SalSari Resto & Coffee

Ungaran adalah ibu kota Kabupaten Semarang yang berada di kawasan pegunungan. Hal itulah yang menjadikan wilayah ini banyak terdapat kawasan wisata alam yang sejuk seperti Watu Gunung Ungaran.

Tempat ini adalah satu tempat wisata Semarang terbaru di lereng Gunung Ungaran yang menyuguhkan pemandangan alam luar biasa indah. Meski merupakan wisata buatan, namun pemandangan alam di area ini sangat cantik dan natural.

Sekilas Tentang Watu Gunung Ungaran

tiket watu gunung ungaran

Watu Gunung Ungaran Semarang adalah sebuah objek wisata yang juga sediakan fasilitas villa, resto, dan kolam renang. Dengan suguhan ini, tentu sangat ideal sebagai destinasi wisata keluarga.

Di dalamnya juga terdapat danau buatan dengan setting layaknya danau alami. Untuk menambah kesan natural, di sekitar danau dan kolam renang, dihiasi dengan batu-batu alam berbagai ukuran.

Di beberapa titiknya, terdapat bangunan-bangunan kayu seperti pendopo dan bangunan lainnya yang berfungsi sebagai Watu Gunung Resto dan penginapan di Ungaran.

Sekitar tahun 2014, dibangunlah villa pribadi di lokasi ini. Kini tempat ini menjadi tempat hits dan masuk dalam daftar paket wisata Semarang Karimunjawa dan paket wisata lainnya.

Lokasi Watu Gunung Ungaran

Lokasi Watu Gunung Ungaran terletak di Lerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah. Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, Anda tidak akan kesulitan karena lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau kendaraan pribadi.

Jika Anda dari arah Alun-alun Kota Semarang, maka hanya perlu mengambil jalan menuju ke Bukit Lerep. Namun jika dari Kota Salatiga, gunakan rute Jalan Semarang-Surakarta dengan waktu tempuh 45 menit.

Sesampainya di Kampung Lerep, Anda hanya butuh 500 meter lagi untuk sampai ke lokasi. Akses menuju lokasi cukup terjal dan naik turun, karena berada di daerah pegunungan.

Untuk Anda yang baru pertama kali akan ke lokasi wisata ini, sebaiknya gunakan bantuan navigasi dari Google Maps. Atau pilih cara yang paling mudah dan efektif, yaitu rental mobil Xpander Semarang di Salsa Wisata.

Jam Buka Watu Gunung Ungaran

Jadwal operasional objek wisata ini dari Senin hingga Minggu serta hari libur nasional. Jam buka Watu Gunung Ungaran berlaku dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 WIB.

Jam operasional ini berlaku untuk hari biasa dan juga hari libur. Dengan jadwal operasional yang cukup panjang ini, Anda masih memiliki waktu untuk berburu oleh-oleh khas Semarang di Ungaran terlebih dahulu.

Harga Tiket Masuk Watu Gunung Ungaran

Tiket Watu Gunung Ungaran cukup terjangkau. Harganya berbeda selama kunjungan di hari kerja dan hari libur. Tiket ini belum termasuk biaya parkir kendaraan dan biaya sewa villa.

Berikut adalah daftar harga tiket masuk yang terupdate:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Weekdays Rp25.000,00 per orang
Tiket Masuk – Weekend Rp30.000,00 per orang
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan

Tiket yang cukup murah tentu menjadi kabar baik karena Anda bisa manfaatkan sisa budget yang ada untuk keperluan wisata lain. Salah satu contohnya untuk kulineran makanan khas Semarang terkenal favorit Anda.

Daya Tarik Wisata Watu Gunung Ungaran

Ungaran tak hanya identik dengan spot-spot wisata kuliner Semarang populer saja. Di kawasan wisata lereng gunung ini juga menyajikan banyak daya tarik. Termasuk daya tarik berikut yang akan Anda jumpai saat kunjungi Watu Gunung ini:

Bangunan Joglo Otentik

villa di watu gunung ungaran

Objek wisata Ungaran ini memiliki sejumlah bangunan khas Jawa Tengah yaitu Joglo di beberapa sudutnya. Joglo-Joglo tersebut tampak sangat teduh karena berada di bawah pepohonan yang rindang.

Bangunan Joglo tersebut ternyata bukan sekedar bangunan semata. Pemilik tempat ini juga memberikan nama yang unik untuk setiap Joglo tersebut. Misalnya saja Griyo Pholo.

Selain itu, ada juga Joglo yang diberi nama Rumah Panggung Walang Kekek, Wono Sekar, Kemuning, Kodok Ngorek, bahkan ada yang dinamakan Jeng Yuyu, serta Nyi Rumpung.

Perpaduan Alam dan Budaya

Wisata yang satu ini akan sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas stress. Sebab, Anda bisa menikmati daya tarik utama dari tempat ini yang memadukan antara wisata alam dan budaya.

Ketika melihat dari luar, Anda seolah sedang berada di sebuah padepokan lengkap dengan pondok-pondok kecil dan beberapa Joglo besar.

Pepohonan yang rindang memberikan kesan asri dan membuat suasana sekitar menjadi sejuk. Di dalamnya juga terdapat sebuah bebatuan besar layaknya di sungai.

Menikmati Danau Buatan

Jika sudah masuk ke tempat ini, Anda akan mendapati sebuah danau yang cantik. Lokasi danau ini berada di tengah area wisata sehingga membuatnya menonjol.

Danau ini memiliki luas sekitar 60 meter dengan kedalamannya mencapai 2 meter. Hadirnya danau ini membuat suasana wisata menjadi semakin asri.

Di sekitar danau. Anda juga bisa menemukan bebatuan kali yang membuat wisata ini semakin indah. Keberadaan pendopo yang mengelilingi area danau ini juga bisa Anda jadikan sebagai tempat beristirahat.

Spot Foto Instagenic

Mengunjungi sebuah objek wisata akan terasa kurang bila tak abadikan momen tersebut melalui fotografi. Kebetulan di tempat wisata ini terdapat beberapa spot menarik yang cocok untuk menjadi spot foto.

Sebut saja di area kolam renang, danau, bahkan di dekat bangunan pendopo dan Joglo. Dengan latar dekorasi pepohonan, hasil jepretan akan terlihat lebih menarik dan natural.

Fasilitas di Watu Gunung Ungaran

penginapan di watu gunung ungaran

Watu Gunung memiliki berbagai fasilitas yang sangat lengkap. Berikut daftar fasilitasnya:

  • kolam renang
  • area parkir kendaraan
  • resto
  • villa
  • aula
  • toilet umum
  • toko oleh-oleh dan souvenir
  • mushola

Berlibur di Watu Gunung akan menjadi keputusan yang tepat. Terlebih Anda mengajak keluarga atau orang tersayang. Liburan akan semakin menyenangkan dengan fasilitas yang memadai dan suguhan daya tarik yang mempesona.

Jangan lupa manfaatkan layanan paket wisata dari Salsa Wisata yang siap akomodir kebutuhan liburan Anda di Watu Gunung Ungaran ini. Layanan ini juga memungkinkan Anda untuk kunjungi tempat wisata Jawa Tengah viral lainnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)