SalSari Resto & Coffee

Kediri memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang menakjubkan. Beberapa di antaranya sangat cocok untuk pecinta alam. Misalnya Air Terjun Dolo yang sedang hits karena keindahannya dan ada kebun buah stroberinya.

Wisata alam di Kediri ini cocok untuk remaja dan orang dewasa, bukan untuk anak-anak. Sebab untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, pengunjung harus menaiki anak tangga yang cukup panjang dan melelahkan.

Banyak yang bertanya, berapa anak tangga di wisata air terjun ini, dan sudah pasti ada ratusan. Maka dari itu, pengunjung sebaiknya siapkan fisik sebelum naiki anak tangga di objek wisata alam ini.

Sekilas Tentang Wisata Air Terjun Dolo

air terjun dolo besuki kediri

Wisata Air Terjun Dolo berada di kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Lokasinya berada di tengah hutan, tepatnya di lereng Gunung Wilis. Jadi sangat wajar bila alam di sekitar air terjun masih sangat asri nan hijau.

Posisi di lereng gunung ini juga menyebabkan situs air terjun alami ini sulit untuk diakses. Pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga untuk bisa mencapai titik air terjun.

Begitu sampai di lokasi, suasana tenang dan juga pemandangan yang masih sangat alami begitu terasa. Suasana dan juga panorama semacam ini tentu sangat pas untuk Anda yang sudah sepekan lelah dengan rutinitas.

Air terjun setinggi 125 meter ini juga memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh wisata air terjun di Jogja Gunung Kidul. Yang membuatnya unik adalah adanya kebun stroberi. Anda pun bisa turut wisata petik stroberi di sini.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Dolo Kediri

mitos air terjun dolo kediri

Wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata air terjun ini harus membeli tiket terlebih dahulu. Besaran tiket masuk Air Terjun Dolo Kediri cukup murah. Tarif ini belum termasuk biaya parkir dan juga tiket wisata petik stroberi.

Untuk info detail seputar harga tiket dan biaya parkir, Anda bisa mengetahuinya di tabel di bawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp7.000,00
Parkir Motor Rp4.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Dolo

Lokasi Air Terjun Dolo berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kab. Kediri. Jarak dari pusat Kota Kediri sekitar 32 KM dan setidaknya Anda membutuhkan waktu 1 jam perjalanan.

Untuk pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, Anda bisa memanfaatkan sewa mobil terdekat yang ditawarkan oleh Salsa Wisata. Ada cukup banyak pilihan tipe mobil yang bisa Anda pilih. Sebut saja ada Hiace, Elf, Bus, dan mobil keluarga.

Untuk rute, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Kediri lalu menuju ke Jln Kediri – Tulungagung. Setelah melewati SPBU Branggahan, ada pertigaan besar, silahkan belok kanan ke Jln. Merak. Kemudian ikuti jalan menuju Air Terjun Dolo Kediri.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Dolo

Air terjun Kediri ini berada di lereng gunung dan di tengah hutan. Oleh sebab itu, tempat wisata ini menyimpan beragam daya tarik yang bisa pengunjung nikmati. Berikut ini beberapa daya tarik yang sudah pasti akan membuat pengunjung berdecak kagum.

Keindahan Air Terjun

lokasi air terjun dolo di kediri

Setelah beberapa menit menaiki dan menuruni anak tangga melewati lembah di lereng gunung, Anda akan tiba di kawasan air terjun. Suara air terjun terdengar bergemuruh dan udaranya sangat sejuk.

Air terjun ini terlihat sangat gagah. Di sisi kanan dan kirinya berhiaskan pepohonan serta tanaman hijau. Di bawahnya ada bebatuan. Uniknya, air terjun ini memiliki beberapa undakan.

Ada beberapa tingkatan yang dapat wisatawan nikmati. Tentunya, yang paling menjadi perhatian pengunjung adalah air terjun utama. Air terjun utama ini sangat estetik dengan air terjun kecil yang bertingkat.

Mitos Terkait dengan Pantangan

Beredar mitos bahwa ada sejumlah pantangan yang wajib pengunjung ketahui sebelum melanjutkan perjalanan menuju lokasi air terjun ini. Pantangan yang pertama adalah pengunjung tidak boleh bersiul.

Kemudian pantangan yang kedua, pengunjung dilarang bertepuk tangan. Dan pantangan yang ketiga, pengunjung tidak boleh menaruh niatan buruk selama berada di wisata air terjun ini.

