SalSari Resto & Coffee

Banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Sebagai kota dengan sejuta wisata, Yogya tidak pernah kekurangan pengunjung. Lalu, bagaimana dengan Magelang? Kota tetangga Yogyakarta ini mungkin hanya dikenal dengan Candi Borobudur. Padahal, tempat wisata Magelang itu ada banyak.

Kota ini dikaruniai dengan alam yang indah, sama seperti Yogyakarta. Maka itu, sayang kalau Anda tidak eksplor alamnya. Salah satu wisata alam yang ada di Magelang yaitu Air Terjun Sekar Langit.

Wisata yang terletak di Desa Telogorejo ini ada di lereng gunung Telomoyo. Gunung ini sendiri jadi batas wilayah tiga wilayah yaitu Semarang, Salatiga, dan Magelang. Bisa dibilang, air terjun ini ada di antara pegunungan.

Di sisi barat, ada Gunung Sindoro dan Sumbing di yang merupakan wisata gunung terkenal di Dieng. Di sisi selatan dan timur, ada Gunung Andong, Gunung Merbabu, dan Merapi.

Sekilas Tentang Air Terjun Sekar Langit

loket Air Terjun Sekarlangit

Yang membuat air terjun ini terkenal yaitu mitos di baliknya. Penduduk percaya bahwa kisah Jaka Tarub terjadi di air terjun Sekar Langit. Di sini, Jaka Tarub diam-diam menyaksikan tujuh bidadari yang sedang mandi di telaga.

Karena terpana oleh kecantikan salah satunya, Jaka Tarub kemudian mencuri selendang bidadari tersebut. Bidadari yang selendangnya dicuri Jaka Tarub bernama Nawang Wulan. Nawang Wulan jadi tidak bisa kembali ke kahyangan karena selendangnya hilang.

Padahal, selendang itulah yang bisa membuat para bidadari terbang pulang. Itu adalah kendaraan para bidadari untuk bisa pulang dan pergi ke bumi. Saat sedang mencari selendangnya, Nawang Wulan pun bertemu Jaka Tarub.

Mereka akhirnya saling jatuh cinta dan menikah. Dari pernikahan tersebut, lahirlah anak yang diberi nama Nawangsih. Air terjun inilah yang jadi saksi kisah Jaka Tarub – Nawangwulan. Bukan cuma itu, orang-orang setempat juga percaya bahwa ada angsa emas yang tinggal di telaga ini.

Namun, tidak semua orang yang bisa melihatnya. Cuma orang-orang yang batinnya sudah terasah tajam saja yang bisa melihat angsa tersebut berenang di telaga. Kisah-kisah legenda di balik air terjun inilah yang kemudian menarik wisatawan.

Selain cerita mitosnya, keindahan air terjun itu sendiri sebetulnya sudah cukup untuk menjadi daya tarik. Pepohonan di sekitarnya memberi kesejukan, amat sedap dipandang mata. Air di telaganya juga dingin dan sejuk.

Tak heran, tempat ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film lawas Indonesia. Buat Anda kelahiran 70-an pasti pernah dengar film “Yohana Gadis Rimba”. Film yang dibintangi Lydia Kandou itu mengambil set di sini, menonjolkan keindahan Sekar Langit.

Fasilitas Air Terjun Sekar Langit

Secara keseluruhan tempat wisata alam Magelang Instagramable ini punya fasilitas umum yang lengkap dan memadai. Tepat sebelum gerbang, ada tempat parkir yang luas.

Akses jalan menuju lokasi air terjunnya juga sudah diperbaiki dan dibangun ulang. Jalan tersebut sudah mulus, sehingga bisa dilewati sepeda biasa, bukan sepeda gunung. Fasilitas pelengkap lainnya meliputi toilet dan mushola.

Jika lapar, Anda bisa jajan di berbagai kios-kios makanan yang berjejer di dekat area parkir. Meskipun menunya terbatas, Anda bisa mencicipi kuliner khas Magelang yang enak di sini. Harganya juga sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sekar Langit

Untuk menikmati Air Terjun Sekar Langit, pengunjung tidak perlu bayar mahal. Berikut daftar harga tiketnya.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp4.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Air Terjun Sekar Langit

rute Air Terjun Sekarlangit

Meskipun letaknya ada di antara pegunungan, jalan menuju Air Terjun Sekar Langit adalah jalan raya yang bisa diakses semua kendaraan. Air terjun ini berada di kecamatan Grabag, Magelang.

Lokasinya berbatasan langsung dengan Salatiga dan Semarang. Kalau Anda datang dari arah Temanggung dan sekitarnya, Anda bisa menuju ke arah Secang untuk mencapai Grabag.

Setelah itu, ikuti saja jalan menuju Pasar Grabag. Dari situ, ambil kanan ke arah Terminal Baru, dan belok kanan lagi menuju Ngablak. Anda akan melihat gerbang masuk Sekar Langit sdi sebelah kiri.

Kalau Anda datang dari arah Kopeng, Salatiga, dan sekitarnya, Anda bisa berkendara menuju Getasan. Lurus saja sampai melihat gerbang masuknya. Jauh lebih simpel jika Anda mengambil rute ini.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa gunakan layanan rental mobil mobilio plus driver Jogja agar lebih memudahkan mobilitas ke tempat wisata yang lain, termasuk ke pusat oleh-oleh khas Magaelang makanan.

