earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Di Bandung Timur ada sebuah objek wisata alam yang asri, hijau, namun sedikit misterius. Namanya adalah Batu Kuda.

Tempat wisata alam ini berada di Gunung Manglayang yang sebenarnya masih dalam kategori kawasan perbukitan.

Sama seperti objek wisata alam gunung pada umumnya, tempat ini memiliki panorama alam yang masih sangat natural.

Rupanya, situs wisata ini adalah aset milik Perum Perhutani yang terletak di Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung.

Tempat ini memiliki daya tarik wisata yang sangat besar. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sini.

Namun sebelum kami bahas seputar wisata di tempat ini, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu soal asal-usul tempat ini.

Sejarah Batu Kuda

Batu Kuda adalah sebuah situs wisata alam di Kabupaten Bandung di mana lokasinya ada di ketinggian 1150-1300 mdpl. Sebagian besar areanya berupa perbukitan yang ditumbuhi hutan pinus.

Di dalam kawasan tempat wisata Bandung hits ini terdapat sebuah batu misterius yang justru menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Batu ini merupakan situs sejarah peninggalan sebelum masuknya agama Islam.

Konon, batu ini adalah perwujudan seekor kuda milik Prabu Layang Kusuma dengan permaisurinya, yaitu Ratu Layang Sari.

Menurut informasi yang kami peroleh, kuda terbang ini berasal dari Daerah Gunung Kidul. Kuda tersebut bernama Semprani.

Pada saat itu, Semprani terperosok ke dalam kubangan saat melintasi Gunung Manglayang. Hanya sebagian tubuh saja yang terlihat. Kini kubangan Sang Kuda menjadi sebuah situs wisata.

Daya Tarik Batu Kuda

Daya Tarik Batu Kuda

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada cukup banyak hal menarik dari situs wisata ini. Sebut saja yang paling kentara adalah view atau panorama alamnya yang masih sangat asri dan asli.

Kemudian juga suasana yang disuguhkan, yaitu suasana tenang yang jarang sekali bisa Anda dapatkan di perkotaan.

Dan hal menarik lainnya adalah aktivitas seru yang boleh Anda coba lakukan di sini. Apa saja aktivitas yang dimaksud? Simak informasinya di bawah ini:

Piknik Keluarga

Akhir pekan atau libur panjang adalah saat yang tepat untuk piknik. Tak perlu jauh-jauh ke Cikole jika di sini saja ada tempat yang nyaman untuk mengadakan acara piknik keluarga.

Di sini ada area luas yang bisa Anda manfaatkan untuk piknik. Siapkan bekal dari rumah dan jangan lupa untuk membawa perlengkapan piknik seperti tikar.

Akan lebih afdol lagi jika bekal makanan yang Anda siapkan adalah makanan khas Bandung yang mudah dibuat. Sudah pasti acara piknik yang satu ini akan menjadi momen terbaik dalam hidup Anda.

Berfoto Ria

Siapkan kamera terbaik Anda ketika akan liburan ke tempat yang satu ini. Pasalnya, ada banyak spot cantik yang layak untuk menjadi objek fotografi. Area hutan pinus hanya salah satu contohnya saja.

Kemudian ada juga spot yang memperlihatkan pemandangan Kota Bandung dari atas puncak bintang seperti yang ditawarkan oleh wisata Bukit Bintang.

Bersantai di Hammock

Ingin sekali-kali menikmati waktu santai saat liburan? Cobalah bersantai di atas hammock dan rasakan sensasinya. Ada banyak sekali pilihan hammock yang dapat Anda sewa. Warnanya juga sangat beragam.

Hammock-hammock tersebut sudah terpasang di antara dua pohon pinus, jadi Anda tinggal memakainya saja.

Hiking

Aktivitas hiking memang sangat menyenangkan. Apalagi hiking di area yang jalurnya tidak begitu sulit.

Untuk mempermudah para pengunjung yang ingin hiking, pihak pengelola wisata ini telah menyediakan jalur khusus hiking.

Jalur ini berupa anak tangga yang menurun dan menanjak mengikuti kontur tanah perbukitan.

Wisata Camping

Salah satu aktivitas seru yang kami rekomendasikan di sini adalah wisata camping. Ada banyak pengunjung yang sengaja datang jauh-jauh untuk menikmati pengalaman camping di Gunung Putri Lembang ini.

