SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Berbicara seni di Kota Jogja memang tiada habisnya. Selain kaya akan wisata alam, Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata budaya dan seni. Salah satunya adalah Sangkring Art Space Bantul Jogja.

Tidak jauh berbeda dengan Jogja National Museum, objek wisata seni dan budaya ini berisi berbagai pameran karya seni. Tidak terbatas pada seni lukis dan pahat saja, namun terdapat seni instalasi yang menarik.

Pengunjung bisa mengeksplor banyak hal dari galeri seni ini. Nah langsung saja simak ulasan lengkap terkait tempat wisata Jogja yang satu ini.

Sejarah Singkat Sangkring Art Space

Bantul adalah ‘rumah’ bagi para seniman. Terdapat banyak galeri seni dengan berbagai jenis karya seni yang ada di kota kecil ini. Sangkring Art Space Jogja adalah salah satunya.

Putu Sutawijaya adalah pendirinya. Beliau adalah salah satu seniman Indonesia asal Bali yang sangat terkenal dengan berbagai karya seninya.

Alasan Putu mendirikan galeri seni karena beliau merasa para penggiat seni memiliki ruang gerak yang terbatas dalam mengekspresikan karya seni. Atas alasan inilah beliau kemudian menciptakan wadah untuk menaungi ruang ekspresi para seniman.

Meskipun dirinya berasal dari Bali, Putu memilih Yogyakarta untuk mendirikan galeri seni Sangkring. Hal ini karena Jogja merupakan tempat kuliah beliau dan menjadi kota yang memiliki perguruan tinggi seni paling tua.

Pria lulusan Institut Seni Indonesia ini berharap dengan adanya art space bisa memajukan potensi seni rupa di Indonesia. Beliau yakin bahwa ada banyak potensi seni yang bisa digali dari masyarakat sekitar.

Pemilihan nama “Sangkring” mempunyai makna filosofis. Putu mengambil nama tersebut karena Sangkring merupakan nama leluhur beliau.

Harapannya, hal tersebut dapat memotivasi dan memberi kekuatan kepada beliau untuk terus berkarya. Selain itu, Sangkring bisa menjadi pengingat dirinya akan kenangan di masa lalu.

Galeri seni yang didirikan oleh Putu berkonsep mendukung solidaritas kesenian tanpa memandang ideologi, latar belakang seniman, dan asal usul budaya. Sehingga tidak ada batasan penggiat seni dalam memamerkan karyanya di galeri ini.

Sesuai tujuan awal Putu, karya seni yang ada di sini sangat bervariasi. Karena seluruh seniman mempunyai kesempatan yang sama untuk mengekspresikan karya tanpa batas. Hal tersebutlah yang menjadikan tempat wisata Jogja dekat Malioboro ini sangat istimewa.

Daya Tarik Sangkring Art Space

Sangkring Art Space Jogja

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Banyak hal menarik yang bisa Anda telusuri dari galeri seni terkenal ini, diantaranya sebagai berikut.

Menikmati Karya Seni

Kegiatan utama yang biasa pengunjung lakukan yaitu menikmati keindahan setiap karya seni yang dipamerkan. Tiap sudut ruangan menyuguhkan berbagai bentuk karya seni seperti lukisan dan patung.

Berlibur di galeri seni bisa menjadi sarana self-healing. Aktivitas memandang dan menikmati karya seni bisa menghadirkan pikiran lebih tenang dan nyaman. Apalagi jika Anda sedang jenuh dan penat, berwisata seni bisa menjadi sarana refreshing.

Mencari Inspirasi

Area ini sangat mendukung para pekerja di bidang kreatif. Pasalnya, titik jenuh dan ide stuck sering menghampiri. Nah Anda bisa mencoba untuk mencari inspirasi melalui kunjungan galeri seni. Biasanya setelah melihat berbagai karya seni orang lain, tiba-tiba imajinasi dan kreativitas muncul.