Konon jika ada pengunjung yang melanggar salah satu pantangan tersebut, mitosnya ia akan celaka. Meski kini jaman sudah modern, tak ada salahnya untuk menghormati aturan yang sudah eksis dari dulu ini.

Memetik Buah Stroberi

jalan menuju air terjun dolo kediri

Objek wisata air terjun ini berada di ketinggian sekitar 1.800 mdpl sehingga suhunya sangat sejuk. Suhu ini sangat ideal untuk tanaman stroberi dan beragam sayuran khas daerah pegunungan seperti di area wisata Tawangmangu viral.

Untuk menuju kebun stroberi, Anda masih harus naik beberapa anak tangga lagi. Setelah itu, Anda akan melihat hamparan kebun stroberi yang luas. Saat musim panen, ada begitu banyak buah stroberi yang dijual di sekitar kebun.

Pengunjung juga boleh memetik stroberi ala wisata petik buah. Selain menyenangkan, buah stroberi yang berhasil dipetik dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Tentu dengan membayarnya terlebih dahulu.

Camping di Lokasi Wisata

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berada di kawasan air terjun lebih lama, bisa memilih untuk mendirikan tenda. Biasanya komunitas atau anak-anak muda menyukai kegiatan ini.

Area camping di sini juga cukup luas hingga bisa menampung puluhan tenda. Berhubung di sini belum tersedia jasa sewa tenda dan perlengkapannya, Anda harus membawa perlengkapan camping sendiri.

Tentu saja, ada beragam kegiatan yang bisa wisatawan lakukan saat camping. Misalnya saja kegiatan outbound atau kegiatan lain seperti memasak makanan khas Jawa Timur, membuat api unggun, dan bermain game.

Menikmati Kuliner

deskripsi air terjun dolo kediri

Di dalam lokasi wisata air terjun, ada cukup banyak pilihan warung yang menyajikan berbagai makanan dan minuman. Anda bisa menikmati secangkir kopi panas sebagai penghangat suasana.

Terlebih saat kabut mulai turun; suasana akan terasa semakin dingin. Saat merasakan suasana ini, memang paling tepat adalah menyantap kuliner hangat di warung.

Jika Anda masih belum lapar, Anda dapat menyantap camilan sebagai opsi lainnya. Warung-warung di sini juga menjual beberapa jenis kue kering khas Jawa Timur enak yang cocok sekali menjadi ‘teman’ ngopi Anda.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Dolo

wisata air terjun dolo kediri

Pengelola objek wisata telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Di antaranya ada fasilitas mushola, tempat parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, hingga warung kuliner.

Selain itu, ada fasilitas anak tangga lengkap dengan pegangan di sepanjang jalur menuju air terjun. Fasilitas lainnya yaitu camping ground dan playground untuk anak-anak bermain. Sedangkan untuk penginapan, Anda baru akan menjumpainya di Daerah Besuki.

Jam Buka Wisata Air Terjun Dolo

Secara resmi, jam buka Air Terjun Dolo mulai dari pagi hingga sore hari menjelang petang. Walau demikian, bagi yang memilih untuk camping, bisa menikmati kawasan wisata alam ini selama 24 jam.

Adapun jam buka untuk wisata air terjun ini adalah dari jam 07.00 sampai dengan jam 17.00 WIB. Bagi yang sekedar ingin berfoto ria atau trekking ringan, sebaiknya datang pagi atau siang hari saat cuaca sedang cerah.

Malam harinya, Anda bisa lanjutkan perjalanan wisata Anda ke Daerah Besuki. Di sini ada banyak pilihan pusat wisata kuliner yang tawarkan banyak jenis menu makanan tradisional Jawa. Anda bisa langsung memilih menu kesukaan Anda.

Liburan dengan mengunjungi sebuah air terjun alami bisa menjadi opsi yang tepat. Apalagi untuk Anda yang merindukan suasana tenang dan panorama hijau alami yang segarkan mata dan pikiran.

Agar agenda liburan ke destinasi wisata impian Anda ini nyaman, tidak ada salahnya untuk gunakan paket wisata dari Salsa Wisata. Tour organizer berpengalaman ini menawarkan beragam layanan paket wisata ke hampir seluruh wilayah Indonesia.

Team Salsa tentu akan senang hati bila Anda meminta team untuk mengakomodasi liburan Anda ke wisata Air Terjun Dolo Besuki Kediri ini. Dengan tarif yang affordable, Anda pasti akan sangat puas dengan kualitas pelayanan dan fasilitas yang kami berikan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)