SalSari Resto & Coffee

Pulau Bali memang sudah terkenal kecantikannya sampai ke mancanegara. Pulau yang disebut sebagai pulau dewata ini memiliki banyak wisata bahari yang keindahannya sudah diakui dunia internasional. Anda mungkin sudah pernah ke Pantai Kuta yang terkenal itu. Namun, apakah Anda sudah pernah dengar soal Waterblow?

Pantai yang terletak di Nusa Dua ini memiliki banyak pesona, tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang sudah terkenal. Semua sudut pantai ini juga punya sisi yang instagramable, dengan pemandangan ombak yang menghempas batu karang.

Tidak tanggung-tanggung, ombak di pantai ini bisa sampai delapan meter tingginya. Namun jangan khawatir, ombak itu akan langsung terhempas oleh batu karang yang tinggi.

Sekilas Tentang Waterblow

wisata Waterblow bali

Pantai unik ini masih ada di dalam kawasan yang sama dengan Bali Tourism Development Corporation (BTDC). Lokasi tepatnya ada di belakang Hotel Grand Hyatt Bali.

Sebelum menjadi tempat wisata, Waterblow ini cuma berupa perairan dengan tebing karang tinggi yang dianggap berbahaya oleh masyarakat setempat, jadi memang tidak pernah dipakai beraktivitas.

Namun, seiring waktu, masyarakat akhirnya justru menyadari bahwa inilah daya tarik pantai yang tidak bisa ditemukan di wisata bahari lain. Pantai di Nusa Dua ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Tak heran deburan ombaknya sangat dahsyat. Justru kondisi ombak inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Ketika ombak tinggi tersebut menghantam tebing karang, pemandangan yang disajikan sungguh dahsyat.

Anda bisa beranjak ke ujung tebing untuk melihat pemandangan spektakuler ini. Itulah sebabnya mengapa pantai ini disebut sebagai water blow.

Untuk bisa menonton ombak menerjang karang, pengelola menyediakan gazebo tempat Anda bisa duduk-duduk. Tenang saja, meski letaknya di pinggir tebing, areanya sudah dipagari.

Kalau Anda beruntung, pecahan ombak yang sangat besar itu bisa langsung menyapa Anda di gazebo. Keunikan lain pantai ini adalah tidak adanya pasir. Kalau pantai-pantai lain terkenal karena pasirnya yang putih dan lembut, Anda justru tidak akan menemukan pasir sebutir pun di sini.

Alih-alih pasir, di sepanjang pantai Anda cuma akan menemukan tebing karang yang jadi pemecah ombak. Tanpa dinding karang ini, ombak bisa menerjang sampai ke kawasan pemukiman. Mengingat ganasnya ombak di sini, pengelola melarang pengunjung untuk bermain air di pantai.

Fasilitas Pantai Waterblow

fasilitas Waterblow

Meski tempat ini bisa dibilang baru dibuka sebagai tempat umum berbayar, fasilitas yang disediakan pengelola sangat lengkap. Salah satunya adalah restoran di tepi pantai tempat Anda bisa mencoba seafood dan hidangan khas Bali halal yang menggugah selera.

Kalau Anda haus, tersedia vending machine tempat Anda bisa membeli minuman segar secara otomatis. Fasilitas ini sangat berguna, kaena di siang hari, pantainya sangat terik, membuat pengunjung jadi cepat haus.

Ada juga berbagai penginapan di sekitar pantai. Beberapa di antaranya adalah The Lerina Hotel, Grand Hyatt Nusa Dua Bali, dan Hotel Santika Siligita Nusa.

Harga Tiket Masuk Waterblow

Awalnya, pengunjung bisa masuk ke pantai Waterblow secara gratis. Namun, setelah pantai ini ditetapkan sebagai salah satu tempat wisata Instagramable di Bali, yang mana pengesahan itu dilakukan di tahun 2018, pemerintah daerah pun mulai menetapkan harga masuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini. Berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk wisatawan lokal Rp15.000,00
Tiket masuk wisatawan internasional Rp25.000,00

Rute Menuju Waterblow

lokasi Waterblow

Kalau Anda berkendara dari bandara Ngurah Rai, Anda perlu menempuh jarak sejauh 15 km. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil bandara Ngurah Rai murah, kemudian berkendara via jalan tol Bali-Mandara untuk sampai di Nusa Dua.

