SalSari Resto & Coffee

Situs Gunung Padang adalah wisata alam dan sejarah yang masih mengandung misteri. Bahkan menjadi perhatian arkeolog dari berbagai belahan dunia. Sebab tercatat puing-puing yang ada berasal dari zaman Megalitikum.

Destinasi wisata favorit di Cianjur ini selalu ramai dengan wisatawan yang penasaran dengan peninggalan dari zaman Megalitikum. Selain itu, pemandangan alam dari puncak gunung juga sangat indah mempesona.

Sekilas Tentang Situs Gunung Padang

Gapura Situs Gunung Padang Cianjur

Situs Gunung Padang Cianjur merupakan gunung dengan ketinggian 885 mdpl dan ada dugaan kuat terdapat piramida yang terkubur. Dugaan ini bukan tanpa alasan, bahkan para arkeolog meyakini hal tersebut.

Puing-puing berantakan di atas gunung itu sendiri mengindikasikan zaman Megalitikum. Artinya, piramida ini sudah ada ribuan tahun sebelum masehi. Bahkan ada yang mengatakan umurnya sudah 20.000 tahun.

Dengan demikian, piramida dan situs yang ada di sini lebih tua dari Candi Borobudur maupun Piramida Giza di Mesir. Inilah yang menjadi daya tarik bagi arkeolog dan wisatawan yang ingin melihat situs secara langsung.

Fasilitas Situs Gunung Padang

fasilitas Situs Gunung Padang

Fasilitas Situs Gunung Padang sangat lengkap. Sehingga pengunjung yang datang ke situs bersejarah ini akan merasa nyaman. Beberapa fasilitasnya seperti tempat ibadah, warung kuliner, toilet dan tempat parkir.

Bahkan jika membutuhkan seorang pemandu wisata, ada semacam juru kunci yang akan menjelaskan setiap area di situs. Jika menggunakan jasa pemandu, sebaiknya tetap memberikan tip.

Harga Tiket Masuk Situs Gunung Padang

Untuk masuk ke kawasan wisata spektakuler ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk yang murah. Tiket ini ada dua yakni tiket pos pertama dan tiket masuk ke kawasan situs Megalitikum.

Retribusi Tarif
Tiket masuk pos pertama Rp5.000
Tiket masuk situs Rp5.000

Lokasi dan Rute Situs Gunung Padang

lokasi Situs Gunung Padang

Alamat Situs Gunung Padang berada di Kp. Gunung Padang, Karyamukti, Kec. Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Rute terdekat adalah dari Sukabumi dengan jarak sekitar 23 km atau 1 jam 6 menit perjalanan.

Sedangkan dari Cianjur jaraknya 30 km dengan waktu tempuh 1 jam lebih. Jalan menuju situs wisata berkelok-kelok dan naik turun. Sehingga pastikan kondisi kendaraan dan driver dalam keadaan prima.

Dari tempat parkir nanti pengunjung harus berjalan kaki hingga ke puncak. Di dekat tempat parkir ada banyak warung yang menjajakan berbagai makanan khas Jawa Barat enak untuk para wisatawan.

Daya Tarik Wisata Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang sudah menjadi cagar budaya sejak tahun 2018 lalu. Sertifikat cagar budaya juga sudah ada sehingga namanya berubah menjadi Cagar Budaya Nasional Gunung Padang. Berikut beberapa daya tariknya;

Situs Megalitikum Dunia

penampakan Situs Gunung Padang

Megalitikum adalah zaman purba yang menggunakan batu besar sebagai budayanya. Di Gunung Padang ini terdapat banyak puing-puing berbentuk rapi dan sama antara satu dengan yang lain.

Puing-puing batu ini berasal dari zaman Megalitikum dan mengindikasikan bahwa sebelumnya terdapat bangunan di area ini. Konstruksi bangunan ini bahkan sudah canggih dengan adanya bahan seperti semen.

Dengan tinggi sekitar 220 meter dan lahan seluas 29,1 hektar, menjadikannya sebagai situs Megalitikum terbesar di Asia bahkan bisa jadi dunia. Apalagi jika suatu saat keberadaan piramida ini nyata adanya.

Sehingga berada di sekitar bebatuan ini akan membuat pengunjung merasakan betapa hebatnya nenek moyang di zaman dulu. Sebab, jauh sebelum peradaban di Mesir, ternyata di Indonesia sudah ada.

Pemandangan Perbukitan yang Indah

pemandangan bukit Situs Gunung Padang

Salah satu destinasi wisata sejarah Jawa Barat ini memang masih menyimpan misteri hingga saat ini. Tapi yang pasti, pemandangan dari atas gunung setinggi 885 mdpl ini sangat indah menawan.

