SalSari Resto & Coffee

Situ Wanayasa menjadi tempat wisata Purwakarta terbaru yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Purwakarta sendiri memang memiliki banyak objek wisata yang menarik.

Tidak ada salahnya untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di salah satu kabupaten di Jawa Barat tersebut. Suasana alam yang sejuk membuat Purwakarta menjadi incaran wisatawan dari berbagai daerah.

Selain Taman Air Mancur Sri Baduga, wisata danau juga sangat menarik. Jika Anda penasaran dengan tempat wisata ini, maka simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Situ Wanayasa

wisata situ wanayasa

Situ Wanayasa adalah sebuah objek wisata di Purwakarta berupa danau dengan latar Gunung Burangrang. Situ atau danau ini memiliki sebuah pulau kecil di bagian tengahnya yang juga menjadi makam RA. Suriawinata.

Suriawinata sendiri adalah pendiri Purwakarta yang juga merupakan Bupati Karawang. RA. Suriawinata meninggal pada tahun 1827 silam. Makam ini konon ada kaitannya dengan asal usul Situ Wanayasa ini.

Hamparan air di danau begitu indah dengan luasnya yang mencapai 7 hektar. Udara di sekitar danau juga terasa begitu sejuk, salah satu alasannya adalah karena tempat ini berada di ketinggian 600 di atas permukaan laut.

Danau ini sangat cocok sebagai referensi liburan yang berkualitas dan menyenangkan. Lokasinya yang berada di pinggir jalan utama membuat tempat ini mudah Anda akses.

Harga Tiket Masuk Situ Wanayasa

Wisata danau ini menyediakan tempat wisata yang sangat menarik namun juga ekonomis. Betapa tidak, Anda tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke kawasan wisata tersebut.

Artinya, tiket masuk Situ Wanayasa gratis untuk semua pengunjung. Anda hanya perlu membayar biaya parkir apabila membawa kendaraan pribadi. Harga parkir mobil dan motor sendiri berbeda. Berikut daftar harganya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Rute Menuju Lokasi Situ Wanayasa

situ wanayasa malam hari

Alamat Situ Wanayasa terletak di Desa Wanasari, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tepatnya 4.7 kilometer dari wisata Ujung Aspal Purwakarta.

Tempat wisata ini tidak jauh dari pusat Kota Purwakarta sehingga jika Anda berada di sana maka tidak akan memakan waktu lama untuk mengunjunginya. Jaraknya sekitar 23 kilometer dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 45 menit bila dari pusat kota.

Apabila Anda berangkat dari arah Jakarta, maka bisa melalui jalur tol menuju Cikampek. Kemudian Anda bisa menuju ke Bandung dengan melalui Jalan Tol Purbaleunyi dan pintu tol Jatiluhur untuk menuju Purwakarta.

Namun ada cara praktis untuk bisa tiba di lokasi ini, yakni dengan memanfaatkan jasa rental mobil terdekat plus supir. Ada banyak agen sewa mobil terdekat. Namun sebaiknya pilih yang berpengalaman seperti Salsa Wisata.

Daya Tarik Wisata Situ Wanayasa

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa objek wisata ini selalu ramai oleh pengunjung. Seperti halnya Jatiluhur Water World, tempat ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Dan ini daftar daya tariknya:

Memancing di Danau

Bagi Anda yang menyukai aktivitas memancing, maka objek wisata ini adalah tempat yang cocok. Sebagian orang yang datang ke tempat ini juga memang berniat untuk memancing.

Danau ini menyimpan banyak ikan, sehingga menjadi surganya para pemancing. Biasanya, pemancing duduk di pinggiran danau dengan secangkir kopi di sebelahnya.

Kemudian jika lapar, mereka akan datang ke restoran untuk menyantap makanan khas Purwakarta Jawa Barat. Ada juga berbagai minuman segar yang cocok untuk siang hari.

Keindahan Danau

harga tiket masuk situ wanayasa purwakarta

Daya tarik utama dari danau ini tidak lain adalah merupakan yang sangat cantik. Tempat wisata semacam ini sangat cocok sebagai tempat melepas lelah setelah bekerja keras.

Anda bisa melihat hamparan air yang luas berpadu dengan pepohonan. Panorama tersebut akan membuat hati Anda terasa lebih menjadi tenang. Terlebih, udaranya yang sejuk membuat suasana di sini semakin nyaman.

Berburu Spot Foto

Anda bisa mengambil foto-foto cantik di danau ini karena banyak spot yang cukup fotogenik. Salah satu spot instagramable dan biasa pengunjung gunakan untuk berfoto adalah sebuah jembatan bambu yang berada di atas air.

Lokasi jembatan tersebut memang merupakan spot paling favorit untuk melihat pemandangan dengan jelas. Foto yang Anda ambil di lokasi tersebut pasti akan cantik dan pastinya instagramable.

Hasil foto Anda akan jauh lebih estetik saat menjelang matahari tenggelam. Karena saat langit berwarna jingga, akan membiaskan cahayanya ke air danau dan menghasilkan pemandangan cantik.

Wahana Permainan Air

wahana permainan situ wanayasa

Tidak hanya keindahan danau, tempat ini juga menyuguhkan berbagai aktivitas air seru. Ada perahu bebek yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling danau bersama keluarga.

Anda tidak perlu khawatir tersengat sinar matahari karena di bagian atas wahana tersebut sudah terpasang penutup kepala. Anda bisa dengan leluasa melihat pemandangan.

Wahana ini juga sudah sesuai standar, sebab semua perahu yang tersedia dapat beroperasi dengan baik. Para petugas juga selalu mengecek kelayakan perahu tersebut sebagai bentuk tanggung jawab mereka kepada pengunjung.

Fasilitas di Situ Wanayasa

cafe situ wanayasa

Menjadi tempat wisata yang hits, membuat wisata danau juga menyediakan fasilitas lengkap untuk para pengunjungnya. Area parkir menjadi fasilitas pertama yang akan Anda dapatkan.

Kemudian, adanya toilet di tempat wisata juga tidak kalah penting. Tempat ini menyediakan toilet bersih yang membuat pengunjung merasa nyaman.

Jika Anda ingin melaksanakan ibadah sholat, maka bisa menuju ke mushola umum yang tersedia. Mushola tersebut cukup rapi dan bersih sehingga ibadah Anda bisa lebih tenang.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner malam Purwakarta dengan mencicipi hidangan lezat dari restoran. Anda bisa memesan berbagai hidangan yang tersedia di restoran maupun cafe yang berada di sekitar tempat wisata.

Jam Buka Situ Wanayasa

Anda bisa berkunjung ke objek wisata ini setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu. Jam buka Situ Wanayasa sendiri tidak terbatas, alias 24 jam non-stop.

Jadi, jika Anda datang dari luar kota, Anda bisa berkunjung kapan saja. Hal ini juga yang menjadi alasan tempat ini selalu ramai, tidak hanya akhir pekan namun juga hari biasa, terutama saat malam hari. Sebab view Situ Wanayasa malam hari sangat cantik.

Jangan lupa untuk memborong oleh oleh dari Purwakarta yang tersedia di sekitar tempat wisata. Anda bisa membeli makanan seperti Peuyeum atau juga souvenir menarik.

Demikian ulasan singkat mengenai Situ Wanayasa Purwakarta yang populer dan menjadi incaran banyak wisatawan. Tempat ini bisa menjadi tempat untuk healing dan rekreasi. Kini hadir paket wisata dari Salsa Wisata yang siap jadi sarana liburan Anda dengan budget hemat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)