earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Aceh Selatan ternyata juga mempunyai ikon unik seperti Batu Malin Kundang, yang bernama Tapak Tuan Tapa. Situs satu ini berada di tepi pantai dan menjadi daya tarik bagi banyak orang.

Keunikan serta cerita legenda yang melatar belakangi keberadaan situs ini pun menarik untuk Anda pelajari. Selain itu ada banyak pula aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung.

Jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang situs satu ini, berikut ulasan lengkapnya dari Salsa Wisata:

Sejarah Tapak Tuan Tapa

Tapak Tuan Tapa merupakan sebuah situs jejak kaki raksasa yang ada di pesisir Tapaktuan Aceh Selatan. Keberadaan dan asal usul jejak kaki ini masih menjadi misteri namun ada cerita legenda yang beredar tentangnya.

Konon cerita tersebut berkaitan dengan Tuan Tapa dan juga Putri Naga. Kisahnya berawal dari pasangan naga yang menemukan seorang bayi terombang-ambing di laut.

Bayi itu pun tumbuh besar dan menjadi sosok Putri Naga yang cantik. Kabar tentang Putri cantik ini pun terdengar ke Kerajaan Asralanoka yang Raja dan Permaisurinya kehilangan anak.

Untuk memastikan apakah itu anak mereka, rombongan dari kerjaan ini pun berangkat bertemu kedua naga. Ternyata benar kalau anak itu anak mereka, namun karena terlanjur sayang, kedua naga tersebut tidak memberikannya.

Mereka pun akhirnya menunggu kesempatan untuk membawa kabur Putri Naga. Di saat kedua naga sedang pergi untuk waktu lama, kesempatan langsung mereka manfaatkan.

Saat naga kembali dan mendapati Putri Naga tidak ada, mereka bergegas pergi mencari. Lalu mereka yang melihat Putri Naga berlayar di tengah laut,  langsung marah dan mengobrak abrik kapal.

Suara ribut awak kapal yang takut ini pun akhirnya terdengar dan mengusik semedi Tuan Tapa. Melihat hal tersebut beliau yang sakti dan berbadan besar langsung meloncat menghentikan pertarungan.

Ancang-ancang yang beliau ambil untuk melompat ke laut meninggalkan jejak kaki besar. Jejak kaki inilah yang kemudian menjadi situs atau bekas yang terlihat hingga sekarang.

Daya Tarik Tapak Tuan Tapa

Wisata Tapak Tuan

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Selain asal usulnya yang menarik, masih banyak daya tarik yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi tempat wisata di Aceh satu ini. Berikut ini beberapa hal diantaranya:

Berfoto di Telapak Raksasa

Daya tarik utama tempat wisata viral di Aceh ini tentu saja telapak kaki raksasanya. Ukuran telapak kaki yang konon bekas Tuan Tapa ini kira-kira sekitar 6 meter untuk panjangnya dan lebar mencapai 2.5 meter.

Bentuk kakinya pun terlihat jelas karena telah beberapa kali terjadi pemugaran. Meski tidak terasa alami seperti awal kemunculannya, bentuk telapak di batu karang ini tetap sama.

Pengunjung yang datang bisa berfoto dari berbagai sisi salah satunya di area batu karang dekat tapak tersebut. Namun Anda harus berhati-hati sebab bisa saja ombak pasang menerjang atau kaki terluka terkena karang.

Tempat lain yang bisa Anda pilih adalah anjungan atau warung yang berada di salah satu sisi karang. Berfoto di sini bisa jadi kenang-kenangan dan cerita yang menarik selama liburan.

Mengunjungi Situs Lain

Seperti halnya sejumlah wisata religi Indonesia terkenal, belum lengkap jika Anda hanya mengunjungi satu situs saja. Napak tilas sejarah Tuan Tapa juga bisa Anda lihat di beberapa situs lain seperti karang kopiah.

Konon katanya karang tersebut merupakan kopiah dari Tuan Tapa yang sudah membatu dan lokasinya tidak jauh dari tapak. Lalu ada pula batu tongkat yang digunakan Tuan Tapa untuk mengalahkan Naga.

Namun batu ini berada di tengah laut dan tidak bisa terlihat dari tepian. Anda juga bisa berziarah ke Makam Tuan Tapa yang berukuran besar dan tidak jauh dari lokasi.

Napak tilas cerita asal usul Kota Naga ini pun bisa jadi pengalaman unik Anda selama liburan. Sebab cerita legenda yang ada saling berkaitan dan memiliki situs sejarahnya masing-masing.

