earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bekasi sering menjadi target untuk liburan bagi warga Jakarta karena lokasinya yang dekat dan tidak terlalu jauh. Kota Bekasi sendiri memang memiliki cukup banyak atraksi wisata menarik. Saung Ranggon adalah salah satunya.

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik wisata unik yang jarang bisa Anda jumpai di tempat lain. Di sini, ada beberapa situs peninggalan sejarah yang memiliki nilai kesakralan.

Selain itu, tempat wisata Bekasi ini juga menyajikan view alam yang asri dan fresh. Dengan daya tarik ini, kawasan wisata ini selalu ramai oleh wisatawan, terutama saat liburan.

Sekilas Tentang Saung Ranggon

Saung Ranggon merupakan sebuah kawasan wisata edukasi dan budaya yang menyimpan situs-situs sejarah sebagai daya tarik wisata utama.

Mengutip keterangan dari pihak pengelola, kawasan ini kemungkinan besar sudah ada sejak abad ke-16 lalu. Sayangnya, kurang lebih selama 2 abad, tempat ini pernah terbengkalai.

Kemudian sekitar tahun 1821, Raden Abbas beserta pasukan Mataram mulai menghidupkan tempat ini.

Kabarnya, situs wisata sejarah yang berupa rumah panggung ini adalah peninggalan Pangeran Rangga, salah satu keturunan Pangeran Jayakarta di abad ke-16.

Bangunan rumah bersejarah ini berada di atas lahan seluas 500 meter persegi. Sedangkan luas bangunannya sendiri 7.2 m x 7.6 m. Bagian panggung rumah ini setinggi 2.5 meter, cukup tinggi untuk model rumah panggung.

Bagian interior bangunan rumah ini berupa satu ruangan tanpa sekat. Di salah satu sudut dalam ruangan, terdapat satu buah kamar.

Meski sama-sama berupa rumah panggung, saung ini memiliki detail struktur bangunan yang berbeda.

Coba kita bandingkan dengan replika Rumah Gadang yang ada di kawasan wisata Jembatan Pelangi, Padang. Keduanya sungguh berbeda.

Jika Rumah Gadang identik dengan bentuk atap yang lancip di dua sisinya, namun tidak dengan atap saung ini. Bentuk atap saung ini berupa Julang Ngapak, yaitu model atap 2 bidang miring. Penutup atapnya berupa sirap kayu.

Harga Tiket Masuk Saung Ranggon

Anda tak perlu menyiapkan budget untuk dapat memasuki kawasan wisata sejarah ini karena gratis.

Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan khusus bagi Anda yang membawa kendaraan. Biaya parkir yang berlaku juga masih relatif murah. Berikut informasinya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp0,00 (gratis)
Parkir Motor Rp2.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp5.000,00 per unit
Parkir Bus Rp10.000,00 per unit

Biaya parkir di atas berlaku untuk hari biasa. Kemungkinan besar biaya parkir akan naik ketika sedang musim liburan dan liburan akhir pekan.

Daya Tarik Saung Ranggon

saung ranggon bekasi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Objek wisata ini memang bukanlah objek wisata kekinian seperti Dermaga Rindu di Surabaya. Anda tidak akan menemukan spot foto atau wahana permainan seru di sini.

Sebaliknya, tempat ini hanya berupa rumah panggung yang tua namun penuh dengan nilai sejarah. Mungkin tempat ini sangat menarik bagi para pemerhati sejarah.

Tapi tidak ada salahnya jika Anda jadikan tempat ini sebagai sarana edukasi, terutama edukasi sejarah dan budaya, bagi generasi muda kita.

Selain nilai sejarah, ada hal menarik lainnya yang tampak jelas di mata para wisatawan. Betul sekali, desain arsitekturnya yang sangat khas dan unik. Meski mengalami beberapa kali renovasi, bangunan rumah panggung ini hingga sekarang masih terjaga keasliannya.

Material bangunan yang menjadi bahan renovasi pun tetap harus sama dan wajib berupa material pilihan. Tujuannya agar nilai keindahan arsitekturnya tak berubah.

Hal ini sangat berbeda dengan objek wisata Jam Gadang Bukittinggi yang juga mengalami beberapa kali renovasi, terutama di bagian puncak menara.

Bagian tersebut terus mengalami perubahan sesuai dengan budaya penguasa pada masa itu.

Ada satu lagi daya tarik dari rumah panggung bersejarah ini, yaitu terkait tradisi ritual. Para wisatawan dapat berkesempatan untuk menyaksikan ritual pencucian benda-benda pusaka.

Fasilitas Saung Ranggon

Objek wisata ini memang terkenal sederhana. Demikian juga dengan fasilitas-fasilitasnya. Ketika berkunjung ke sini, Anda akan menjumpai beberapa fasilitas yang umum ada di tempat wisata lainnya.

Misal tempat parkir, mushola, dan toilet umum. Di salah satu sisi saung juga terdapat beberapa restoran dan kios makan sederhana.

Anda bisa memanfaatkan restoran atau kios tersebut untuk mengisi perut Anda yang lapar.

Aneka menu ditawarkan, termasuk menu-menu makanan khas Bekasi yang terkenal lezat.

Lokasi & Rute Menuju Saung Ranggon

Rumah Adat Saung Ranggon

Wisata sejarah ini beralamat di Kampung Cikedokan, Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Ada baiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi karena akan lebih nyaman dan efisien waktu perjalanan.

Anda juga dapat lebih bebas dalam berkendara. Misal, Anda ingin berhenti sejenak untuk membeli oleh-oleh khas Bekasi. Tentu saja bisa.

Sebaliknya, Anda membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama jika menggunakan transportasi umum seperti bus.

Bagaimana dengan wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi? Wisatawan dari luar Bekasi, misalnya? Tak perlu khawatir. Kini ada banyak referensi rent car berkualitas seperti Salsa Wisata.

Setiap layanan yang tersedia siap memfasilitasi Anda dengan kendaraan dan pengalaman perjalanan terbaik. Tidak hanya berkualitas dalam hal kendaraan saja, melainkan juga berkualitas dalam hal service.

Terkait dengan produk, terdapat beberapa opsi produk paket sewa mobil dan bus pariwisata yang bisa Anda gunakan. Masing-masing paket memiliki harga yang affordable dan kebutuhan yang bisa Anda sesuaikan.

Silahkan Anda bebas pilih yang sesuai dengan kebutuhan kapasitas dan ketersediaan budget. Untuk model short trip ini, paket sewa mobil Honda Mobilio Bekasi mungkin akan cocok untuk Anda.

Mobilio akan melaju dengan gesit di sepanjang rute Bekasi-saung melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek lalu lanjut lagi ke Jalan Raya Setu-Serang.

Jam Operasional Saung Ranggon

Situs wisata sejarah ini buka setiap hari Senin sampai Minggu dari jam 07.00 sampai jam 21.00 WIB. Jam operasionalnya memang terbilang lebih panjang daripada objek wisata pada umumnya.

Mungkin Anda penasaran dengan objek wisata Saung Ranggon dan ingin mengunjungi tempat ini secara langsung? Tentu saja bisa.

Tentukan waktu kunjungan terlebih dahulu baru kemudian siapkan segala sesuatunya yang ada kaitannya dengan acara liburan Anda.

Biar lebih praktis dan mudah, gunakan paket liburan dari Salsa Wisata yang sudah terbukti kualitasnya. Silahkan cek situs kami atau hubungi call center kami untuk mengetahui lebih detail seputar produk paket yang Anda inginkan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)