Kalau Anda berangkat dari Kuta, Anda bisa memakai rute Jalan Majapahit-Jalan By Pass Ngurah Rai. Lalu, Anda bisa berkendara lewat Benoa Toll Road sampai di kawasan Nusa Dua. Setelah tiba di Nusa Dua, Anda bisa cari hotel Grand Hyatt sebagai ancer-ancer. Pantainya berada tepat di belakang hotel.

Sebelum tiba di pantai, Anda akan bertemu dengan lapangan rumput luas terlebih dahulu. Lapangan rumput ini merupakan bagian dari Pulau Peninsula. Ikuti saja jalan setapak di lapangan tersebut sampai Anda menemukan pintu gerbang bertuliskan nama pantainya.

Daya Tarik Waterblow

Meskipun Anda tidak bisa bermain air, berenang, atau main water sport di pantai Waterblow, bukan berarti tidak ada yang bisa Anda lakukan di sini. Berikut ini sederet hal yang membuat pengunjung tertarik ingin datang ke sini.

Main Air di Atas Tebing Karang

main air Waterblow

Meski Anda tidak bisa berenang di airnya langsung, Anda tetap bisa merasakan kesegaran air laut dari puncak tebing. Semburan ombak yang tinggi bisa mencapai puncak karang. Airnya masih tersisa di sela-sela batu karang. Anda bisa bermain air dengan aman di sini. Tentu saja fenomena seperti ini tidak bisa Anda temukan di pantai lain.

Main air di sini tidak perlu khawatir terseret ombak. Ada pagar pembatas yang akan melindungi Anda dari terjangan ombak. Bukan cuma itu, jalur setapak yang ada di sini juga sudah ditata rapi dengan conblock, jadi aman untuk dilalui.

Foto-foto

spot foto Waterblow

Jangan lupa kegiatan yang satu ini, karena fenomena alam di pantai ini benar-benar instagramable. Kalau Anda ingin mendapatkan momen terbaik, Anda bisa mengambil foto saat matahari terbit. Hasilnya nanti berupa foto dengan semburan ombak ke udara dengan latar belakang langit jingga.

Posisi pantai ini menghadap tepat ke timur. Jadi, ketika matahari terbit, lokasinya tidak berlawanan dengan kamera. Jangan lupa gunakan pelindung kamera supaya terhindar dari percikan air.

Memancing

mancing di Waterblow

Jika Anda hobi menangkap ikan, Anda bisa bawa peralatan memancing Anda ke sini. Ada satu spot khusus tempat para pemancing biasa menangkap ikan.

Yang menarik lagi, suasananya sangat sepi. Cocok untuk memancing. Tebing-tebing di sekitar Anda bisa jadi tempat duduk yang bagus untuk melempar kail. Sekilas, tebing-tebing di sini akan mengingatkan Anda pada pantai Pandawa.

Foto Pre-wedding

Banyak pasangan yang memutuskan untuk mengambil foto pre-wedding mereka di sini. Tidak heran, selain tempatnya unik, harga sewanya juga cukup murah. Jika Anda tertarik untuk mengadakan sesi foto pre-wedding di sini, Anda hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp2.500.000,00 per sesi.

Hasil fotonya akan jadi beda dari yang lain, karena meski temanya pantai, tidak ada pasir putih dan ombak yang tenang seperti yang biasa terlihat di foto pre-wedding bertema bahari lainnya. Sebaliknya, tebing karang yang tinggi dan ombak yang ganas bisa memberikan warna yang berbeda pada foto Anda.

Jam Operasional Pantai Waterblow

Untuk jam operasionalnya sendiri, sebetulnya pantai Waterblow ini dibuka selama 24 jam setiap harinya. Namun, kalau Anda ingin menonton pagelaran Nusa Dua Light Festival yang biasa diadakan di sini, Anda bisa datang pada pukul 17.00 WITA sampai 22.00 WITA. Di festival ini, Anda bisa melihat berbagai lampion cantik di pantai.

Tertarik ingin ke Nusa Dua dan main di pantai ini? Anda bisa kontak Salsa Wisata untuk memesan paket wisata Bali murah. Mengapa harus pakai paket wisata? Selain jatuhnya lebih murah, Anda juga tidak perlu repot soal akomodasi, makan, tiket wisata, dan transportasi.

Semua itu sudah menjadi bagian dari paket. Hanya tinggal bayar di awal, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi selama liburan, kecuali untuk kebutuhan pribadi. Hemat dan praktis, kan?

 



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)