SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Destinasi wisata Lombok tak melulu berupa pantai, bukit, gunung, dan juga spot foto. Ada referensi destinasi wisata lainnya yang layak Anda coba seperti misalnya Taman Narmada.

Taman ini sangat istimewa karena selain indah dan menyejukan mata, objek wisata ini juga memiliki tujuan pembangunan yang lain daripada yang lain.

Tujuan utama pembangunan taman ini adalah untuk meniru Gunung Rinjani. Dengan kata lain, taman ini adalah sebuah miniatur Gunung Rinjani.

Tempat ini merupakan lokasi wisata yang nyaman untuk liburan akhir pekan. Selain itu, nilai sejarah dari taman ini juga dapat menambah wawasan edukasi setiap wisatawan yang berkunjung.

Nah, untuk tahu lebih rinci lagi soal wisata taman ini, silahkan simak informasi seputar sejarah taman cantik berikut ini.

Sejarah Taman Narmada

Taman Narmada adalah sebuah tempat wisata Lombok yang berupa taman buatan Kerajaan Mataram yang terkenal sebagai replika mini Gunung Rinjani. Wisata taman ini terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada.

Nama Narmada sendiri merupakan nama salah satu anak Sungai Gangga di India. Kata ‘Narmada’ memiliki arti sumber kehidupan atau mata air.

Taman dengan luas kurang lebih 3 Hektar ini pertama kali dibangun sekitar tahun 1727. Jadi, usia taman ini sudah mencapai ratusan tahun.

Fungsi utama taman ini adalah sebagai tempat pemujaan atau sembahyang sekaligus tempat istirahat bagi raja.

Oleh karena itu, di waktu tertentu, tempat ini masih sering menjadi lokasi upacara keagamaan bagi umat Hindu layaknya wisata Gunung Agung Bali.

Mulanya umat Hindu yang tinggal di Lombok menyelenggarakan Upacara Pujawali di Gunung Rinjani. Mereka mendaki gunung ini untuk mengantarkan sesaji kepada para dewa yang menghuni puncak Rinjani.

Karena sudah tak kuat lagi untuk mendaki Rinjani, raja yang berkuasa pada saat itu memerintahkan anak buahnya untuk membangun replika Rinjani.

Jadi, raja cukup memanjatkan doa dari taman ini, sedang untuk acara larung sesaji, tetap dilakukan oleh para abdi. Pelarungan sesaji ini berlokasi di Segara Anak.

Daya Tarik Taman Narmada

Taman Narmada Lombok

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kali ini daya tarik yang akan kami bahas lebih fokus pada situs sejarah yang ada di taman ini.

Bale Terang

Situs Bale Terang adalah sebuah rumah panggung yang mana area bawah bangunan berfungsi sebagai gudang, sedang bagian atas berupa ruangan-ruangan.

Bagian atas bangunan ini terdiri dari 3 bagian, yaitu 2 kamar yang ada di sisi Utara dan Selatan. Kedua kamar ini adalah kamar permaisuri asal Lombok dan Bali.

Yang membedakan kedua kamar permaisuri ini adalah lukisan penanda di atas masing-masing kamar. Lukisan kera adalah penanda kamar permaisuri dari Bali dan lukisan naga adalah penanda kamar permaisuri dari Lombok.

Kemudian bagian tengah ruangan merupakan area terbuka yang langsung menghadap ke Meru, pemandian khusus untuk para dayang, dan Pura.

Pura Narmada

Lokasi tertinggi taman ini menjadi lokasi pembangunan Pura Narmada. Dilihat dari bentuk, Pura ini menyerupai sebuah punden berundak. Dan tahukah Anda, Pura ini rupanya adalah salah satu Pura paling tua di Lombok.

Balai Petirtaan

Tempat ini merupakan sebuah kolam yang airnya berasal dari mata air Gunung Rinjani. Kolam suci ini menjadi kolam pertemuan 3 sumber air, yaitu Suranadi, Lingsar, dan Narmada.

Air dari kolam suci ini dipercaya dapat membuat awet muda. Banyak pengunjung yang datang ke Balai Pertirtaan ini untuk sekedar membasuh muka, berwudhu, bahkan ada yang meminumnya.

Namun ada beberapa aturan yang sebaiknya Anda ketahui sebelum masuk ke lokasi suci ini.

Pertama, semua pengunjung wajib mengenakan selendang berwarna kuning.

Kedua, pengunjung perempuan yang sedang datang bulan tidak diperkenankan untuk masuk area ini.

Area Taman Hijau

Taman di sini tidak hanya satu, melainkan ada 3 taman dengan nama yang berbeda. Di sisi Barat Daya, terdapat Taman Bidadari. Kemudian di sisi Timur, ada Taman Gandari. Dan di sisi Selatan, ada Kebun Peresak.

Kolam Padmawangi

Tempat ini dulunya adalah sebuah kolam pemandian khusus para dayang. Lokasinya tak begitu jauh dari Bale Terang.

Biasanya Sang Raja akan mengamati para dayang yang sedang mandi dari atas Bale Terang.

Jika ada satu dayang yang menarik perhatian Sang Raja, dayang tersebut akan dijadikan seorang selir.

