SalSari Resto & Coffee

Situ Lengkong merupakan objek wisata alam yang menarik dan cocok untuk dijadikan sebagai pilihan liburan bersama keluarga. Pesonanya tak kalah keren dengan keindahan sejumlah tempat wisata Bandung kota.

Bagaimana tidak, area wisata ini memiliki area telaga yang elok. Di sekelilingnya terdapat rimbunan pepohonan. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan wahana kayak dan perahu.

Sekilas Tentang Situ Lengkong

sejarah situ lengkong panjalu

Situ Lengkong adalah destinasi wisata yang berupa telaga besar di Daerah Panjalu, Ciamis, Jabar. Tempat wisata ini tak hanya menarik dari sisi tampilan telaganya saja. Banyak pengunjung yang juga tertarik dengan atraksi wisata lainnya.

Contohnya saja atraksi water sports yang ada di sini. Kemudian kegiatan jelajah telaga dengan perahu. Dan yang paling menyedot perhatian ribuan wisatawan adalah adanya situs sejarah dan tempat ziarah di Panjalu.

Bukan rahasia lagi bahwa tempat wisata Ciamis Jawa Barat ini dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam. Tepatnya di Daerah Panjalu ini. Tokoh penting penyebaran agama Islam di sini tak lain adalah anggota keluarga kerajaan.

Kini, makam para tokoh penyebar agama Islam ini menjadi situs ziarah sekaligus situs wisata sejarah Situ Lengkong Panjalu. Situs ini tak pernah sepi. Terlebih saat menjelang Ramadhan dan 1 Syura.

Lokasi Wisata Situ Lengkong

Alamat Situ Lengkong terletak di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Rute menuju tempat wisata ini cukup mudah. Anda bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Kendaraan besar seperti bus pariwisata juga bisa masuk ke jalan utama menuju situ. Jadi, jika Anda ingin ziarah atau sekedar liburan bersama rombongan, tak perlu khawatir soal akses.

Sedang untuk fasilitas transportasinya, ada layanan sewa bus pariwisata Tangerang dan sewa bus kota lainnya di Salsa Wisata. Kami juga hadir dengan layanan sewa kendaraan berkapasitas besar lainnya seperti Elf dan Hiace dengan harga murah.

Anda bisa melewati rute Jalan Raya Kawali yang langsung mengarah ke Panjalu. Waktu tempuhnya kurang lebih satu jam dari pusat Kabupaten Ciamis. Agar tidak tersesat, bisa manfaatkan Google Maps.

Jam Buka Objek Wiisata Situ Lengkong

Tempat wisata di Jawa Barat ini beroperasi setiap hari, termasuk saat hari libur nasional. Jam buka Situ Lengkong 24 jam penuh sehingga pengunjung dapat berkunjung ke situ ini jam berapa saja.

Namun biasanya selama libur akhir pekan dan musim liburan, objek wisata ini akan penuh dengan para pengunjung. Jadi, untuk hindari keramaian yang berlebih, silahkan berkunjung selain di hari libur.

Harga Tiket Masuk Wisata Situ Lengkong

Situ ini menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata yang murah meriah. Pasalnya, harga tiket masuk Situ Lengkong Ciamis ini sangat murah.

Selain itu, ada biaya tambahan lainnya yang berlaku di sini. Misal biaya parkir, sewa perahu, dan sewa kayak. Berikut daftar biaya yang terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan
Sewa Perahu Rp10.000,00 per orang
Sewa Kayak Rp50.000,00 per jam

Daya Tarik Wisata Situ Lengkong

Sebagai objek wisata yang sedang hits, situ Panjalu ini menyimpan banyak daya tarik. Daya tariknya berupa ketersediaan fasilitas yang lengkap. Seperti fasilitas sentra oleh-oleh khas Ciamis Jawa Barat dan fasilitas wahana.

Di samping itu, telaga ini kaya akan keasrian alamnya yang mempesona. Area danaunya sendiri menjadi pusat berbagai aktivitas menarik seperti water sports. Belum lagi atraksi wisata sejarah, religi, dan situs ziarahnya.

