SalSari Resto & Coffee

Salah satu kegiatan yang paling disukai saat liburan adalah berenang dan bermain air. Bagi warga Bogor, hal tersebut tentu sudah tidak asing lagi. Sebab, terdapat 12 waterpark di Bogor yang populer dan tentunya wajib untuk dikunjungi.

Wahana mengasyikkan dan fasilitas umum yang lengkap tentu membuat waterpark ini selalu ramai pengunjung. Belum lagi spot-spot foto yang instagramable dan tidak boleh dilewatkan.

Berikut kami berikan daftar 12 waterpark yang seru di daerah Bogor beserta ulasan lengkapnya, hanya untuk Anda.

Daftar Waterpark di Bogor Terkenal

Ada cukup banyak waterpark di daerah Kota dan Kabupaten Bogor. Namun, kami sudah merangkum semuanya hingga terpilih 12 waterpark yang paling menjadi favorit para wisatawan.

The Jungle Waterpark Bogor

The Jungle Waterpark Bogor

Waterpark yang paling terkenal di daerah Bogor ini berada di Jalan Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, RT.05/RW.12, Mulyaharja, Bogor Selatan.

Anda akan mudah menemukannya sebab lokasinya sangat strategis, dekat dengan beberapa lokasi wisata lainnya. Anda dapat mencapai lokasi waterpark ini dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

The Jungle Waterpark Bogor dibuka setiap hari, termasuk hari libur nasional,  dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Tapi, pada saat high season, waterpark ini dibuka lebih awal, yaitu pada pukul 08.00 WIB.

Harga tiket masuknya cukup terjangkau. Untuk hari Senin – Kamis, harga tiketnya sebesar Rp55.000,00, sementara untuk hari Jum’at sebesar Rp45.000,00. Untuk weekend dan hari libur nasional harga tiketnya sebesar Rp65.000,00.

Di waterpark ini, Anda bisa mencoba ragam wahana yang mengasyikkan, seperti Racer Slide, Tower Slide dan Fountain Futsal. Kemudian, terdapat pula ragam jenis kolam yang bisa Anda nikmati, seperti Wave Pool, Kiddy Pool, Leisure Pool, Kolam Air Hangat dan Lazy River.

Jika tidak ingin berenang dan bermain air, Anda bisa mengunjungi Giant Aquarium, The Jungle 4D Cinema atau Birdpark.

Selain wahana air dan darat, tersedia pula fasilitas penunjang yang mampu mengakomodasi puluhan pengunjung setiap harinya. Seperti toilet, area parkir, penyewaan pelampung ban, loker, saung dan food court yang menjajakan berbagai makanan dan minuman.

Marcopolo Water Adventure Bogor

Marcopolo Water Adventure Bogor

Tahukah Anda bahwa waterpark Marcopolo sudah berdiri sejak tahun 1998? Tak heran bila waterpark ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit Bogor.

Di sini, terdapat ragam wahana air dan darat. Untuk wahana air, tentu saja terdapat berbagai jenis kolam yang bisa menyempurnakan waktu liburan Anda.

Ada Kolam Balita, Kolam Anak, Kolam Dewasa, Kolam Arus, Kolam Gurita, Whirlpool dan Kolam Malam. Untuk Kolam Anak, terdapat perosotan, ember tumpah dan pancuran yang dapat menunjang aktivitas seru si kecil.

Sementara itu, untuk wahana darat yang bisa Anda nikmati adalah Cinema 4D, area fitness, gym center, sauna dan Danau Wisata. Di Danau Wisata, Anda bisa memancing, mencoba flying fox atau mengendarai ATV, becak mini, sepeda air atau balon air.

Waterpark ini dibuka setiap hari Senin sampai Minggu, termasuk hari libur nasional, dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Untuk biaya tiket masuknya, Anda harus membayar sebesar Rp50.000,00 (weekdays) atau Rp60.000,00 (weekend).

Sementara itu, untuk menikmati ragam wahana darat yang ada di sini, Anda perlu membayarkan tiket terpisah. Akan tetapi harganya tidak mahal, sehingga tidak akan menguras dompet Anda.

Waterpark yang tak kalah populer dan seru selanjutnya adalah Marcopolo Water Adventure Bogor. Lokasi wisata ini terletak di Bukit Cimanggu City, Jalan Soleh Iskandar No. 1, Cibadak, Tanah Sereal, Cibadak, Bogor.

Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bisa juga dengan rental mobil lepas kunci yang disewa pada Salsa Wisata, agen travel organizer yang terpercaya.