Sebelum sampai ke puncak, memang wisatawan harus menaiki ratusan anak tangga yang cukup melelahkan. Anak tangga ini dari batu yang juga masih merupakan peninggalan zaman Megalitikum.

Begitu sampai di puncak, di mana puing-puing peninggalan zaman Megalitikum tampak berserakan, semua rasa lelah akan hilang. Dari atas sini, udaranya sangat segar dan sejuk. Pemandangannya juga eksotis.

Dari kejauhan, tampak hamparan perbukitan hijau dan jika cuaca cerah Anda bisa melihat Gunung Gede Pangrango. Status gunung ini masih sebagai gunung berapi aktif.

Tempat Berbagai Studi Ilmiah

Situs yang saat ini masyarakat mengenalnya dengan nama Situs Gunung Padang Cianjur Jawa Barat ini dulunya bernama Nagara Siang Padang. Namanya memiliki filosofi tersendiri bahkan ada yang ‘unik’.

Nama Siang Padang atau Padang sendiri memiliki kaitan erat dengan matahari. Begitu juga dengan Pyramid of The Sun yang ada di Meksiko yang berarti Piramida Matahari.

Dari segi bentuk, antara piramida di Gunung Padang dengan Pyramid of The Sun ini memiliki kemiripan seperti adanya anak tangga. Tapi, terlepas dari itu, Siang Padang Nagara ini menjadi pusat berbagai studi ilmiah.

Banyak ahli datang ke lokasi megalitikum terbesar ini untuk mempelajari sejarah, antropologi, arkeologi, geologi hingga sosiologi. Sebab di masa yang akan datang ini bisa menjadi penemuan besar yang mendunia.

Misteri Situs Gunung Padang

spot foto Situs Gunung Padang

Ketinggian Situs Gunung Padang ini sekitar 220 meter. Hanya saja belum semuanya tergali dan masih banyak hal yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Bahkan, tidak ada yang tahu teknologi pembuatan situs ini.

Batu-batu yang ada di sini memiliki bentuk yang hampir sama yakni memanjang dan berbentuk cukup rapi dengan beberapa sisi. Hampir semuanya berbentuk seperti balokan kayu segi empat.

Situs ini memiliki 5 tingkatan dan di tingkatan 2 inilah yang paling banyak menarik perhatian. Di tingkat 2 terdapat batu mahkota dunia. Orang-orang beranggapan adanya peninggalan berupa harta di bawah tanah.

Berburu Foto Ciamik

Sebaiknya jika datang ke sini bersama dengan beberapa teman. Sebab, perjalanan menaiki anak tangga akan melelahkan bila sendirian. Selain itu, bersama dengan teman atau keluarga akan lebih seru.

Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil plus driver murah untuk berkunjung ke sini bersama dengan beberapa orang. Selain itu, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto di setiap sudut situs sejarah ini.

Ada banyak sekali spot foto ciamik yang bisa Anda abadikan ketika berada di sini. Bisa berfoto di dekat batuan atau di pinggir dengan latar perbukitan. Di sore hari, pemandangannya bisa lebih indah lagi.

Dugaan Piramida yang Terkubur

piramida Situs Gunung Padang

Jika Anda melihat secara keseluruhan, maka situs ini berada di gunung yang memiliki bentuk segitiga sama sisi. Selain itu, dengan berbagai penemuan lain juga mengarah kuat dugaan adanya piramida.

Oleh sebab itu, para peneliti memiliki dugaan yang kuat adanya struktur piramida di situs tersebut. Tapi, untuk membuktikannya memang membutuhkan usaha yang ekstra dan pastinya sangat melelahkan.

Usaha ini terkait dengan penggalian. Butuh berapa lama jika penggalian itu berada di sebuah gunung? Selain itu, penelitian masih terus berlanjut hingga saat ini untuk memastikan ada atau tidak piramida di bawahnya.

Jam Operasional Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang buka setiap hari tanpa ada hari libur. Akan tetapi, di hari Jumat situs buka dari siang hingga sore hari. Untuk lebih detailnya bisa lihat jam buka di bawah ini.

Jam Buka Pukul
Senin – Kamis 08.00 – 16.30 WIB
Jumat 13.00 – 16.30 WIB
Sabtu – Minggu 08.00 – 16.30 WIB

Sebaiknya datang di pagi hari agar suasana masih sangat segar apalagi Anda akan mendaki ratusan anak tangga. Sehingga masih ada cukup waktu untuk menjelajah semua area wisata termasuk untuk belanja oleh-oleh khas Jawa Barat makanan.

Jika masih ragu terkait kondisi kendaraan ketika mau ke Situs Gunung Padang, Anda bisa memanfaatkan layanan dari Salsa Wisata. Ada banyak pilihan kendaraan terawat yang bisa Anda sewa dengan atau tanpa sopir.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)