SalSari Resto & Coffee

Ternyata, Kabupaten Bandung juga memiliki objek wisata berupa mata air yang bersumber dari dalam perut bumi. Mata air ini bernama Sendang Geulis Kahuripan yang berarti telaga kehidupan yang cantik.

Airnya sangat jernih dan tidak kalah dengan Umbul Ponggok yang ada di Klaten, Jawa Tengah. View yang ada di sekitar sendang juga asri, segar dan sejuk karena penuh pepohonan.

Sejarah Sendang Geulis Kahuripan

mata air Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan Bandung bisa menjadi tempat wisata alternatif untuk refreshing sekaligus relaksasi di akhir pekan. Bagi pencari spot healing, sendang ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Seperti namanya, telaga ini juga menjadi sumber kehidupan bagi warga sekitar. Airnya tak pernah surut walau ketika musim kemarau tiba. Airnya juga jernih sekali, bahkan dasar telaga dapat Anda lihat dengan jelas.

Sendang juga berada di area lembah yang di sekelilingnya berupa hutan lebat. Sedangkan mata airnya keluar dari sela-sela bebatuan dari pegunungan sekitar. Warga juga memanfaatkan mata air ini setiap hari.

Untuk menikmati keindahannya, paling cocok adalah datang bersama teman atau keluarga. Anda bisa manfaatkan rental mobil Innova murah. Bisa juga dengan memilih Avanza atau Hiace yang lebih lega.

Fasilitas Sendang Geulis Kahuripan

Pengelolaan mata air ini memang belum maksimal, tapi Anda tidak perlu khawatir. Fasilitas Sendang Geulis Kahuripan cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan berkunjung ke sini.

Ada area parkir sepeda motor, mushola, kamar mandi dan toilet. Ada saung dan warung yang menyajikan berbagai menu makanan khas Bandung kekinian. Tenang, harga dari setiap makanan dan minumannya ramah di kantong.

Lokasi Sendang Geulis Kahuripan

gerbang Sendang Geulis Kahuripan

Lokasi Sendang Geulis Kahuripan terletak di Kampung Cilangkop RT 03 RW 03, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Jika dari pusat kota Bandung jaraknya sekitar 44 km.

Jarak ini setara dengan perjalanan 1,5 jam dengan menggunakan mobil via Tol Pasteur. Tapi, akses jalan yang nyaman hanya sampai kebun teh. Setelah itu lebih baik menggunakan sepeda motor.

Memang lokasinya cukup sulit untuk Anda jangkau, tapi nyatanya cukup banyak wisatawan yang telah berkunjung. Anda akan tahu alasannya ketika sudah sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Sendang Geulis Kahuripan

Bagi wisatawan yang berencana datang ke sini, tidak perlu khawatir dengan besarnya biaya tiket masuk. Tiket Sendang Geulis Kahuripan sangat murah untuk tiap orangnya. Harga tidak termasuk parkir.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000

Daya Tarik Wisata Sendang Geulis Kahuripan

Perjalanan menuju Sendang Geulis Kahuripan awalnya biasa saja, tetapi begitu masuk kawasan hutan, jalannya cukup menantang. Tapi, begitu sampai, rasa penat dan lelah akan terbayar lunas seketika.

Perjalanan Menantang

trek menujju Sendang Geulis Kahuripan

Mata air berada di area yang cukup sulit untuk wisatawan jangkau dengan kendaraan roda empat. Sehingga Anda membutuhkan driver berpengalaman dan semua penumpang harus bersabar.

Tantangan akan terasa sekali ketika sudah masuk ke area kebun teh. Jalannya penuh dengan batu dan bercampur lumpur jika musim hujan. Tapi, perjalanan ini pastinya akan sangat berkesan.

Sebab, objek wisata alam Bandung hits yang satu ini beda dari yang lain. Lokasinya di dataran tinggi, di tengah sebuah lembah dan sekelilingnya berupa hutan yang penuh dengan pepohonan.

Oleh sebab itu, destinasi wisata ini sangat cocok untuk para pecinta alam, yang berjiwa petualang dan pehobi wisata anti mainstream. Jika Anda memiliki karakter tersebut, cobalah datang ke sini.

Mata Air Alami yang Jernih

mata air Sendang Geulis Kahuripan

Begitu sampai di Sendang Geulis Kahuripan Bandung Jawa Barat, pengunjung akan takjub dengan pesona alamnya. Pepohonan terlihat begitu rindang, asri dan sangat sejuk.