Tirtania Waterpark Bogor

Selanjutnya ada Tirta Waterpark yang terletak di daerah Pamoyanan, Bogor, Jawa Barat. Waterpark ini sudah berdiri sejak tahun 2006 dan tidak pernah sepi pengunjung. Sebab, wahana dan fasilitas yang ada di sini cukup lengkap.

Tirtania Waterpark memiliki 6 buah kolam renang yang terbagi menjadi 2 kolam renang dewasa, 2 kolam renang anak dan 2 kolam renang balita. Untuk menikmati seluruh kolam beserta wahana dan fasilitasnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Untuk hari Senin – Kamis dan Sabtu, harga tiketnya sebesar Rp25.000,00. Sementara untuk hari Jum’at, harga tiketnya sebesar Rp20.000,00. Jika Anda datang di hari Minggu atau hari libur nasional, maka biaya tiket masuk yang harus Anda bayarkan sebesar Rp35.000,00.

Selain kolam renang dan wahana permainannya, Tirtania Waterpark juga terkenal dengan kebun binatang mini. Anda bisa mengajak buah hati melihat berbagai macam satwa, seperti buaya, burung, kera ekor panjang dan sebagainya.

Anda juga bisa mencoba Terapi Ikan. Biasanya, wahana Terapi Ikan ini dipadati oleh para orang tua yang sedang menunggu anak-anak mereka selesai bermain atau berenang.

Tirtania termasuk tempat wisata yang cukup lengkap dengan fasilitasnya. Ada lahan parkir, mushola, toilet, kamar mandi dan kamar bilas, ruang ganti, loker, panggung hiburan dan gazebo.

Tak lupa pula kafe, kedai dan warung makan yang menyajikan ragam kuliner khas Bogor yang enak. Bagi Anda yang hendak mengunjungi waterpark ini, Anda bisa datang kapan pun. Karena tempat wisata ini dibuka dari Senin hingga Minggu, dari pukul 07.30 hingga 17.30 WIB.

Gumati Waterpark Bogor

Waterpark Gumati Sentul

Selanjutnya ada Gumati Waterpark yang terletak di Sentul, Kabupaten Bogor. Kolam ini memiliki luas 1,5 hektar dan dilengkapi dengan beragam kolam dan wahana permainan air yang seru.

Di sini, ada kolam dewasa sedalam 135 sentimeter dan kolam anak sedalam 30 – 50 sentimeter. Untuk kolam anak dilengkapi dengan perosotan, ember tumpah dan pancuran.

Sementara kolam dewasa dilengkapi dengan Whirpool di mana Anda bisa bersantai sambil menikmati pijatan ringan dari air bertekanan rendah.

Kemudian, terdapat pula wahana waterboom bagi Anda yang menyukai tantangan dan kegiatan yang memacu adrenalin. Ada sebuah perosotan tinggi yang memiliki kelokan-kelokan tajam.

Wahana lain yang wajib Anda coba adalah Racing Slide. Wahana ini terdiri dari dua perosotan yang saling berdampingan. Jadi, Anda bisa berseluncur sambil berlomba dengan teman.

Bagi Anda yang tidak ingin bermain di wahana air, Anda bisa mencoba Zona Petualang. Di sini, terdapat banyak sekali wahana outbound, seperti flying fox, panahan, sepeda gantung, dan target shooter.

Untuk fasilitas, sudah tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya. Ada area parkir, toilet, kamar mandi bilas, kamar ganti, loker, mushola, gazebo, kantin dan area food court.

Biaya tiket masuk untuk waterpark yang satu itu tidak terlalu mahal. Pada hari biasa (weekdays), Anda cukup membayar Rp40.000,00.

Sementara untuk weekend, harga tiketnya sebesar Rp60.000,00. Jangan lupa siapkan pula tarif parkir sebesar Rp3.000,00 (motor) atau Rp5.000,00 (mobil).

Bila tertarik untuk mengunjungi Gumati Waterpark, Anda dapat mengunjunginya kapan pun karena waterpark ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Water Kingdom Mekarsari

Water Kingdom Mekarsari

Waterpark selanjutnya yang tidak kalah seru dan mengasyikkan adalah Water Kingdom Mekarsari. Waterpark ini seluas sekitar 6 hektar sehingga dinobatkan sebagai taman air terbesar di Asia Tenggara.

Di sini terdapat banyak sekali wahana permainan air yang bisa menunjang waktu liburan Anda. Seperti Boomerang Slide, Raft Slide, Racer Slide dan Futsal Fountain.

Lalu, kolam-kolamnya pun terbagi menjadi beberapa macam, seperti Lazy River, Toddler Pool, Kiddy Pool, Leisure Pool, Wave Pool, Whirl Pool, Olympic Pool dan Octopus Splash Pool.

