SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Klaten merupakan daerah di Jateng yang terkenal dengan banyak sumber air alami atau lebih terkenal dengan nama umbul. Salah satu umbul yang terkenal adalah Umbul Cokro.

Sumber air yang satu ini selain masih natural juga terkenal dengan pemandangan alam di sekelilingnya yang sangat indah. Udara di sini masih bersih dan suasananya juga terasa sejuk dan tenang.

Mulanya umbul ini hanya menjadi primadona bagi warga setempat. Namun kini telah semakin ramai oleh wisatawan dari luar Klaten. Mungkin Anda pernah jadi salah satunya.

Tapi bagi Anda yang baru mendengar tempat wisata alam ini dan penasaran dengan pesonanya, mari simak informasi lengkapnya berikut ini:

Sejarah Umbul Cokro Klaten

Umbul Cokro adalah satu dari sekian banyak sumber mata air alami terkenal di Kabupaten Klaten. Sumber mata air ini terletak di sebuah desa kecil namun ramai, yaitu Desa Cokro di kecamatan Tulung.

Umbul ini dulunya bernama Umbul Ingas karena sumber mata airnya berasal dari pohon-pohon Ingas.

Dari segi usia, tempat ini tergolong situs alami yang sangat tua lantaran sudah ada sekitar abad ke-9 pada masa pemerintahan Paku Buwono IX.

Terletak di bawah pepohonan yang rindang, umbul ini menyuguhkan pesona kolam alami yang begitu indah. Para pengunjung dapat bermain air atau berenang di kolam alami yang berbentuk busur ini.

Kolam pemandiannya pun cukup dangkal. Kedalamannya hanya sekitar 80 CM saja. Saking jernihnya air yang ada di dalamnya, dasar kolam yang berisikan bebatuan dan pasir dapat terlihat jelas dari tepian kolam.

Deretan wahana permainan air juga terlihat memenuhi sebagian tempat wisata hits Klaten ini. Misalnya saja seperti kolam bermain khusus untuk anak, water sliding, dan waterboom.

Fasilitas di sini juga cukup lengkap sehingga membuat para pengunjung nyaman dan betah liburan di sini.

Daya Tarik Umbul Cokro

Umbul Cokro Ingas Klaten

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Jika biasanya wisata air hanya menawarkan aktivitas berenang, namun tidak dengan umbul yang satu ini.

Di sini, para pengunjung dapat berkesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan seru layaknya sedang bermain di Hawai Waterpark.

Berikut adalah daftar kegiatan asyik yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan menjajal liburan di sini.

Foto Underwater

Sama seperti wisata kolam pemandian alami lainnya yang ada di Klaten, umbul ini juga memiliki air yang sangat jernih. Alhasil, pengunjung boleh berfoto di dalam air dengan menggunakan kamera khusus tentunya.

Floating Santai di Atas Air

Memang hanya pengunjung yang pandai mengapung saja yang bisa melakukan ini. Bagi pengunjung lainnya yang tak bisa mengapung, bisa menggantinya dengan kegiatan berenang biasa.

Saat berenang di sini, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda. Suasana berenang di tempat yang menenangkan, teduh, dan pepohonan hijau yang menambah kesan natural yang sempurna.

Untuk pengunjung yang tidak ingin berenang, pihak pengelola telah menyiapkan beberapa gazebo di sekitar kolam.

Anda dan pengunjung lainnya bisa memanfaatkannya sebagai spot untuk istirahat atau santap hidangan yang telah Anda pesan dari warung makan.

Bermain di Waterboom Cokro Tulung

Di tempat wisata umbul ini juga terdapat sebuah waterboom. Meski hanya berupa kolam renang, waterboom ini juga memiliki beberapa wahana air untuk anak-anak dan dewasa.

Selain itu, ada juga sebuah air mancur unik yang terletak di sebuah wahana berbentuk jamur. Kolam renang di waterboom ini berisi air alami yang berasal langsung dari sumber mata air, jadi bebas dari kaporit.

Diving dan River Tubing

Air pada kolam air ini begitu jernih sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk menyelam ke dalamnya. Kondisi air yang jernih membuat para penyelam dapat melihat seisi kolam.

Selain menyelam, ada juga kegiatan river tubing seperti yang terdapat di Goa Pindul. River tubing ini tentu sangat seru karena Anda dapat berjelajah menyusuri arus kolam alami ini.

Anda tak perlu cemas soal keamanan karena Anda dan peserta lainnya akan mendapat bantuan dari seorang pemandu.

Rafting

Ingin sekali-kali rafting namun Anda masih belum punya keberanian untuk melakukannya?

Cobalah rafting di tempat ini karena kondisi medannya sangat ringan dan cocok untuk para pemula. Panjang medan raftingnya pun cukup jauh, yaitu mencapai 3.5 KM.

Outbound 

Wisata umbul ini juga menawarkan kegiatan outdoor seperti outbound untuk semua kalangan usia. Usai puas berenang di umbul, Anda bisa beralih ke kegiatan yang lebih menantang seperti bungee jumping dari atas jembatan.