Suara burung bernyanyi dan bersahutan, dengungan serangga seolah menyambut kedatangan Anda. Ketika mulai melangkah, maka Anda pun dapat melihat mata air yang sangat jernih.

Di sini ada dua kolam alami dan ada dua kolam renang. Kolam alami berbentuk seperti telaga dengan area pinggir berupa bebatuan. Sedangkan kolam renang seperti kolam renang pada umumnya.

Hanya saja di sini airnya berasal dari sumber mata air alami yang sangat bening sebening yang ada di Umbul Sigedang Klaten, Jawa Tengah. Oleh sebab itu sangat cocok untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Berenang di Kolam Alami

berenang di Sendang Geulis Kahuripan

Tentu saja, daya tarik utama dari Sendang Geulis Kahuripan adalah kolam alaminya. Kolam ini memiliki kualitas air yang sangat jernih seperti kristal. Bahkan, pengunjung dapat melihat dasarnya secara jelas.

Kolam alami memiliki kedalaman kurang dari 1 meter sehingga cocok untuk berendam dan berenang. Di sekeliling atau pembatas kolam berupa batu alami. Di sini ada dua kolam alami yang ukurannya hampir sama.

Menariknya, tepat di atas kolam alami ini ada sebuah pohon yang sangat tua. Warga percaya bahwa pohon karet tua ini yang menjaga air tetap jernih. Percaya atau tidak, pohon ini turut meneduhkan area kolam.

Cobalah sambil berendam, santai sejenak sambil menikmati waktu. Tutup mata, rasakan kesejukan area sendang dan dengarkan nyanyian burung yang turut menciptakan harmoni.

Apalagi, kolam alami ini memiliki semacam air terjun yang mengalir dengan deras. Suara gemericik air yang jatuh dari atas ke bebatuan ini menciptakan nada yang menenangkan dan mendamaikan.

Foto Underwater

foto underwater di Sendang Geulis Kahuripan

Untuk wisatawan yang membawa kamera khusus yang bisa merekam di bawah air, cobalah untuk mengabadikan momen sambil menyelam. Airnya jernih dan bagian dasarnya juga tidak mudah keruh.

Sehingga ketika Anda melakukan rekaman video underwater, kondisi air tidak akan berubah. View dari bawah air memang mengagumkan dan begitu eksotis.

Kolam Renang

kolam renang Sendang Geulis Kahuripan

Bandung memang memiliki sejumlah tempat wisata kolam renang. Tapi, yang satu ini berbeda dengan yang lain. Jika biasanya kolam renang menggunakan air PDAM atau semisalnya, di sini menggunakan mata air.

Kualitas airnya sama dengan air di kolam alami. Bedanya hanya di ukuran kolam. Di kolam renang ini lebih luas dan bisa menampung banyak pengunjung. Sedangkan kolam alami lebih kecil.

Jika area kolam alami penuh, alternatifnya adalah dengan berenang di kolam renang ini. Kedalamannya juga hampir sama, tapi bagi yang tidak bisa berenang bisa menggunakan ban pelampung.

Kuliner Nikmat

Setelah berenang dan bermain air, perut akan merasa lapar dan haus. Tenang, sudah ada tempat kuliner yang tersedia di lokasi wisata. Masyarakat sekitar sudah menyediakan warung untuk wisatawan.

Paling enak adalah menyantap makanan dan minuman yang hangat. Sebab mata air ini cukup dingin, apalagi lokasinya yang berada di lembah juga turut membuat nuansa semakin sejuk. Tentunya lokasi ini menjadi tempat yang syahdu untuk menikmati wisata kuliner Bandung yang lezat

Jam Operasional Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan buka setiap hari baik hari libur, weekend atau hari biasa. Untuk jam operasionalnya dari pagi hingga sore hari. Sebaiknya datang di pagi hari dan pulang sebelum sore, karena rawan hujan.

Jam Buka Pukul
Senin – Minggu 07.00 – 17.00 WIB

Sebagai info, tidak ada pusat oleh-oleh khas Bandung makanan di lokasi wisata sendang ini. Sebagai gantinya, bisa membeli di perjalanan dari sendang hingga ke pusat kota Bandung atau jalan lintas kabupaten yang Anda lewati.

Anda hanya membutuhkan layanan dari Salsa Wisata agar perjalanan ke Sendang Geulis Kahuripan semakin nyaman. Driver Salsa Wisata juga berpengalaman di berbagai tipe kondisi jalan.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)