Daya Tarik Air Terjun Sekar Langit

Seperti umumnya wisata alam, yang bisa Anda nikmati dari Sekar Langit adalah pemandangannya. Berikut cara memaksimalkannya.

Trekking

Air terjun ini tidak berada di pinggir jalan. Untuk mencapainya, Anda harus sedikit trekking. Jalannya kira-kira lima ratus meter dari pintu gerbang. Butuh waktu sekurangnya lima belas menit berjalan kaki.

Jalan setapak ini sudah diperbarui, jadi Anda tidak perlu pakai sepatu gunung. Cukup sepatu bersol karet biasa. Meskipun begitu, Anda tetap harus hati-hati saat musim hujan. Sepanjang trekking singkat ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang apik.

Ada beberapa spot yang dipenuhi dengan pohon-pohon bambu. Di bagian kiri adalah jurang yang di dasarnya kebun kopi. Indah dan begitu memanjakan mata. Belum lagi kicau burung yang menemani langkah Anda menuju air terjun.

Memang, rutenya tidak panjang dan mudah. Meskipun begitu, jalan ini cocok untuk hiker dan trekker pemula. Jalan ini juga bisa dilalui sepeda, lho.

Jembatan Pelangi

jembatan pelangi Air Terjun Sekarlangit

Ketika sudah dekat dengan air terjun, Anda akan mulai mendengar suara kucuran air yang deras. Jurang yang ada di pinggir jalan juga semakin pendek. Ini menandakan bahwa sebentar lagi Anda akan sampai di lokasi Sekar Langit.

Anda harus melewati sungai yang lumayan lebar untuk bisa mencapai air terjun. Tenang saja, Anda tidak perlu mengarungi sungai tersebut. Ada jembatan kayu yang melintang di atasnya dan dicat warna-warni, menambah keindahan pada alam sekitar.

Dulu, sebelum tempat ini jadi tempat wisata, jembatannya hanya berupa jalinan bambu sederhana. Seiring dengan banyaknya pengunjung yang membuat tempat ini jadi viral, jembatan ini dibangun ulang dan dihias. Cocok jadi lokasi foto.

Hunting Foto Pemandangan

sungai air terjun sekar langit

Sekar Langit sendiri artinya Bunga dari Langit dalam bahasa Jawa. Air terjun ini memang tepat menggambarkan namanya. Air ini serasa jatuh dari langit, dengan ketinggian dua puluh lima meter. Wisata alam air terjun ini merupakan bagian dari Sungai Elo, yang mengalir langsung ke Laut Selatan.

Dengan pemandangan seperti itu, rasanya sayang kalau Anda tidak mengabadikannya dalam foto. Setiap sudut wisata alam ini menyajikan panorama yang cantik. Anda bisa berdiri di atas salah satu batunya untuk berfoto dengan latar belakang air terjun.

Namun hati-hati, batu-batu tersebut licin. Hindari berdiri terlalu dekat dengan lokasi jatuhnya air, karena arusnya sangat deras.

Bermain Air

bermain di Air Terjun Sekarlangit

Pengunjung boleh bermain air, menikmati kesejukan air Sekar Langit. Kedalaman telaganya bervariasi. Semakin mendekati titik jatuhnya air, telaganya jadi semakin dalam. Hati-hati saat berendam di sini jika hujan, karena debit airnya bisa semakin tinggi. Sekar Langit sering dapat kiriman air dari Gunung Merbabu.

Berendam dan bermain air di Sekar Langit bukan cuma sekadar untuk menjajal kesejukannya. Beberapa orang percaya bahwa air di sini berkhasiat. Konon, berendam di sini bisa menyembuhkan segala penyakit, dan mencuci muka di sini bisa membuat awet muda.

Pertapaan Jaka Tarub

pertpaan jaka tarub Air Terjun Sekarlangit

Kalau Anda melihat ke arah kiri air terjun, Anda akan melihat sebuah area lapang. Area tersebut tidak besar, tapi tampak tidak biasa di tengah semua tanaman yang tumbuh subur. Kabarnya, konon di area inilah Jaka Tarub menyaksikan para bidadari mandi di telaga. Di sini pula ia mencuri selendang Nawang Wulan.

Karena itulah, banyak orang yang kemudian menjadikan area tersebut sebagai tempat pertapaan Jaka Tarub. Area pertapaan itu kemudian sering dikunjungi wisatawan, terutama yang masih muda, karena kabarnya yang berdiri di situ akan segera bertemu jodoh. Terlepas dari mitosnya, berdiri di titik ini, Anda bisa menyaksikan Sekar Langit dari sudut yang sempurna.

Jam Operasional Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit buka tiap hari, dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Disarankan untuk datang di pagi hari, jadi Anda masih bisa merasakan kesejukan suasana alam di sini saat matahari belum terik. Pilih juga untuk datang ketika musim kemarau, jadi debit airnya normal.

Sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Air Terjun Sekar Langit. Kalau Anda sedang merencanakan liburan ke sini, Anda bisa pesan paket wisata Jogja 1 hari dari Salsa Wisata.

Bersama Salsa Wisata, Anda bisa memilih berbagai tempat wisata favorit di seluruh Indonesia, termasuk Magelang. Dengan harga yang terbaik di kelasnya, Salsa Wisata siap menemani Anda berlibur tanpa repot.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)