earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tak dipungkiri bahwa Provinsi Riau memang sangat kaya dengan wisata alam dan keanekaragaman hayatinya. Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) hanya satu dari sekian banyak destinasi wisata yang menyuguhkan kekayaan hayati ini.

Ekowisata ini menghadirkan harmonisasi alam dengan berbagai flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Tentu tempat semacam ini sangat menarik dan seru untuk dikunjungi.

Tempat ini bisa berperan sebagai tempat wisata alam sekaligus wisata edukasi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Sangat baik juga untuk mengajak generasi muda untuk berkunjung ke sini.

Selain suguhan panorama alam yang masih sangat natural, para pengunjung juga akan mendapat pengalaman liburan yang spesial.

Pasalnya, di sini Anda dapat menyaksikan kehidupan satwa-satwa liar yang hidup di kawasan taman nasional ini.

Sekilas Tentang Taman Nasional Tesso Nilo

Berdasarkan kondisi bentang alamnya, taman nasional ini memiliki ciri bentang alam yang berbeda dengan Taman Nasional Komodo.

Ekowisata Lombok ini sebagian berupa hutan dan sebagian lainnya adalah kawasan pantai, termasuk Pantai Pink.

Sementara itu, TNTN ini merupakan zona pelestarian alam terbesar di Provinsi Riau. Keseluruhan area taman nasional ini terdiri dari area hutan dataran rendah.

Luas hutan ini mencapai 83.568 Ha. Karena luas sekali, area hutan ini membentang hingga mencakup 4 kabupaten: Palawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Kampar.

Taman nasional ini adalah rumah bagi satwa-satwa liar, termasuk gajah. Bahkan gajah-gajah di sini mendapat perhatian khusus seperti rusa-rusa liar dan kerbau liar yang ada di Taman Nasional Baluran, Banyuwangi.

Melansir dari situs resmi TNTN, sejumlah satwa liar yang kerap muncul di taman nasional ini adalah rusa, tapir, Harimau Sumatera, Macan Dahan, dan beruang madu.

Selain satwa liar dan dilindungi, terdapat juga spesies tanaman langka, yaitu vaskular.

Bahkan tanaman vaskular tertinggi di jagat raya ada di taman nasional ini. Tingginya melebihi tinggi tanaman vaskular yang ada di Hutan Amazon, AS. Dengan adanya fenomena unik membuat taman nasional ini terkenal di kalangan peneliti dunia.

Banyak peneliti dari luar negara kita yang rutin berkunjung ke lokasi wisata ini untuk kegiatan penelitian.

Harga Tiket Taman Nasional Tesso Nilo

Balai Taman Nasional Tesso Nilo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Karena tempat wisata Pekanbaru ini adalah kawasan taman nasional, semua pengunjung yang ingin berpetualang di tengah taman nasional harus memperoleh izin terlebih dahulu kepada pihak berwenang.

Tiap pengunjung atau rombongan pengunjung akan didampingi oleh ranger. Selain itu, tiap pengunjung juga harus membayar retribusi tiket dengan harga yang cukup murah.

Ada juga biaya-biaya lainnya apabila Anda ingin mencoba berbagai aktivitas outdoor dan berkunjung ke situs-situs tertentu. Semua kami rangkum dalam tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp45.000,00/ orang
Sewa Perahu Rp300.000,00
Sewa Homestay/ Kamar Mulai dari Rp150.000,00 – Rp350.000,00/ 2 orang
Elephant Care Rp1.200.000,00/ min 6 orang (8 jam)
Safari Gajah Rp500.000,00/ 30 menit
Sialang Ecotour Rp250.000,00/ orang (1-3 jam)
Paddle Tour Rp100.000,00/ group (3-4 jam)

Daya Tarik Taman Nasional Tesso Nilo

Wisata Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Bali Barat terkenal dengan 4 gunung peninggalan zaman purbakala. Berbeda dengan taman nasional yang satu ini.