Mengambil inspirasi dari karya orang lain bukan berarti melakukan aktivitas plagiasi. Tetapi Anda mengolah inspirasi yang diperoleh menjadi sebuah karya seni original ciptaan Anda.

Sangkring Art Project

Tidak hanya mewadahi karya seni para seniman saja, rupanya galeri seni ini menyediakan ruang eksperimen seni bernama Sangkring Art Project. Pada area ini, para seniman dari berbagai disiplin ilmu dan usia mendapat kesempatan untuk bereksplorasi dan menghasilkan sebuah karya seni yang menarik.

Desain ruangan yang terbuka dan ramah dirancang agar pengunjung bisa melihat aktivitas para seniman dalam memproduksi sebuah karya. Alhasil, wisatawan pun bisa mengetahui proses seorang seniman dalam membuat karya.

Spot ini bukan hanya sebuah tempat, tetapi sebagai ajang para seniman melakukan networking. Dari aktivitas pertemuan dan menjalin relasi tersebut, nantinya mereka dari berbagai latar belakang bisa saling berkolaborasi dalam menghasilkan sebuah karya seni.

Bale Banjar Sangkring

Selain Sangkring Art Project yang membuat istimewa tempat ini, ada ruangan bernama Bale Banjar Sangkring yang menarik untuk Anda kunjungi. Ruangan ini berfungsi sebagai ajang untuk menjalin networking antar pegiat seni atau pengunjung biasa.

Dengan membawa konsep public space, siapa saja bisa mengakses ruangan ini. Spot ini biasanya menghadirkan beberapa acara seni seperti diskusi atau ruang dialog antar seniman.

Banyak Spot Foto Estetik

Saat ini, banyak wisatawan mendatangi galeri seni hanya untuk mengambil foto dengan background estetik. Selfie dengan latar belakang lukisan bisa membuat foto Anda lebih instagramable.

Tidak hanya berfoto dengan karya seni, Anda bisa mengambil spot foto di beberapa sudut ruangan yang memiliki tampilan visual menarik.

Fasilitas di Sangkring Art Space

Tiket Masuk Sangkring Art Space

Galeri seni ini memberikan kenyamanan pengunjung. Adanya beberapa fasilitas lengkap dan memadai membuat wisatawan merasa betah berlama-lama di area ini.

Fasilitas ruang pameran akan menjadi tempat aktivitas utama para pengunjung. Ribuan karya seni hadir untuk memanjakan mata para wisatawan.

Dari pintu masuk, Anda akan disambut berbagai lukisan indah. Setiap karya seni di galeri ini disusun dan ditata dengan rapi.

Selain itu, tersedia area parkir yang cukup luas. Namun halaman parkir di sini hanya sanggup memuat kendaraan sepeda motor dan mobil saja.

Kendaraan mobil dan sepeda motor yang terparkir di halaman parkir galeri milik seniman asal Bali ini biasanya berasal dari kendaraan pribadi.

Namun ada waktu-waktu tertentu yang mana terhitung ada banyak mobil sewa yang parkir di sini. Mobil-mobil sewa ini umumnya bawaan dari para wisatawan yang sedang liburan di Jogja lalu kebetulan mengunjungi galeri ini.

Bagi Anda wisatawan dari luar Jogja bisa menggunakan layanan sewa motor Jogja atau membawa kendaraan roda empat dengan bantuan sopir dari layanan rental Innova Reborn di Jogja 24 jam dari Salsa Wisata.

Penyedia jasa rental mobil Salsa Wisata merupakan salah satu yang terbaik dan sangat berpengalaman dalam melayani customer. Ragam jenis armada tersedia secara lengkap dan tarifnya sangat ramah untuk semua kalangan customer.

Salah satu fasilitas penting di sini adalah kamar mandi dan toilet. Kebersihannya selalu terjaga demi membuat para pengunjung nyaman. Pengunjung juga harus menjaga kebersihan toilet dengan baik.

