SalSari Resto & Coffee

Bosan dengan tempat wisata Lampung Barat yang begitu-begitu saja? Anda bisa mencoba liburan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Tempat wisata hits ini berada di Provinsi Lampung dan Bengkulu.

Mengisi waktu liburan bersama keluarga akan sangat tepat jika berkunjung ke tempat ini. Ada berbagai hal menarik yang bisa Anda dapatkan selama berkeliling.

Oleh sebab itu tidak heran jika tempat wisata ini menjadi favorit bagi warga sekitar. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut maka bisa simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

bunga raflesia di taman nasional bukit barisan selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan sebuah taman nasional yang berdiri untuk melindungi hutan hujan tropis di pulau Sumatera. Cagar alam ini juga berperan untuk melindungi kekayaan alam hayati yang ada di dalamnya.

Taman nasional yang biasa disebut TNBBS ini telah menjadi warisan dunia sesuai dengan keputusan dari UNESCO. Dengan luas 355.511 hektar, taman ini merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan.

Kawasan taman ini secara administrasi terletak di Provinsi Lampung dan Bengkulu. Taman ini juga merupakan salah satu dari tiga taman nasional di Sumatera yang mewakili prioritas tertinggi bagi Unit Konservasi Harimau.

Selain itu, national park ini merupakan daerah tangkapan air. Total ada 23 sungai besar plus ratusan anak sungai yang mengalirkan air ke kawasan hilir di area pemukiman sekitar.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Untuk memasuki kawasan taman nasional ini tidaklah gratis. Tiap pengunjung wajib membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Lampung Barat ini cukup murah.

Di taman nasional ini juga terdapat beberapa spot menarik yang juga tak gratis untuk memasukinya. Sebut saja Danau Suoh dan Kubu Perahu. Dan berikut tarif tiket masuk untuk masing-masing spot wisata tersebut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Taman Nasional Rp15.000,00 per orang
Danau Suoh Rp5.000,00 per orang
Kubu Perahu Rp1.500,00 per orang

Pengunjung yang menggunakan kendaraan juga harus bersiap dengan biaya parkir kendaraan yang juga murah. Demikian juga dengan fasilitas-fasilitas tertentu yang berbayar.

Dengan harga yang terjangkau, Anda jadi bisa menyisihkan uang untuk membeli oleh-oleh khas Lampung terdekat. Di sepanjang jalan menuju taman nasional, banyak kios yang menjajakan jajanan yang cocok sebagai buah tangan.

Rute Menuju Lokasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

taman nasional bukit barisan selatan terletak di

Lokasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terletak di Lampung Barat. Bagi Anda yang ingin berkunjung, maka dapat menggunakan beberapa rute.

Salah satu rutenya adalah melalui Teluk Betung kemudian ke Tanjung Karang dan mengambil arah ke Kota Agung. Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil.

Selain rute tersebut, Anda juga bisa melalui Kota Agung kemudian menuju ke Banjarnegoro hingga ke Suwoh. Jalur tersebut juga bisa menggunakan motor ataupun mobil.

Anda juga bisa menggunakan rute Kota Agung- Kubu Perahu yang dapat ditempuh selama 7 jam perjalanan. Agar nantinya tak tersesat, sebaiknya gunakan jasa rental mobil harian Bandar Lampung dari Salsa Wisata. Anda bisa pilih paket sewa plus supir.

Daya Tarik Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Berkunjung ke taman nasional ini belum lengkap rasanya jika tidak mencoba wisata kuliner Bandar Lampung. Namun, tidak hanya wisata kuliner, Anda bisa menjumpai beberapa daya tarik lainnya, seperti daya tarik berikut ini:

Menikmati Indahnya Kubu Perahu dan Danau Suoh

taman nasional bukit barisan lampung

Danau Suoh merupakan danau vulkanik dengan keindahan alam yang mengagumkan. Aktivitas panas bumi masih bisa Anda lihat dari asap putih yang mengepul.

Danau ini dikelilingi oleh perbukitan dan juga pepohonan yang rimbun dan asri. Aktivitas panas bumi ini sering menjadi pemandangan yang menarik bagi para pengunjung. Selain itu, di sini juga masih terjadi fenomena keluarnya gulungan asap putih dari dasar danau.

Tak jauh dari sana, ada hamparan wilayah berwarna kuning keemasan yang mengkilap dan tampak memiliki beberapa lapis. Keindahan danau ini memang belum menyamai Danau Toba, namun sensasi berada di sini cukup menyenangkan.

Ratusan Jenis Flora dan Fauna

flora dan fauna di taman nasional bukit barisan selatan

Sebagai taman yang berstatus sebagai warisan hutan hujan tropis Sumatera, taman ini merupakan rumah bagi 3 satwa langka yang dilindungi di Indonesia. Tiga spesies satwa tersebut adalah Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, dan Badak Sumatera.

Selain itu, ada berbagai jenis flora dan fauna di taman nasional yang hidup bebas. Flora yang terkenal di taman ini adalah Bunga Rafflesia Arnoldii dan Amorphophallus.

Ada juga sekitar 514 jenis pohon serta tumbuhan, 126 jenis anggrek, 26 jenis rotan, dan juga 35 jenis bambu. Tidak hanya itu, terdapat juga sekitar 122 jenis mamalia, 53 jenis ikan, 221 jenis serangga, 450 jenis burung serta 123 jenis reptil dan amfibi.

Camping di Kawasan TNBBS

Di sekitar wilayah ini, terdapat kawasan yang memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola sebagai wilayah perkemahan. Fasilitas pendukungnya juga lengkap seperti toilet, shelter sebagai tempat istirahat, dan juga mushola.

Fasilitas di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

bukit barisan selatan national park

Daftar fasilitas yang ada di taman nasional ini cukup lengkap. Terdapat toilet bagi para pengunjung dan area parkir kendaraan yang cukup luas.

Bagi para pengunjung yang ingin menunaikan ibadah shalat, maka bisa melakukannya di mushola yang ada di sekitar taman. Ada juga warung makan yang menyediakan makanan khas Lampung Barat dan berbagai hidangan lezat lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengajak keluarga berlibur kesini sekaligus bermalam, maka telah tersedia beberapa penginapan dan resort yang cukup nyaman.

Jam Buka Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman nasional ini beroperasi setiap hari Senin sampai Jumat. Jam buka Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini biasanya mulai jam 07.30 sampai jam 16.00 WIB.

Namun, jika Anda sudah terlanjur datang saat akhir pekan, maka bisa singgah ke Puncak Mas Lampung sebagai alternatif. Dengan begitu, masa liburan Anda tetap menyenangkan.

Itulah informasi mengenai taman nasional di Lampung yang sangat terkenal ini. Bagi Anda yang ingin pergi ke sana maka ada baiknya merencanakan sejak awal.

Salsa Wisata bisa menjadi pilihan jasa perjalanan untuk menemani Anda sampai tujuan. Dengan paket wisata murah, Anda bisa berkunjung ke wisata Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Lampung. Terlebih harga yang akan Anda dapatkan juga sangat terjangkau.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)