Telaga Ageng

Ini adalah kolam terluas di Narmada. Kolam ini dibuat sebagai miniatur Segara Anak.

Telaga ini menjadi pengganti saat penyelenggaraan upacara-upacara keagamaan.  Di sini, Sang Raja memanjatkan doa kepada para dewa.

Sekarang, Telaga Ageng ini masih dalam kondisi sangat baik. Banyak wisatawan yang memanfaatkan spot ini untuk berfoto.

Ada juga tawaran wahana permainan flying fox yang siap membawa Anda meluncur di atas telaga ini.

Kolam Renang Ikan Duyung

Ini adalah kolam renang alami untuk publik. Dibangun sekitar tahun 1967 silam, kolam renang ini masih sangat baik.

Pengunjung bisa berenang di sini. Air kolamnya berasal dari sumber air pegunungan. Walaupun terasa dingin, rasanya sangat menyegarkan.

Saluran Air Tuntang Tungkek

Situs bangunan saluran air ini bukan peninggalan Kerajaan Mataram, Lombok. Melainkan adalah peninggalan infrastruktur pada masa penjajahan Belanda.

Saluran air ini merupakan bagian dari sistem irigasi yang menghidupi lahan pertanian di dua desa di sekitarnya. Bentuknya unik sehingga sering menjadi spot foto.

Fasilitas di Taman Narmada

Wisata Taman Narmada Lombok

Terkait dengan fasilitas, taman ini mempunyai fasilitas yang lengkap. Tentu saja penyelenggaraan fasilitas ini diperuntukan bagi kenyamanan para pengunjung.

Fasilitas area parkir di wisata taman ini cukup memadai dan juga luas. Area ini dapat menampung puluhan mobil, motor, minibus, dan bahkan bus pariwisata.

Toilet menjadi fasilitas yang wajib ada di wisata taman ini. Kemudian fasilitas berikutnya adalah gazebo. Fasilitas yang satu ini umumnya menjadi tempat untuk beristirahat bagi para wisatawan.

Terkadang gazebo ini menjadi tempat yang pas untuk piknik keluarga sambil menyantap jajanan legit atau gurih yang banyak dijual di pusat oleh-oleh khas Lombok yang tahan lama.

Kolam pemandian juga tersedia di sini. Pemandian ini terbuka untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Akan tetapi khusus untuk anak-anak sebaiknya sering mendapat pengawasan agar tetap aman.

Bagaimana dengan fasilitas restoran, warung makan, foodcourt, atau sejenisnya? Kami belum mendapatkan info soal ini.

Akan tetapi akan jauh lebih baik apabila wisata taman ini memiliki fasilitas warung makan yang menjual menu makanan khas Lombok yang enak.

Harga Tiket Masuk Taman Narmada

Untuk masuk ke wisata taman bersejarah ini, tak perlu keluarkan biaya banyak. Harga tiket masuk objek wisata ini sangat terjangkau. Berikut harga terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Turis Lokal Rp10.000,00/ orang
Tiket Masuk Turis Asing Rp30.000,00/ orang

Harga tiket di atas hanya berlaku di hari biasa. Untuk libur akhir pekan dan libur nasional, harga tiket kemungkinan besar naik.

Tentu dengan harga tiket yang cukup murah ini, Anda bisa manfaatkan budget Anda untuk wisata lainnya.

Misal hunting tempat wisata kuliner Lombok yang terdekat dengan lokasi wisata ini.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Narmada

Lokasi Taman Narmada Lombok

Alamat lengkap objek wisata ini ada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB.

Jarak lokasi ini dari Kota Mataram hanya 13 KM saja. Rata-rata waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 15 menit saja.

Rute termudah untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini yaitu via Jalan Raya Mataram – Labuhan Lombok. Alternatif rute lainnya adalah via Jalan Raya Mataram – Sikur.

Lokasi ini dapat diakses dengan transportasi umum. Akan tetapi, akan lebih nyaman dan lebih cepat lagi jika menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk Anda yang sedang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa sewa mobil matic di Salsa Wisata. Kami punya banyak opsi jenis kendaraan sewa seperti mobil, Elf, Hiace, dan bus pariwisata.

Kami juga menghadirkan beberapa paket sewa mobil dengan harga yang affordable.

Mungkin Anda lebih nyaman dengan perjalanan privat, kami rekomendasikan paket rental mobil elf Lombok yang sudah pasti nyaman.

Jam Operasional Taman Narmada

Objek wisata taman ini buka setiap hari, termasuk hari libur tanggal merah dengan jam operasional dari jam 08.00 sampai jam 17.00 waktu setempat.

Untuk mendapatkan waktu liburan terbaik, Anda bisa konsultasikan kepada kami, Salsa Wisata Travel Organizer. Kami tentu akan memberikan rekomendasi yang terbaik.

Kami juga menerima konsultasi terkait dengan produk paket wisata ke Lombok yang kami tawarkan kepada Anda. Konsultasi bisa via kontak Whatsapp yang tercantum pada website kami.

Sekian informasi singkat tentang wisata Taman Narmada Lombok Barat. Tempat ini sangat cocok untuk acara liburan keluarga. Ada banyak situs sejarah sekaligus edukasi di sini. Cocok sekali jika Anda mengajak si kecil.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)