Sama seperti Museum Bahari Jogja, art space ini tidak menyediakan fasilitas foodcourt atau warung makan. Oleh karena itu, pastikan Anda berkunjung dengan perut sudah terisi. Jika belum, Anda bisa mampir terlebih dahulu ke pusat wisata kuliner Jogja terdekat.

Harga Tiket Masuk Sangkring Art Space

Biaya masuk art space Bantul ini terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan pengalaman berlibur dan menikmati karya seni. Tiket masuk yang dijual sudah mengakomodasi seluruh kunjungan ruangan di galeri seni ini.

Berikut adalah HTM terbaru jika Anda ingin mendatangi galeri di Bantul ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Parkir Motor Rp2.000,00 per motor
Parkir Mobil Rp5.000,00 per mobil

Bagi para pengunjung, tarif retribusi di atas tergolong murah untuk sebuah kepuasan pasca menyaksikan mahakarya dari kreativitas para seniman.

Dengan tarif semurah ini, tentu akan sayang rasanya jika budget liburan yang tersisa tidak Anda manfaatkan untuk hal-hal yang membuat Anda senang selama liburan di Jogja.

Berbelanja buah tangan seperti souvenir, oleh-oleh Jogja kekinian, atau bahkan membeli salah satu karya seni dari galeri ini tentu adalah sebuah ide bagus.

Rute Menuju Lokasi Sangkring Art Space

Lokasi Sangkring Art Space

Akses menuju galeri seni ini sangat mudah. Meskipun terletak di Kota Bantul, lokasinya sangat strategis. Sebab masih berdekatan dengan kota Jogja.

Lokasi galeri ini berada di Jalan Nitiprayan No. 88, RT 01, RW 20, Sanggrahan, Ngetisharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Anda perlu menempuh jarak 5 kilometer dari pusat kota Jogja untuk mencapai wisata seni ini. Berbagai pilihan transportasi dapat Anda gunakan seperti kendaraan bermotor atau roda empat.

Lokasinya sendiri hanya 15 menit dari Malioboro. Dari kawasan Malioboro, arahkan kendaraan ke Jalan Raya Sosrokusuman. Kemudian belok kanan ke arah Jalan K.H. Ahmad Dahlan hingga sampai di Pasar Serangan yang identik sebagai surganya wisata kuliner Jogja malam hari.

Setelah sampai di pasar, langsung belok kiri menuju Jalan Nitipuran dan Jalan Kesejahteraan. Jarak 100 meter ke depan akan ada Jalan Adimurti. Silahkan belok kanan lalu belok kiri ke Jalan Nitiprayan. Anda sudah sampai di galeri.

Bila Anda tidak familiar dengan rute menuju Bantul, sebaiknya menggunakan layanan sopir dari paket rental mobil Jogja untuk mengantarkan Anda hingga ke lokasi tujuan.

Jam Operasional Sangkring Art Space

Galeri seni ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pastikan sebelum berangkat Anda mengecek jadwal buka galeri seni ini. Sebab, biasanya art space ini sering menyelenggarakan pameran seni atau event seni lainnya.

Bila Anda tidak mau repot-repot mempersiapkan perjalanan, sebaiknya Anda memesan paket wisata Jogja 2022 dari Salsa Wisata. Paket wisata ini adalah paket terbaru yang menawarkan daftar rekomendasi destinasi wisata terbaru dan rekomendasi tempat gathering di Jogja.

Bukan rahasia lagi jika Jogja tak pernah kehabisan ide untuk menghadirkan segudang tempat rekreasi baru dengan daya tarik yang unik dan terbilang baru. Melalui paket ini,  tentu akan membantu Anda menyusun rencana wisata di Jogja tanpa ribet.

Museum Sangkring Art Space tentu akan menjadi rekomendasi tempat wisata yang spesial karena hadirkan atraksi wisata bernilai seni tinggi. Anda akan terkagum dengan karya kreativitas manusia yang tercurahkan melalui karya-karya para tangan seniman.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)