Wahana Permainan Air

situ panjalu

Bagi wisatawan yang sekedar mencari hiburan, ada cukup banyak pilihan wahana permainan air di sini. Salah satunya adalah wahana perahu yang bisa memuat hingga 25 orang.

Wahana ini menjadi sarana transportasi wisata bagi wisatawan yang hendak menjelajahi area situ. Dengan perahu ini, wisatawan dapat melihat keindahan telaga dari dekat.

Pilihan wahana lainnya adalah kayak. Wahana yang satu ini disewakan selama 1 jam per pengunjung. Wahana ini menawarkan aktivitas jelajah danau secara privat. Pasalnya, satu buah kayak hanya boleh dinaiki oleh satu pengunjung saja.

Tiap wahana kayak juga akan dilengkapi dengan dayung untuk membatu pergerakan selama mengapung di atas permukaan air. Sepertinya menarik, bukan begitu?

Wisata Ziarah

Sebagai cagar alam, tempat ini juga digunakan oleh warga setempat sebagai destinasi wisata religi. Tidak hanya warga sekitar, para pengunjung dari berbagai daerah juga banyak yang pergi ke lokasi ini untuk tujuan ziarah.

Setiap tahun ada sekitar ribuan wisatawan berkunjung ke kawasan tersebut. Tujuan mereka tidak lain adalah untuk berziarah ke makam seorang tokoh Panjalu di Nusa Larang.

Nama Nusa Larang sendiri bermakna ‘Pulau Larang’. Jadi, di sana terdapat sebuah pulau dengan berbagai larangan. Salah satu contoh larangannya adalah tidak boleh menyebut kata ‘kalong’ saat melihat kelelawar.

Selain itu, di pulau ini terdapat sejumlah makam tokoh Kerajaan Panjalu. Misalnya, makam Prabu Hariang Kancana. Beliau adalah tokoh yang berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di Panjalu.

Legenda Air Zamzam

Seperti Situ Gunung Ciamis yang menyimpan cerita legenda, situ ini juga tak luput dari adanya kisah legenda yang menarik. Konon katanya air yang terdapat di danau ini awal mulanya merupakan Air Zam Zam.

Menurut sejarah, kawasan ini dulunya adalah sebuah lembah yang mengelilingi sebuah bukit bernama Pasir Jambu. Bukit inilah yang kini dikenal dengan nama Nusa Larang.

Sementara itu, Raja Panjalu konon pernah menimba ilmu hingga ke Arab Saudi, tepatnya di Mekah. Beliau membawa cinderamata berupa Air ZamZam. Raja Panjalu membawa Air ZamZam ini dengan menggunakan sebuah gayung batok kelapa.

Air ZamZam tersebut lalu beliau tuangkan ke dalam lembah. Rupanya, volume air di lembah tersebut terus bertambah. Luberan air tersebut kemudian mengalir dan meluas hingga membentuk sebuah danau.

Wisata Kuliner Tepian Danau

Selain tawarkan atraksi wisata religi, sejarah, dan wahana air, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner di kawasan ini. Ada berbagai warung makan yang bisa Anda pilih untuk menyantap ragam makanan berat khas Jawa Barat.

Makan bersama keluarga di tempat wisata semacam ini memang menyenangkan. Apalagi jika ‘ditemani’ oleh pemandangan alam yang luar biasa indah.

Fasilitas di Lokasi Wisata Situ Lengkong

tempat ziarah situ lengkong panjalu

Tempat wisata di Ciamis ini memiliki berbagai fasilitas yang terbilang lengkap. Berikut ini adalah daftar nama fasilitas yang berhasil kami rangkum:

  • mushola
  • toilet
  • gazebo
  • warung wisata
  • area parkir
  • pusat sewa perahu
  • pusat sewa kayak
  • pusat souvenir dan oleh-oleh

Demikian info singkat namun padat seputar salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Ciamis. Jika berminat liburan atau ziarah ke sini, siapkan semua keperluan wisata Anda dengan maksimal.

Namun jika Anda tak sempat melakukannya, tenang saja, kini ada layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Layanan ini akan mudahkan Anda untuk urusan transportasi, akomodasi, dan tiket wisata Situ Lengkong ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)