earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Waduk atau danau buatan kini tak hanya berfungsi sebagai sistem irigasi, penampungan air, dan sumber pembangkit listrik. Banyak waduk yang juga berkembang menjadi sebuah lokasi wisata seperti Waduk Bajulmati ini.

Waduk ini berada di Kabupaten Banyuwangi tepatnya di Kecamatan Wongsorejo.

Situs danau di Banyuwangi ini bukanlah satu-satunya waduk di kawasan paling Timur Pulau Jawa ini. Melainkan ada beberapa waduk lainnya.

Danau buatan ini memiliki tampilan topografi yang unik. Seolah di dalam waduk ada pulau-pulau kecil yang sangat unik.

Karena tampilan uniknya inilah masyarakat setempat sering menjuluki tempat ini sebagai Raja Ampat Banyuwangi.

Sekilas Tentang Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati merupakan sebuah danau buatan yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo.

Bendungan yang juga menjadi tempat wisata ini mulai dibangun pada tahun 2006 lalu dan baru rampung sekitar tahun 2015.

Setelah terisi dengan air, waduk ini lalu resmi dibuka untuk umum pada pertengahan tahun 2016.

Waduk ini mengambil air dari Sungai Bajulmati sebagai salah satu sumber airnya. Sekedar info, Sungai Bajulmati ini merupakan sungai besar yang mana aliran airnya berasal dari Gunung Ijen.

Dengan luas area 113 Hektar dan kapasitas 10 juta meter kubik, waduk ini mampu mengairi lahan pertanian seluas 1.800 Hektar.

Luas ini terbagi dua, yaitu 1.400 Hektar untuk pertanian di Banyuwangi dan sisanya untuk lahan pertanian di Situbondo.

Daya Tarik Waduk Bajulmati

Sejarah Waduk Bajulmati

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wisata Banyuwangi yang satu ini menyuguhkan cukup banyak daya tarik yang unik. Contohnya saja pulau-pulau kecil yang menyerupai pulau-pulau di Raja Ampat.

Kemudian ada juga spot untuk selfie dan karya fotografi lainnya, dan masih banyak lainya. Untuk tahu lebih detail lagi seputar daya tarik waduk ini, simak ringkasannya berikut ini:

Mini Wayag Raja Ampat

Jika Taman Nasional Baluran terkenal dengan julukan Little Africa of Java, lain lagi dengan waduk ini. Wisatawan yang sudah pernah ke waduk ini pasti setuju bahwa waduk ini pantas mendapat julukan mini Wayag ala Raja Ampat.

Pasalnya, terdapat spot-spot berupa gundukan menyerupai pulau-pulau kecil di tengah perairan waduk. Saat musim hujan, pulau-pulau ini akan menghijau akibat vegetasi yang tumbuh.

Pemandangan yang rupawan ini tentu menjadi daya tarik utama waduk ini. Pengunjung yang datang akan langsung mencari spot untuk berfoto dengan background mini Wayag ini.

Dengan pemilihan angle yang tepat, hasil jepretan yang didapat pasti akan sempurna.

Ketika hasil jepretan tersebut mulai diunggah di media sosial, pasti akan menuai banyak like. Imbasnya akan ada banyak orang yang bertanya bendungan Bajulmati ada di mana.

Spot Selfie

Terdapat satu spot selfie yang terfavorit di sini. Spot tersebut adalah sebuah lorong  untuk masuk ke area waduk. Panjang lorongnya kurang lebih 100 meter dan di ujung lorong terlihat ada tebing yang sangat mirip dengan tebing di Pantai Pandawa Bali.

Surga bagi Para Pemancing

Siapa di sini yang termasuk komunitas mancing mania? Jika Anda adalah seorang mancing mania, cobalah peruntungan di waduk ini. Ada banyak jenis ikan air tawar yang menghuni waduk ini.

Sembari memancing, pikiran terasa tenang dengan hanya memandangi keindahan alam sekitar.

Menjajal Aneka Wahana

Pengelola wisata waduk ini juga menyediakan beragam wahana menarik dan memacu adrenalin. Sebut saja contohnya wahana ATV, outbound, dan juga speed boat.

Jika dilihat dari jenis wahana yang ditawarkan, waduk ini memang tak jauh beda dengan wisata Bendungan Nipah di Sampang Madura.

Fasilitas di Waduk Bajulmati

waduk bajulmati banyuwangi

Di sekitar objek wisata ini, terdapat sebuah rest area dengan luas sekitar 4.000 meter persegi. Ada beragam fasilitas yang memadai di rest area ini.

Salah satunya adalah tempat wisata kuliner seperti kafe dengan beragam menu makanan dan minuman kekinian. Ada juga area parkir yang luas lengkap dengan petugasnya. Dan fasilitas yang terakhir adalah toilet bersih.

Saat memasuki pintu gerbang wisata, pengunjung dapat menjumpai beberapa pilihan resto dan warung yang menawarkan banyak menu tradisional.

Beberapa rekomendasi menu makanan khas Banyuwangi yang terkenal patut Anda coba antara lain:

  • Nasi Tempong
  • Sego Cawuk
  • Rujak
  • Soto
  • Pecel

Untuk Anda yang ingin bermalam di sekitar waduk, selain boleh mendirikan tenda sendiri, di sini juga tersedia beberapa unit cottage dengan tema back to nature.

Unit cottage ini berbahan kayu sehingga akan terasa hangat saat menghuninya.

Ada juga sejumlah outlet yang menjual aneka macam produk UMKM dari warga asli Banyuwangi dan Situbondo. Anda bisa berbelanja produk UMKM ini lalu dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Banyuwangi yang tahan lama.

Harga Tiket Masuk Waduk Bajulmati

Untuk menikmati segala daya tarik dan fasilitas yang ada di sini, Anda tak perlu menyiapkan budget sama sekali karena tempat wisata Banyuwangi terdekat ini gratis.

Anda hanya perlu membayar retribusi parkir dan biaya sewa wahana, cottage, dan biaya memancing jika Anda melakukannya.

Berikut kami informasikan tarif retribusi parkir dan biaya lainnya yang berlaku di objek wisata waduk ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp0,00 (Gratis)
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Waduk Bajulmati

Lokasi waduk bajulmati

Wisata waduk ini berlokasi di Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Untuk wisatawan yang berangkat dari Bali, sesampainya di Pelabuhan Ketapang, Anda dapat langsung menuju jalur utama yang menghubungkan Banyuwangi Situbondo.

Nanti Anda akan tiba di Baluran melewati Watu Dodol via Pasar Desa Bajulmati. Nah, lokasi waduk ini ada di samping Baluran.

Untuk memudahkan perjalanan Anda, kami sarankan untuk memanfaatkan paket rental mobil Hiace Premio Banyuwangi. Paket ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan perjalanan yang super nyaman dan stylish.

Jam Operasional Waduk Bajulmati

Objek wisata waduk ini buka setiap hari Senin hingga Minggu dari jam 07.00 sampai jam 17.00 WIB.

Lokasinya yang sangat strategis dan areanya yang luas menjadikan wisata waduk ini cocok untuk acara liburan keluarga atau bersama rombongan.

Anda juga bisa manfaatkan bantuan dari travel organizer berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk kelancaran persiapan liburan Anda.

Dengan memesan paket liburan keluarga ke Banyuwangi murah dari Salsa Wisata, segala keperluan liburan Anda ke Waduk Bajulmati akan terakomodasi dengan baik.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)