SalSari Resto & Coffee

Bagi Anda yang sudah pernah ke Mojokerto, wisata apa saja yang sudah Anda kunjungi? Buat Anda yang hobi jalan-jalan, pasti tahu bahwa di akhir tahun 2018 kemarin, Mojokerto punya tempat wisata baru yang kini jadi hits. Namanya Taman Ghanjaran.

Tempat wisata ini memberikan banyak keseruan bagi pengunjungnya. Tak heran tempat ini selalu ramai. Bukan cuma itu, tempatnya juga sangat strategis. Jadi, sangat mudah dijangkau dari mana-mana.

Bukan cuma taman biasa. Taman yang satu ini punya desain yang sangat memukau. Tidak kalah dengan alun-alun kotanya, objek wisata yang satu ini juga pas dijadikan tempat melepas penat dan healing.

Sejarah Tentang Taman Ghanjaran

wahana di Taman Ghanjaran

Destinasi wisata populer ini terletak di Trawas, Mojokerto. Meskipun tidak sepopuler Graha Natura Park dan Kebun Binatang di Surabaya, Taman Ghanjaran adalah salah satu tempat andalan Mojokerto.

Konsep wisatanya yaitu perpaduan antara panorama alam yang indah dengan taman bermain. Dari sini, Anda bisa melihat Gunung Penganggungan dan Gunung Welirang dengan jelas.

Meski daya tarik utamanya sendiri adalah panorama alam, sebetulnya tempat wisata ini sangat cocok bagi keluarga. Ada banyak wahana permainan seru yang bisa Anda jajal bersama mereka.

Terletak di ketinggian 1000 mdpl, udara di taman ini selalu terasa sejuk dan segar. Meskipun begitu, bagi Anda yang tidak terbiasa dengan udara dingin, lebih baik siapkan pakaian tebal.

Uniknya lagi, tempat ini buka sampai malam. Jadi, Anda bisa menikmati keindahan kota dari ketinggian. Kawasan wisata ini sebetulnya milik desa Ketapanrame.

Tempatnya berdiri di atas lahan seluas 2,8 hektar. Awalnya, ini adalah area kosong milik warga desa. Namun, warga setempat dibantu pemkab daerah bermaksud mengembangkan tempat tersebut jadi taman rekreasi.

Kini, tempat tersebut sudah jadi wisata yang hits di kalangan anak-anak muda. Meskipun begitu, bukan cuma anak muda saja, semua kalangan bisa menikmati taman ini.

Ada berbagai spot foto yang cantik, dipadukan dengan pemandangan alam yang menawan.

Alamat dan Rute Menuju Taman Ghanjaran

Taman Ghanjaran berlokasi di Jalan Raya Tretes Trawas Nomor 88, Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. Anda bisa menggunakan UTC Trawas Mojokerto sebagai patokan, karena letaknya memang sangat dekat dengan taman wisata ini.

Kalau Anda berangkat dari Sidoarjo atau Surabaya, Anda bisa lewat Mojosari untuk menuju Trawas. Nanti setelah lewat polsek Trawas dan villa puncak Trawas, Anda akan menemukan papan penunjuk jalan menuju Ghanjaran.

Kalau Anda datang dari Surabaya, bisa memanfaatkan layanan sewa mobil Xpander Surabaya plus driver dari Salsa Wisata.

Jam Operasional Taman Ghanjaran

Jam Buka Pukul
Senin – Jumat 10.00 21.00 WIB
Sabtu 10.00 22.00 WIB
Minggu 09.00 21.00 WIB

Harga Tiket Masuk Taman Ghanjaran

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Cinema 9D, Carousel, Swinger, Pontang-panting, Tagada River, Playground, Bianglala Rp10.000,00
Kereta jalan, Odong-odong kereta Rp5.000,00
Boom boom car, Sky bike Rp5.000,00
Bioskop VR Rp15.000,00

Daya Tarik Taman Ghanjaran

Naik Bianglala

bianglala Taman Ghanjaran

Salah satu wahana populer yang selalu ramai di sini yaitu bianglala. Wahana raksasa ini menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, apalagi kalau Anda berada di puncak. Saat ada di atas, Anda bisa memotret gunung-gunung yang ada di sekitar.

