SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Daerah Tawangmangu terletak di salah satu sisi kaki Gunung Lawu. Tempat ini menjadi pilihan utama bagi masyarakat Solo dan sekitarnya ketika ingin menikmati liburan di tempat yang berudara yang segar dan dingin. Kira-kira ada 12 tempat wisata Tawangmangu yang paling direkomendasikan.

Sebagian besar tempat wisata ini adalah objek wisata alam yang masih menyajikan panorama alami dan suasana yang tenang. Tak kaget jika banyak wisatawan yang memilih Tawangmangu sebagai tempat yang ideal untuk liburan.

Di bawah ini adalah daftar tempat wisata terkenal dan terbaru di Tawangmangu yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Daftar Tempat Wisata Tawangmangu yang Terkenal

Kawasan Wisata Gunung Lawu

Kawasan Wisata Gunung Lawu

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kawasan wisata alam Gunung Lawu berada di 3 wilayah kabupaten, yakni Magetan, Ngawi, dan Karanganyar. Gunung berapi ini menjulang tinggi dengan ketinggian 3.265 mdpl.

Lawu memiliki 3 puncak, yaitu Puncak Hargo Dalem, Puncak Hargo Dumilah, dan Puncak Hargo Dumiling. Ketiga puncak ini menawarkan spot strategis untuk melihat keindahan alam sekitar.

Di bagian sisi lereng gunung, ada banyak nama objek wisata terkenal. Contohnya saja Telaga Sarangan yang sangat cantik. Kemudian baru-baru ini muncul tempat wisata Tawangmangu kekinian, yakni Tawangmangu Resort.

Gunung ini masih dianggap sebagai salah satu gunung yang sakral. Bahkan tempat ini masih menjadi pusat lokasi untuk ritual malam 1 Suro oleh masyarakat setempat.

Anda yang hendak datang dan liburan di sini, jangan lupa siapkan uang Rp20.000,00 untuk retribusi tiket masuk ke kawasan Gunung Lawu. Silahkan Anda bisa datang kapan saja karena wisata alam ini buka 24 jam.

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Danau Tawangmangu ini adalah danau alami yang berada di ketinggian 1.200 mdpl tepat di lereng Gunung Lawu. Total luas danau ini mencapai 30 Ha dan memiliki kedalaman sekitar 28 meter. Lokasinya ada di Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan.

Saat pagi hari, seringnya area permukaan danau ini tertutup kabut. Pemandangan ini terlihat sangat indah karena terkesan ada efek misty dan misterius.

Air danaunya juga bersih dan tampak berkilauan ketika terkena pantulan sinar matahari. Pemandangan danau yang buka 24 jam ini terlihat semakin cantik dengan hiasan alami pepohonan yang tampak berbaris rapi.

Bagi masyarakat Magetan sendiri, Telaga Sarangan adalah sebuah objek wisata terkenal yang menawarkan atraksi wisata yang menawan. Diantaranya adalah wisata keliling telaga dengan menggunakan perahu atau speedboat. Retribusi tiket masuknya juga murah. Hanya Rp20.000,00 saja.

Lawu Park

Lawu Park

Tempat wisata Lawu Park ini merupakan suatu kawasan wisata alam yang menampilkan pesona alam hutan pinus yang masih sangat asri. Di area wisatanya sendiri terdapat sejumlah wahana menarik seperti ATV, permainan flying fox, Jeep adventure, dan trail adventure.

Di samping itu, ada juga aktivitas seru yang boleh Anda coba di sini. Misal camping, outbound, dan menonton film dokumenter di 3D Cinema.

Anda bisa datang ke sini kapan saja dengan biaya tiket masuk yang cukup murah, yaitu Rp20.000, 00 saja untuk dewasa dan Rp10.000,00 untuk anak-anak.

Cek alamatnya di sini: Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Jam operasional tempat ini mulai dari jam 07.30 sampai jam 20.00 WIB.

Candi Cetho

Candi Cetho

Situs wisata sejarah Candi Cetho adalah satu diantara beberapa tempat wisata di lereng Gunung Lawu. Lokasi situs ini cukup dekat dengan Candi Sukuh. Candi ini adalah candi bercorak Hindu. Perkiraan waktu pembangunannya adalah sekitar abad ke-15 Masehi.