Taman nasional ini lebih menawarkan kegiatan rekreasi bertemakan alam sebagai daya tarik utamanya. Semua kegiatan ini masuk dalam paket wisata yang bebas dipilih oleh para pengunjung.

Adapun daftar paket wisata yang ditawarkan oleh taman nasional ini, antara lain:

Elephant Care

Aktivitas wisata ini sangat menyenangkan sekaligus cukup memacu adrenalin. Anda akan berkesempatan untuk memberi makan gajah-gajah yang ada di pusat konservasi.

Selain itu, Anda juga akan ikut serta memandikan gajah. Semua kegiatan ini tentu akan mendapat pendampingan dari ranger.

Safari Gajah

Aktivitas ini disediakan khusus untuk para pengunjung dewasa dan anak-anak berusia di atas 5 tahun. Selama kegiatan safari, pengunjung akan naik gajah untuk berkeliling di sekitar pusat Camp Flying Squad selama 30 menit.

Sialang Ecotour

Melalui kegiatan ini, Anda dan peserta tour lainnya akan diajak jalan-jalan untuk melihat pohon Sialang. Para peserta juga akan menjumpai sarang lebah madu lengkap dengan proses packaging madu alami.

Susur Sungai Nilo

Di sini, Anda akan menaiki klotok atau pemompong untuk menelusuri Sungai Nilo. Durasinya bisa 1 hingga 3 jam.

Sembari susur sungai, rasanya akan lebih nikmat jika dibarengi dengan menyantap camilan berupa oleh-oleh khas Pekanbaru kesukaan Anda.

Menginap di Homestay

Di Camp Flying Squad juga tersedia sebuah homestay yang nyaman. Segala keperluan untuk menginap akan disediakan oleh guide. Anda hanya perlu menyiapkan keperluan pribadi saja.

Keperluan pribadi di sini meliputi pakaian secukupnya, obat-obatan, snack atau makanan instan, dll. Atau jika Anda ingin membawa makanan khas Pekanbaru yang awet seperti Bolu Kemojo, tentu sangat diperbolehkan.

Fasilitas di Taman Nasional Tesso Nilo

TNTN pastinya memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan memadai.

Adapun fasilitas yang tersedia di taman wisata ini antara lain:

  1. Area parkir
  2. Kamar mandi dan toilet
  3. Area untuk istirahat yang berisikan street furniture
  4. Listrik
  5. Sinyal provider.

Lokasi & Rute Menuju Taman Nasional Tesso Nilo

Lokasi Taman Nasional Tesso Nilo

Alamat lengkap taman wisata ini ada di Jalan Raya Langgan KM 4, Pangkalan Kerinci, Palalawan, Provinsi Riau.

Rute terbaik dari Kota Pekanbaru, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Lubuk Kembang Bunga. Waktu tempuhnya sekitar 4.5 jam jika melewati Daerah Ukui.

Terdengar melelahkan, bukan? Tentu akan lain kondisinya jika Anda memanfaatkan layanan sewa mobil Innova Pekanbaru dari Salsa Wisata.

Selain mobil dalam kondisi prima, driver kami juga handal dalam berkendara di medan yang sulit seperti jalan taman nasional ini.

Jam Operasional Taman Nasional Tesso Nilo

TNTN buka setiap hari termasuk hari libur nasional. Jam operasional yang berlaku adalah 24 jam. Jadi bagi Anda yang berniat untuk camping atau menginap di homestay, bisa datang jam berapa saja.

Taman Nasional Tesso Nilo ini adalah surga bagi pecinta petualangan. Jika Anda ingin liburan sekaligus langsung keanekaragaman hayati di Tanah Sumatera, jangan ragu untuk mengunjungi destinasi wisata ini.

Pilih paket wisata yang tepat di Salsa Wisata Travel Organizer agar segala keperluan akomodasi dan transportasi Anda terjamin.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)