Keliling Naik Skuter

Anda juga bisa menyewa skuter yang disediakan di sini. Coba rasakan serunya mengelilingi taman dengan skuter. Bukan cuma anak-anak saja yang menikmati kegiatan ini. Anda pun pasti ketagihan. Tidak perlu capek-capek jalan kaki, tapi bisa menikmati pemandangan sekitar.

Naik ATV

Wahana ATV ini juga bisa jadi pilihan buat Anda yang suka tantangan. Ada dua jenis ATV yang disediakan di sini, ATV untuk orang dewasa dan yang untuk anak-anak.

Nah, meski Anda sewa ATV anak untuk anak Anda, Anda harus tetap mengawasi dan mendampinginya.

Nonton di Bioskop 9D

Bukan cuma 4D. Tak tanggung-tanggung, taman ini menawarkan hiburan berupa bioskop 9D. Di wahana yang seru ini, Anda akan diberikan kacamata khusus.

Sementara di layar, akan ditampilkan video roller coaster. Anda akan merasakan sensasi naik roller coaster itu, seolah-olah memang Anda sedang menaikinya. Kursi yang Anda duduki juga akan bergerak seperti yang ada di video.

Mencoba Perahu Naga

Sama seperti bianglala, perahu naga ini juga wahana yang tidak pernah sepi. Banyak orang menyebut wahana ini sebagai kora-kora, seperti yang ada di Dunia Fantasi Jakarta.

Cara kerjanya juga sama. Perahu besar ini akan mengayun cepat dari kanan ke kiri. Kalau ingin merasakan tantangan yang maksimal, coba duduk di bangku paling belakang.

Mengajak Anak Main di Playground

bom bom car Taman Ghanjaran

Taman ini juga menyediakan area playground untuk anak, lho. Semua wahana yang ada di sini ramah anak. Dari mulai kereta mini, boom boom car, sampai komidi putar.

Ada juga tempat untuk mengajak anak berkreasi, seperti membuat bentuk dengan lilin atau mewarnai.

Naik Sepeda Udara

Sepeda udara ini juga disebut sky bike. Tidak seperti sepeda yang Anda tahu, sky bike ini bentuknya bulat. Untuk bisa menaikinya, Anda harus mengayuh sepeda tersebut di lintasannya. Lintasannya tinggi di udara. Saat naik ini, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan taman dari ketinggian.

Wisata Kuliner

Kalau sudah lelah berkeliling, Anda bisa mampir ke pujasera. Ini adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Di sini, Anda bisa mencicipi berbagai makanan khas Jawa Timur enak.

Semua menunya ditawarkan dengan harga yang terjangkau, kok. Tempatnya sangat luas dan bersih.

Fasilitas Taman Ghanjaran

foodcourt Taman Ghanjaran

Secara keseluruhan, fasilitas di taman rekreasi ini sudah sangat lengkap karena pengadaannya sendiri mendapatkan bantuan dari Pemkab. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

  • Parkiran
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat duduk
  • Playground
  • Foodcourt
  • Spot foto
  • Wahana permainan
  • Toko souvenir

Ingin datang berkunjung ke Taman Ghanjaran dari Mojokerto? Tidak usah bingung. Anda bisa pesan paket wisata dari Salsa Wisata. Paket Wisata ini memungkinkan Anda untuk liburan di kota-kota manapun di Indonesia, dengan harga terjangkau.

Semua sudah diatur oleh tim kami. Selain itu, Anda juga dapat akomodasi dan transportasi. Lengkap, kan? Ayo, hubungi kami sekarang juga untuk mengatur liburan Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)