Di samping itu, terdapat pula ragam fasilitas yang dapat memanjakan Anda selama berlibur di sini. Ada mushola, area parkir yang luas, merchandise store, dermaga kayu, Cabana, cabing, klinik, loker, gerai makanan dan foodcourt.

Untuk menikmati semua wahana dan fasilitas yang ada di waterpark ini, Anda perlu membayar harga tiket sebesar Rp85.000,00 (weekdays), Rp110.000,00 (weekend) dan Rp125.000,00 (hari libur nasional).

Sementara itu, untuk menyewa Cabana, Anda perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp50.000,00 – Rp100.000,00. Untuk menyewa ban pelampung, biayanya sebesar Rp25.000,00 per 3 jam.

Jika Anda berniat berlibur ke waterpark ini, maka Anda bisa datang kapan pun. Sebab, Water Kingdom Mekarsari dibuka setiap hari, dari jam 09.00 – 17.00 WIB (weekdays) dan 08.00 – 16.00 WIB (weekend).

Matahari Waterpark Bogor

waterpark Taman Wisata Matahari

Selanjutnya ada taman wisata rekreasi keluarga yang juga memiliki waterpark yang tak kalah populer. Namanya Matahari Waterpark.

Waterpark ini berada di dalam kawasan Taman Wisata Matahari yang terletak di Puncak Rd No.77, Leuwimalang, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Anda bisa mencapainya dengan mudah sebab berdekatan dengan tempat-tempat wisata lainnya.

Matahari Waterpark mengusung konsep “Recreation and Education Park” di mana para pengunjung, khususnya anak-anak, bisa belajar sambil bermain. Taman ini memiliki beberapa zona yang menarik, yang bisa dinikmati oleh para pengunjung berbagai usia.

Dan karena waterpark ini berdekatan juga dengan daerah pegunungan, maka udara pun sangat sejuk. Cocok untuk tempat bersantai sekeluarga.

Beberapa wahana permainan air yang bisa Anda coba di antaranya adalah Spiral Slide, Twin Race Slide, Tot’s Pool, Wave Pool, Kid’s Pool dan Spa Pool.

Sementara itu, untuk fasilitas, terdapat area parkir yang cukup luas, toilet, kamar bilas, kamar ganti, gazebo, food court, mushola, ATM, gazobe dan toko yang menjual beberapa cendera mata.

Jika ingin berkunjung ke Matahari Waterpark, Anda bisa datang setiap hari, termasuk hari libur nasional, di jam 08.00 hingga 17.00 WIB.

Sementara itu, Anda bisa membeli tiket masuk terusan untuk Matahari Waterpark sebesar Rp60.000,00.

Cibalung Happy Land

Cibalung Happy Land Waterpark

Referensi selanjutnya untuk daftar 12 Waterpark populer di Bogor adalah Cibalung Happy Land. Hampir mirip dengan SKI Bogor, Cibalung Happy Land juga merupakan tempat wisata berkonsep one-stop.

Di sini, Anda dapat menemukan ragam aktivitas menarik, seperti berkemah, outbound dan bermain air di waterpark. Waterpark Cibalung Happy Land memiliki beberapa kolam renang yang terdiri dari Landing Pool, Kiddy Pool, Baby Pool, kolam dewasa dan kolam arus.

Khusus untuk kolam dewasa terdapat Spiral slide yang berkelok-kelok dan Racer Slide yang lurus. Selain itu, ada pula ember tumpah yang akan menumpahkan air setiap beberapa menit sekali.

Di sekitar waterpark ini terdapat pepohonan dan sungai yang membuat suasana menjadi asri dan sejuk. Ada pula saung bagi para orang tua yang mengawasi anak-anak mereka sambil menikmati aneka jajanan khas Jawa Barat kekinian.

Jika Anda ingin mengunjungi waterpark ini, Anda bisa datang di hari Senin sampai Minggu, termasuk hari libur nasional. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Tapi saat weekend, jam operasional dimulai dari pukul 08.00 WIB.

Harga tiketnya cukup terjangkau. Sekitar Rp35.000,00 – Rp55.000,00 (weekdays) atau Rp45.000,00 – Rp65.000,00 (weekend).

Citra Indah Waterpark Bogor

Citra Indah Waterpark juga wajib Anda masukkan ke dalam list kolam renang murah di daerah Bogor yang hendak dikunjungi. Konsepnya yang family friendly sangat cocok untuk liburan bersama keluarga tercinta.