Atau mungkin ingin menjajal wahana outbound lainnya? Di sini, Anda juga dapat menemukan spot untuk flying fox dan bermain ATV.

Fasilitas di Umbul Cokro

Wisata Umbul Cokro

Sudah sewajarnya pihak pengelola menyediakan aneka macam fasilitas pendukung guna memberikan kenyamanan kepada semua pengunjung. Buktinya, fasilitas-fasilitas di sini sangat lengkap dan juga memadai.

Diantaranya adalah fasilitas gazebo untuk istirahat atau sebagai tempat Anda untuk menyantap berbagai makanan yang tersedia di lokasi.

Dengan suguhan pemandangan indah di sekitar, momen Anda bersantai di gazebo ini akan semakin sempurna.

Fasilitas berikutnya adalah warung makan yang menjual banyak pilihan makanan berat, mie instan, dan berbagai minuman. Kelezatan menu yang ada di sini juga tidak kalah dari tempat wisata kuliner Klaten yang terkenal.

Jika Anda butuh tempat menginap yang nyaman untuk bermalam, tidak perlu khawatir. Di sekitar wisata umbul terdapat sejumlah hotel dan penginapan yang Anda pilih.

Selain itu, area parkir dan kamar mandi plus toilet pastinya juga tersedia. Zona untuk parkirnya pun cukup luas. Area ini bisa menampung cukup banyak kendaraan seperti motor, mobil, dan bahkan bus pariwisata.

Hanya satu jenis fasilitas yang belum tersedia, yaitu toko souvenir dan oleh-oleh khas Klaten murah. Anda baru dapat menjumpainya sentra oleh-oleh ini di jantung Kota Klaten.

Harga Tiket Masuk Umbul Cokro

Sebagai sumber mata air alami populer di Klaten setelah Umbul Ponggok, umbul ini kini jadi alternatif destinasi liburan dengan budget terjangkau.

Pihak pengelola menetapkan HTM yang murah meriah untuk setiap pengunjung yang datang, baik anak-anak maupun dewasa.

Selain tiket masuk, pihak pengelola juga memberlakukan retribusi wahana dan parkir kendaraan dengan tarif yang masih relatif terjangkau.

Berikut adalah daftar HTM dan juga retribusi-retribusi lainnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00/ orang
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Tarif di atas berlaku untuk kunjungan wisata di hari biasa, bukan weekend. Sementara itu, khusus weekend dan hari libur nasional, tarif umumnya akan naik meski tidak signifikan.

Lokasi dan Rute Menuju Umbul Cokro

Lokasi Umbul Cokro

Objek wisata umbul Cokro berada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi ini berjarak 14 KM dari Alun-Alun Klaten dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit berkendara.

Sedang rute terbaiknya menuju lokasi bisa dengan melewati Alun-Alun Klaten lalu ke jalur utama menuju Monumen Juang 45. Ikuti saja jalur tersebut hingga nantinya Anda akan menjumpai pertigaan.

Nah, dari pertigaan ini, Anda belok kanan lalu belok kiri. Setelah itu, belok kanan lagi hingga menjumpai Taman Koplak Andong. Ikuti saja jalur utama tersebut hingga menemui Kantor Desa Gledeg dan Umbul Ponggok.

Dari titik ini, Anda lanjutkan dengan belok kanan hingga sampai di Tugu Ikan. Dari tugu tersebut, silahkan belok kiri. Nantinya Anda akan menjumpai Masjid Rohmat Kiringan. Kemudian belok kanan dan lurus saja hingga tiba di lokasi.

Cukup panjang dan rumit, bukan? Jika Anda benar-benar ingin menikmati perjalanan tanpa harus lelah karena menyetir, Anda bisa gunakan jasa sewa mobil plus supir dari Salsa Wisata.

Kami tawarkan cukup banyak opsi paket sewa mobil berbagai tipe yang cocok untuk acara wisata keluarga. Salah satu yang paling recommended adalah paket sewa mobil Toyota Avanza Klaten murah.

Jam Operasional Umbul Cokro

Wisata umbul ini beroperasi dari hari Senin sampai Minggu dan buka dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Namun untuk mendapatkan momen terbaik, datanglah saat pagi hari di mana belum banyak pengunjung yang datang.

Umbul Cokro memiliki pesona alam yang tak kalah menarik dari umbul-umbul lainnya di Klaten. Apalagi dengan HTM yang terjangkau, Anda dapat bebas menikmati wahana, waterboom, dan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Liburan pun semakin nyaman dengan fasilitas yang memadai dan lengkap dari pihak pengelola. Agar pengalaman tersebut semakin sempurna, jangan lupa untuk menggunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata.

Kami siap jadikan momen liburan Anda menjadi salah satu momen yang terbaik. Tentu dengan dukungan akomodasi dan transportasi terbaik juga dari kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Klaten



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)