Fasilitas camping site yang ada di objek wisata ini terbuka untuk publik. Artinya, baik perorangan maupun organisasi boleh menggunakan camping site tersebut untuk kegiatan camping mereka.

Tempat ini tentu bisa menjadi alternatif tempat camping terbaik selain camping ground di kawasan wisata Gunung Papandayan.

Olahraga

Pasti akan seru sekali apabila berolahraga di bawah rindangnya pepohonan. Tubuh juga akan menjadi lebih segar karena menghirup udara segar dan bersih di area wisata ini.

Pilihan olahraga yang cocok dilakukan di sini sangat beragam. Misalnya saja jogging, yoga, bersepeda, jalan cepat, dan trail running.

Ngopi

Nikmati secangkir kopi Anda dengan suasana yang berbeda. Anda bisa membawa kopi favorit Anda dari rumah, atau boleh juga mencicipi kopi asli daerah sini. Kopi asli daerah ini kabarnya memiliki cita rasa yang khas.

Jangan lupa lengkapi momen ngopi Anda dengan camilan gurih atau manis yang sebelumnya Anda beli dari toko oleh-oleh khas Bandung terdekat.

Fasilitas di Objek Wisata Batu Kuda

Batu Kuda Manglayang

Walaupun tempat ini berupa situs wisata alam, sebagian besar fasilitas pendukung terbilang sudah cukup lengkap.

Fasilitas warung makan di sini cukup banyak. Menu yang dihidangkan juga cukup lengkap dan harganya terjangkau.

Area parkir di sini sangat luas. Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di sini. Petugas di sini selalu siap siaga menjaga area parkir ini, jadi dijamin aman.

Toilet dan mushola menjadi fasilitas wajib di sini. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan dua fasilitas ini karena lokasi keduanya sangat strategis.

Harga Tiket Masuk Batu Kuda

Tiket masuk objek wisata alam ini sangat terjangkau. Demikian juga dengan biaya parkir kendaraan serta biaya sewa wahana (hammock). Untuk tahu lebih jelasnya, berikut kami cantumkan HTM terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp10.000,00
Tiket Masuk Weekend dan Hari Libur Nasional Rp12.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Batu Kuda

Puncak Batu Kuda

Kawasan wisata ini berada di Kampung Cikoneng, Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung. Lokasi ini mudah untuk Anda jangkau dari titik mana saja. Tapi sayang, tidak ada satupun transportasi umum yang melewati lokasi ini.

Satu-satunya solusi adalah dengan menggunakan mobil pribadi. Tapi bagaimana dengan wisatawan yang tidak membawa kendaraan? Kami sangat sarankan untuk menyewa mobil atau kendaraan lainnya di Salsa Wisata.

Berbagai pilihan paket rental mobil dan bus pariwisata kami tawarkan kepada  Anda. Silahkan Anda memilih salah satu paket yang sesuai dengan kebutuhan kapasitas dan juga budget.

Sebagai contoh, untuk agenda liburan dalam rangka family gathering kantor, tentu kami langsung rekomendasikan paket sewa bus SHD Bandung.

Jam Operasional Batu Kuda

Pasti banyak yang bertanya, apakah objek wisata alam ini buka atau tutup? Hampir satu tahun belakangan, tempat ini dibuka setiap hari namun ada pembatasan jam operasional, yaitu dari jam 05.00 sampai jam 17.00 WIB.

Hal ini berbeda sekali dengan kondisi sebelum pandemi di mana jam operasionalnya selama 24 jam.

Nah, bagi Anda yang kini sedang sibuk mencari referensi tempat wisata alam yang masih natural, kami rasa inilah tempatnya.

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa have fun dengan aktivitas-aktivitas outdoor yang ada di sini. Anda pun akan merasa nyaman dengan kehadiran fasilitas-fasilitas yang ada di sini.

Nah, agar liburan semakin seru, persiapkan semuanya dari sekarang. Cukup lakukan cara mudah ini saja: reservasi paket gathering Bandung di Salsa Wisata. Lalu, bersiaplah untuk menyambut liburan Anda di wisata alam Batu Kuda ini.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)