SalSari Resto & Coffee

Jawa Tengah termasuk daerah yang memiliki banyak tempat wisata bernuansa alam yang asri. Tak heran bilang daerah ini banyak wisatawan yang berkunjung dari berbagai daerah.

Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk berlibur di Wisata Pereng Cilongok di daerah Banyumas. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang hijau dan udara yang sejuk.

Di sini, Anda bisa melepas penat, bersenang-senang, sekaligus belajar pembuatan gula merah. Menarik sekali bukan? Berikut kami berikan ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Wisata Pereng Cilongok

pedestrian Wisata Pereng Cilongok

Pereng merupakan bahasa Jawa yang artinya “lereng.” Tempat wisata ini dinamakan Pereng karena lokasinya di pedesaan yang teduh, tak jauh dari kaki Gunung Slamet. Itu sebabnya pula pemandangan di tempat wisata ini sangat indah.

Pereng Cilongok dibangun di atas lahan seluar 3 hektar dengan mengusung konsep wahana rekreasi dan edukasi. Tempat wisata hits di Jawa Tengah ini sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga.

Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan hijau yang dipenuhi pepohonan, terutama pohon-pohon kepala. Anda juga bisa bermain air dan belajar cara membuat gula merah. Tempat wisata ini cocok untuk menjadi destinasi karya wisata sekolah. Sudah banyak murid sekolah yang sering datang berkunjung ke sini untuk rekreasi dan edukasi alam. Anda bisa memanfaatkan layanan sewa bus pariwisata murah untuk mengakomodir seluruh peserta.

Jam Operasional Wisata Pereng Cilongok

Jam Operasional Pukul
Senin – Sabtu 08.00 – 16.30 WIB
Minggu 08.00 – 17.00 WIB

Rute Menuju Lokasi Wisata Pereng Cilongok

Taman ini berlokasi di Jalan Kalimanggis Utara, Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Tidak terlalu jauh dari tempat wisata Baturaden, hanya sekitar 40 menit perjalanan.

Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa di tempat sewa mobil terpercaya. Perjalanan bersama keluarga pun menjadi lebih nyaman dan praktis dengan membawa mobil sendiri.

Harga Tiket Masuk Wisata Pereng Cilongok

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00

Jangan lupa siapkan uang lebih agar Anda bisa mencicipi ragam kuliner di sini. Sekaligus berbelanja oleh-oleh khas Jawa Tengah makanan.

Daya Tarik Wisata Pereng Cilongok

kolam renang Wisata Pereng Cilongok

Tempat wisata yang asri dan hijau memang selalu menjadi pilihan favorit para wisatawan. Kita bisa bersantai dan menghindar dari padatnya kota selama beberapa saat.

Di Pereng Cilongok, Anda bisa melakukan itu semua sambil bersenang-senang. Sebab, tempat wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahana yang cocok untuk para wisatawan segala umur.

Waterpark Cilongok

Ingin berenang-renang, bermain air sambil menikmati pemandangan alam? Tak masalah! Anda bisa melakukannya di sini!

Wisata Pereng Cilongok menyediakan waterpark yang dapat Anda mainkan. Airnya jernih dan segar, khas air pedesaan.

Area ini terbagi menjadi dua, yaitu kolam renang biasa dan kolam renang dengan wahana alias waterpark. Untuk kolam renang biasa, siapa pun bisa bersantai di sini. Tapi memang tidak terlalu dalam jadi mungkin agak sulit bagi para orang dewasa untuk menyelam.

Sementara itu, di area waterpark terdapat seluncuran dan pancuran. Namun, waterpark ini memang tidak sebesar Go Wet Waterpark Grand Bekasi.

Kolam waterpark memang khusus untuk anak-anak, karena seluncuran dan pancurannya tidak terlalu besar. Kolamnya pun lebih dangkal.

Walau begitu, hal tersebut tidak mengurangi minat para wisatawan untuk merasakan kesegaran air kolam di tempat wisata ini.

Mengayuh Angsa di Danau dan Outbound

Jika Anda tidak ingin berenang dan bermain air, Anda bisa mencoba wahana bebek dan angsa kayuh yang terdapat di danau.

Danau ini memiliki airnya yang jernih, dan tepinya dihiasi oleh ban-ban bekas yang dicat berwarna-warni. Pepohonan rindang yang tumbuh di sekeliling danau pun menambah teduh area ini. Sangat cocok untuk bersantai.

Para wisatawan dapat berkeliling danau dengan mengayuh perahu berbentuk angsa yang juga berwarna-warni. Perahu-perahu ini dapat menampung kurang lebih lima orang dan dilengkapi dengan atap peneduh. Jadi, Anda tidak perlu cemas kepanasan atau kehujanan.

Untuk menikmati wahana ini, Anda tidak perlu membayarkan biaya tambahan.

Jika Anda ingin berkeliling area tempat wisata ini, Anda bisa menaiki becak mini. Sementara untuk sesuatu yang lebih menantang, Anda bisa mencoba flying fox dan sepeda gantung.

Seru sekali bukan?

Panggung Hiburan

Selain sebagai tempat berlibur keluarga, wisata Pereng ini juga cocok untuk tempat berkumpul dengan teman-teman sekolah dan kantor. Bahkan, sesekali tempat wisata ini juga biasa untuk acara ulang tahun atau pernikahan loh!

Di lokasi ini juga menyewakan aula dan panggung hiburan. Tapi, bila tidak sedang disewakan, pihak pengelola akan menggunakan panggung ini untuk hiburan bagi para wisatawan. Mereka kerap kali mengundang penyanyi lokal untuk memeriahkan suasana.

Asyik sekali ya!

Spot Foto yang Kece Abis

Jangan lupa untuk mengenakan pakaian modis Anda dan membawa kamera. Sebab, tempat wisata ini juga memiliki beberapa spot cantik yang pastinya instagramable.

Ada pepohonan kelapa yang rindang, tangga dengan birai dari kayu, jalan setapak dengan terowongan berbentuk hati dan masih banyak lagi.

Belajar Membuat Gula Merah

Nah, wahana yang baru saja dibuka di tempat wisata ini adalah wahana edukasi pembuatan gula merah.

Wahana ini dibangun sebab kawasan Pereng Cilongok ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa. Selain itu, hampir 80% penduduk Desa Cilongok berprofesi sebagai petani gula merah.

Wahana edukasi ini tentu berbeda dari tempat wisata hits di Purbalingga. Di sini, Anda akan diajak untuk membuat gula merah bersama para petani yang andal. Mulai dari pengambilan nira, hingga proses pengolahannya menjadi gula merah.

Fasilitas di Wisata Pereng Cilongok

Wisata Pereng Cilongok Banyumas

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Restoran
  • Kolam renang
  • Kamar ganti
  • Wahana permainan
  • Gazebo

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke sini, kami sarankan datang pada pagi hari saat udara masih sejuk, belum terlalu terik dan tempat wisata masih belum terlalu ramai. Jadi, Anda bisa sepuasnya mencoba seluruh wahana yang ada di sini.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)