Untuk sampai di lokasi candi ini, para pengunjung biasanya akan melewati jalur yang sama dengan jalur menuju Air Terjun Grojogan Sewu. Karena dekat dengan air terjun, lingkungan di sekitar candi terasa sejuk. Bahkan seringnya candi ini tertutup oleh kabut di pagi hari dan saat petang.

Bagi yang penasaran dengan Candi Cetho, candi ini terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Karanganyar. Untuk memasukinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak; hanya Rp7.000,00 saja. Catat jam operasionalnya ya, yaitu pukul 09.00-17.00 WIB.

Air Terjun Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Wisata alam Air Terjun Grojogan Sewu terletak 27 KM di sisi Timur Kota Karanganyar. Tepatnya di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Jarak tempuh yang cukup jauh ini bisa Anda akses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa dari agen sewa mobil Avanza murah di Solo. Alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan bus umum dari Kota Solo menuju Tawangmangu. Biayanya hanya Rp10.000,00 saja tapi waktu tempuhnya tentu saja akan lebih lama.

Air terjun ini memiliki banyak cabang yang lebih kecil dan jumlah cabangnya sangat banyak. Karena hal inilah air terjun ini kemudian diberi nama Grojogan Sewu yang artinya air terjun yang berjumlah seribu.

Anda pasti sangat penasaran seperti apa Air Terjun Grojogan Sewu ini, bukan? Jika penasaran dan ingin datang ke sini, silahkan cek jam bukanya terlebih dahulu. Jam buka tempat wisata ini antara pukul 08.00-16.00 WIB. Tiket masuknya sangat murah, yakni Rp15.000,00 per orang.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Air terjun yang ada di Desa Berjo, Karanganyar, ini memang berjarak jauh dari Kota Solo. Jarak dari Solo ke wisata alam air terjun ini kurang lebih 40 KM. Akan tetapi banyak rombongan wisatawan yang senang sekali datang ke sini dengan menggunakan bus dari layanan sewa bus pariwisata Solo.

Wajar sekali air terjun ini jadi primadona karena selain indah, objek wisata ini juga murah. Tiket masuknya saja hanya Rp15.000,00 per orang. Wisata air terjun ini juga memberlakukan jam buka yang ideal, yaitu dari jam 07.00 sampai jam 17.00 WIB.

Air terjun setinggi sekitar 30 meter ini beralamat di Jalan Berjo, Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Wisatawan yang berkunjung pasti akan betah karena Air Terjun Jumog ini juga mempunyai fasilitas yang lengkap.

Daftar fasilitas yang ada di sini antara lain gazebo, kolam renang, wahana permainan anak, dan warung makan. Hebatnya lagi, di sekitar tempat wisata ini terdapat homestay atau cottage yang bisa jadi alternatif untuk menginap.

Cemoro Kandang

Cemoro Kandang

Kawasan Cemoro Kandang ini sebenarnya adalah sebuah jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu. Namun jalur ini juga dapat diakses oleh mereka para wisatawan. Lokasi jalur pendakian ini ada di Dusun Gondosuli, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

Suguhan yang akan Anda dapatkan ketika berada di area wisata ini adalah pemandangan hutan yang subur dan hijau. Dan karena terletak di atas ketinggian, Anda juga bisa melihat keindahan Kota Solo dan Telaga Sarangan.

Jangan lupa untuk mencicipi segelas kopi hangat dan gorengan hangat di salah satu warung yang ada di sini. Kombinasi kuliner ini sudah pasti akan membuat badan Anda sedikit lebih hangat di tengah terpaan udara dingin pegunungan.

Untuk datang ke lokasi wisata ini, cukup merogoh kantong Rp15.000,00 saja untuk per-orang. Anda juga bebas datang ke tempat ini jam berapa saja karena tempat ini buka selama 24 jam.

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan

Wisata bukit di Tawangmangu juga tak bisa lepas dari ‘incaran’ para wisatawan untuk dikunjungi, seperti Bukit Sekipan ini. Tempat ini memang cocok sekali menjadi destinasi liburan untuk keluarga karena memiliki banyak opsi wahana permainan dan juga spot untuk berselfi ria.

