SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kota kecil Boyolali menyimpan potensi pariwisata cukup besar. Salah satu spot dengan potensi wisata yang mumpuni adalah Waduk Kedung Ombo.

Waduk sendiri adalah danau buatan yang dapat menampung air tawar bersih yang bisa menjadi sumber irigasi atau proyek PLTA. Keberadaan danau ini rupanya ikut mengundang masyarakat untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Iya, waduk ini memang menyajikan panorama alam yang masih sangat alami. Banyak warga yang memanfaatkan area sekitar waduk untuk kegiatan rekreasi dan olahraga.

Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal waduk ini menjadi sebuah tempat wisata populer di Solo Raya.

Sekilas Tentang Waduk Kedung Ombo

Waduk ini merupakan salah satu waduk terbesar yang ada di Indonesia dan menyaingi Danau Toba.

Sekedar info, Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia yang ada di sekitar Bukit Sibea-Bea, Sumatera Utara. Danau ini sangat cantik, terutama view yang ada di sekelilingnya.

Proyek pembangunan waduk ini berawal pada tahun 1985 dan selesai pada tahun 1989. Tujuan utama pembangunannya tidak lain dan tidak bukan untuk keperluan PLTA.

Untuk memulai proyek ini, Pemprov Jateng harus menenggelamkan sedikitnya 37 desa di 7 kecamatan dari 3 kabupaten. Ada sebanyak 5.000 lebih keluarga yang harus merelakan tanah mereka.

Setelah rampung, waduk ini mulai beroperasi pada tanggal 14 Januari 1989. Cakupan alirannya seluas 6.576 Ha. Lalu peresmian berlangsung pada tanggal 18 Mei 1991 oleh presiden RI saat itu, Presiden Soeharto.

Harga Tiket Masuk Waduk Kedung Ombo

Salah satu daya tarik dari waduk ini adalah tiket masuknya yang sangat murah. Dengan tiket murah ini, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang memuaskan.

Berikut kami cantumkan harga tiket terkini dan biaya sewa perahu di kawasan wisata waduk ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekday Rp5.000,00/ orang
Tiket Masuk Weekend Rp7.500,00/ orang
Sewa Perahu Rp10.000,00

Tarif ini bisa naik sesuai dengan ketentuan pihak pengelola. Harga tiket juga akan naik saat musim liburan panjang atau libur nasional. Maka dari itu, ada baiknya Anda selalu update informasi seputar tiket tempat wisata Solo hits yang akan Anda kunjungi.

Daya Tarik Wisata Waduk Kedung Ombo

Wisata Waduk Kedung Ombo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Seperti tak ingin ketinggalan dengan wisata Waduk Gajah Mungkur, waduk ini juga menyimpan daya tarik.

Daftar daya tarik yang ada meliputi situs Embun Bening dan aktivitas seru yang bisa Anda kerjakan di sini. Nah, daripada penasaran, yuk simak informasinya di bawah ini.

Embun Bening

Spot wisata ini tergolong masih sangat baru. Pertama kali beroperasi sekitar setahun lalu, tepatnya 17 Januari 2021.

Embun Bening ini adalah bagian dari Kedung Ombo. Letaknya ada di tepi sisi Utara waduk. Tempat ini memiliki spot foto yang unik, yaitu berupa spot foto yang menyerupai balon udara.

Pengunjung juga dapat menjajal kegiatan camping di sini. Hanya saja untuk sementara, kegiatan camping belum terbuka untuk umum,  hanya untuk acara resmi atau komunitas saja.

Hal ini ada kaitannya dengan kesiapan sarana & prasarana di camping site. Sehingga tamu atau rombongan harus booking terlebih dahulu agar semua bisa tersedia dan siap.

Mungkin beberapa waktu ke depan, akan ada camping site khusus seperti yang Anda temui di wisata Waduk Sermo.

Eksplorasi Perairan Waduk

Bagi Anda yang tak takut air, tidak ada salahnya Anda mengeksplorasi area perairan waduk dengan menaiki perahu tradisional. Cukup dengan sewa perahu, Anda akan diajak berkeliling di sekitaran perairan waduk.

Selama berjelajah, Anda juga dapat mengunjungi keramba punya nelayan. Keramba sendiri merupakan tempat budidaya ikan air tawar yang menyerupai tambak ikan namun terapung.

Keramba ini terbuat dari tong berukuran besar sebagai pelampungnya dan papan sebagai penutupnya. Bagian bawah tong, dipasang jaring ikan berukuran besar sebagai area penangkaran ikan air tawar.

Ikan sebagai Buah Tangan

Jika Anda liburan di Solo, bisa jadi Anda akan membeli Serabi Solo sebagai oleh-oleh khas Solo untuk keluarga  di rumah. Akan berbeda jika Anda liburan di waduk kebanggaan masyarakat Boyolali ini.

Bukan jajanan khas atau souvenir asli Boyolali yang wajib Anda beli, melainkan ikan air tawar segar sebagai buah tangan.

Ada banyak sekali jenis ikan air tawar yang dapat Anda beli. Mulai dari bawal, nila, patin, dan lain sebagainya.

Terkadang ada juga ibu-ibu penjual ikan panggang dengan harga murah. Sehingga Anda bisa membawa pulang ikan matang siap santap yang tidak kalah nikmat dan segar dari ikan hidup.

Fasilitas Waduk Kedung Ombo

Area wisata waduk ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Area parkir, sebagai contoh, terbilang luas karena dapat menampung bus dan mobil.

Fasilitas toilet dan kamar mandi juga tersebar di sejumlah titik keramaian. Mushola dan tempat wudhu juga bisa Anda temui di sini.

Resto dan warung wisata dengan aneka menu makanan khas Solo dan Boyolali bisa menjadi pilihan saat Anda lapar.

Lokasi & Rute Menuju Waduk Kedung Ombo

waduk kedung ombo sragen

Wisata waduk ini dapat Anda akses dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus pariwisata. Lokasinya ada di Jalan Solo-Purwodadi, Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

Jika Anda berangkat dari Solo, gunakan rute ini: Solo – Kadipiro – Sumberlawang – Ngargotirto – lokasi tujuan.

Rute ini cukup panjang dan cukup melelahkan. Oleh karena itu, agar perjalanan tetap lancar dan Anda juga tetap nyaman dan fit, saran terbaik adalah dengan rental mobil dari Salsa Wisata.

Tersedia dua layanan paket rental kendaraan, yaitu mobil dan bus pariwisata. Anda bebas pilih yang kiranya sesuai dengan kapasitas dan budget.

Paket rental alphard Solo tentu akan cocok dengan Anda yang ingin liburan ke waduk ini bersama keluarga.

Jam Operasional Waduk Kedung Ombo

Untuk jadwal operasional, tempat wisata ini buka setiap hari termasuk saat libur nasional dari jam 08.00 sampai jam 17.00 WIB.

Khusus wisatawan yang ingin berkemah, bisa langsung mengurus perizinan kepada pihak pengelola.

Waduk Kedung Ombo tentu akan menjadi pilihan yang pas untuk liburan akhir pekan ini. Tempatnya menyajikan cukup banyak kegiatan dan spot menarik.

Harga tiket yang murah juga turut mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan di tempat ini. Anda juga dapat berkesempatan untuk mendapatkan penawaran harga terbaik dengan menggunakan paket liburan Solo di Salsa Wisata.

Kenapa demikian? Dengan paket tersebut, segala jenis kebutuhan liburan Anda akan kami siapkan dengan biaya yang aman di dompet.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Solo



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)