Bersantai Menikmati Sunset

Selain asyik untuk berfoto, lokasi batu karang yang berada di balik bukit juga tempat yang asyik untuk menikmati sunset. Suasana dan keindahannya tidak kalah dari Pantai Air Manis, tempat situs Malin Kundang berada.

Sambil duduk santai di kursi atau berteduh di bawah rindangnya pohon, Anda bisa mendengar suara deburan ombak menghantam karang. Panorama matahari terbenam di cakrawalanya pun tampak menawan.

Air laut yang tenang terlihat seperti cermin yang memantulkan cahaya keemasan matahari. Suasana romantis ini sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Kulineran

Puas melihat-lihat, berfoto, dan sedikit bermain air, Anda bisa beristirahat di sejumlah gazebo yang tersedia. Gazebo ini juga menjadi tempat favorit untuk menyantap berbagai makanan ringan atau makanan khas Aceh yang tersedia.

Anda bisa bebas memilih menu yang Anda inginkan dari warung-warung di sekitar area parkir. Apalagi harganya murah dan terjangkau jadi perut bisa kenyang dan Anda tetap senang.

Fasilitas di Kawasan Wisata Tapak Tuan Tapa

Wisata Tapak Tuan Aceh

Tergolong sebagai ikon dari Kota Naga ini, fasilitas yang tersedia tentu sangat lengkap. Area parkirnya sangat luas sehingga mampu menampung banyak rombongan sekaligus.

Selain itu, fasilitas wajib seperti mushola dan toilet pun tersedia, lengkap dengan warung dan gazebo untuk bersantai. Jalan menuju situs ini juga sudah menggunakan cor serta pembatas sebagai pengaman.

Dengan begitu, perjalanan dan kunjungan wisata Anda ke tempat ini akan semakin nyaman. Seperti halnya saat memanfaatkan setiap layanan wisata dari Salsa Wisata.

Harga Tiket Masuk Tapak Tuan Tapa

Seperti kebanyakan tempat wisata hits di Aceh, tiket masuk tempat ini tidak mahal sama sekali. Biaya masuk serta fasilitas yang ada masih sangat terjangkau, berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Parkir kendaraan Rp2.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan perkiraan sebelum berkunjung.

Nikmati juga liburan yang murah dan mudah bersama layanan dari Biro Perjalanan. Sebab dengan layanan tersebut segala kebutuhan mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh khas Aceh yang Anda mau sudah tersedia.

Rute Menuju Lokasi Tapak Tuan Tapa

Lokasi Wisata Tapak Tuan

Lokasi Tapak Tuan Tapa terletak di Jl. Merdeka, Pasar, Tapak Tuan, Aceh Selatan. Dari tempat parkiran, Anda masih harus melewati bukit dan jalan setapak menuju lokasi tapak.

Untuk rutenya, bisa Anda pilih sesuai kemudahan dengan menggunakan bantuan Google Maps. Sebab jaraknya cukup jauh dari Banda Aceh, kecuali jika Anda turun dan berangkat dari Bandara Teuku Cut Ali, Aceh Selatan.

Waktu tempuh dari bandara tersebut sekitar 36 menit berkendara. Namun jika Anda ingin tetap santai sambil mengunjungi destinasi wisata menarik di Aceh lainnya, layanan sewa mobil murah bisa jadi pilihan.

Ada banyak tempat rental mobil Innova Reborn di Aceh terbaik yang bisa Anda gunakan seperti misalnya Salsa Wisata. Armada yang lengkap serta layanan penuh plus sopir siap mengantar kemanapun tujuan Anda.

Jam Operasional Tapak Tuan Tapa

Objek wisata ini bisa Anda kunjungi pada jam operasionalnya pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap hari. Namun biasanya waktu terbaik berkunjung sekitar pukul 16.00 WIB sebelum matahari terbenam.

Usahakan pula untuk datang saat musim kemarau atau cuaca sedang cerah. Dengan begitu, momen sunset yang indah dan kondisi laut yang tenang bisa Anda dapatkan.

Berkat segala daya tarik dan keindahannya tersebut, Tapak Tuan Tapa ini cocok sekali menjadi destinasi liburan Anda. Kunjungi juga berbagai destinasi menarik lain di Aceh dan seluruh Indonesia bersama layanan paket tour Gathering dari Salsa Wisata. Selama liburan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)