SalSari Resto & Coffee

Masyarakat Depok dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan taman rekreasi yang satu ini. Terutama anak-anak sekolah. Ya, Taman Rekreasi Wiladatika merupakan salah satu tempat wisata hits di Depok. Taman ini sangat luas dan indah sehingga kerap kali digunakan sebagai lokasi jambore atau kegiatan-kegiatan sekolah lainya.

Taman ini terkenal dengan keindahan alam sekaligus fasilitasnya yang lengkap. Awalnya taman ini memang diperuntukkan acara-acara khusus saja. Namun, seiring berjalannya waktu, taman ini terbuka untuk umum dan bahkan bisa disewakan.

Penasaran dengan keseruan di taman ini? Yuk, simak ulasannya!

Sejarah Singkat Taman Rekreasi Wiladatika

pedestrian Taman rekreasi wiladatika

Taman ini pertama kali diresmikan pada tahun 1980 oleh Presiden Soeharto. Nama Wiladatika merupakan singkatan dari “Widya Mandala Krida Bakti Pramuka.”

Hal tersebut dikarenakan tujuan awal pembangunan taman ini adalah untuk kegiatan-kegiatan Pramuka, Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) dan penggalangan dana. Namun, seiring berjalannya waktu, taman ini pun dibuka untuk umum.

Selain itu, fasilitas-fasilitas yang terdapat di taman ini pun dapat disewakan untuk berbagai macam kegiatan, tidak hanya yang berkaitan dengan Pramuka.

Hal ini tentu mendongkrak popularitas Taman Wiladatika. Banyak sekolah yang kemudian menyewa tempat ini untuk melakukan berbagai kegiatan. Dari mulai Masa Orientasi Siswa (MOS), gathering para siswa hingga pelatihan bagi guru-guru.

Lokasi Taman Rekreasi Wiladatika

Lokasi wisata taman ini terletak di Jl. Jambore No.1, Harjamukti, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Lokasinya berseberangan persis dengan Cibubur Junction, dan sekitar 5 menit dari Trans Studio Cibubur.

Jadi Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukan taman ini. Anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Alternatif akomodasi lainnya bisa menggunakan layanan rental hiace Depok murah yang bisa mengakomodir banyak rombongan.

Jam Operasional Taman Rekreasi Wiladatika

Jam Buka Pukul
Senin – Minggu 08.00 – 16.00 WIB

Fasilitas di Taman Rekreasi Wiladatika

fasilitas Taman rekreasi wiladatika

Taman ini tentu memiliki fasilitas umum yang sangat memadai untuk para wisatawan. Sehingga, tak heran bila mereka sangat betah berlama-lama menghabiskan waktu liburan di sini. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di dalamnya.

  • Tempat parkir yang luas
  • Mushola
  • Bangku taman
  • Gazebo
  • Pos keamanan
  • Penginapan
  • Meeting room
  • Warung makan
  • Kamar mandi

Harga Masuk Taman Rekreasi Wiladatika

Harga tiket masuk ke taman rekreasi ini sangat murah, apa lagi bila Anda merupakan anggota pramuka. Jadi, Anda masih memiliki budget untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Barat.

Berikut ini rincian tarif Taman Rekreasi Wiladatika yang terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk (umum) Rp10.000,00
Tiket Masuk (Pramuka) Rp5.000,00
Parkir Motor Rp4.000,00
Parkir Mobil Rp8.000,00
Parkir Bus/Truk Rp20.000,00
Tiket Masuk Kolam Renang (umum) Rp25.000,00
Tiket Masuk Kolam Renang (Pramuka) Rp12.500,00

Daya Tarik Taman Rekreasi Wiladatika

daya tarik Taman rekreasi wiladatika

Beragam Taman yang Luas

Ketika Anda memasuki kawasan taman rekreasi ini, Anda akan disapa dengan hamparan rumput hijau yang luas. Jika Anda berjalan sedikit, maka Anda akan menemukan taman bunga yang indah dengan air mancur di bagian tengahnya.

Di tempat wisata ini terdapat beberapa jenis taman yang bisa Anda nikmati. Yang pertama tentu saja Taman Bunga.

Yang membedakan taman bunga ini dengan taman bunga di Melrimba Garden adalah labirin hijau yang mengelilingi taman bunga ini. Tidak perlu risau, sebab labirin ini tidak tinggi kok. Jadi, Anda bisa dengan leluasa bereksplorasi tanpa takut tersesat.

Selain itu, di tengah taman ini terdapat air mancur yang tak kalah indah. Taman ini selalu menjadi favorit para wisatawan untuk berburu foto yang instagramable. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan ini juga ya!

Selanjutnya adalah Taman Jepang. Seperti namanya, taman ini memiliki nuansa seperti di Negeri Sakura. Ada bangunan yang persis seperti di Jepang, dengan pintu geser dan didominasi kayu.

Selain itu, di sekitar taman ini juga ditumbuhi pohon-pohon bonsai, kolam ikan kecil dan taman bunga. Uniknya, di tepi taman bunga ini terdapat lorong-lorong khas Jepang yang ditumbuhi sulur-suluran. Taman dan lorong ini juga menjadi favorit para wisatawan untuk berfoto sebab pemandangannya yang sangat indah.

Wahana Permainan Darat dan Air

Taman Rekreasi Wiladatika ini juga memiliki wahana permainan untuk anak loh! Ada jungkat-jungkit, ayunan dan perosotan.

Tapi, ada pula wahana permainan lainnya seperti bom-bom car, gokart, mini jet, becak mini, kereta mini dan masih banyak lagi.

Yang lebih mengasyikkan lagi, di sini juga terdapat rabbit house, di mana anak-anak dapat bermain bersama kelinci-kelinci jinak.

Eits! Tunggu dulu! Bukan hanya wahana darat saja yang ada di taman rekreasi ini! Ya, di sini juga terdapat wahana air, yaitu kolam renang anak-anak dan dewasa. Selain itu, ada sepeda dan bola air yang juga bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Liburan menjadi semakin seru dan lengkap!

Outbound, Olahraga dan Gathering

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, taman rekreasi ini dulu merupakan taman yang diperuntukkan berbagai kegiatan pramuka. Namun, seiring berjalannya waktu, taman ini terbuka bagi umum.

Walau begitu, sekolah-sekolah dan institusi lainnya masih sering menggunakan tempat ini untuk melakukan kegiatan outbound dan gathering loh!

Biasanya, mereka akan menyewa sebagian taman seluas 15 hektar ini untuk keperluan tersebut. Nantinya, mereka akan dibantu dengan pihak pengelola untuk pengadaan peralatan dan pemasangan instalasi.

Beberapa sekolah juga kerap melakukan jurit malam mengelilingi taman ini loh! Tapi tenang saja, sebab para petugas keamanan dan pengelola Taman Wiladatika juga akan siaga berjaga.

Taman Rekreasi Wiladatika bisa menjadi pilihan tempat berlibur yang mengasyikkan di Depok! Anda bisa mengajak keluarga dan teman-teman untuk bersenang-senang sekaligus melepas penat. Jangan lupa pula mampir ke Kota Depok untuk menikmati wisata kuliner Depok yang enak. Gunakan layanan paket wisata domestik dari Salsa Wisata untuk mengexplorasi tempat wisata terkenal di Depok.



By Categories: Depok, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)