ciparay kemudian lurus sampai Jalan Raya Cihurip, Jalan Raya Cisompet dan pertigaan di Jalan Raya cigodeg. Lurus melalui Jalan Cilauteureun hingga sampai di jalan Rancabuaya dan tujuan Anda akan segera sampai.

Daya Tarik di Ranca Buaya

Pantai Rancabuaya Garut memiliki daya tarik yang tidak akan dijumpai di Situ Cangkuang dan tempat wisata lain. Daya tarik inilah yang membuat tempat wisata ini unik dan spesial.

Apa saja daya tarik dari objek wisata ini? Simak daftar daya tarik wisata Bukit Pantai Ranca Buaya berikut ini:

Pesona Alam

ranca buaya beach

Pantai ini menjadi sangat populer sejak kemunculannya dalam film Perahu Kertas. Sejak saat itu, pantai yang tadinya hanya menjadi destinasi warga lokal, berangsur terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan.

Kini tidak hanya warga Garut, wisatawan yang datang ke sini juga banyak yang berasal dari luar Garut. Hal itu tentu saja tidak mengherankan, karena pantai ini menawarkan keindahan alam yang begitu memukau.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu cantik dan lembut. Anda bisa memanjakan kaki sambil berjalan santai di atas pasir. Menariknya, pasir putih tersebut tidak langsung bersentuhan dengan air laut. Karena ada batuan karang yang membatasi.

Anda juga bisa melihat pepohonan yang tumbuh di kejauhan. Pemandangan tersebut tampak hijau dan rimbun. Ombak yang tenang juga menjadikan suasana di sini begitu damai. Cocok sekali suasananya untuk nikmati makanan khas Sunda yang simple di tepi pantai.

Tebing Unik di Tepi Pantai

Salah satu keunikan pantai ini yang tak ada di Pantai Pangandaran Ciamis adalah adanya tebing terukir yang unik. Tebing tersebut menambah cantik pemandangan yang tersaji di kawasan ini.

Dulunya, tebing-tebing tersebut merupakan perbukitan yang terhubung satu sama lain. Namun, seiring berjalannya waktu, bukit tersebut terkikis oleh ombak dan angin laut hingga hanya menyisakan tebing tersebut.

Supaya semakin tampak indah, pengelola telah mengukir motif-motif khas pantai. Inovasi tersebut ternyata membuahkan hasil. Panorama tebing pun semakin cantik dan menawan.

Meskipun dibuat dengan cara ukir, namun warna alami dari tebing tetap ada. Hal itu bertujuan untuk membuatnya tampak lebih cantik dan alami.

Air Terjun yang Menghadap Pantai

air terjun bukit pantai ranca buaya

Tidak hanya tebing ukir yang unik, pantai ini juga memiliki keindahan lainnya yaitu berupa air terjun. Ya, Anda dapat menikmati laut dan air terjun yang hanya berjarak sekian puluh meter saja.

Air terjun tersebut berada di tebing yang menghadap ke pantai. Lokasi air terjun ini mengalirkan air tawar yang sangat jernih. Selain itu, membuat pemandangan di sekitar pantai menjadi lebih indah.

Aliran air dari curug tersebut langsung mengarah ke laut. Anda dapat menikmati langsung percikan airnya, atau mengabadikan pemandangan tersebut menggunakan kamera.

Biasanya, ada saja wisatawan yang sengaja berdiri di bawah air terjun untuk merasakan derasnya air. Anda pun bisa mencobanya. Seketika Anda akan merasakan kesegaran yang luar biasa.

Menikmati Senja

sunset ranca buaya garut

Jangan buru-buru pulang ketika sore hari, sebab ada pemandangan menakjubkan yang bisa Anda lihat menjelang matahari terbenam. Ya, pantai ini memiliki pesona matahari terbenam yang sangat indah. Anda bisa bersiap dengan kamera untuk mengabadikan momen tersebut.

Jika hanya ingin menikmati suasananya saja, Anda bisa duduk di tepian pantai untuk menyaksikan tenggelamnya matahari bersama pasangan. Pantai ini menjadi spot yang cocok untuk menyaksikan sunset.

Meski berada di sebelah Selatan menghadap Samudera Hindia, namun Anda bisa melihat fenomena tersebut dengan sangat jelas.

Fasilitas di Ranca Buaya

fasilitas di pantai rancabuaya garut

Sebagai destinasi wisata yang populer di kalangan pelancong, pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ada banyak fasilitas yang telah pengelola sediakan untuk para pengunjung.

Ada area parkir yang cukup luas dan bisa menampung banyak kendaraan. Di dalam area wisata juga terdapat toilet sekaligus kamar ganti bagi wisatawan yang selesai berenang.

Untuk urusan perut, ada warung makan yang tersedia di sejumlah titik. Warung-warung makan tersebut menyediakan berbagai makanan lezat. Mulai dari makanan khas Jawa Barat yang mudah dibuat, seafood, dan lain sebagainya.

Ada sejumlah saung dan tempat berteduh yang langsung menghadap ke laut. Anda juga bisa menginap di sekitar area pantai dengan memesan hotel atau villa kecil.

Jam Buka Ranca Buaya

Bagi Anda yang ingin jalan-jalan di akhir pekan ke pantai ini, maka bisa datang kapan saja. Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam non-stop.

Dengan jam buka Ranca Buaya yang 24 jam tersebut, tentu menjadi nilai plus bagi tempat ini. Sebab, Anda bisa datang saat akhir pekan jika memiliki kesibukan di hari biasa.

Perjalanan menuju Garut memang cukup melelahkan. Terlebih jika Anda berasal dari luar Kota Garut. Rekomendasi yang tepat untuk perjalanan Anda agar tidak terlalu lelah adalah dengan memanfaatkan layanan paket liburan dari Salsa Wisata.

Paket wisata ini bisa antarkan Anda ke tempat rekreasi favorit Garut atau tempat wisata Jawa Barat yang sudah buka. Bagaimana, mulai tertarik? Buat rencana perjalanan ke Ranca Buaya Garut dari sekarang, lalu reservasi paket yang Anda kehendaki.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)