SalSari Resto & Coffee

Jawa Barat memang tidak pernah kehabisan tempat wisata! Daerah yang satu ini memang terkenal dengan keindahan alamnya. Jadi, tidak heran jika banyak sekali tempat wisata yang mengusung tema keasrian alam. Salah satunya adalah Ranggon Hills.

Tempat wisata hits di Jawa Barat ini terkenal sebagai spot foto di alam bebas yang instagramable banget! Lokasinya mudah dijangkau dan tiket masuknya murah. Penasaran banget sama keseruan yang bisa didapatkan di tempat wisata ini? Mari simak informasinya!

Sekilas Tentang Ranggon Hills

spot foto di Ranggon Hills Sentul Bogor

Tempat wisata Ranggon ini terbilang masih baru karena pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2018. Walau begitu, tempat wisata ini langsung viral karena pesona alamnya yang menakjubkan.

Di sini, para pengunjung akan merasakan sensasi berfoto di alam terbuka dari atas perbukitan kawasan Gunung Salak. Jadi, tidak heran jika pemandangan di tempat wisata ini sangat indah dengan udara yang sejuk.

Tempat wisata ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak loh! Sangat cocok untuk melepas penat dan menjauhkan diri dari padatnya kota.

Rute Menuju Lokasi Ranggon Hills

Lokasi tempat wisata ini terletak di Gunung Salak Endah, tepatnya terletak di desa Gunung Picung, kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi ini, kalian bisa menggunakan motor dan mobil pribadi.

Agar perjalanan lebih nyaman, kalian bisa memanfaatkan layanan sewa mobil innova zenix Bogor murah di Salsa Wisata. Letaknya masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, jadi cukup mudah untuk dicapai.

Jam Operasional Ranggon Hills

Jam Operasional Pukul
Senin – Jum’at 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu & Hari Libur Nasional 08.00 – 18.00 WIB

Fasilitas di Ranggon Hills

fasilitas Ranggon Hills Sentul Bogor

Secara keseluruhan, fasilitas di sini sudah cukup lengkap dan memadai. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di dalam kawasan Ranggon Hills.

  • Lahan parkir
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Kafe
  • P3K
  • Spot foto
  • Wahana permainan

Selain spot-spot foto dan area, tempat wisata ini juga menyediakan jasa paket foto pre-wedding loh! Untuk informasi lebih lanjut terkait paket ini, silakan menghubungi pihak pengelola.

Harga Tiket Masuk Ranggon Hills

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00
Parkir kendaraan Rp5.000,00
Gardu Pandang Balon Udara Rp5.000,00
Sepeda Gantung Rp10.000,00
Permadani Terbang Rp10.000,00
Flying Jumping Rp10.000,00

Daya Tarik Ranggon Hills

sepeda gantung Ranggon Hills Sentul Bogor

Perbukitan Ranggon merupakan tempat wisata yang mengusung tema berfoto di alam terbuka yang tinggi. Tapi kalian tidak perlu khawatir atau takut. Sebab, tempat wisata ini sudah menyediakan fasilitas-fasilitas untuk berfoto yang sangat unik!

Gardu Pandang

Ada cukup banyak gardu pandang di lokasi wisata ini. Bentuknya agak menjorok ke luar sehingga seperti melayang di atas udara. Gardu pandang ini semuanya dihiasi dengan bentuk yang unik-unik.

Ada yang berbentuk hati, bulan sabit, bunga, perahu bambu, sarang burung hingga balon udara. Kalian bisa berfoto sepuasnya di gardu pandang ini tanpa biaya tambahan. Kecuali untuk gardu pandang balon udara ya! Untuk itu, kalian akan dikenakan biaya tambahan.

Jumping Flying dan Ayunan

Nah, bagi kalian yang ingin sesuatu yang lebih menantang, bisa mencoba berfoto di wahana jumping flying dan ayunan. Untuk jumping flying, kalian akan mengenakan perlengkapan berupa tali-tali lentur untuk menopang tubuh.

Setelah aman, kalian bisa bebas berayun dan melompat di alam bebas sambil berfoto. Seru banget kan? Sementara untuk ayunan, kalian akan duduk di sebuah ayunan kayu yang menghadap ke alam terbuka. Jangan lupa kenakan sabuk pengaman ya!

Permadani dan Meja Piknik Terbang

Jika kalian datang bersama pasangan atau sahabat, cocok banget berfoto di dua spot ini. Permadani terbang akan memberikan sensasi seakan kalian benar-benar menaiki sebuah permadani yang terbang. Persis seperti Aladdin dan Putri Jasmine!

Sementara itu, di meja piknik terbang, kalian bisa berpose seakan sedang minum teh bersama di atas udara! Keren kan? Oh ya, keamanan wahana-wahana ini terjaga dengan baik kok. Selain itu, kalian juga akan didampingi oleh petugas-petugas profesional yang sudah terlatih. Jadi jangan khawatir ya!

Sepeda dan Jembatan Gantung

Spot foto selanjutnya yang wajib kalian coba adalah sepeda gantung. Di sini, kalian benar-benar akan mengayuh sepeda di atas tali yang terbentang. Rasanya seperti terbang!

Jika kalian tidak ingin berfoto di tempat yang terlalu terbuka, kalian bisa mencoba jembatan gantung.

Jembatan ini dilengkapi tali-tali yang saling menjalin di sisi kanan-kirinya sehingga aman. Kalian bisa berjalan-jalan dari satu pohon ke pohon lain sambil menikmati pemandangan yang indah dan udara sejuk.

Camping Ground

Tidak ingin terburu-buru meninggalkan tempat wisata yang indah ini? Kalian bisa berkemah di area yang sudah disediakan! Areanya bersih, hijau dan sangat sejuk.

Ada pula tempat penyewaan tenda dan peralatan berkemah lainnya. Walau begitu, para pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri sebagai langkah antisipasi.

Live Music dan Spot Foto lainnya

Selain beberapa wahana yang sudah disebutkan tadi, kalian juga bisa menikmati pertunjukan musik secara langsung loh! Tapi biasanya, pertunjukan ini akan diadakan di hari-hari tertentu, misalnya Akhir Tahun.

Tiket yang dijual pun akan berbeda tarifnya dengan tiket pada hari-hari biasa. Walau begitu, kalian pasti tidak ingin melewatkan keindahan tempat wisata ini di acara-acara spesial!

Oh ya, di sekitar area wisata juga terdapat banyak gazebo, hammock dan tangga batu dengan payung berwarna-warni yang tak kalah menarik untuk dijadikan latar foto. Kalian bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Dijamin tidak akan pernah bosan jika berkunjung ke tempat ini!

Seru banget kan, berwisata di Ranggon Hills? Jangan lupa abadikan kunjungan kalian di sini ya! Banyak sekali spot-spot foto yang menarik yang pastinya bisa menambah cantik feed Instagram!

Setelah puas bermain di perbukitan Ranggon, jangan lupa berwisata kuliner di Bogor ya! Ada banyak sekali makanan dan minuman yang wajib kalian coba!

Manfaatkan layanan paket wisata di Salsa Wisata untuk menemanimu dalam mengexplorasi lebih dalam tempat wisata hits di Bogor lainnya.

 



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)