Menariknya lagi, kebanyakan spot foto di tempat ini dibuat menyerupai ikon-ikon dunia. Meski harus membeli tiket dengan harga yang cukup mahal, yakni Rp50.000,00, Anda pasti akan puas liburan di sini.

HTM di atas belum termasuk tiket wahana ya. Jika ingin praktis dan tak perlu mengeluarkan biaya lagi, kami rekomendasikan Anda untuk membeli tiket terusan yang harganya Rp100.000,00. Tiket terusan ini sudah termasuk biaya bermain wahana.

Untuk obati rasa penasaran Anda, langsung kunjungi saja di alamat Jalan Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Jam bukanya mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Mojosemi Forest Park

mojosemi forest park tawangmangu

Anak-anak umumnya sangat penasaran dengan kehidupan satwa pra-sejarah, Dinosaurus, dan di Tawangmangu ada sebuah taman hiburan yang bertemakan Dinosaurus, Mojosemi Forest Park namanya. Taman Dinosaurus ini masih terbilang baru tapi sangat pantas untuk masuk daftar 12 tempat wisata Tawangmangu terkenal berkat keunikannya.

Mojosemi Forest Park ini terbagi menjadi 3 zona, yaitu Dino Hunter, Dino Show, dan Taman Dino. Ketiganya menawarkan petualangan yang epik bagi anak-anak.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp20.000,00 untuk dewasa dan Rp10.000,00 untuk anak-anak. HTM ini berlaku untuk kunjungan wisata di hari kerja. Sedang HTM selama weekend atau hari libur nasional hanya Rp5.000,00 lebih mahal dari tiket hari biasa.

Jika minat liburan di sini, kunjungi saja objek wisata ini. Lokasinya ada di Jalan Raya Sarangan, Cemoro Sewu KM 5, Kali Jumog, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Magetan. Pastikan Anda datang antara jam 9 pagi dan jam 4 sore ya karena di luar jam operasional tersebut, tempat wisata ini tutup.

Telaga Madirda

Telaga Madirda

Desa Berjo memiliki sebuah danau alami yang bernama Telaga Madirda. Danau ini tentunya menambah daftar danau alami di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Telaga Madirda ini juga sering jadi destinasi wisata alternatif setelah Kebun Teh Kemuning.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat liburan di sini. Contohnya adalah keliling telaga dengan perahu atau kano. Atau boleh juga piknik bersama pasangan dan anak-anak.

Kegiatan lainnya adalah menjajal olahraga memanah atau masyarakat setempat menyebutnya jemparingan. Dan kegiatan yang terakhir adalah camping. Cukup membayar tiket Rp10.000,00 saja, Anda bisa menikmati keindahan telaga ini. Telaga Madirda ini buka dari jam 06.30 sampai jam 18.00 WIB.

Candi Sukuh

Candi Sukuh

Bangunan candi ini pastinya menarik hati wisatawan yang menyukai sejarah dan budaya. Sama seperti Candi Cetho, Candi Sukuh ini juga bercorak Hindu dan sudah eksis sejak abad 15 M.

Namun jika Anda lihat dari struktur dan detail bangunan, candi ini terlihat berbeda dan cenderung menyimpang dari candi-candi Hindu pada umumnya. Candi yang berdiri di atas lahan seluas 5.500 meter persegi mempunyai 3 teras.

Bagian platform tiap terasnya memiliki pagar keliling yang terbuat dari batu setinggi 2 meter. Sepintas, bangunan candi ini sangat mirip dengan situs pemujaan Suku Maya.

Objek wisata candi ini beralamat di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jateng. Tempat ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Tiket masuknya tergolong murah. Harganya hanya Rp7.000,00 per pengunjung.

Itulah 12 tempat wisata Tawangmangu populer yang berhasil kami rangkum. Tempat-tempat wisata ini sangat recommended untuk Anda kunjungi ketika liburan bersama anggota keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat dan bahkan jadi referensi baru untuk Anda. Selamat liburan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

4.2/5 - (5 votes)