Di sini terdapat beberapa wahana permainan air yang bisa Anda nikmati. Seperti ember tumpah, Racer Slide setinggi 6 meter dan Tube Slide setinggi 8 meter. Ada pula Olympic Pool yang cukup luas sehingga Anda bisa sepuasnya berenang dan menyelam.

Jika tidak ingin berenang dan bermain air, kalian tetap bisa berolahraga lainnya. Sebab, di Citra Indah Waterpark tersedia lapangan tenis, basket dan futsal yang cukup luas.

Fasilitas umum di lokasi wisata waterpark ini cukup lengkap. Ada area parkir yang luas, toilet, mushola, kamar bilas, kamar ganti, meja-meja dengan payung, ban pelampung dan kedai makanan.

Sebelum memasuki lokasi waterpark, Anda bisa menemukan minimarket, shopping street, bank dan ATM. Waterpark ini dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu, dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

Pada hari libur nasional mereka tetap buka, kecuali hari Senin yang memang merupakan waktu libur mereka. Di hari Selasa dan Rabu yang beroperasi hanya Olympic Pool, dibuka pada jam 08.00 – 17.00 WIB.

Pada hari Kamis dan Jumat, Olympic Pool dibuka pada jam 08.00 WIB dan waterpark dibuka pada jam 13.00 WIB. Pada weekend dan hari libur nasional, Olympic Pool dan waterpark dapat diakses mulai jam 08.00 WIB.

Harga tiket masuk ke waterpark ini terbilang murah. Untuk hari Selasa – Rabu Anda bisa membeli tiket seharga Rp15.000,00. Sementara untuk hari Kamis – Jum’at, harga tiket menjadi Rp25.000,00. Dan untuk weekend serta hari libur nasional, harga tiket masuknya menjadi Rp30.000,00.

El Dorado Waterpark Legenda Wisata

El Dorado Waterpark

El Dorado Waterpark Legenda Wisata merupakan tempat wisata permainan air yang mengusung tema legenda Kota Emas di Kolombia. Lokasi tempat wisata ini memiliki ornamen-ornamen yang indah dan berwarna-warni dengan bangunan kuno layaknya dalam legenda Kota Emas tersebut.

Ada beberapa kolam renang yang bisa Anda nikmati di sini. Seperti kolam renang balita, remaja, dan dewasa. Untuk kolam balita terdapat seluncuran mini yang bisa melengkapi keseruan si kecil bermain air.

Sementara itu, terdapat pula kolam dewasa yang memiliki kedalaman sekitar 1,2 meter. Kolam ini dilengkapi dengan seluncuran yang lebih besar, juga ember tumpah. Lalu, ada pula kolam arus sedalam 1 meter yang mengelilingi El Dorado Waterpark.

Untuk wahana permainan air, selain seluncuran dan ember tumpah, Anda juga bisa menikmati terowongan di kolam arus, Lingkaran Air, Ranjau Air dan jamur air.

Untuk fasilitas, Anda tidak perlu meragukannya lagi. Sebab, waterpark ini memiliki fasilitas yang lengkap dan mampu memanjakan para wisatawan setiap harinya.

Ada area parkir, mushola, toilet, kamar mandi, loker, gazebo, toko-toko yang menjual makanan dan minuman, serta tempat penyewaan baju renang dan ban pelampaung.

Jika Anda ingin mengunjungi waterpark ini, lokasi tepatnya berada di Kompleks Legenda Wisata Km. 6, Jl. Alternatif Transyogi, Desa Nagrak, Kec. Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Harga tiket masuknya tidak terlalu mahal. Dengan tiket seharga Rp45.000,00 per orang, Anda sudah bisa menikmati seluruh wahana dan fasilitas yang ditawarkan tempat wisata ini.

Waterpark ini hanya dibuka setiap weekend, alias hari Sabtu dan Minggu saja. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Zam Zam Tirta

Zam Zam Tirta

Satu lagi waterpark yang sudah berdiri sejak tahun 1998. Namanya, Zam Zam Tirta. Waterpark ini terletak di Ciomas, Bogor dan menjadi salah satu tempat rekreasi terfavorit.

Hal ini karena, harga tiket masuknya yang sangat murah. Pada weekdays, tiket masuk ke Zam Zam Tirta hanya sebesar Rp20.000,00. Sementara untuk weekend sebesar Rp30.000,00.

Kemudian, tempat wisata ini juga buka setiap hari, termasuk hari libur nasional, dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

Selain itu, wahana dan pilihan kolam yang ditawakan di sini sangat beragam sehingga lebih dari mampu untuk memanjakan para wisatawan. Salah satu daya tarik utamanya adalah sumber air untuk kolam renang yang ada di sini berasal dari mata air pegunungan. Sehingga sangat sejuk, jernih dan tidak mengandung zat kimia.

