SalSari Resto & Coffee

Bosan dengan kolam renang yang itu-itu saja? Mungkin kini saatnya Anda coba waterpark. Wahana bermain air jelas jauh lebih seru ketimbang kolam renang. Di Jogja sendiri, sudah ada beberapa waterboom murah yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Salah satunya adalah Balong Waterpark.

Di sini, Anda bukan cuma bisa berenang, tapi juga bermain air. Seluruh keluarga bisa ikut menikmatinya. Ada beberapa kolam yang bisa Anda dan keluarga pilih sesuai keinginan.

Berada di selatan Jogja, waterpark ini selalu penuh pengunjung. Terutama ketika akhir pekan atau musim liburan. Tak heran, karena tempatnya memang seru. Ada beberapa pilihan perosotan air dengan berbagai ukuran.

Ada kolam hujan juga. Nah, kalau Anda lelah berenang dan bermain air bersama keluarga, ada macam-macam cafe yang menawarkan kuliner khas Jogja yang enak.

Sekilas Tentang Balong Waterpark

Loket Balong Waterpark Jogja

Balong waterpark disebut-sebut sebagai waterpark pertama di Jogja. Memang, namanya tidak seterkenal Jogja Bay atau Galaxy Waterpark. Namun, itu justru memberi beberapa keuntungan bagi Anda.

Pertama, pengunjungnya tidak sebanyak waterpark yang sudah lebih terkenal. Kedua, harga tiketnya juga lebih murah. Dengan jumlah pengunjung yang masih bisa ditolerir dan harga yang lebih pas di kantong, waterpark ini sama serunya dengan waterpark lainnya.

Ditambah lagi, lokasinya lumayan jauh dari pusat kota. Ini membuat wisata air Jogja ini jadi lebih asri dan sepi. Bukan cuma wisatawan yang berenang di sini, tapi juga penduduk lokal. Mengapa namanya Balong?

Sebetulnya, itu adalah nama desa tempat waterpark ini dibangun. Ya, tempat ini memang berada di desa. Namun jangan kira tempatnya jadi susah dijangkau. Akses jalan menuju Balong bagus, meski jalan di depannya memang bukan jalan besar.

Lengkapnya wahana air di sini membuat pengunjung betah. Rata-rata, mereka yang main air di wahana ini menghabiskan waktu sampai 2,5 jam. Usia pengunjung beragam, dari balita sampai orangtua.

Anda yang mahir berenang bisa menggunakan kolam renang dewasa di bagian dalam. Bagi anak-anak ada kolam balita dan kolam perosotan yang tersedia.

Harga Tiket Balong Waterpark

Dibandingkan dengan waterpark-waterpark bagus Jogja lainnya, tiket Balong Waterpark sangat bersahabat. Harga anak dan harga dewasa tidak ada bedanya. Anak-anak di atas usia 1 tahun dihitung penuh. Berikut ini rincian tarif tiket masuknya.

Retribusi Tarif
Senin-Jumat Rp15.000,00
Sabtu-Minggu (dan tanggal merah) Rp20.000,00

Jangan lupa siapkan uang tunai lebih untuk membeli makan di cafe dan untuk parkir.

Rute Menuju Balong Waterpark

wisata Balong Waterpark Jogja

Balong Waterpark berada di jalan Pleret KM 1,5, Potorono, Banguntapan, Bantul. Butuh waktu berkendara kurang lebih tiga puluh menit dari pusat kota Jogja untuk mencapai tempat wisata ini. Dari sana, Anda bisa ambil jalan Ring Road Timur, lalu belok ke Jalan Jogja Wonosari di lampu merah Ketandan.

Di KM 8, tepat di seberang Pasar Potorono, Anda bisa belok ke kanan. Di pertigaan kedua, ambil kiri. Ikuti jalan sampai bertemu SPBU di kanan jalan. Balong Waterpark ada di dalam SPBU tersebut.

Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi atau layanan rental mobil Innova Jogja plus driver agar memudahkan transportasi mu saat ingin berkunjung ke tempat wisata lainnya.

Kalau Anda menyewa mobil plus driver, Anda bisa minta mampir ke pusat oleh-oleh khas Jogja selain gudeg yang ada banyak di Jalan Solo.

Daya Tarik Balong Waterpark

Anda bisa mengajak seluruh keluarga liburan murah meriah di waterpark yang satu ini. Ini alasan mengapa wisata ini cocok untuk keluarga.

Kolam Balita

kolama anak Balong Waterpark Jogja

Pertama kali masuk ke area, kolam yang Anda lihat adalah kolam balita. Kolam yang satu ini memang diperuntukkan bagi anak-anak kecil yang belum bisa berenang. Dengan ketinggian air kurang dari lima puluh centimeter, Anda tidak perlu khawatir anak-anak tenggelam.