Zam Zam Tirta dibangun di bekas galian pasir Desa Sukamaju seluas 2 hektar. Awalnya, tempat wisata air ini hanya memiliki 3 kolam. Tapi kemudian bertambah hingga akhirnya sekarang memiliki 7 kolam.

Ketujuh kolam tersebut memiliki kedalaman yang beragam. Ada yang hanya 35 sentimeter, ada pula yang mencapai 185 sentimeter.

Terdapat pula wahana permainan yang sangat mengasyikkan. Seperti, Water Splash dan Water Slide yang panjang dan berliku-liku.

Jika tidak ingin bermain air, Anda bisa mengajak si kecil mengunjungi taman kelinci yang juga ada di lokasi waterpark ini. Di sana, anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan kelinci-kelinci yang jinak, seperti memberi makan dan menggendong.

Zam Zam Tirta juga dilengkapi dengan fasilitas umum lainnya yang sangat mumpuni. Ada area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, kamar bila, kafe, dan gazebo.

Taman air ini berlokasi di Jalan Raya Sukamaju 2A, Pagelaran, Ciomas, Bogor. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi atau memanfaatkan layanan sewa mobil Xpander Bogor harian murah.

Boash Waterpark Bogor

Boash Waterpark Bogor

Selanjutnya ada Boash Waterpark yang merupakan salah satu taman air terbaru yang ada di daerah Bogor. Boash sendiri merupakan kependekan dari Borcess Ashokal Hajar. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 8 hektar dan masih dalam kawasan institusi pendidikan.

Boash memang menaungi beberapa sekolah dari berbagai tingkatan, yaitu SD, SMP, SMA, SMK dan perguruan tinggi digital. Nah, waterpark ini sebenarnya juga termasuk dalam kepemilikan sekolah-sekolah tersebut. Namun, dibuka untuk umum.

Di sini, Anda bisa menikmati beragam kolam dan wahana. Dari mulai kolam dewasa yang luas dan cukup dalam tanpa wahana, kolam busa, hingga kolam dengan water slide berbagai ukuran dan ember tumpah.

Selain itu, ada pula kolam dengan sebuah taman yang menyerupai pulau di tengahnya. Kolam ini tidak terlalu dalam sehingga tetap bisa dinikmati anak-anak.

Jika ingin bersantai, Anda bisa mencoba kolam arus dengan ban pelampung khusus. Tenang saja, arus di sini tidak berbahaya sehingga Anda bisa menikmatinya.

Ingin sesuatu yang memacu adrenalin? Anda bisa mencoba kolam ombak. Walau terbilang cukup aman sebab ombaknya tidak sebesar di laut, namun tetap saja kolam ini memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

Untuk fasilitas, Boash Waterpark terbilang cukup lengkap. Ada area parkir, toilet, kamar ganti, kamar bilas, loker, gazebo, mushola dan food court.

Sementara itu, untuk biaya tiket masuk tentu ramah di kantong, yaitu sebesar Rp15.000,00 (weekdays) atau Rp20.000,00 (weekend dan hari libur nasional).

Untuk itu, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Sumber Karya Indah – SKI Bogor

SKI Bogor

Referensi selanjutnya adalah SKI Waterpark Bogor. Sebenarnya, Sumber Karya Indah atau SKI merupakan pusat perbelanjaan dan wisata dengan konsep one-stop shopping. Dan salah satu wahana yang menjadi favorit para pengunjung adalah waterpark-nya.

Di sini, terdapat beragam jenis kolam dan wahana yang bisa Anda dan keluarga nikmati bersama. Mulai dari kolam untuk orang dewasa hingga anak-anak, seluncuran yang menantang hingga ember tumpah, semua ada.

Untuk memasuki wahana waterpark ini, Anda perlu membayarkan tiket seharga Rp40.000,00 (weekdays) atau Rp50.000,00 (weekend). SKI Waterpark dibuka setiap hari, termasuk pada hari libur nasional, dari jam 08.00 hingga 18.00 WIB.

Nah, itulah list 12 waterpark di Bogor yang bisa Anda jadikan referensi untuk berlibur bersama keluarga. Jangan lupa untuk membawa pakaian renang, pakaian ganti dan gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan, manfaatkan layanan paket wisata murah dari Salsa Wisata. Nanti kami akan mengurus segala kebutuhan terkait perjalanan wisata dan membuatkan itinerary wisata yang seru. Sehingga selepas liburan, pikiran menjadi lebih fresh dan siap untuk beraktivitas kembali.

 



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)