Meski dibuat untuk anak-anak, kolam ini justru dilengkapi dengan wahana yang lengkap. Ada dua macam perosotan di sini, perosotan lurus dan perosotan melingkar. Untuk menuju perosotan melingkar, ada tangga warna-warni yang juga bisa jadi tempat anak bermain.

Namun yang paling menarik adalah ember tumpah. Ada ember raksasa di atas perosotan melingkar dan tangga warna-warni. Ember tersebut terus diisi air. Ketika sudah penuh, embernya akan tumpah ke bawah.

Airnya akan membanjiri anak-anak di bawahnya. Inilah yang membuat anak-anak betah di kolam balita.

Kolam Renang Medium

wahana Balong Waterpark Jogja

Antara kolam renang balita dan kolam renang medium, terdapat taman mini yang ditumbuhi sesemakan dan pepohonan kecil. Taman itu berguna untuk membuat area kolam jadi lebih teduh.

Mengapa disebut kolam medium? Karena kolam ini diperuntukkan bagi remaja atau anak-anak yang sudah lebih besar, tapi kurang cocok untuk orang dewasa yang sudah mahir berenang.

Ketinggian airnya juga cuma sebatas pinggang orang dewasa. Namun, ini adalah pusat atraksi dari keseluruhan waterpark. Di kolam ini, terdapat tiga perosotan raksasa dengan warna belang-belang.

Satu perosotan terlihat begitu menantang, dengan jalur berkelok dan ketinggian yang lumayan ekstrem. Dua perosotan lainnya berdiri bersisian. Dua yang ini jalurnya lurus dengan kecuraman yang membuat adrenalin bergejolak.

Untuk bisa menaiki perosotan-perosotan ini, Anda harus mendaki banyak anak tangga. Dari puncak anak tangganya, Anda bisa melihat pemandangan di sekitar Balong.

Kolam Kecil

kolam arus Balong Waterpark Jogja

Jika Anda membawa anak Anda berenang pakai pelampung, bisa coba berenang di kolam kecil ini Kolam ini mengitari kolam medium. Bentuknya seperti selokan besar. Di ujung kolam ini, terdapat hujan buatan yang menyembur dari pipa-pipa di atas.

Pasti bisa membuat anak Anda ketagihan untuk berenang di kolam ini. Kolam kecil ini tingginya juga cuma sepinggang orang dewasa. Kurang cocok dipakai berenang.

Melintas di bawah jembatan, kolam ini memang diperuntukkan bagi anak-anak dengan ban pelampung. Mengapung pelan di sini memang seru, menyaksikan mereka yang meluncur dari perosotan raksasa.

Kolam Renang Dewasa

kolam dewasa Balong Waterpark Jogja

Terakhir, di paling ujung, ada kolam renang dewasa. Sebetulnya ini adalah kolam renang biasa yang diperuntukkan bagi Anda yang sudah mahir berenang. Kedalamannya bervariasi. Jika ingin berenang di tempat yang tidak terlalu dalam, Anda bisa berenang di pinggir-pinggir saja.

Kolam renang ini memang tidak dilengkapi wahana apa-apa, karena fungsinya memang cuma untuk berenang. Meskipun demikian, tempatnya cukup luas. Anda bisa membakar banyak kalori dengan berenang bolak-balik dari ujung ke ujung.

Fasilitas Balong Waterpark

kantin Balong Waterpark Jogja

Secara keseluruhan, fasilitas di wisata air ini cukup lengkap, baik fasilitas umum maupun fasilitas pendukung. Fasilitas umumnya meliputi area parkir yang luas untuk mobil dan motor, tempat sampah di beberapa titik, mushola, wifi, serta toilet.

Untuk fasilitas pendukungnya, waterpark ini menyediakan cafe tempat Anda bisa mengisi perut setelah berenang dan main air. Banyak tersedia ruang bilas yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Ruang bilasnya luas, dengan pancuran dan bilik-bilik kamar mandi.

Tersedia juga loker dan kuncinya untuk menyimpan barang bawaan Anda. Ada tempat duduk beratap di pinggir kolam renang, diperuntukkan bagi Anda yang tidak ingin basah-basahan. Terakhir, untuk yang tidak bisa berenang, ada juga fasilitas penyewaan pelampung.

Jam Operasional Balong Waterpark

Balong Waterpark buka dari pukul 10.00 sampai pukul 18.00 WIB. Disarankan untuk datang begitu kolamnya buka di hari kerja, jadi Anda bisa berenang dengan lebih leluasa karena belum banyak pengunjung yang datang. Berenang pagi-pagi juga lebih nyaman, karena matahari belum begitu terik.

Jika Anda berwisata ke Jogja, jangan lupa untuk gunakan paket wisata Jogja 3 hari dari Salsa Wisata. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa liburan bebas masalah di Jogja. Yang harus Anda lakukan hanyalah menentukan destinasi wisata mana saja yang hendak Anda kunjungi. Kami akan mengatur semua untuk Anda.

 



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)